Label

Selasa, 13 Oktober 2015

fisika smp kelas satu semester satu

Soal Tes Semester Fisika SMP 
Pilihan Ganda / Multiple Choices
Topik : Besaran dan Satuan
Kelas : 7 SMP - MTs
Fisikastudycenter - Kumpulan Contoh Soal Ujian

1) Panjang sepotong kayu adalah 2 meter. Yang merupakan besaran dari pernyataan tersebut adalah....
A. panjang
B. sepotong kayu
C. 2
D. meter
2) Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka dinamakan....
A. besaran
B. satuan
C. nilai
D. pengukuran

3) Berikut ini termasuk satuan baku adalah....
A. hasta
B. depa
C. jengkal
D. inchi

4) Berikut ini adalah contoh satuan tidak baku adalah....
A. ons
B. inchi
C. hasta
D. cc

5) Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang tidak sama untuk orang yang berlainan disebut….
A. satuan baku
B. satuan internasional
c. satuan tidak baku
D. besaran pokok

6) Besaran-besaran berikut termasuk besaran pokok adalah....
A. massa, panjang, tegangan listrik
B. panjang, intensitas cahaya, jumlah zat
C. suhu, energi, gaya
D. panjang, luas, volume

7) Dalam sistem satuan MKS didasarkan atas tiga besaran pokok tersebut di bawah ini, kecuali...
A. panjang
B. suhu
C. waktu
D. massa

8) Berikut ini termasuk besaran turunan adalah....
A. panjang, luas, volume
B. energi, suhu, daya
C. kecepatan, percepatan, gaya
D. massa, panjang, intensitas cahaya

9) Berikut ini adalah satuan-satuan dari besaran energi:
(1) joule
(2) kalori
(3) watt
(4) erg
Satuan-satuan yang benar adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4

10) Berikut ini adalah satuan-satuan dari besaran gaya:
(1) newton
(2) joule
(3) dyne
(4) erg
Satuan satuan yang benar adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

11) Berikut ini merupakan satuan besaran volume :
(1) m3
(2) ml
(3) cc
(4) are
Satuan-satuan yang benar adalah....
A. 1, 2 dan 3 saja
B. 1 dan 3 saja
C. 2 dan 4 saja
D. 4 saja

12) 5,5 km = ......m
A. 55 m
B. 550 m
C. 5.500 m
D. 5.5000 m

13) 5 are = .....m2
A. 50
B. 500
C. 5.000
D. 50.000

14) Ukuran derajad panas dari suatu benda dinyatakan dengan besaran....
A. energi
B. suhu
C. gaya
D. daya

15) Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam satuan Internasional:
(1) bersifat tetap
(2) mudah ditiru
(3) bersifat internasional
(4) digunakan tiap hari
Pernyataan yang benar adalah...
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 1, 3 dan 4
D. 1, 2, 3 dan 4

gaya dan penerapan smp dua

Bank Soal Ujian Semester Fisika SMP Pilihan Ganda / Multiple Choices
Topik : Gaya dan Penerapannya
Kelas : 8 SMP


Fisikastudycenter Kumpulan Contoh Soal Ujian

1) Peristiwa-peristiwa berikut berkaitan dengan gaya tak sentuh:
(1) buah kelapa jatuh dari pohon ke tanah
(2) magnet batang menarik lempengan besi
(3) alas sepatu menjadi aus setelah lama dipakai
(4) Budi mendorong balok hingga bergeser ke arah kanan
Peristiwa di atas yang melibatkan gaya tak sentuh adalah peristiwa nomor....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4
2) Peristiwa berikut yang melibatkan gaya sentuh adalah...
A. tarik menarik antara dua muatan positif dan negatif
B. tarik menarik antar dua kutub magnet yang berlawaanan jenis
C. tarik menarik antara Amir dan Budi
D. tarik menarik antara bumi dan matahari

3) Berikut ini merupakan yang bukan pengaruh gaya pada suatu benda adalah....
A. benda mengalami perubahan posisi
B. benda mengalami perubahan warna
C. benda mengalami perubahan arah gerak
D. benda mengalami perubahan bentuk

4) Amir dan Badu sedang bermain tarik tambang. Amir menarik ke kiri dengan gaya 200 N sedangkan Badu menarik ke kanan dengan gaya 350 N. Resultan gaya yang dihasilkanadalah....
A. 150 N ke arah kiri
B. 150 N ke arah kanan
C. 550 N ke arah kiri
D. 550 N ke arah kanan

5) Perhatikan gambar berikut!

Resultan gaya yang terjadi adalah....
A. 50 N ke arah kanan
B. 50 N ke arah kiri
C. 75 N ke arah kanan
D. 75 N ke arah kiri

6) Peristiwa berikut berkaitan dengan gaya gesek:
(1) gesekan antara batu meteor dan atmosfir bumi
(2) gesekan antara udara dan badan mobil balap
(3) gesekan antara kampas rem dan piringan besi pada roda
(4) gesekan antara piston dan dinding blok mesin pada sepeda motor
Contoh gaya gesek yang menguntungkan adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4

7) Berikut ini merupakan contoh gaya gesek yang merugikan adalah....
A. gesekan antara pisau dan batu asah
B. gesekan antara pintu dan lantai kamar
C. gesekan antara telapak kaki dan permukaan lantai saat berjalan
D. gesekan antara tangan dan tutup plastik saat membuka botol

8) Sebelum membuka sebuah botol ayah mengelap telapak tangannya yang basah dengan kain bersih dengan tujuan....
A. mengurangi gesekan antara tangan ayah dengan tutup botol
B. memperbesar gesekan antara tangan ayah dengan tutup botol
C. mengurangi gesekan antara tutup botol dengan mulut botol
D. menambah gesekan antara tutup botol dengan mulut botol

9) Sebuah benda bermassa 5 kg. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 9,8 m/s2 maka berat benda tersebut adalah....newton
A. 1,96
B. 4,8
C. 14,8
D. 49

10) Sebuah benda yang berada di lantai yang licin dengan mudah dapat di dorong karena...
A. gaya benda menjadi kecil
B. gaya gesekan diabaikan
C. gaya gesekan benda dengan lantai kecil
D. resultan gaya pada benda menjadi nol

11) Benda yang beratnya 58,8 N pada suatu tempat yang memiliki percepatan gravitasi bumi sebesar 9,8 N/kg memiliki massa sebesar....
A. 6 kg
B. 5 kg
C. 4 kg
D. 3 kg

12) Sebuah balok diletakkan di atas meja. Gaya yang bekerja pada balok dan memiliki arah tegak lurus dengan permukaan sentuh balok dengan meja adalah....
A. gaya gesek
B. gaya berat
C. gaya tegang tali
D. gaya normal

un fisika smp

Fisikastudycenter.com- Soal dan Pembahasan UN IPA SMP/MTs bagian Fisika. Pembahasan secara bertahap Ujian Nasional 2015 nomor 6-10.
Soal No. 6
Perhatikan gambar berikut!

Jika gaya A = 120 N dan B = 180 N serta usaha yang terjadi 1.800 J, jarak yang ditempuh adalah....
A. 6 m
B. 10 m
C. 15 m
D. 30 m

Pembahasan
Dua buah gaya yang bekerja searah totalnya F = 180 N + 120 N = 300 N Dari rumus usaha:
W = F ⋅ s
s = W/F
s = 1800/300 = 6 m
Jawaban: A. 6 m
Soal No. 7
Jika jarak A - B = 20 cm, jarak A - C = 100 cm, kuasa pada tuas tersebut adalah....


A. 80 N
B. 100 N
C. 15 N
D. 30 N
Pembahasan
AB = 20 cm, AC = 100 cm, sehingga BC = 100 - 20 = 80 cm.
Dengan beban W = 400 N, maka kuasa F adalah
F x lk = W x lb
F x 80 = 400 x 20
F = 8000 / 80 = 100 N
Soal No. 8
Perhatikan gambar!


Massa jenis benda A, B dan zat cair yang memungkinkan adalah....
.Benda A (kg/m3)Benda B (kg/m3)Zat cair (kg/m3)
A.2007501000
B.400800800
C.7002001000
D.8003001000

Pembahasan
A dan B mengapung pada zat cair, disimpulkan massa jenis A dan massa jenis B lebih kecil dari zat cair.
A mengapung lebih tinggi dari B, disimpulkan massa jenis A lebih kecil dari B.

Dari dua kesimpulan tadi yang sesuai adalah pilihan A.
Soal No. 9
Perhatikan gambar di samping!


Jika bandul bergerak dari A ke C membutuhkan waktu 0,2 sekon dan jarak AC 10 cm, frekuensi dan amplitudo bandul tersebut adalah....
A. 0,4 Hz dan 5 cm
B. 0,4 Hz dan 10 cm
C. 2,5 Hz dan 5 cm
D. 2,5 Hz dan 10 cm
Pembahasan
Periode (T) bandul itu waktu yang diperlukan gerak bandul dari A ke C kembali ke A lagi. AC 0,2 detik, sehingga AC - CA adalah dua kalinya atau 0,4 detik. Frekuensinya yaitu f = 1/T = 1/0,4 = 2,5 Hz.
Amplitudo adalah jarak terjauh diukur dari garis atau titik setimbangnya. BA atau BC separuh AC, jadi amplitudonya A = 10 cm/2 = 5 cm
Jawaban C. 2,5 Hz dan 5 cm
Soal No. 10
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengukur kedalaman laut dengan sonar
(2) Menentukan ketinggian gedung
(3) Mengukur kedalaman gua
(4) Menentukan tinggi rendah nada pada gitar

Pernyataan yang merupakan manfaat pemantulan bunyi adalah....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Pembahasan
(1) jelas benar, bunyi ditembakkan ke dasar laut untuk kemudian dihitung waktu pantulnya dari kapal.
Pilihan antara A dan B yang ada (1) nya.
(3) mengukur kedalaman gua juga menggunakan pantulan bunyi

Jawaban: B. (1) dan (3)

vektor dalam fisika sma

Fisikastudycenter.com- Contoh soal dan pembahasan fisika SMA kelas 10 (X), materi Vektor; resultan, jumlah dan selisih vektor, perkalian titik dan silang vektor, penguraian gaya dan beberapa variasi soal terapan vektor. Penjumlahan dengan rumus kosinus, resultan beberapa vektor dengan metode penguraian atau analitis.
Soal No. 1
Diberikan dua buah vektor gaya yang sama besar masing-masing vektor besarnya adalah 10 Newton seperti gambar berikut.
Jumlah Dua Buah Vektor
Jika sudut yang terbentuk antara kedua vektor adalah 60°, tentukan besar (nilai) resultan kedua vektor!

Pembahasan
Resultan untuk dua buah vektor yang telah diketahui sudutnya.
Rumus Resultan Dua Vektor

Dengan F1 = 10 N, F2 = 10 N, α adalah sudut antara kedua vektor (α = 60°). dan R adalah besar resultan kedua vektor.

Sehingga:
Soal No. 2
Dua buah vektor masing-masing F1 = 15 satuan dan F2 = 10 satuan mengapit sudut 60°.


Tentukan arah resultan kedua vektor!

Pembahasan
Langkah pertama tentukan dulu besar resultan vektornya:


Yang dimaksud arah resultan adalah sudut β pada gambar di bawah:
Arah resultan

Dengan rumus sinus:


diperoleh arah resultan:
Soal No. 3
Dua buah vektor kecepatan P dan Q masing-masing besarnya 40 m/s dan 20 m/s membentuk sudut 60°.


Tentukan selisih kedua vektor tersebut!
Pembahasan
Menentukan selisih dua buah vektor yang diketahui sudutnya:
Rumus Selisih Dua Vektor

Sehingga
Soal No. 4
Dua buah vektor gaya masing – masing 8 N dan 4 N saling mengapit sudut 120°. Tentukan besar resultan kedua vektor tersebut!

Pembahasan
Data:
F1 = 8 N
F2 = 4 N
α = 120°
R = ........

Seperti soal pertama hanya berbeda sudut antaranya, dengan rumus yang sama:


Diperoleh hasil


Catatan rumus:
cos (180° − α) = − cos α
Sehingga untuk nilai cos 120°:
cos 120° = cos (180° − 60°) = − cos 60° = − 1/2
Soal No. 5
Perhatikan gambar berikut!
Jika satu kotak mewakili 10 Newton, tentukan resultan antara kedua vektor!
Pembahasan
Cari jumlah resultan pada sumbu x dan sumbu y, cukup dengan menghitung kotak dari masing-masing vektor, F1 adalah 30 ke kanan, 40 ke atas, sementara F2 adalah 50 ke kanan, 20 ke atas, kemudian masukkan rumus resultan:

Penyelesaian matematis jumlah vektor pada sumbu x dan sumbu y
Soal No. 6
Diberikan 3 buah vektor F1=10 N, F2 =25 N dan F3=15 N seperti gambar berikut.
Tentukan:
a. Resultan ketiga vektor
b. Arah resultan terhadap sumbu X
[Sin 37° = (3/5), Sin 53° = (4/5)]
[Cos 37° = (4/5), Cos 53° = (3/5)]
Pembahasan
a. Ikuti langkah-langkah berikut:
1. Uraikan semua vektor ke sumbu x dan sumbu y (kecuali vektor yang sudah lurus pada sumbu x atau y seperti F2). Lihat gambar di bawah!
2. Cari jumlah vektor pada sumbu x ( kanan +, kiri -)
3. Cari jumlah vektor pada sumbu y (atas +, bawah -)
4. Masukkan rumus resultan
Vektor yang dalam perhitungan selanjutnya tidak digunakan lagi karena sudah diuraikan tadi, dihapus saja, agar kelihatan lebih bersih, sisanya seperti ini:


Jumlah komponen vektor-vektor pada sumbu x dan y :
Gambar perhitungan matematis metode analitik vektor

b. Mencari sudut yang terbentuk antara resultan vektor R dengan sumbu x

tan θ = ΣFy /ΣFx 
tan θ = −7/−1 = 7
θ = arc. tan 7 = 81,87°

Thanks to PCP http://journalputrika.blogspot.com atas koreksinya :-)
Soal No. 7
Ditentukan 2 buah vektor F yang sama besarnya. Bila perbandingan antara besar jumlah dan besar selisih kedua vektor sama dengan √3, tentukan besar sudut yang dibentuk oleh kedua vektor! (Sumber Soal : SPMB)

Pembahasan
Jumlah dan selisih kedua vektor masing-masing adalah:

Gambar rumus jumlah dan selisih dua buah vektor

Perbandingan jumlah dan selisihnya adalah √3 sehingga:



Kuadratkan ruas kiri dan kanan



Kali silang :



Soal No. 8
Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 180 m dan kecepatan airnya 4 m/s. Bila perahu diarahkan menyilang tegak lurus dengan kecepatan 3 m/s, tentukan panjang lintasan yang ditempuh perahu hingga sampai ke seberang sungai! (Sumber Soal : UMPTN)
 
Pembahasan
Asumsikan bahwa perahu bergerak lurus beraturan menempuh lintasan AD dan resultan kecepatan perahu dan air adalah 5 m/s (gunakan aturan Phytagoras).
Dengan membandingkan sisi-sisi segitiga ABC dan ADE :

Soal No. 9
Berikut contoh soal diambil dari soal EBTANAS (UN tempo dulu, zaman kakak-kakak kita) tahun 2000.
Perhatikan gambar gaya-gaya di bawah ini!

 Gambar 3 buah vektor dengan sudut 60 derajad

Besar resultan ketiga gaya tersebut adalah....
A. 2,0 N
B. 2 √3 N
C. 3,0 N
D. 3 √3 N
E. 4√3 N
Pembahasan
"Untuk dua buah vektor dengan besar yang sama dan membentuk sudut 120o maka resultan kedua vektor besarnya akan sama dengan besar salah satu vektor"
Berikut ilustrasinya:
 Gambar dua buah vektor dengan sudut 120 derajad
Dua buah vektor dengan besar yang sama yaitu 10 N membentuk sudut 120o maka nilai resultan kedua vektor juga 10 N.

Pada soal di atas, 2 buah vektor (gaya) masing-masing 3 N membentuk sudut 120o, sehingga resultan kedua gaya juga 3 N. Resultan kedua gaya ini akan segaris dengan gaya 6 N, namun berlawanan arah. Sehingga dengan mudah soal ini bisa dijawab resultan ketiga gaya adalah 6 N dikurangi 3 N hasilnya adalah 3 N.
Soal No. 10
Diberikan 3 buah vektor :
a = 2i + 3j satuan
b = 4i + 5j satuan
c = 6i + 7j satuan
Tentukan besar resultan ketiga vektor, dan kemiringan sudut antara resultan dan sumbu X

Data:
Vektor metode analitis
Untuk lebih jelas berikut ilustrasinya:



12 pada sumbu x
15 pada sumbu y

Arahnya adalah sudut θ yang bisa dicari dari sin θ, cos θ maupun tan θ. Jika dicari dari tan θ maka yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai pada sumbu x. Jika dicari dari sin θ yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai resultan R, jika digunakan cos θ bandingkan nilai pada sumbu x dengan nilai resultan R.
Soal No. 11
Diberikan 3 buah vektor abc seperti gambar di bawah.

Gambar 3 buah vektor a,b c dengan arahnya

Dengan metode poligon tunjukkan :
(i) d = a + b + c
(ii) d = a + b − c
(iii) d = a − b + c
Pembahasan
Dengan metode poligon :
(i) d = a + b + c

Pembahasan vektor poligon (1)

(ii) d = a + b − c

Pembahasan vektor poligon (2)

(iii) d = a − b + c


Pembahasan vektor poligon (3)
Soal No. 12
Diberikan dua buah vektor masing-masing vektor dan besarnya adalah A = 8 satuan, B = 10 satuan. Kedua vektor ini membentuk sudut 37°. Tentukan hasil dari:
a) A⋅ B
b) A × B

Pembahasan
a) A⋅ B adalah perkalian titik (dot) antara vektor A dan vektor B
Untuk perkalian titik berlaku
A⋅ B = A B cos θ
Sehingga
A⋅ B = A B cos 37° = (8)(10)(0,8) = 64 satuan

b) A × B adalah perkalian silang (cross) vektor A dan vektor B
Untuk perkalian silang berlaku
A × B = A B sin θ
Sehingga
A × B = A B sin 37° = (8)(10)(0,6) = 48 satuan
Soal No. 13Sebuah gaya F = (2i + 3j) N melakukan usaha dengan titik tangkapnya berpindah menurut r = (4i+ aj) m dan vektor i dan j berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu x dan sumbu y pada koordinat kartesian. Bila usaha itu bernilai 26 J, maka nilai a sama dengan...
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 12
Sumber: Soal UMPTN Tahun 1991

Pembahasan
Soal ini adalah soal penerapan perkalian titik (dot product ) antara vektor gaya F dan vektor perpindahan r dengan kedua vektor dalam bentuk i dan j atau vektor satuan. Besaran yang dihasilkan nantinya adalah skalar (usaha termasuk besaran skalar, hanya memiliki besar, tanpa arah). Usaha dilambangkan dengan W dari kata work.
W = F ⋅ r
26 = (2i + 3j)⋅ (4i + aj)

Cara perkalian titik dua vektor dalam bentuk i,j adalah yang i kalikan i, yang j kalikan j, hingga seperti berikut
26 = 8 + 3a
3a = 26 − 8
a = 18/3 = 6
i dan j nya jadi hilang karena i kali i atau j kali j hasilnya adalah satu.
Bagaimana cara perkalian silang dua vektor dalam bentuk i dan j ? ntar kita tambahkan,...IA
Soal No. 14
Diberikan dua buah vektor masing-masing:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Tentukan hasil dari A × B

Pembahasan
Perkalian silang, A × B
Cara pertama:
Misal :
A = (Ax i + Ay j + Az k) dan B = (Bx i + By j + Bz k)

maka :
A × B = (Ay Bz − Az Byi + (Az Bx − Ax Bzj + (Ax By − Ay Bxk
Rumus Perkalian Silang Dua Vektor (cross product ) dalam i, j, k

Data :
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Ax = 4
Ay = 3
Az = − 2
Bx = 7
By = 2
Bz = 5
maka
A × B = (Ay Bz − Az Byi + (Az Bx − Ax Bzj + (Ax By − Ay Bxk
A × B = [(3)(5) − (−2)(2)] i + [(−2)(7) − (4)(5)]j + [(4)(2) − (3)(7)] k
A × B = (15 + 4)i + (−14 − 20)j + (8 − 21)k
A × B = 19 i −34 j − 13k

Lumayan repot kalau mau dihafal rumus perkalian di atas, alternatifnya dengan cara yang kedua,

Cara Kedua:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Susun dua vektor di atas hingga seperti bentuk berikut:

Untuk mempermudah perkalian, tambahkan dua kolom di sebelah kanan susunan yang telah dibuat tadi hingga seperti berikut:

Beri tanda plus dan minus, ikuti contoh berikut:


Kalikan menyilang ke bawah terlebih dahulu dengan memperhatikan tanda plus minus yang telah dibuat, lanjutkan dengan menyilang ke atas,
A × B = (3)(5) i + (−2)(7) j + (4)(2)k − (7)(3)k − (2)(−2) i − (5)(4) j
A × B = 15 i −14 j + 8 k − 21k + 4 i − 20j
A × B = (15 + 4) i + (− 14 − 20) j + (8 − 21) k
A × B = 19 i − 34 j − 13 k

rumus teropong bumi

Ringkasan rumus teropong bumi dan teropong panggung (galileo). Perbesaran sudut, dan panjang teropong.

Rumus Teropong Bumi
Teropong bumi terdiri tiga buah lensa yaitu:
lensa obyektif (positif)
lensa pembalik (positif)
lensa okuler (positif)

Perbesaran Sudut Teropong Bumi
Perbesaran mata berakomodasi maksimum


Perbesaran mata tidak berakomodasi



Panjang Teropong Bumi


Mata tidak berakomodasi


Rumus Teropong Galileo / Teropong Panggung
Teropong Galileo terdiri dua buah lensa:
lensa obyektif (positif)
lensa okuler (negatif)

Perbesaran mata tidak berakomodasi


Panjang Teropong Galileo


dengan fok bertanda NEGATIF.