Label

Jumat, 27 November 2015

Sifat larutan dalam kimia smp

Kimiastudycenter,- Berikut ini ringkasan sifat-sifat larutan asam dan contoh serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari seperti cuka, asam klorida, jeruk, apel dan lain-lain. Selain larutan asam, berbagai larutan digolongkan sebagai basa atau garam.
Sifat-sifat benda atau larutan yang tergolong asam diantaranya sebagai berikut:
1) Zat yang bersifat asam akan menghasilkan ion hidrogen (H+) saat dilarutkan dalam air.
2) Larutan asam memiliki rasa yang kecut atau masam
3) Dapat mengantarkan arus listrik (termasuk elektrolit)
4) Asam bersifat korosif sehingga dapat menyebabkan karat pada logam seperti pada besi
5) Apabila mengenai kulit dapat menyebabkan luka bakar dan merusak jaringan.
6) Larutan asam memiliki pH lebih kecil dari 7
7) Kertas lakmus merah yang dicelupkan ke dalam larutan asam akan tetap berwarna merah.
8) Kertas lakmus biru yang dicelupkan ke dalam larutan asam akan berubah warna menjadi merah
Indikator Asam Basa
Untuk mengenali jenis larutan, di laboratorium biasa digunakan kertas lakmus merah dan lakmus biru. Selain itu indikator fenolftalein dengan perubahan warnanya dapat juga digunakan. 
Contoh-contoh asam dan rumusnya
NamaRumus KimiaAsam asetat / asam cukaCH3COOHAsam sulfatH2SO4Asam kloridaHClAsam fosfatHNO3Asam laktatC3H6O5Asam nitratHNO3Asam benzoatC6H5COOHAsam FormiatHCOOHAsam tartratC4H6O6
Dalam kehidupan sehari-hari asam atau larutan asam digunakan secara luas. Asam asetat banyak digunakan sebagai cuka makanan seperti pada bakso, asam sulfat digunakan sebagai larutan elektrolit pada sel aki (accumulator), asam benzoat banyak digunakan pada industri makanan sebagai bahan pengawet.
Contoh Soal
Dari hasil pengujian suatu larutan diperoleh data sebagai berikut:
 
Berdasarkan data di atas, jenis larutan yang bersifat asam terdapat pada pasangan larutan….
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan III
D. II dan IV
Pembahasan
Larutan asam bersifat memerahkan lakmus, jadi merah tetap merah, dan biru menjadi merah. Larutan I dan larutan III bersifat asam.

Kimia smp basa dan kertas lakmus merah dan biru

Sifat-sifat senyawa atau larutan yang tergolong basa diantaranya sebagai berikut:
1) Zat yang bersifat basa akan menghasilkan OH saat dilarutkan dalam air.
2) Larutan basa memiliki rasa yang pahit dan licin.
3) Dapat mengantarkan arus listrik (termasuk elektrolit).
4) Larutan yang bersifat basa memiliki pH lebih besar dari 7.
5) Kertas lakmus merah yang dicelupkan ke dalam larutan basa akan berubah warna menjadi biru.
6) Kertas lakmus biru yang dicelupkan ke dalam larutan basa akan tetap berwarna biru.
Contoh-contoh basa dan rumus kimianya:
Rumus kimiaNamaKOHKalium hidroksidaNaOHNatrium hidroksidaMg(OH)2Magnesium hidroksidaCa(OH)2Kalsium hidroksidaAl(OH)3Aluminium hidroksida
Selain dengan indikator kertas lakmus, identifikasi larutan asam basa bisa digunakan fenolftalein. Perubahan warna selengkapnya yang terjadi baik pada lakmus maupun fenolftalein sebagai berikut: 
Dalam kehidupan sehari-hari basa sering digunakan sebagai bahan pembuatan shampo (sampo) bersama-sama dengan lemak atau minyak. Selain itu di bidang kesehatan, Aluminium hidroksida digunakan sebagai bahan obat sakit perut (maag), magnesium hidroksida untuk bahan obat pencahar. Sabun yang kita gunakan bisa dibuat dari basa natrium hidroksida.
Contoh Soal
Perhatikan data perubahan warna kertas lakmus saat dicelupkan ke dalam  beberapa larutan berikut ini! 
 
Larutan yang bersifat basa ditunjukkan oleh nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Pembahasan
Sifat basa membirukan kertas lakmus. Lakmus merah akan menjadi biru, sementara lakmus biru tetap biru. Larutan yang bersifat basa nomor 4.

Kimia smp tentang garam

Kimiastudycenter,- Berikut ini ringkasan materi kimia SMP tentang garam, mencakup sifat-sifat, rumus dan kegunaan manfaatnya.
Jika suatu larutan asam dan basa direaksikan maka akan terbentuk zat baru yang disebut garam. Selain itu reaksi tersebut juga menghasilkan air atau H2O.
Karena itu reaksi asam basa biasa disebut reaksi penggaraman (karena menghasilkan garam) dan juga reaksi penetralan (karena menghasilkan air yang bersifat netral, kalo garamnya sendiri bisa bersifat netral bisa juga tidak).
Contoh reaksi asam basa yang terkenal adalah:
NaOH + HCl → NaCl + H2O
NaOH (natrium hidroksida, termasuk kelompok basa) direaksikan dengan HCl (asam klorida, termasuk kelompok asam) menghasilkan NaCl (natrium klorida, termasuk garam, dikenal sebagai garam dapur) dan H2O (air).
Beberapa hal terkait dengan sifat garam:
1) Garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat disebut garam normal dan sifatnya netral.
2) Garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah disebut garam asam dan sifatnya asam.
3) Garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat disebut garam basa dan sifatnya basa.
4) Larutan garam bersifat elektrolit sehingga dapat menghantarkan arus listrik.
Beberapa contoh garam dan rumusnya:
1) NH4Cl = amonium klorida
2) NaCl = natrium klorida
3) CaCO3 = kalsium karbonat
4) K2CO3 = kalium karbonat
5) KNO3 = kalium nitrat
6) Na3PO4 = natrium fosfat
7) MgSO4 = magnesium sulfat (garam Epsom atau garam Inggris)
Manfaat garam dalam kehidupan sehari-hari.
1) NaCl atau garam dapur : untuk penambah rasa makanan, bisa juga digunakan untuk mengawetkan makanan.
2) Na3PO4 atau TSP : untuk pupuk dan bahan pembuatan detergen.
3) NH4Cl atau salmoniak: digunakan sebagai bahan elemen kering atau baterai.
4) CaCO3 atau kalsit : digunakan sebagai bahan pembuatan cat, bahan penetral tanah pertanian yang terlalu asam.
5) K2CO3 atau potas: digunakan sebagai salah satu bahan sabun
6) KNO3 atau salpeter : digunakan sebagai bahan pupuk.
7) NaHCO3 atau baking soda: untuk zat aditif pada makanan.
8) Na2CO3 atau soda api: digunakan sebagai bahan pembuatan detergen.
9) MgSO4 atau garam Epsom (garam Inggris) : sebagai obat pencahar atau obat cuci perut. 
10) Al2(SO4)3 atau aluminium sulfat : sebagai bahan penjernih air atau pengolahan air air minum
11) NaC17H35COO atau natrium stearat : sebagai komponen utama pembuatan sabun mandi
12) Na2CO3 atau natrium karbonat : sebagai soda pencuci
Contoh Soal
Perhatikan 4 larutan berikut ini! 
 
Larutan yang bersifat garam netral ditunjukkan oleh nomor…
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4 
Pembahasan
Garam netral memiliki pH = 7. Jawaban C.

Kimia smp satu

Kimiastudycenter,- Berikut ini ringkasan materi kimia SMP tentang zat aditif pada makanan atau minuman yang ditambahkan sebagai bahan pemanis, bahan pengawet, bahan penambah rasa aroma ataupun bahan pewarna baik yang alami maupun buatan sintetis. 
Bahan Pewarna
Termasuk bahan pewarna alami diantaranya:
1) kunyit : menghasilkan warna kuning.
2) daun pandan : menghasilkan warna hijau.
3) daun suji : menghasilkan warna hijau.
4) wortel : menghasilkan warna kuning kemerahan
5) daun jati : menghasilkan warna kemerahan
6) cabe merah : menghasilkan warna merah
7) gula jawa : menghasilkan warna kecoklatan
Selain itu bahan-bahan yang mengandung zat pewarna berikut juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami:
1) alkanat, karmin : warna merah
2) annato, karoten, kurkumin, safron : warna kuning
3) klorofil : hijau
4) ultramin : biru
5) karamel : coklat
Termasuk bahan pewarna buatan diantaranya:
1) carmoisine, amaranth, erythrosine : warna merah
2) sunset yellow : warna oranye
3) tartrazine, quineline yellow : warna kuning
4) fast green : hijau
5) indigo carmine (indigocarmine), briliant blue : warna biru
Santoxantin (merah), apokaroten (merah-orange) dan beta-karoten (oranye-kuning) termasuk pewarna sintetis buatan yang memiliki struktur mirip dengan pewarna alami, dengan batas-batas penggunaan tertentu. 
Bahan Pengawet
Termasuk kelompok bahan zat pengawet alami diantaranya:
1) gula
2) garam
Termasuk kelompok pengawet buatan:
1) asam cuka
2) natrium propionat
3) kalsium propionat
4) natrium benzoat
5) asam sitrat
6) asam tartrat
7) natrium nitrat
8) asam fosfat
9) asam askorbat
Beberapa bahan yang sering disalahgunakan sebagai pengawet bahan makanan, diantaranya:
1) formalin / formaldehid (untuk pengawet mayat, atau hewan yang diawetkan)
2) boraks / borac acid (untuk industri tekstil, kertas, dll)
Bahan Penyedap Rasa
Termasuk bahan-bahan alami untuk menambah cita rasa makanan diantaranya:
1) cabai
2) merica
3) ketumbar
4) lengkuas
5) brambang dan bawang (bawang merah dan bawang putih)
6) kunir (kunyit)
7) cengkeh
8) jinten
9) daun serai
10) daun salam
11) kemiri
Penyedap rasa buatan yang dikenal diantaranya:
1) MSG (mono sodium glutamate)
2) Eugenol
3) Benzaldehid
Selain itu bahan yang mengandung nama zat-zat berikut termasuk penyedap rasa buatan:
4) oktil asetat
5) etil butirat
6) amil asetat
7) amil valerat
Bahan Pemanis
Bahan-bahan yang mengandung pemanis alami diantaranya:
1) tebu
2) aren
3) kelapa
4) siwalan
5) madu
6) kayu manis  
Bahan pemanis buatan:
1) sakarin
2) siklamat (natrium siklamat, kalsium siklamat)
3) aspartam
4) dulsin
5) sorbitol

Kimia smp satu

Berikut ini ringkasan materi kimia SMP tentang
zat aditif pada makanan atau minuman yang ditambahkan
sebagai bahan pemanis, bahan pengawet, bahan penambah rasa
aroma ataupun bahan pewarna baik yang alami maupun buatan
sintetis.
Bahan Pewarna
Termasuk bahan pewarna alami diantaranya:
1) kunyit : menghasilkan warna kuning.
2) daun pandan : menghasilkan warna hijau.
3) daun suji : menghasilkan warna hijau.
4) wortel : menghasilkan warna kuning kemerahan
5) daun jati : menghasilkan warna kemerahan
6) cabe merah : menghasilkan warna merah
7) gula jawa : menghasilkan warna kecoklatan
Selain itu bahan-bahan yang mengandung zat pewarna berikut
juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami:
1) alkanat, karmin : warna merah
2) annato, karoten, kurkumin, safron : warna kuning
3) klorofil : hijau
4) ultramin : biru
5) karamel : coklat
Termasuk bahan pewarna buatan diantaranya:
1) carmoisine, amaranth, erythrosine : warna merah
2) sunset yellow : warna oranye
3) tartrazine, quineline yellow : warna kuning
4) fast green : hijau
5) indigo carmine ( indigocarmine), briliant blue : warna biru
Santoxantin (merah), apokaroten (merah-orange) dan beta-karoten
(oranye-kuning) termasuk pewarna sintetis buatan yang memiliki
struktur mirip dengan pewarna alami, dengan batas-batas
penggunaan tertentu.
Bahan Pengawet
Termasuk kelompok bahan zat pengawet alami diantaranya:
1) gula
2) garam
Termasuk kelompok pengawet buatan:
1) asam cuka
2) natrium propionat
3) kalsium propionat
4) natrium benzoat
5) asam sitrat
6) asam tartrat
7) natrium nitrat
8) asam fosfat
9) asam askorbat
Beberapa bahan yang sering disalahgunakan sebagai pengawet
bahan makanan, diantaranya:
1) formalin / formaldehid (untuk pengawet mayat, atau hewan
yang diawetkan)
2) boraks / borac acid (untuk industri tekstil, kertas, dll)
Bahan Penyedap Rasa
Termasuk bahan-bahan alami untuk menambah cita rasa
makanan diantaranya:
1) cabai
2) merica
3) ketumbar
4) lengkuas
5) brambang dan bawang (bawang merah dan bawang putih)
6) kunir (kunyit)
7) cengkeh
8) jinten
9) daun serai
10) daun salam
11) kemiri
Penyedap rasa buatan yang dikenal diantaranya:
1) MSG (mono sodium glutamate)
2) Eugenol
3) Benzaldehid
Selain itu bahan yang mengandung nama zat-zat berikut termasuk
penyedap rasa buatan:
4) oktil asetat
5) etil butirat
6) amil asetat
7) amil valerat
Bahan Pemanis
Bahan-bahan yang mengandung pemanis alami diantaranya:
1) tebu
2) aren
3) kelapa
4) siwalan
5) madu
6) kayu manis
Bahan pemanis buatan:
1) sakarin
2) siklamat (natrium siklamat, kalsium siklamat)
3) aspartam
4) dulsin
5) sorbitol

Fisika smp kelas satu

Fisikastudycenter - Contoh Kumpulan Soal Ujian Semester IPA Fisika
1) Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini.
(1) tinta spidol melekat pada whiteboard
(2) butir air hujan bergulir di atas daun talas
(3) air raksa tidak membasahi kaca
(4) kertas koran basah oleh air hujan
Contoh peristiwa kohesi dalam suatu zat lebih kuat dari adhesi antara dua zat adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
2) Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini.
(1) tinta melekat pada kertas buku tulis
(2) air hujan membasahi kaca jendela rumah
(3) air pada pipa sempit permukaannya berbentuk cekung
(4) air raksa yang berada di atas kaca berbentuk mirip bola
Peristiwa di atas yang merupakan contoh adhesi antara dua zat lebih kuat dibanding kohesi pada masing-masing zat adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1, 2, 3 dan 4
3) Daun talas tetap kering meskipun sebelumnya hujan turun dengan lebatnya. Peristiwa ini disebabkan....
A. adhesi antara molekul air hujan dengan molekul daun talas lebih besar dibandingkan dengan kohesi antar molekul daun talas
B. adhesi antara molekul air hujan dengan daun talas lebih kecil dibandingkan dengan kohesi antar molekul daun talas
C. kohesi antar molekul air hujan lebih kecil dibandingkan dengan adhesi antara molekul air hujan dengan molekul daun talas
D. kohesi antar molekul daun talas lebih kecil dibandingkan dengan adhesi antara molekul air hujan dengan molekul daun talas
4) Seorang siswa menyiapkan sebuah bejana yang berisi air raksa. Sebuah pipa kapiler kemudian dimasukkannya ke dalam bejana. Peristiwa yang terjadi kemudian adalah....
A. permukaan air raksa pada bejana akan naik sehingga lebih tinggi daripada permukaan air raksa dalam pipa kapiler
B. permukaan air raksa pada beana akan turun sehingga lebih rendah daripada permukaan air raksa dalam pipa kapiler
C. permukaan air raksa dalam pipa kapiler akan naik sehingga lebih tinggi daripada permukaan air raksa pada bejana
D. permukaan air raksa dalam pipa kapiler akan turun sehingga lebih rendah daripada permukaan air pada bejana
5) Empat buah pipa kapiler yang berbeda ukuran saling berhubungan seperti gambar berikut. Air dimasukkan ke dalam pipa yang memiliki diameter paling besar. Kedudukan permukaan air yang benar ditunjukkan oleh....

A. gambar 1
B. gambar 2
C. gambar 3
D. gambar 4
6) Empat buah pipa kapiler yang berbeda ukuran saling berhubungan seperti gambar berikut. Air raksa (Hg) dituangkan ke dalam pipa yang memiliki diameter paling besar. Kedudukan permukaan Hg yang benar setelah beberapa saat ditunjukkan oleh....

A. gambar 1
B. gambar 2
C. gambar 3
D. gambar 4
7) Seekor nyamuk dapat hinggap pada permukaan air. Peristiwa ini disebabkan adanya...
A. kapilaritas
B. tegangan permukaan air
C. gaya apung
D. selaput minyak pada kaki nyamuk
8) Pakain kotor akan menjadi lebih bersih jika dicuci dengan menggunakan deterjen. Hal ini disebabkan....
A. deterjen dapat menaikkan tegangan permukaan air
B. deterjen dapat menurunkan tegangan permukaan air
C. deterjen dapat menaikkan tegangan permukaan kotoran
D. deterjen dapat menurunkan tegangan permukaan kotoran
9) Berikut ini merupakan pemanfaatan kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari adalah....
A. penggunaan zat cair sebagai pengisi termometer
B. mengalirnya air pada pipa
C. penggunaan sumbu minyak pada kompor minyak
D. digunakan untuk menentukan tekanan udara di suatu tempat
10) Empat cairan yang berbeda ditempatkan pada empat buah gelas yang berbahan dan berukuran sama seperti ditunjukkan gambar berikut.

Cairan yang memiliki kohesi paling besar adalah....
A. cairan 1
B. cairan 2
C. cairan 3
D. cairan 4

Fisika SMP kelas satu

Soal No. 1 
Air bermassa 100 gram berada pada suhu 20° C dipanasi hingga suhu 80° C. Jika kalor jenis air adalah 1 kal/gr ° C tentukan jumlah kalor yang diperlukan, nyatakan dalam satuan kalori! 
Pembahasan
Data soal:
m = 100 gram
c = 1 kal/gr°C
T1 = 20°C
T2 = 80°C
Kalor yang diperlukan:
Q = m x c x Δ T
Q = 100 x 1 x (80−20) 
Q = 100 x 60 
Q = 6000 kalori 
Soal No. 2
Air bermassa 100 gram berada pada suhu 20° C dipanasi hingga mendidih. Jika kalor jenis air adalah 4200 J/kg ° C tentukan jumlah kalor yang diperlukan, nyatakan dalam satuan joule! 
Pembahasan
m = 100 gram = 0,1 kg
c = 4200 J/kg °C
T1 = 20°C
T2 = 100°C
Kalor yang diperlukan:
Q = m x c x Δ T
Q = 0,1 x 4200 x (100−20) 
Q = 420 x 80 
Q = 33600 joule 
Soal No. 3
Es massa 200 gram bersuhu − 5°C dipanasi hingga suhunya menjadi − 1° C, jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/gr ° C. Tentukan berapa kalori kalor yang diperlukan dalam proses tersebut! 
Pembahasan
m = 200 gram
c = 0,5 kal/gr°C
T1 = −5°C
T2 = −1°C
Kalor yang diperlukan:
Q = m x c x Δ T
Q = 200 x 0,5 x [−1−(−5)] 
Q = 100 x 4 
Q = 400 kalori 
Soal No. 4
Es bermassa 150 gram berada pada suhu 0°C dipanasi hingga seluruhnya melebur menjadi air yang bersuhu 0 °C. Tentukan jumlah kalor yang diperlukan untuk proses tersebut! (Kalor lebur es = 80 kal/g)
Pembahasan
Data soal:
m = 150 gram
L = 80 kal/gr
Kalor untuk melebur seluruh es:
Q = m x L
Q = 150 x 80
Q = 12000 kalori 
Soal No. 5
Es bermassa 250 gram bersuhu − 5° C dipanasi hingga melebur menjadi air bersuhu 0°C. Jika kalor jenis es 0,5 kal/gr°C, dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut! 
Pembahasan
Data soal:
m = 250 gram
ces = 0,5 kal/gr°C
Les = 80 kal/gram
Proses 1, menaikkan suhu es, kalor yang diperlukan:
Q1 = m x c x ΔT
Q1 = 250 x 0,5 x 5
Q1 = 625 kalori kalori
Proses 2, meleburkan seluruh es, kalor yang diperlukan:
Q2 = m x L = 250 x 80 = 20000 kalori
Jumlah kalor seluruhnya yaitu Q1 + Q2
Q = 625 + 20000 
Q = 20625 kalori 
Soal No. 6
Es bermassa 200 gram bersuhu − 5° C dipanasi hingga melebur menjadi air bersuhu 100°C. Jika kalor jenis es 0,5 kal/gr°C, kalor jenis air adalah 1 kal/gr°C dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan jumlah kalor yang diperlukan untuk proses tersebut! 
Pembahasan
Data soal:
mes = mair = 200 gram
ces = 0,5 kal/gr°C
cair = 1 kal/gr°C
Les = 80 kal/gram
Proses 1, menaikkan suhu es, kalor yang diperlukan:
Q1 = m x c x ΔT
Q1 = 200 x 0,5 x 5
Q1 = 500 kalori 
Proses 2, meleburkan seluruh es, kalor yang diperlukan:
Q2 = m x L = 200 x 80 = 16000 kalori
Proses 3, menaikkan suhu air dari 0 hingga 100
Q3 = m x c x ΔT
Q3 = 200 x 1 x 100
Q3 = 20000 
Keseluruhan jumlah kalor yang diperlukan adalah jumlah dari Q1, Q2 dan Q3:
Q = 500 + 16000 + 20000
Q = 36500 kalori
(thanks to Faris,...)
Soal No. 7
Air bersuhu 20°C dengan massa 200 gram dicampur dengan air bersuhu 90°C bermassa 300 gram. Tentukan suhu akhir campuran! 
Pembahasan
Data soal:
m1 = 200 gram
m2 = 300 gram
c1 = c2 = 1 kal/gr°C
ΔT1 = t − 20 
ΔT2 = 90 − t
Asas pertukaan kalor/asas black
Qlepas = Qterima
m2 x c2 x ΔT2 = m1 x c1 x ΔT1
300 x 1 x (90 − t) = 200 x 1 x (t − 20)
27000 − 300t = 200t − 4000
27000 + 4000 = 300t + 200t
31000 = 500t
t = 31000 / 500
t = 62°C
Soal No. 8
Sepotong logam dengan kalor jenis 0,2 kal/gr°C bermassa 100 gram bersuhu 30°C dimasukkan pada bejana berisi air yang bersuhu 90°C bermassa 200 gram. Jika kalor jenis air adalah 1 kal/gr°C dan pengaruh bejana diabaikan tentukan suhu akhir logam! 
Pembahasan
Data soal:
m1 = 100 gram
m2 = 200 gram
c1 = 0,2 kal/gr°
c2 = 1 kal/gr°C
ΔT1 = t − 30 
ΔT2 = 90 − t
Asas pertukaan kalor/asas black
Qlepas = Qterima
m2 x c2 x ΔT2 = m1 x c1 x ΔT1
200 x 1 x (90 − t) = 100 x 0,2 x (t − 30)
18000 − 200t = 20 t − 600
18000 + 600 = 200t + 20t
18600 = 220t
t = 18600 / 220
t = 84,5 °C
Soal No. 9
Peristiwa-peristiwa berikut berkaitan dengan proses perpindahan kalor:
1) besi yang dibakar salah satu ujungnya, beberapa saat kemudian ujung yang lain terasa panas.
2) terjadinya angin darat dan angin laut
3) sinar matahari sampai ke bumi 
4) api unggun pada jarak 3 meter terasa panas
5) asap sisa pembakaran bergerak melalui cerobong dapur
6) air yang direbus, bagian bawah mengalir ke atas.
7) gelas kaca diisi air panas, bagin luar gelas ikut terasa panas.
8) pakaian yang lembab disetrika menjadi kering
Pilahkan peristiwa-peristiwa di atas berdasarkan kaitannya dengan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi! 
Pembahasan
1) besi yang dibakar salah satu ujungnya, beberapa saat kemudian ujung yang lain terasa panas → konduksi
2) terjadinya angin darat dan angin laut→ konveksi
3) sinar matahari sampai ke bumi → radiasi
4) api unggun pada jarak 3 meter terasa panas → radiasi
5) asap sisa pembakaran bergerak melalui cerobong dapur → konveksi
6) air yang direbus, bagian bawah mengalir ke atas → konveksi
7) gelas kaca diisi air panas, bagin luar gelas ikut terasa panas→ konduksi
8) pakaian yang lembab disetrika menjadi kering→ konduksi
Soal No. 10
Perhatikan grafik berikut:
Air bermassa 500 gram mengalami penurunan suhu dari D menjadi C. Jika kalor jenis air 4200 J/kg°C, tentukan jumlah kalor yang dilepaskan oleh air, nyatakan dalam satuan kilojoule!
Pembahasan
Q = m x c x Δ T
Q = 0,5 x 4200 x 50
Q = 105000 joule
Q = 105 kJ

Fisika smp kelas satu latihan ulangan

Rumus Massa Jenis Benda
Rumus berikut untuk menentukan massa jenis benda:
dimana:
ρ = massa jenis suatu benda dengan satuan kg/m3
m = massa benda dengan satuan kg
V = volume benda dengan satuan m3
Konversi Satuan
Panjang
100 cm = 1 m
1 cm = 0,01 m
80 cm = 80 : 100 = 0,8 m
Massa
1000 gram = 1 kg
1 gram = 0,001 kg
500 gram = 500 : 1000 = 0,5 kg
Volume
1 m3 = 1000000 cm3
1 cm 3 = 0,000001 m3
Massa Jenis
1 g/cm3 = 1 x 0,001/0,000001 = 1000 kg/m3
Konversi Satuan Massa Jenis dengan Cepat
Dari g/cm3 ke kg/m3 → kalikan 1000
Dari kg/m3 ke g/cm3 → bagi 1000
Contoh konversi massa jenis dengan cepat:
0,7 g/cm3 = 0,7 x 1000 = 700 kg/m3
1,2 g/cm3 = 1,2 x 1000 = 1200 kg/m3
1500 kg/m3 = 1500 : 1000 = 1,5 g/cm3
400 kg/m3 = 400 : 1000 = 0,4 g/cm3
Contoh konversi massa jenis dengan satu persatu:
0,7 g/cm3 = 0,7 x 0,001/0,000001 = 0,7 x 1000 = 700 kg/m3
1,2 g/cm3 = 1,2 x 0,001/0,000001 = 1,2 x 1000 = 1200 kg/m3
1500 kg/m3 = 1500 x 1000/1000 000 = 1500 000 / 1000 000 = 1,5 g/cm3
400 kg/m3 = 400 x 1000/1000 000 400 000 / 1000 000 = 0,4 g/cm3
Soal No. 1
Sebuah benda bermassa 300 g memiliki volume sebesar 400 cm3. Tentukan massa jenis benda, nyatakan jawaban dalam kg/m3
Alternatif Jawaban
Data dari soal:
massa benda m = 300 g
volume benda V = 400 cm3
Dengan demikian massa jenis benda :
ρ = m/V = 300 / 400 = 0,75 g/cm3
ρ = 0,75 x 1000 = 750 kg/m3
Thanks to Nida Nur Fitria untuk masukannya ,...
Soal No. 2
Sebuah benda memiliki massa jenis 800 kg/m3 memiliki massa sebesar 2 kg. Tentukan volume benda nyatakan dalam cm3 dan dalam liter! 
Alternatif Jawaban
Data dari soal:
massa benda m = 2 kg
massa jenis benda ρ = 800 kg/m3
Dengan demikian volume benda :
V = ρ 
V = 2 / 800 m3
V = (2/800) x 1000000 cm3 = 2500 cm3
Dalam satuan liter:
V = 2500 cm3 = 2,5 dm3 = 2,5 liter
Soal No. 3
Balok di bawah memiliki panjang, lebar dan tinggi berturut-turut 20 cm, 5 cm dan 6 cm. Tentukan massa balok jika diketahui massa jenis balok adalah 0,8 g/cm3!
 
Alternatif Jawaban
Mencari volume benda terlebih dahulu:
V = p x l x t = 20 cm x 5 cm x 6 cm = 600 cm3
Massa balok m = ρ x V = 0,8 x 600 = 480 gram 
Soal No. 4
Percobaan untuk memperkirakan massa jenis benda dengan gelas berpancuran yang berisi air.
 
Jika massa benda telah diketahui sebesar 300 gram, tentukan massa jenis benda! 
Alternatif Jawaban
Data:
Volume benda V = 300 ml = 300 cm 3 (terlihat dari gelas ukur)
Massa benda m = 300 gram
Dengan demikian:
ρ = m / V = 300 / 300 = 1 g/cm3 
Catatan:
1 ml = 1 cc = 1 cm3
Soal No. 5
Seorang siswa memasukkan benda kedalam gelas ukur. Jika massa benda adalah 300 gram, tentukan massa jenis benda!
 
Alternatif Jawaban
m = 300 gram
V = 500 − 300 = 200 ml = 200 cm3
ρ = m / V
ρ = 300 / 200 = 1,5 g/cm3 
Soal No. 6
Percobaan berikut dilakukan untuk memperkirakan massa jenis suatu benda, setelah ditimbang, benda dimasukkan ke dalam gelas ukur. Tentukan massa jenis benda tersebut!
 
Alternatif Jawaban
Dari hasil penimbangan diketahui massa benda m = 250 gram
Dari gelas ukur diketahui volume benda adalah V = 500 − 300 = 200 ml = 200 cm3
Dengan demikian massa jenis benda tersebut:
ρ = m / V
ρ = 250 / 200 = 1,25 g/cm3 
Soal No. 7
Kubus A bermassa 36 kg dan balok B bermassa 12 kg dengan ukuran masing-masing terlihat pada gambar berikut ini. 
Jika kubus dan balok terbuat dari bahan yang sama, tentukan tinggi balok B!
Pembahasan
Kubus dan balok terbuat dari bahan yang sama sehingga keduanya memiliki massa jenis yang sama pula. Sehingga 
Soal No. 8
Volum sebuah benda 8 cm3 ditimbang massanya 84 gram, maka massa jenisnya adalah...
A. 10,5 gr/cm3
B. 8,5 gr/cm3
C. 6,4 gr/cm3
D. 4,8 gr/cm3
(Soal Ebtanas SMP 2002)
Pembahasan
Data benda
m = 84 gram
V = 8 cm3
ρ = ....
ρ = m / V
ρ = 84 / = 10,5 gr/cm3
Soal No. 9
Sebuah kubus kayu memiliki volume 5 cm3. Jika massa jenis kayu 250 g/cm3, maka massa kayu tersebut...
A. 1250 g
B. 50 g
C. 10 g
D. 2 g
(Soal Ebtanas 2003)
Pembahasan
Data benda
V = 5 cm3
ρ = 250 g/cm3
m = ....
m = ρ × V
m = 250 × 5 = 1250 gram
Soal No. 10
Data massa jenis beberapa bahan logam diberikan pada tabel berikut:
LogamMassa Jenis (kg/m3)Aluminium2.700Besi7.900Kuningan8.400Perak10.500Emas19.300Platina21.450
Budi memiliki 4 batang logam dengan ukuran yang sama masing-masing volumenya 50 cm3
Batang logam yang terbuat dari emas murni adalah....
A. (I)
B. (II)
C. (III)
D. (IV)
Pembahasan
Batang (I) → ρ = m / V = 135 / 50 = 2,7 g/cm3
Batang (II) → ρ = m / V = 525 / 50 = 10,5 g/cm3
Batang (III) → ρ = m / V = 395 / 50 = 7,9 g/cm3
Batang (IV) → ρ = m / V = 965 / 50 = 19,3 g/cm3
Cocokkan dengan data tabel, yang terbuat dari emas adalah batang IV.

Fisika smp kelas satu

Fisikastudycenter.com- Soal pembahasan un ipa fisika smp/mts tahun 2014 nomor 1 - 10.
Soal No. 1
Perhatikan gambar neraca berikut! 
 
Agar neraca seimbang, nilai anak timbangan X yang harus ditambahkan ke piring B adalah....
A. 250 g
B. 500 g
C. 250 g
D. 1000 g
Pembahasan
1,5 kg = 1500 g
Agar seimbang, nilai x = 1500 − (250 + 250) = 1000 gram
Jawab: D. 1000 g
Soal No. 2
Perhatikan benda-benda pada gambar berikut! 
 
Sifat ketiga benda pada gambar di atas yang benar adalah....
 
Pembahasan
Balok kayu → padat : volume tetap, bentuk tetap.
Minyak goreng → cair : volume tetap, bentuk berubah.
Awan → gas : volume berubah, bentuk berubah.
Jawab: C.
Soal No. 3
Perhatikan pengukuran suhu berikut!
 
Nilai Y pada termometer Fahrenheit adalah....
A. 54°F
B. 65°F
C. 76°F
D. 86°F
Pembahasan
Konversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit:
tC = 30
tF =.....
tF = 9/5 tC + 32
9/5 (30) + 32
= 54 + 32 = 76°F
Jawab: C.
Soal No. 4
Perhatikan grafik berikut!
 
Es yang massanya 50 gram dipanaskan dari−5°C menjadi air bersuhu 60°C air. Jika kalor lebur es = 80 kal/gram, kalor jenis es = 0,5 kal/gram°C, kalor jenis air = 1 kal/gram °C, maka banyaknya kalor yang diperlukan pada saat proses dari C ke D adalah....
A. 125 kalori
B. 3.000 kalori
C. 4.000 kalori
D. 7.125 kalori
Pembahasan
Proses C-D, air 50 gram naik suhunya dari suhu 0°C menjadi 60°C, kalor yang diperlukan adalah:
Q = mcΔT
= (50)(1)(60) = 3000 kalori
Jawab: B
Soal No. 5
Perhatikan gambar gaya-gaya yang bekerja pada benda berikut! 
 
Jika massa benda tersebut 2 kg, percepatan yang akan terjadi pada benda adalah....
A. 12,5 m/s2
B. 7,5 m/s2
C. 5,0 m/s2
D. 2,5 m/s2
Pembahasan
Hukum Newton, menentukan percepatan benda:
a = F/m
= (10 + 5 − 10) / 2
= 5/2 = 2,5 m/s2
Soal No. 6
Dua benda A dan B memiliki massa sama. Benda A bergerak dengan energi kinetik 4 J dan B dengan energi kinetik 16 J. Perbandingan kecepatan benda A dengan B adalah....
A. 1 : 2
B. 1 : 4
C. 2 : 1
D. 4 : 1
Pembahasan
Dari rumus Ek = 1/2 mv2 , dengan massa benda sama diperoleh hubungan v dan Ek :
vA : vB = √EkA : √EkB
= √4 : √16
= 2 : 4
= 1 : 2
Soal No. 7
Beberapa bidang miring mempunyai ukuran seperti gambar. 
 
Yang memiliki keuntungan mekanis sama adalah bidang miring...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Pembahasan
Keuntungan mekanis pada bidang miring yang sama, dari perbandingan sisi miring dan tingginya, ubah satuan ke cm saja:
(1) 320 / 80 = 4
(2) 360 / 90 = 4
(3) 300 / 120 = 2,5
(4) 400 / 125 = 3,2
Yang sama (1) dan (2)
Soal No. 8
Perhatikan gambar alat Hidrolik berbentuk U berikut ini! 
 
Berat balok X pada tabung kecil agar alat hidrolik tetap seimbang adalah....
A. 5 N
B. 25 N
C. 10.000 N
D. 25.000 N
Pembahasan
F1 / A1 = F2 / A2
x / 5 = 500 / 100
x = 5 (500/100) = 25 N
Soal No. 9
Perhatikan gambar! 
 
Bandul berayun dengan pola P → Q → R → S → T, jumlah getaran adalah....
A. 1/2 getaran
B. 3/4 getaran
C. 1 getaran
D. 2 getaran
Pembahasan
Dari P ke P lagi adalah satu getaran, dari P ke Q adalah 1/8 getaran. P hingga T :
1/8 + 1/8 + 1/8 + 1/8 = 4/8 = 1/2 getaran
Soal No. 10
Sebuah kapal memancarkan bunyi ke dasar laut. Dua sekon kemudian terdengar bunyi pantul dari dasar laut. Jika cepat rambat bunyi dalam air laut 1400 m/s, kedalaman laut tempat tersebut adalah....
A. 700 m
B. 1.050 m
C. 1.400 m
D. 1.800 m
Pembahasan
Mengukur kedalaman laut dengan pantulan bunyi:
d = (v ×t) / 2
d = (1400 × 2) / 2 = 1400 meter

Fisika SMP kelas 1

Fisikastudycenter.com- Soal dan Pembahasan UN Ilmu Pengetahuan Alam SMP IPA Fisika Ujian Nasional Tahun 2015.  Pembahasan soal nomor 1-5.
Soal No. 1
Perhatikan tabel berikut!
NoBesaranSatuan(1)Volumem3(2)Kuat arus listrikampere(3)Intensitas cahayakandela(4)Tegangan listrikvolt(5)TekananN/m2
Berdasarkan tabel di atas yang termasuk kelompok besaran turunan dan satuannya dalam Sistem Internasional ditunjukkan oleh nomor....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)

Pembahasan
Yang termasuk kelompok besaran turunan yang benar adalah volume, tegangan listrik, dan tekanan. Masing-masing satuannya sudah benar. Jawab: B. 1, 4 dan 5
Soal No. 2
Di bawah ini beberapa sifat zat
(1) Gaya tarik menarik partikel sangat lemah
(2) Volumenya tetap
(3) Susunan partikel teratur
(4) Bentuknya sesuai wadahnya
(5) Letak partikelnya berjauhan
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat gas ditunjukkan oleh nomor....
A. (1), (3), dan (4)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Pembahasan
Sifat gas diantaranya:
-jarak partikel berjauhan
-gaya tarik lemah
-volume berubah
-bentuk menyesuaikan wadah
Sifat yang benar ditunjukkan nomor 1, 4 dan 5. Jawaban : B
Soal No. 3
Perhatikan gambar termometer Celcius dan Fahrenheit berikut!

Suatu cairan diukur dengan dua termometer tersebut, maka besar suhu X yang benar adalah....
A. 95°C
B. 85°C
C. 75°C
D. 65°C
Pembahasan
Konversi suhu dari termometer dengan skala Fahrenheit ke Celcius. Boleh dengan perbandingan atau dengan rumus jika hafal:

Jawab: B. 85°C
Soal No. 4
Perhatikan grafik pemanasan 1 kg es berikut ini!

Jika kalor jenis es 2.100 J/kg°C, kalor lebur es 336.000 J/kg dan kalor jenis air adalah 4.200 J/kg°C, maka kalor yang dibutuhkan dalam proses dari P-Q-R adalah....
A. 10.500 J
B. 21.000 J
C. 336.000 J
D. 346.500 J
Pembahasan
Kalor yang diperlukan adalah jumlah total kalor dari proses P ke Q dan Q ke R:
P - Q, proses menaikkan suhu, Q = mcΔT = (1)(2100)(5) = 10.500 Joule
Q - R, proses mengubah wujud es jadi air, Q = mL = (1)(336.000) = 336.000 Joule
Jumlahnya adalah = 336.000 + 10.500 = 346.500 Joule Jawab: D
Soal No. 5
Perhatikan kegiatan sehari-hari di bawah ini:
(1) Penumpang bis terdorong ke depan ketika bis tiba-tiba direm
(2) Mobil yang melaju di jalan raya mendapat percepatan yang sebanding dengan gaya
(3) Ketika dayung digerakkan ke belakang perahu bergerak ke depan
(4) Saat menembakkan peluru dari senapan, badan orang terdorong ke belakang
Pernyataan yang sesuai dengan Hukum Newton III adalah....
A. (1) dan (4)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Pembahasan
(1)   penumpang yang tadinya bergerak cenderung tetap bergerak meskipun mobil jadi berhenti (kelembaman/inersia) → mengikuti Hukum Newton I
(2)  percepatan yang dialami mobil sebanding dengan gaya yang diterimanya → mengikuti Hukum Newton II
(3)  ada gaya aksi reaksi dan melibatkan dua buah benda → mengikuti Hukum Newton III
(4)   ada gaya aksi reaksi dan melibatkan dua buah benda → mengikuti Hukum Newton III
Jawaban: D. (3) dan (4)

Fisika smp kelas satu semester satu

1) Panjang sepotong kayu adalah 2 meter. Yang merupakan
besaran dari pernyataan tersebut adalah....
A. panjang
B. sepotong kayu
C. 2
D. meter
2) Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan
angka dinamakan....
A. besaran
B. satuan
C. nilai
D. pengukuran
3) Berikut ini termasuk satuan baku adalah....
A. hasta
B. depa
C. jengkal
D. inchi
4) Berikut ini adalah contoh satuan tidak baku adalah....
A. ons
B. inchi
C. hasta
D. cc
5) Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan
hasil yang tidak sama untuk orang yang berlainan disebut….
A. satuan baku
B. satuan internasional
c. satuan tidak baku
D. besaran pokok
6) Besaran-besaran berikut termasuk besaran pokok adalah....
A. massa, panjang, tegangan listrik
B. panjang, intensitas cahaya, jumlah zat
C. suhu, energi, gaya
D. panjang, luas, volume
7) Dalam sistem satuan MKS didasarkan atas tiga besaran pokok
tersebut di bawah ini, kecuali...
A. panjang
B. suhu
C. waktu
D. massa
8) Berikut ini termasuk besaran turunan adalah....
A. panjang, luas, volume
B. energi, suhu, daya
C. kecepatan, percepatan, gaya
D. massa, panjang, intensitas cahaya
9) Berikut ini adalah satuan-satuan dari besaran energi:
(1) joule
(2) kalori
(3) watt
(4) erg
Satuan-satuan yang benar adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4
10) Berikut ini adalah satuan-satuan dari besaran gaya:
(1) newton
(2) joule
(3) dyne
(4) erg
Satuan satuan yang benar adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
11) Berikut ini merupakan satuan besaran volume :
(1) m
(2) ml
(3) cc
(4) are
Satuan-satuan yang benar adalah....
A. 1, 2 dan 3 saja
B. 1 dan 3 saja
C. 2 dan 4 saja
D. 4 saja
12) 5,5 km = ......m
A. 55 m
B. 550 m
C. 5.500 m
D. 5.5000 m
13) 5 are = .....m
A. 50
B. 500
C. 5.000
D. 50.000
14) Ukuran derajad panas dari suatu benda dinyatakan dengan
besaran....
A. energi
B. suhu
C. gaya
D. daya
15) Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam satuan
Internasional:
(1) bersifat tetap
(2) mudah ditiru
(3) bersifat internasional
(4) digunakan tiap hari
Pernyataan yang benar adalah...
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 1, 3 dan 4
D. 1, 2, 3 dan 4

Agama Katolik 3

LATIHAN SOAL UNTUK KELAS IX
1 Ajaran iman kristiani dapat kita temukan dalam rumusan….
a Doa bapa kami
b Doa salam maria
c Syahadat para rasul
d Credo anak Allah
2 Hal yang menjadi cirri khas dari iman Kristen adalah….
a Tata cara ibadatnya
b Iman akan Yesus Kristus
c Doa salam maria
d Persekutuan umat sebagai Gereja
3 Berikut ini merupakan aspek hidup beriman kristiani, kecuali….
a Pengalaman religius
b Penyerahan iman
c Pengetahuan iman
d Kemampuan pribadi
4 ”Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan! Tuhan! Akan
masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan
kehendak BapaKu yang di Sorga” (Mat 7:21). Makna Sabda Yesus
tersebut adalah….
a Kepercayaan kita kepada Yesus tidak menjamin bahwa kita masuk
sorga
b Kerjaan Sorga tertutup bagi orang yang berteriak memanggil nama
Tuhan.
c Iman akan Yesus harus terwujud secara konkret dalam tindakan
nyata sehari-hari
d Yesus tidak akan mengenal orang yang tidak mengenalNya
5 Berikut ini yang tidak termasuk dalam bagian dari syahadat iman
katolik adalah….
a percaya akan Allah Bapa, Yesus dan Roh Kudus
b percaya akan Gereja Katolik yang kudus
c percaya pada persekutuan para kudus
d percaya pada peristiwa kudus
6 kita akan menjadi orang Kristen sejati jika kita….
a Telah dibaptis sejak bayi dan tidak pernah meninggalkan Gereja
b Menjadi aktivis dalam segala jenis kegiatan Gereja
c Selalu rutin beribadah dan taat menjalanakan perintah agama
d Seluruh hidup dan tindakan kita diwarnai dan dimotivasi oleh iman
Kristen
7 Pengalaman dimana seseorang sungguh menghayati karya dan
kebaikan Allah yang berpuncak dalam diri Kristus disebut sebagai….
a Pengalaman religius sebagai orang Kristen
b Penglaman religius umat beragama
c Pengalaman insani berkenaan dengan kristus
d Pengalaman Gereja yang diajarkan melalui para rasul
8 Ciri-ciri penghayatan hidup beriman kristiani menurut Lumen
Gentium art. 14 adalah sebagai berikut, kecuali….
a Mengalami pembaptisan yang menjadikannya lahir kembali dalam
Tuhan
b Mengakui imannya akan Kristus dan menerima serta merayakan
sakramen-sakramen
c Bersatu dalam kasih, doa, pelayanan dan kesaksian
d Berkumpul dan merayakan hari besar keagamaan bersama-sama
9 Hal paling mendasar yang harus kita lakukan untuk menjaga iman
kita dan membina hubungan kita dengan Allah adalah….
a Berdoa dan membaca kitab suci
b Mengikuti pelajaran agama
c Datang ke gereja
d Mengikuti kegiatan gereja
10 Menurut Rasul Paulus (Flp 1:27-30), salah satu tantangan
terberat bagi orang Kristen untuk mengembangkan imannya adalah….
a Kemuliaan yang dijanjikan Kristus
b Panggilan untuk menderita bagi Kristus
c Karunia roh kudus
d Berpuasa dan mati raga
11 Dalam 1 Kor 9:24-27, Rasul Paulus mengajarkan bahwa
perkembangan iman dapat melalui….
a Permohonan terus menerus kepada Allah
b Penantian karya Roh Kudus sebagaimana terjadi dalam peristiwa
pentakosta
c Perjuangan berat seperti seorang olahragawan yang ingin meraih
piala kejuaraan
d Penelurusan bakat dan minat sesuai keadaan masing-masing
orang
12 Faktor utama penghambat perkembangan iman yang berasal dari
dalam diri kita, adalah….
a Banyaknya pekerjaan yang menjadi tanggungjawab kita
b Kecenderungan untuk malas dan santai
c Minimnya sarana yang kita miliki
d Banyaknya godaan yang ada di sekitar kita
13 “Peliharalah harta yang indah yang telah dipercayakanNya kepada
kita…”(2tim 1:14). Yang dimaksud dengan harta yang indah
adalah….
a Karunia Roh Kudus
b Emas dan permata
c Iman akan Kristus.
14 Iman memiliki dimensi personal dan social. Yang dimaksud
dengan dimensi personal adalah….
a Iman menyangkut hubungan pribadi kita dengan Allah
b Iman berkaitan dengan relasi kita dengan pribadi yang lain
c Iman merupakan urusan dan tanggugjawab kita pribadi
d Urusan iman kita tidak boleh dicampuri oleh orang lain
15 Hidup beriman tidak dapat terlepas dari kehidupan jemaat dan
masyarakat. Hal ini merupakan dimensi….
a Personal
b Sosial
c Eklesial
d Komunal
16 Salah satu bentuk perwujudan iman yang memiliki dimensi sosial
antara lain adalah….
a Berdoa rutin secara pribadi di rumah
b Membaca kitab suci di sela waktu luang
c Mengikuti kegiatan pendalaman iman / kitab suci di lingkungan
d Memiliki tempat ibadah khusus di rumah
17 Perwujudan iman dalam kehidupan sosial oleh Gereja nampak
dalam karya pelayanan Gereja, khususnya dalam hal….
a Kerygma
b Liturgia
c Martiria
d Diakonia
18 Salah satu fungsi pelayanan Gereja yang berusaha untuk
mendidik dan mengembangkan pengetahuan iman umat adalah….
a Liturgia
b Martiria
c Diakonia
d Kerygma
19 Berikut ini yang tidak termasuk dalam karya pelayanan Gereja
adalah….
a Liturgia
b Diakonia
c Kerygma
d Pedagogia
20 Perlunya peraturan dalam masyarakat adalah….
a Terjaminnya perwujudan hak dan kewajiban secara harmonis
b Terwujudnya stagnasi dalam hidup masyarakat
c Terciptanya stabilitas bermasyarakat
d Terjaganya kelangsungan hidup kelompok tertentu
21 Ajaran Sosial Gereja yang mengajarkan tentang pentingnya
keterlibatan kita dalam kehidupan masyarakat adalah….
a Sacrosanctum Consilium
b Gaudium et Spes
c Intermirifica
d Ad Gentes
22 “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada
kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada
Allah” (Mat 15:21). Makna sabda Yesus tersebut adalah….
a Kita harus membayar pajak kepada kaisar
b Kita harus memberikan persembahan kepada Allah
c Kita tidak perlu memperhatikan pemerintah jika telah taat kepada
Allah
d Kita harus mengusahakan keseimbangan hidup beriman dan
bermasyarakat.
23 Salah satu ajaran Yesus yang mengajarkan tentang kewajiban
kita sebagai warga masyarakat sebagaimana terdapat dalam Mat.
17:24-27 adalah….
a Kewajiban memberikan derma kepada kaum miskin
b Kewajiban memberikan persepuluhan kepada Gereja
c Menyantuni anak – anak yatim dan terlantar
d Kewajiban membayar pajak kepada pemerintah
24 Peran seorang pemimpin dalam kehidupan masyarakat antara lain
adalah….
a Mengarahkan kehidupan masyarakat pada tujuan kekuasannya
b Membimbing dan mengayomi masyarakat dari semua lapisan dan
golongan
c Menyediakan segala keperluan dan kebutuhan hidup masyarakat
d Mendorong munculnya gerakan-gerakan kontroversial dalam
masyarakat
25 Pada hakikatnya keberadaan pemimpin dalam masyarakat adalah
untuk….
a Menguasai hajat hidup masyarakat
b Melayani kepentingan masyarakat
c Menjadi panutan bagi hidup masyarakat
d Mengelola manajemen hidup masyarakat
26 Seorang pemimpin dapat dikatakan sebagai wakil Allah jika….
a Melaksanakan tugas kepemimpinan sesuai dengan kehendak Allah
bagi kesejahteraan masyarakat
b Menjalankan segala tugas dan kewajibannya sesuai dengan
keyakinannya
c Menyediakan segala sarana ibadah yang dibutuhkan oleh
masyarakat.
d Menjadikan kedudukan dan jabatannya sebagai sarana untuk
menjalankan amanat.
27 Ajaran pokok yang hendak disampaikan oleh Yesus dalam Mat
5:43-48 adalah….
a Kita harus mengasihi sesama
b Manusia baik dan jahat sama saja
c Membalas perbuatan orang lain sesuai dengan perbuatan mereka
d Allah mengasihi setiap orang tanpa pandang bulu
28 Dalam Mat 5:43-48, salah satu wujud kasih Allah kepada semua
orang adalah….
a Menjadikan manusia sebagai makhluk sempurna
b Memberikan pahala kepada mereka yang berbuat baik
c Menerbitkan matahari dan menurunkan hujan untuk orang yang
baik dan jahat
d Mencurahkan rahmat kepada semua orang yang beribadah
kepadaNya
29 Keistimewaan orang kristiani sebagaimana digambarkan dalam
Mat 5:43-48 nampak dalam perilaku….
a Memberikan salam kepada sesama saudara kita
b Mengasihi musuh dan mendoakan orang yang berbuat jahat
kepada kita
c Mengasihi orang yang mengasihi kita
d Menerima hak istimewa sebagai anak-anak Allah
30 Allah menerbitkan matahari dan menurunkan hujan untuk orang
yang baik dan tidak baik menunjukkan ….
a Allah adalah sumber keselamatan bagi setiap orang
b Allah mengasihi orang yang saleh
c Allah tidak membedakan perilaku manusia
d Allah mencintai manusia sebagaimana Ia kehendaki
31 Salah satu wujud kasih Allah yang sangat besar kepada manusia
adalah….
a Menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya
b Memberikan kebebasan kepada manusia
c Menyediakan segala kebutuhan hidup manusia
d Menganugerahkan Yesus Kristus sebagai penebus dan juru selamat
32 Dalam hidup kita sehari-hari, karya penyelamatan Allah kita alami
misalnya melalui peristiwa….
a Guru membiarkan kita mencontek karena kasihan kalau kita
mendapat nilai buruk
b Guru menghukum kita saat kita melakukan kesalahan
c Teman kita mengajak kita jajan bersama
d Kita mendapatkan hadiah ketika meraih prestasi belajar yang baik
33 “…seluruh kepenuhan Allah berkenan diam dan tinggal di dalam
Dia” (Kol 1:19). Makna ayat tersebut….
a Kita dapat melihat Allah ketika kita melihat Yesus
b Karya penyelamatan Allah nampak dan terwujud secara nyata
dalam seluruh hidup dan
karya Yesus.
c Yesus menggantikan posisi Allah dalam sejarah keselamatan
manusia
d Kita tidak perlu mengenal Allah, karena telah mengenal Yesus.
34 Yang dimaksud dengan iman pada hakikatnya adalah….
a Keyakinan akan adanya Tuhan yang maha esa, yang menciptakan
alam semesta dan
segala isinya.
b Kepercayaan pada suatu aliran yang menunjukkan jalan hidup
yang baik yang mestinya ditempuh oleh manusia.
c Ritual dan aturan yang manyangkut hubungan antara manusia
dengan Tuhan dan sesama.
d Keyakinan pada suatu ajaran yang membawa manusia pada
keselamatan.
35 Sedangkan agama pada dasarnya adalah….
a Salah satu jalan yang membantu manusia untuk semakin mengenal
Allah dan sampai
kepadaNya
b Ritual dan aturan yang manyangkut hubungan antara manusia
dengan Tuhan dan sesama.
c Keyakinan pada suatu ajaran yang membawa manusia pada
keselamatan.
d Kumpulan hukum dan aturan yang harus dilaksanakan atau tidak
dilaksanakan oleh
manusia.
36 Menurut Nostra Aetate art. 1, salah satu fungsi agama dalam
hidup manusia adalah sebagai berikut, kecuali….
a Menjamin keselamatan jiwa manusia
b Membantu manusia dalam menjawab pertanyaan-pertayaan
mendasar dalam hidupnya
c Membantu manusia semakin mengenal Allah
d Menghantar manusia untuk semakin menuju Allah.
37 Berikut ini yang merupakan permasalahan dalam hidup beragama
adalah….
a Adanya keragaman agama
b Peningkatan jumlah penganut suatu agama yang sangat pesat
c Politisasi agama
d Inklusivisme hidup beragama
38 Suatu tindakan yang menggunakan agama sebagai alat untuk
memperoleh kekuasaan atau mencapai tujuan politik tertentu disebut
sebagai….
a Komersialisasi agama
b Eksklusivisme agama
c Fanatisme agama
d Politisasi agama
39 Akibat mendasar yang ditimbulkan oleh adanya politisasi dan
komersialisasi agama adalah….
a Merebaknya aksi kekerasan yang bernuansa SARA
b Munculnya konflik antar umat beragama
c Pembelokan dan pendangkalan makna hidup beragama
d Meningkatnya fanatisme sempit di kalangan umat beragama.
40 Ajaran Sosial Gereja berkaitan dengan kehidupan beragama
terdapat dalam dokumen….
a Nostra Aetate
b Sacrosanctum Concilium
c Gaudium et Spes
d Dei Verbum
41 Dalam Nostra Aetate, Gereja mengajarkan bahwa beragama yang
benar berarti….
a Berusaha mengenal dan menjalin hubungan yang akrab dan
mendalam dengan Allah
b Melaksanakan semua perintah agama dengan tertib
c Menjalankan ibadah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan
d Memberikan amal dan sumbangan yang besar untuk kegiatan
Gereja
42 Nostra Aetate mengajarkan kepada umat kristiani untuk
menghormati dan menghargai agama lain. Hal tersebut didasarkan
pada….
a Keyakinan bahwa penghormatan terhadap agama lain akan
mendatangkan berkat
b Agama lain juga memiliki kebenaran yang sama dengan agama
kristiani
c Keyakinan bahwa semua bangsa merupakan satu masyarakat yang
memiliki asal dan
tujuan yang sama; yakni Allah, dan Allah menghendaki semua orang
selamat.
d Keyakinan bahwa agama-agama yang terdapat di dalam kehidupan
masyarakat berasal
dari Allah yang menghendaki munculnya perbedaan dalam
masyarakat.
43 Pernyataan diri Allah kepada manusia tentang keberadaanNya
merupakan pengertian dari….
a Iman
b Wahyu
c Sabda
d Firman
44 Tanggapan manusia atas pewahyuan diri Allah, yang berupa
jawaban “Ya” sebagai bentuk keyakinan akan adanya Allah disebut….
a Wahyu
b Firman
c Iman
d Sabda
45 Dalam yakobus 1:14-26, Rasul Yakobus mengajarkan bahwa
seorang yang sungguh beriman kepada Allah akan memperoleh buah-
buah iman berupa…
a Kesuksesan, popularitas, ketenangan, percaya diri
b Ketabahan, kekayaan, kesehatan, tegar
c Ketenteraman, rejeki yang melimpah, kekuasaan
d Ketenangan batin, kedamaian, ketenteraman hidup, optimisme.
46 “Jikalau ada orang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak
mengekang lidahnya, ia menipu dirinya, maka sia-sialah
ibadahnya” (Yak 1: 26). Ayat tersebut mengajarkan….
a Hidup beriman yang mendalam merupakan kesatuan antara iman
dan perbuatan
b Dalam beriman, hendaknya kita senantiasa jujur dan tidak banyak
bicara
c Saat ibadah hendaknya dilakukan di saat yang tenang, dan tempat
yang sepi
d Ibadah yang dilakukan sambil bicara tidak sah hukumnya.
47 Dalam Yakobus 1: 21-22, Rasul Yakobus mengajarkan bahwam
iman akan menjadi sempurna jika….
a Diwujudkan dalam tindakan kasih terhadap sesama.
b Menjadi pendengar firman yang baik dan taat beridabah kepada
Allah
c Menjadi pelaku firman dan berbuat kasih kepada sesama
d Terjadi interaksi yang aktif antara kita dengan Allah.
48 Salah satu tokoh dari Italia yang berusaha mewujudkan iman
dengan melayani anak yatim dan terlantar adalah….
a St. Theresa
b St. Mikael
c St. Rafael
d St. Hieronimus Emiliani
49 Dalam suratnya kepada jemaat di Galatia (Galatia 3:1-14) Rasul
Paulus mengajarkan tentang arti pentingnya iman bagi manusia,
yakni….
a Mengalami hubungan yang mendalam dengan Allah dan hidupnya
diberkati Allah
b Memperoleh segala kebutuhan hidup sebagaimana ia inginkan
c Terbebaskan dari segala hambatan dan kesulitan hidup
d Menampakkan identitas diri sebagai orang beragama yang
senantiasa dilindungi Allah
50 Bahaya yang paling besar ketika kita tidak beriman adalah….
a Selalu diliputi oleh rasa takut
b Khawatir dengan resiko yang mungkin terjadi sebagai akibat dari
perbuatan kita
c Mengalami penderitaan yang terus menerus selama hidup di dunia
d Ketersesatan jiwa dan kematian kekal, terlepas sepenuhnya dari
Allah

Agama Katolik 2

Soal Latihan Pelajaran Agama VII-1
SOAL LATIHAN
SMP MARIE JOSEPH
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Kelas : VII
I. Hitamkanlah salah satu pilihan yang benar pada huruf a, b, c atau
d pada lembar jawaban!
1. Manusia diciptakan menurut citra Allah. Kata citra berarti . . . .
a. Wakil dan sejenis
b. Segambar dan sewakil
c. Serupa dan segambar
d. Serupa dan sewakil
2. Kisah penciptaan manusia dapat dibaca dalam Kitab . . . .
a. Kejadian 6 : 13 – 20
b. Kejadian 1 26-28
c. Kejadian 5 : 27-30
d. Kejadian 20 : 4
3. Seorang anak biasanya selalu menyerupai kedua orang tuanya
dalam hal ....
a. jabatan dan nasib
b. nasib dan Jabatan
c. profesi dan Watak
d. fisik dan watak
4. Prita adalah siswa kelas VII, dan ia harus memelihara citra kedua
orang tua dan sekolahnya. Kata citra
berarti . . . .
a. kekayaan
b. prestasi
c. kehormatan
d. kebenaran
5. Manusia adalah citra Allah, manusia diberi karunia khusus yang
tidak dimiliki oleh makhluk lainnya yaitu ....
a. akal budi, kebebasan dan hati nurani
b. akal budi, perasaan dan sukacita
c. kebahagian, suka cita dan damai
d. kepandaian, akal budi dan tenang
6. Sikap yang perlu kita kembangkan sebagai citra Allah adalah ....
a. serakah
b. menguasai
c. bertanggung jawab
d. menghancurkan
7. Tindakan Anton di kelas yang mencerminkan diri sebagai citra
Allah adalah ....
a. bekerja sama saat ulangan
b. membiarkan kelas kotor
c. mencontek disaat guru tidak melihat
d. bersama-sama membersihkan kelas
8. Penyebab utama yang membuat manusia tidak melaksanakan
tugasnya sebagai citra Allah adalah . . . .
a. bertanggung jawab terhadap ciptaan Allah
b. egoisme dan keserakahan
c. menjaga dan melestarikan alam
d. setia dan taat kepada Allah
9. Tindakan di rumah yang mencerminkan diri sebagai citra Allah
adalah ....
a. membersihkan rumah
b. menonton TV sampai larut malam
c. membiarkan kamar tidur berantakan
d. pergi keluar rumah tidak ijin
10. Menurut Kitab Kejadian yang bukan merupakan tugas manusia
adalah kecuali ....
a. beranak cucu dan bertambah banyak
b. memenuhi bumi dan menaklukannya
c. menguasai ciptaan Allah lainnya
d. melestarikan lingkungan sekitar
11. Allah memberi kuasa kepada manusia, supaya manusia ....
a. mempunyai kepuasan dalam dirinya
c. mengolah dan menjaga alam ciptaan
b. bersikap sewenang-wenang
d. tidak perlu bekerja
12.Sikap tuan terhadap hamba yang bertanggung jawab dan
menghasilkan talenta menurut Mat 25: 14-30 (perumpamaan tentang
talenta) adalah ....
a. membiarkannya
b. mengajak mereka berbahagia
c. mengambil talenta yang telah diberikan
d. mengembalikan talenta yang diberikan
13. Menurut Kitab Kej. 1:26, Allah tidak memberikan tugas kepada
manusia untuk berkuasa atas …
a. ikan-ikan di laut
b. binatang melata
c. sesama manusia
d. ternak
14. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Dia memberikan
tugas kepada mereka untuk ….
a. beranak cucu dan bertambah banyak.
b. saling membenci
c. bertengkar dan bermusuhan
d. saling menindas
15. Makna “berkuasa” yang diharapkan Tuhan dari manusia adalah
….
a. menganiaya
b. memelihara
c. merusak
d. memusnahkan
16. Tempat tinggal Paus Benediktus XVI adalah….
a. Juventus
b.Milano
c.Vatican
d. Perugia
17. Setiap orang dianugerahi kemampuan atau potensi yang perlu
dikembangkan. Tugas pertama kita adalah ... kemampuan.
a. Mengembangkan
b. Melatih
c. Menemukan
d. Menyalurkan
18. Orang biasanya mengucap syukur kepada Allah karena ia
memandang bahwa hidupnya merupakan ....
a. Nasib baik
b. Usahanya
c. Anugerah Allah
d. Takdir
19. Tindakan berikut yang menunjukkan diri sebagai citra Allah
adalah ….
a. mencari ikan dengan membom laut
b. menebang pohon secara liar
c. memperdagangkan wanita dan bayi
d. menjual hasil-hasil pertanian
20. Sikap kreatif dan terus mencari hal-hal baru merupakan contoh
dari orang yang memandang bahwa hidup merupakan suatu ....
a. Kutukan
b. Seni
c. Nasib buruk
d. Beban berat
21. Dari perumpamaan tentang “TALENTA” kita mengetahui bahwa
hamba III memiliki sikap … terhadap talenta yang diberikan tuannya.
a. Positif
b.Negatif
c. Kreatif
d. Fanatik
22. Perbedaan laki-laki dan perempuan paling mudah di kenal
melalui ....
a. Sifat
b. Organ kelamin
c. Kepribadian
d. Kebiasaan
23. Dalam tradisi gereja Katolik terdapat devosi khusus kepada
Bunda Maria yang dikenal dengan doa ....
a. Suku jam
b. Angelus
c. Rosario
d. Syahadat
24. Dalam Gereja Katolik terdapat Sakramen-sakramen yang
jumlahnya ....
a.Empat b. Lima c.Enam d. Tujuh
25. Kitab kejadian 2 : 20 berbunyi manusia itu memberi nama
kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada
segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai
penolong yang sepadan dengan dia. Manusia itu adalah ....
a. Adam
b. Hawa
c. Nabi Nuh
d. Abraham
26. Perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Hal ini memiliki
arti ....
a. Perempuan makhluk istimewa
b. Laki-laki makhluk berkuasa
c. Keduanya sederajat
d. Perempuan lebih rendah
27. Perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan dalam masyarakat
merupakan akibat dari ....
a. Sistem kodrat
b. Sistem budaya
c. Kecerdasan
d. Sistem ciptaan
28. Gerakan yang mendorong kesetaraan antara laki-laki dan
perempuan disebut ....
a. Emansipasi
b. Partisipasi
c. Komunikasi
d. Transportasi
29. Kitab Kejadian 2:8-25 isinya Allah menciptakan perempuan untuk
menjadikan ....
a. Penolong yang sepadan
b. Pembantu yang lebih rendah
c. Penguasa yang lebih tinggi
d. Penggoda yang merusak
30. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan agar mereka saling ...
a. Menggoda
b. Melengkapi
c. Menyalahkan
d. Bersaing
31. Kelebihan manusia sebagai citra Allah terletak pada ….
a. kesadaran diri sebagai rekan kerja Allah
b. kelengkapan fisik/alat indera
c. kemampuan mempertahankan hidup
d. keterampilan menjalin relasi
32. Laki-laki dan perempuan diciptakan sederajat, maka hubungan
ayah dan ibu seharusnya ....
a. Saling mendengarkan
b. Saling tidak mendengarkan
c. Lebih mendengarkan ibu
d. Lebih mendengarkan ayah
33. Sikap tuan terhadap hamba yang menjalankan talentanya adalah
….
a. memuji dan memberinya talenta lagi
b. memberinya hadiah yang banyak
c. menyanjungnya dan mempestakannya
d. memuji dan memberinya tanggung jawab lebih besar
34. Seks dan seksualitas itu merupakan daya hidup yang mulia.
Penghayatan seksualitas yang benar diungkapan dalam bentuk ....
a. Selingkuh
b. Perceraian
c. Sakramen perkawinan
d. Perzinahan
35. Menurut teks Kitab Suci, hal yang diumpamakan dengan talenta
adalah ….
a. Kerajaan Allah
b. prestasi seseorang
c. Yesus Kristus sendiri
d. gereja
36. Tubuh kita adalah bait Roh Kudus artinya . . . .
a. Tubuh kita akan dipelihara oleh Allah
b. Tubuh kita akan di sucikan oleh Allah
c. Tubuh kita akan dilindungi oleh Allah
d. Tubuh kita merupakan sarana kehadiran Allah
37. Perumpamaan tentang telenta terdapat dalam Injil ….
a. Mat 25:14-30
b. Mark 9:14-29
c. Luk 18:18-27
d. Yoh 4:1-42
38. Tindakan hamba pertama dan kedua terhadap talenta yang
mereka terima adalah …
a. membenamkannya
b. menyembunyikannya.
c. melipat-gandakannya
d. membungkus dan menanamnya dalam tanah
39. Kemampuan yang kita miliki seharusnya kita ….
a. biarkan berkembang dengan sendirinya
b. pamerkan kepada orang lain
c. mengembangkannya dengan aktif
d. kembangkan sesuka hati
40. Kata berikut yang tidak menunjukkan arti citra adalah ….
a. rupa
b. gambar
c. mirip
d. sama
41. Manusia tidak dapat hidup sendiri maka membutuhkan orang
lain. Hal ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk ....
a. Pribadi
b. Berbudi
c. Sosial
d. Berakhlak
42. Manusia diciptakan sebagai citra Allah berarti manusia
diciptakan sebagai ….
a. kembaran Allah
b. gambaran Allah
c. tiruan Allah
d. milik Allah
43. Hubungan persahabatan akan terjalin dengan baik apabila
tumbuh sikap ....
a. egois dan tidak setia
b. jujur dan terbuka
c. mau menang sendiri
d. tidak jujur dan pura –pura
44. Persahabatan sejati akan terbina atau berjalan oleh ....
a. adanya kehendak pribadi
b. adanya tujuan pribadi
c. adanya Iman akan Allah
d. kerjasama sesaat
45. Seorang sahabat yang pernah berbuat salah dan meminta maaf,
sikap yang baik adalah ....
a. menanti saat balas dendam
b. tetap menyimpan amarah
c. memaafkan demi persahabatan
d. menyingkirkannya
46. Pengikut Yesus Kristus yang menjadi sahabat sejati bagi
sesamanya, kemudian meninggal karena tertular penyakit kusta di
pulau Molokai adalah ....
a. ibu Theresia
b. pater Damian
c. Fransiskus Asisi
d. santa Elisabeth
47. Gambaran sahabat sejati yang paling nyata nampak dalam diri .
. . Ia telah membuktikan dirinya sebagai sahabat semua orang.
a. Yesus Kristus
b. Bapa Abraham
c. Nabi Musa
d. Daud
48. “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa
kita…” Kutiban tersebut di atas terdapat dalam Kitab ....
a. Kejadian
b.Keluaran
c. Bilangan
d. Mazmur
49. Salah satu kemampuan akal budi yang dimiliki manusia adalah …
a. mampu berpikir untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah
b. dapat merasakan penderitaan dan kesulitan orang lain
c. dapat mempertimbangkan baik-buruknya perbuatan
d. mampu melakukan apa saja yang disukai
50. Contoh tindakan di sekolah yang menampilkan diri sebagai citra
Allah adalah ….
a. memamerkan ponsel mode terbaru
b. bekerja sama dengan teman pada saat ulangan
c. berteman tanpa membeda-bedakan
d. mengajak teman untuk membolos dari sekolah
II. Essay
1. Tuliskan dan berikan contoh masing-masing 5 keterbatasan
dalam
hidup seseorang !
2. Tuliskan 2 sikap dan akibatnya masing-masing dalam
menghadapi keterbatasan !
3. Jelaskan secara lengkap sikap para murid Yesus yang perlu kita
teladani
dalam menghadapi keterbatasan !
4. Tuliskan dan jelaskan 3 cara untuk mengembangkan talenta !
5. Tuliskan sebuah doa bagi orang yang mengalami keterbatasan
(minimal 10 kalimat)

Ujian semester satu Agama Katolik

Soal Latihan Pelajaran Agama VII-1
SOAL LATIHAN
SMP MARIE JOSEPH
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Kelas : VII
I. Hitamkanlah salah satu pilihan yang benar pada huruf a, b, c atau
d pada lembar jawaban!
1. Manusia diciptakan menurut citra Allah. Kata citra berarti . . . .
a. Wakil dan sejenis
b. Segambar dan sewakil
c. Serupa dan segambar
d. Serupa dan sewakil
2. Kisah penciptaan manusia dapat dibaca dalam Kitab . . . .
a. Kejadian 6 : 13 – 20
b. Kejadian 1 26-28
c. Kejadian 5 : 27-30
d. Kejadian 20 : 4
3. Seorang anak biasanya selalu menyerupai kedua orang tuanya
dalam hal ....
a. jabatan dan nasib
b. nasib dan Jabatan
c. profesi dan Watak
d. fisik dan watak
4. Prita adalah siswa kelas VII, dan ia harus memelihara citra kedua
orang tua dan sekolahnya. Kata citra
berarti . . . .
a. kekayaan
b. prestasi
c. kehormatan
d. kebenaran
5. Manusia adalah citra Allah, manusia diberi karunia khusus yang
tidak dimiliki oleh makhluk lainnya yaitu ....
a. akal budi, kebebasan dan hati nurani
b. akal budi, perasaan dan sukacita
c. kebahagian, suka cita dan damai
d. kepandaian, akal budi dan tenang
6. Sikap yang perlu kita kembangkan sebagai citra Allah adalah ....
a. serakah
b. menguasai
c. bertanggung jawab
d. menghancurkan
7. Tindakan Anton di kelas yang mencerminkan diri sebagai citra
Allah adalah ....
a. bekerja sama saat ulangan
b. membiarkan kelas kotor
c. mencontek disaat guru tidak melihat
d. bersama-sama membersihkan kelas
8. Penyebab utama yang membuat manusia tidak melaksanakan
tugasnya sebagai citra Allah adalah . . . .
a. bertanggung jawab terhadap ciptaan Allah
b. egoisme dan keserakahan
c. menjaga dan melestarikan alam
d. setia dan taat kepada Allah
9. Tindakan di rumah yang mencerminkan diri sebagai citra Allah
adalah ....
a. membersihkan rumah
b. menonton TV sampai larut malam
c. membiarkan kamar tidur berantakan
d. pergi keluar rumah tidak ijin
10. Menurut Kitab Kejadian yang bukan merupakan tugas manusia
adalah kecuali ....
a. beranak cucu dan bertambah banyak
b. memenuhi bumi dan menaklukannya
c. menguasai ciptaan Allah lainnya
d. melestarikan lingkungan sekitar
11. Allah memberi kuasa kepada manusia, supaya manusia ....
a. mempunyai kepuasan dalam dirinya
c. mengolah dan menjaga alam ciptaan
b. bersikap sewenang-wenang
d. tidak perlu bekerja
12.Sikap tuan terhadap hamba yang bertanggung jawab dan
menghasilkan talenta menurut Mat 25: 14-30 (perumpamaan tentang
talenta) adalah ....
a. membiarkannya
b. mengajak mereka berbahagia
c. mengambil talenta yang telah diberikan
d. mengembalikan talenta yang diberikan
13. Menurut Kitab Kej. 1:26, Allah tidak memberikan tugas kepada
manusia untuk berkuasa atas …
a. ikan-ikan di laut
b. binatang melata
c. sesama manusia
d. ternak
14. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Dia memberikan
tugas kepada mereka untuk ….
a. beranak cucu dan bertambah banyak.
b. saling membenci
c. bertengkar dan bermusuhan
d. saling menindas
15. Makna “berkuasa” yang diharapkan Tuhan dari manusia adalah
….
a. menganiaya
b. memelihara
c. merusak
d. memusnahkan
16. Tempat tinggal Paus Benediktus XVI adalah….
a. Juventus
b.Milano
c.Vatican
d. Perugia
17. Setiap orang dianugerahi kemampuan atau potensi yang perlu
dikembangkan. Tugas pertama kita adalah ... kemampuan.
a. Mengembangkan
b. Melatih
c. Menemukan
d. Menyalurkan
18. Orang biasanya mengucap syukur kepada Allah karena ia
memandang bahwa hidupnya merupakan ....
a. Nasib baik
b. Usahanya
c. Anugerah Allah
d. Takdir
19. Tindakan berikut yang menunjukkan diri sebagai citra Allah
adalah ….
a. mencari ikan dengan membom laut
b. menebang pohon secara liar
c. memperdagangkan wanita dan bayi
d. menjual hasil-hasil pertanian
20. Sikap kreatif dan terus mencari hal-hal baru merupakan contoh
dari orang yang memandang bahwa hidup merupakan suatu ....
a. Kutukan
b. Seni
c. Nasib buruk
d. Beban berat
21. Dari perumpamaan tentang “TALENTA” kita mengetahui bahwa
hamba III memiliki sikap … terhadap talenta yang diberikan tuannya.
a. Positif
b.Negatif
c. Kreatif
d. Fanatik
22. Perbedaan laki-laki dan perempuan paling mudah di kenal
melalui ....
a. Sifat
b. Organ kelamin
c. Kepribadian
d. Kebiasaan
23. Dalam tradisi gereja Katolik terdapat devosi khusus kepada
Bunda Maria yang dikenal dengan doa ....
a. Suku jam
b. Angelus
c. Rosario
d. Syahadat
24. Dalam Gereja Katolik terdapat Sakramen-sakramen yang
jumlahnya ....
a.Empat b. Lima c.Enam d. Tujuh
25. Kitab kejadian 2 : 20 berbunyi manusia itu memberi nama
kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada
segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai
penolong yang sepadan dengan dia. Manusia itu adalah ....
a. Adam
b. Hawa
c. Nabi Nuh
d. Abraham
26. Perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Hal ini memiliki
arti ....
a. Perempuan makhluk istimewa
b. Laki-laki makhluk berkuasa
c. Keduanya sederajat
d. Perempuan lebih rendah
27. Perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan dalam masyarakat
merupakan akibat dari ....
a. Sistem kodrat
b. Sistem budaya
c. Kecerdasan
d. Sistem ciptaan
28. Gerakan yang mendorong kesetaraan antara laki-laki dan
perempuan disebut ....
a. Emansipasi
b. Partisipasi
c. Komunikasi
d. Transportasi
29. Kitab Kejadian 2:8-25 isinya Allah menciptakan perempuan untuk
menjadikan ....
a. Penolong yang sepadan
b. Pembantu yang lebih rendah
c. Penguasa yang lebih tinggi
d. Penggoda yang merusak
30. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan agar mereka saling ...
a. Menggoda
b. Melengkapi
c. Menyalahkan
d. Bersaing
31. Kelebihan manusia sebagai citra Allah terletak pada ….
a. kesadaran diri sebagai rekan kerja Allah
b. kelengkapan fisik/alat indera
c. kemampuan mempertahankan hidup
d. keterampilan menjalin relasi
32. Laki-laki dan perempuan diciptakan sederajat, maka hubungan
ayah dan ibu seharusnya ....
a. Saling mendengarkan
b. Saling tidak mendengarkan
c. Lebih mendengarkan ibu
d. Lebih mendengarkan ayah
33. Sikap tuan terhadap hamba yang menjalankan talentanya adalah
….
a. memuji dan memberinya talenta lagi
b. memberinya hadiah yang banyak
c. menyanjungnya dan mempestakannya
d. memuji dan memberinya tanggung jawab lebih besar
34. Seks dan seksualitas itu merupakan daya hidup yang mulia.
Penghayatan seksualitas yang benar diungkapan dalam bentuk ....
a. Selingkuh
b. Perceraian
c. Sakramen perkawinan
d. Perzinahan
35. Menurut teks Kitab Suci, hal yang diumpamakan dengan talenta
adalah ….
a. Kerajaan Allah
b. prestasi seseorang
c. Yesus Kristus sendiri
d. gereja
36. Tubuh kita adalah bait Roh Kudus artinya . . . .
a. Tubuh kita akan dipelihara oleh Allah
b. Tubuh kita akan di sucikan oleh Allah
c. Tubuh kita akan dilindungi oleh Allah
d. Tubuh kita merupakan sarana kehadiran Allah
37. Perumpamaan tentang telenta terdapat dalam Injil ….
a. Mat 25:14-30
b. Mark 9:14-29
c. Luk 18:18-27
d. Yoh 4:1-42
38. Tindakan hamba pertama dan kedua terhadap talenta yang
mereka terima adalah …
a. membenamkannya
b. menyembunyikannya.
c. melipat-gandakannya
d. membungkus dan menanamnya dalam tanah
39. Kemampuan yang kita miliki seharusnya kita ….
a. biarkan berkembang dengan sendirinya
b. pamerkan kepada orang lain
c. mengembangkannya dengan aktif
d. kembangkan sesuka hati
40. Kata berikut yang tidak menunjukkan arti citra adalah ….
a. rupa
b. gambar
c. mirip
d. sama
41. Manusia tidak dapat hidup sendiri maka membutuhkan orang
lain. Hal ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk ....
a. Pribadi
b. Berbudi
c. Sosial
d. Berakhlak
42. Manusia diciptakan sebagai citra Allah berarti manusia
diciptakan sebagai ….
a. kembaran Allah
b. gambaran Allah
c. tiruan Allah
d. milik Allah
43. Hubungan persahabatan akan terjalin dengan baik apabila
tumbuh sikap ....
a. egois dan tidak setia
b. jujur dan terbuka
c. mau menang sendiri
d. tidak jujur dan pura –pura
44. Persahabatan sejati akan terbina atau berjalan oleh ....
a. adanya kehendak pribadi
b. adanya tujuan pribadi
c. adanya Iman akan Allah
d. kerjasama sesaat
45. Seorang sahabat yang pernah berbuat salah dan meminta maaf,
sikap yang baik adalah ....
a. menanti saat balas dendam
b. tetap menyimpan amarah
c. memaafkan demi persahabatan
d. menyingkirkannya
46. Pengikut Yesus Kristus yang menjadi sahabat sejati bagi
sesamanya, kemudian meninggal karena tertular penyakit kusta di
pulau Molokai adalah ....
a. ibu Theresia
b. pater Damian
c. Fransiskus Asisi
d. santa Elisabeth
47. Gambaran sahabat sejati yang paling nyata nampak dalam diri .
. . Ia telah membuktikan dirinya sebagai sahabat semua orang.
a. Yesus Kristus
b. Bapa Abraham
c. Nabi Musa
d. Daud
48. “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa
kita…” Kutiban tersebut di atas terdapat dalam Kitab ....
a. Kejadian
b.Keluaran
c. Bilangan
d. Mazmur
49. Salah satu kemampuan akal budi yang dimiliki manusia adalah …
a. mampu berpikir untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah
b. dapat merasakan penderitaan dan kesulitan orang lain
c. dapat mempertimbangkan baik-buruknya perbuatan
d. mampu melakukan apa saja yang disukai
50. Contoh tindakan di sekolah yang menampilkan diri sebagai citra
Allah adalah ….
a. memamerkan ponsel mode terbaru
b. bekerja sama dengan teman pada saat ulangan
c. berteman tanpa membeda-bedakan
d. mengajak teman untuk membolos dari sekolah
II. Essay
1. Tuliskan dan berikan contoh masing-masing 5 keterbatasan
dalam
hidup seseorang !
2. Tuliskan 2 sikap dan akibatnya masing-masing dalam
menghadapi keterbatasan !
3. Jelaskan secara lengkap sikap para murid Yesus yang perlu kita
teladani
dalam menghadapi keterbatasan !
4. Tuliskan dan jelaskan 3 cara untuk mengembangkan talenta !
5. Tuliskan sebuah doa bagi orang yang mengalami keterbatasan
(minimal 10 kalimat)