Label

Selasa, 05 November 2013

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar

>>> Faktor-faktor itu ada yang terdapat pada diri kita sendiri, tetapi ada pula yang di luar kita. Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi proses belajar ada tujuh faktor
(Hutabarat), yaitu:

1. Faktor Kecerdasan
>>> Yang dimaksud dengan kecerdasan ialah

kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan berfikir yang bersifatnya rumit dan abstrak. Tingkat kecerdasan dari masing-masing tidak sama. Ada yang tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang rendah. Orang yang tingkat kecerdasannya tinggi dapat mengolah gagasan yang abstrak, rumit dan
sulit dilakukan dengan cepat tanpa banyak kesulitan-kesulitan dibandingkan dengan orang yang kurang cerdas. Orang yang cerdas itu dapat memikirkan dan mengerjakan lebih banyak, lebih cepat dengan tenaga yang relatif sedikit.

Kecerdasan adalah suatu kemapuan yang dibawa dari lahir sedangkan pendidikan tidak dapat  meningkatkannya, tetapi hanya dapat mengembangkannya. Namun hal ini tingginya kecerdasan seseorang bukanlah suatu jaminan bahwa ia akan berhasil menyelesaikan pendidikan
dengan baik, karena keberhasilan dalam belajar bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan saja tetapi juga oleh faktor-faktor lainnya.

2. Faktor Belajar
>>> Yang dimaksud dengan faktor belajar adalah semua segi kegiatan belajar, misalnya kurang dapat memusatkan perhatian kepada pelajaran yang
sedang dihadapi, tidak dapat menguasai kaidah yang berkaitan sehingga tidak dapat membaca seluruh bahan yang seharusnya dibaca. Termasuk di
sini kurang menguasai cara-cara belajar efektif dan) efisien.

3. Faktor Sikap
>>> Banyak pengaruh faktor sikap terhadap kegiatan
dan keberhasilan siswa dalam belajar. Sikap dapat
menentukan apakah seseorang akan dapat belajar
dengan lancar atau tidak, tahan lama belajar atau
tidak, senang pelajaran yang di hadapinya atau
tidak dan banyak lagi yang lain. Diantara sikap yang
dimaksud di sini adalah minat, keterbukaan pikiran,
prasangka atau kesetiaan. Sikap yang positif
terhadap pelajaran merangsang cepatnya kegiatan
belajar.

4. Faktor Kegiatan
>>> Faktor kegiatan ialah faktor yang ada kaitannya
dengan kesehatan, kesegaran jasmani dan keadaan
fisik seseorang. Sebagaimana telah diketahui, badan
yang tidak sehat membuat konsentrasi pikiran
terganggu sehingga menganggu kegiatan belajar.

5. Faktor Emosi dan Sosial
>>> Faktor emosi seperti tidak senang dan rasa suka
dan faktor sosial seperti persaingan dan kerja sama
sangat besar pengaruhnya dalam proses belajar.
Ada diantara faktor ini yang sifatnya mendorong
terjadinya belajar tetapi ada juga yang menjadi
hambatan terhadap belajar efektif.

6. Faktor Lingkungan
>>> Yang dimaksud faktor lingkungan ialah keadaan dan
suasana tempat seseorang belajar. Suasana dan
keadaan tempat belajar itu turut juga menentukan
berhasil atau tidaknya kegiatan belajar. Kebisingan,
bau busuk dan nyamuk yang menganggu pada
waktu belajar dan keadaan yang serba kacau di
tempat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap
keberhasilan belajar. Hubungan yang kurang serasi
dengan teman dapat menganggu kosentrasi dalam
belajar.

7. Faktor Guru
>>> Kepribadian guru, hubungan guru dengan siswa,
kemampuan guru mengajar dan perhatian guru
terhadap kemampuan siswanya turut
mempengaruhi keberhasilan belajar. Guru yang
kurang mampu dengan baik dalam mengajar dan
yang kurang menguasai bahan yang diajarkan dapat
menimbulkan rasa tidak suka kepada yang diajarkan
dan kurangnya dorongan untuk menguasainya
dipihak siswa. Sebaliknya guru yang pandai
mengajar yang dapat menimbulkan pada diri siswa
rasa menggemari bahan yang diajarkannya sehingga
tanpa disuruh pun siswa banyak menambah
pengetahuannya dibidang itu dengan membaca
buku-buku, majalah dan bahan cetak lainnya. Guru
dapat juga menimbulkan semangat belajar yang
tinggi dan dapat juga mengendorkan keinginan
belajar yang sungguh-sungguh. Siswa yang baik
berusaha mengatasi kesulitan ini dengan
memusatkan perhatian kepada bahan pelajaran,
bukan kepada kepribadian gurunya.