Label

Kamis, 03 Desember 2015

perbedaan kurikulum diknas

Perbedaan Kurikulum 2013 dan KTSP 2006
Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan Bab 1 Pasal 1 Ayat
(15) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah
“Kurikulum operasional yang disusun oleh dan
dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.” KTSP
merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 (KBK)
adalah kurikulum operasional yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan atau
sekolah (Muslich, 2007:17).
Kurikulum 2013 sudah diimplementasikan pada tahun
pelajaran 2013/2014 pada sekolah-sekolah tertentu
(terbatas). Kurikulum 2013 diluncurkan secara resmi pada
tanggal 15 Juli 2013. Sesuatu yang baru tentu mempunyai
perbedaan dengan yang lama. Begitu pula kurikulum 2013
mempunyai perbedaan dengan KTSP. Berikut ini adalah
perbedaan kurikulum 2013 dan KTSP :
A. Perbedaan umumnya
No Kurikulum 2013 KTSP
1
SKL (Standar Kompetensi
Lulusan) ditentukan
terlebih dahulu, melalui
Permendikbud No 54
Tahun 2013. Setelah itu
baru ditentukan Standar
Isi, yang bebentuk
Kerangka Dasar
Kurikulum, yang
dituangkan dalam
Permendikbud No 67, 68,
69, dan 70 Tahun 2013
Standar Isi ditentukan
terlebih dahulu melaui
Permendiknas No 22
Tahun 2006. Setelah itu
ditentukan SKL (Standar
Kompetensi Lulusan)
melalui Permendiknas
No 23 Tahun 2006
2
Aspek kompetensi lulusan
ada keseimbangan soft
skills dan hard skills yang
meliputi aspek kompetensi
sikap, keterampilan, dan
pengetahuan
lebih menekankan pada
aspek pengetahuan
3 di jenjang SD Tematik
Terpadu untuk kelas I-VI
di jenjang SD Tematik
Terpadu untuk kelas I-
III
4 Jumlah jam pelajaran per
minggu lebih banyak dan
jumlah mata pelajaran
lebih sedikit dibanding
KTSP
Jumlah jam pelajaran
lebih sedikit dan
jumlah mata pelajaran
lebih banyak dibanding
Kurikulum 2013
5 Proses pembelajaran
setiap tema di jenjang SD
dan semua mata pelajaran
di jenjang SMP/SMA/SMK
dilakukan dengan
pendekatan ilmiah
(saintific approach), yaitu
standar proses dalam
pembelajaran terdiri dari
Mengamati, Menanya,
Mengolah, Menyajikan,
Menyimpulkan, dan
Mencipta.
Standar proses dalam
pembelajaran terdiri
dari Eksplorasi,
Elaborasi, dan
Konfirmasi
6 TIK (Teknologi Informasi
dan Komunikasi) bukan
sebagai mata pelajaran,
melainkan sebagai media
pembelajaran
TIK sebagai mata
pelajaran
7 Standar penilaian
menggunakan penilaian
otentik, yaitu mengukur
semua kompetensi sikap,
keterampilan, dan
pengetahuan berdasarkan
proses dan hasil.
Penilaiannya lebih
dominan pada aspek
pengetahuan
8 Pramuka menjadi
ekstrakuler wajib
Pramuka bukan
ekstrakurikuler wajib
9 Pemintan (Penjurusan)
mulai kelas X untuk
jenjang SMA/MA
Penjurusan mulai kelas
XI
10 BK lebih menekankan
mengembangkan potensi
siswa
BK lebih pada
menyelesaikan masalah
siswa
B. Di tinjau dari prosesnya
1. Pada KTSP proses pembelajaran yang lebih dominan
adalah aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, sedangkan
pada kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar
nantinya yang lebih dominan adalah afektif, psikomotor,
baru kognitif. Artinya siswa dalam proses lebih
menonjolkan afektif dan psikomotornya.
2. Kurikulum 2013 sangat menekankan penyeimbangan
antara aspek kognitif (intelektual), psikomotorik (gerak) dan
afektif (sikap). Berbeda dengan KTSP 2006 yang pada tahap
implemntasinya cenderung lebih fokus pada aspek
kognitifnya
3. Aspek standar isi. Jumlah mata pelajaran yang ada di
dalam setiap jenjang di kurikulum 2013 berkurang. Contoh:
untuk sekolah dasar yang awalnya 10 menjadi 6 mata
pelajaran, tetapi esensi yang diharapkan dari setiap
pembelajaran tetap ada, sehingga cara yang digunakan
didalam kurikulum 2013 adalah integrasi beberapa
pelajaran ke pelajaran lain. Integrasi ini disebut
pembelajaran tematik. Pengurangan jumlah pelajaran pada
kurikulum 2013 namun dmikian berimbas pada
penambahan waktu belajar. Untuk tingkat sekolah dasar
penambhan 4 jam dalam 1 minggu.
4. Standar proses pemebelajaran. Perubahan yang
signifikan terjadi pada penedekatan pembelajaran yang
dilakukan. Pembelajaran yang pada awalnya menggunkan
pendekatan behaviorisme dan kognitifisme, sekarang mulai
bergeser menuju kedekatan konstrutivisme. Hal ini akan
berimbas pada guru di kelas yang pada awalnya cenderung
menggunkan guru sebagai sumber pembelajaran (teacher-
centered leaning), menjadi siswa dan lingkungannya
sebagai sumber (student-centered leaning).
5. Perubahan standar penilaian. Pada kurikulum KTSP 2006
penilaian yang dilakukan cenderung menggunakan
penilaian akhir tanpa ada penilaian pada proses
pembelajaran. Pada kurikulum baru ini, penilaian akan di
proses belajar turut dimasukan. Nantinya akan ada
penilaian forfolio terhadap forfolio terhadap pribadi siswa.
C. Di tinjau dari penilaiannya
Kurikulum 2006
Kurikulum 2006 memuat sejumlah permasalahan
diantaranya :
1. Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetisi sesuai
tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
2. Kompetensi belum menggambarkan secara holistik
domain sikap, keterampilan dan pengetahuan.
3. Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan
perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter,
metodologi, pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills
dan hard skill, kewirausahaan), belum terakomodasi
didalam kurikulum.
4.Kurikulum belum peka dan tanggapan terhadap
perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional
maupun global.
5. Standar proses pembelajaran belum menggambarkan
urutan pengajaran yang rinci sehingga membuka peluang
penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada
pembelajaran yang berpusat pada guru.
6. Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian
berbasis pada kompetensi (proses dan hasil) dan belum
secara tegas menuntut adanya remediasi secara berskala.
7. Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang
lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.
KTSP 2013
1. Pada kurikulum 2013 tantangan masa depan yang
dihadapi yaitu arus globalisasi, masalah lingkungan hidup,
kemajuan teknologi informasi, konfergensi ilmu dan
teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan.
2. Kompetensi masa depan yaitu meliputi kemampuan
berkomunikasi, kemapuan berfikir jernih dan kritis,
kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu
permasalahan kemampuan menjadi warga negara yang
efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan
toleran terhadap pandangan yang berbeda.
3. Fenomena sosial yang mengemukakan seperti
perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme,
kecurangan dalm berbagai jenis ujian, dan kejolak sosial.
4. Persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini
terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa
yang terlalu berat dan bermuatan karakter.
D. Di tinjau dari esensialnya
Kurikulum 2013
1. Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi
(sikap, pengetahuan, keterampilan)
2. Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain
dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi
inti tiap kelas.
3. Bahasa Indonesia sebagai penghela maple lain (sikap dan
keterampilan bahasa)
4. Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan
yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya,
mencoba, menalar, dll
5. Bermacam jenis konten pembelajaran di ajarkan terkait
dan terpadu satu sama lain (cross curriculum atau
integrated curriculum ), konten ilmu pengetahuan
diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten
pembelajaran lainnya.
6. Tematik integratif untuk kelas I – IV SD
7. TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan
sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain.
8. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of
knowledge
9. Tidak ada penjurusan di SMA. Ada mata pelajaran wajib,
permintaan, antar minat dan pendalaman minat.
10. SMA dan SMK memiliki mata pelajaran wajib yang
sama terkait dasar – dasar pengetahuan, keterampilan dan
sikap.
11. Penjurusan di SMK tidak terlalu detil (sampai bidang
studi), didalamnya terdapat pengelompokkan peminatan
dan pendalaman.
KTSP 2006
1. Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
2. Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki
kompetensi dasar sendiri
3. Bahasa Indonesia sejajar dengan maple lain
4. Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan
berbeda
5. Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah
(separated curriculum)
6. Tematik untuk kelas I – III SD (belum terintegratif)
7. TIK adalah mata pelajaran sendiri
8. Bahasa Indonesia sebagai pengetahuan
9. Untuk SMA, ada penjurusan sejak kelas XI
10. SMA dan SMK tanpa kesamaan kompetensi
11. Penjurusan di SMK sangat detil (sampai keahlian)

perbandingan berbalik nilai

Contoh Soal 1
Proyek perbaikan jalan selesai selama 30 hari dengan pekerja sebanyak 15 orang. Setelah 6 hari pelaksanaan, proyek tersebut dihentikan selama 4 hari karena suatu hal. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan agar proyek dapat selesai tepat waktu, pekerja tambahan yang diperlukan adalah ….
A. 1 orang
B. 3 orang
C. 6 orang
D. 9 orang
(UN 2009/2010 paket 10)
Penyelesaian:
Waktu
Pekerja
30
15
24
15
20
x
Untuk mencari nilai x, baris atas jika dikalikan akan sama dengan baris di bawahnya, maka:
24 . 15 = 20 . x
360 = 20x
x = 360/20
x = 18 orang
tambahan pekerja = 18 – 15 = 3 orang (Jawaban C)
Contoh Soal 2
Suatu pekerjaan akan selesai dikerjakan oleh 24 orang selama 20 hari. Agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan selama 15 hari, banyak tambahan pekerja yang diperlukan adalah ….
A. 6 orang
B. 8 orang
C. 18 orang
D. 32 orang
(UN 2010/2011 paket 15)
Penyelesaian:
24 orang => 20 hari
x orang => 15 hari
24 . 20 = x . 15
24 . 4 = x . 3
8 . 4 = x
x = 32 orang
tambahan pekerja = 32 – 24 = 8 orang (Jawaban B)
Contoh Soal 3
Suatu hari Tono, memperkirakan persediaan makanan untuk 60 ekor ayam akan habis dalam 12 hari. Bila hari itu ia membeli lagi 20 ekor ayam, maka persediaan makanan tersebut akan habis dalam waktu ….
A. 4 hari
B. 9 hari
C. 16 hari
D. 36 hari
(UN 2007/2008)
Penyelesaian:
60 ayam => 12 hari
80 ayam => x hari
60 . 12 = 80 . x
3 . 12 = 4 . x
3 . 3 = x
x = 9 hari  (Jawaban B)
Contoh Soal 4
Sebuah proyek dikerjakan oleh 8 orang selesai dalam waktu 15 hari. Supaya selesai dalam waktu 12 hari, pekerja yang perlu ditambah adalah ….
A. 2 orang
B. 3 orang
C. 4 orang
D. 10 orang
(UN 2008/2009)
Penyelesaian:
8 orang => 15 hari
x orang => 12 hari
8 . 15 = x . 12
2 . 15 = x . 3
2 . 5 = x
x = 10 orang
tambahan pekerja = 10 – 8 = 2 orang (Jawaban A)
Contoh Soal 5
Suatu pekerjaan dikerjakan oleh 12 orang dan direncanakan selesai dalam waktu 25 hari. oleh karena kehabisan bahan baku, pekerjaan terhenti saat memasuki hari ke 16 selama 2 hari. agar pekerjaan selesai pada waktunya maka jumlah pekerja yang harus di tambah adalah
a. 5 orang
b. 4 orang
c. 3 orang
d. 2 orang
Penyelesian:
Perhatikan soal tersebut (kena jebak kalau kurang jeli), dalam 25 hari dikerjakan oleh 12 orang. Karena terhenti pada saat memasuki hari ke-16, berati tepat berhenti pada hari ke-15 maka sisa waktunya masih 10 hari. Dalam 10 hari ini maunya dikerjakan oleh 12 orang. Tetapi terhenti selama 2 hari maka sisa waktu yang harus dikerjakan 8 hari dan harus ada tambahan pekerja. Jika dibuatkan tabel akan tampak seperti di bawah ini.
waktu
pekerja
25
12
10
12
8
x
Untuk mencari nilai x gunakan cara cepat, yakni:
10 . 12 = 8 . x
120 = 8x
x = 120/8
x = 15 orang
tambahan pekerja = 15 – 12 = 3 orang (Jawaban C)
Contoh Soal 6
Sebuah proyek dikerjakan oleh 6 pekerja dan direncanakan selesai selama 15 hari. Namun pada hari ke-9 sampai 13, proyek diliburkan. Agar proyek selesai tepat pada waktunya, maka tambahan pekerja yang harus ditambah adalah
a. 8 orang
b. 10 orang
c. 12 orang
d. 15 orang
Penyelesian:
(Baca soalnya dengan baik dan pahami maksudnya). Dalam 15 hari dikerjakan oleh 6 orang. Karena libur pada saat memasuki hari ke-9, berati proyek tersebut sudah dikerjakan selama 8 hari dan dikerjakan oleh 6 orang juga, maka sisa waktunya masih 7 hari. Dalam 7 hari ini maunya dikerjakan oleh 6 orang. Tetapi karena ada hari libur selama 5 hari (hari ke-9 sampai hari ke-13) maka sisa waktu yang harus dikerjakan 2 hari dan harus ada tambahan pekerja. Jika dibuatkan tabel akan tampak seperti di bawah ini.
Waktu
Pekerja
15
6
7
6
2
x
Untuk mencari nilai x gunakan cara cepat, yakni:
7 . 6 = 2 . x
42 = 2x
x = 42/2
x = 21 orang
tambahan pekerja = 21 – 6 = 15 orang (Jawaban D)

perbandingan berbalik nilai

Mungkin Anda pernah ke sekolah menggunakan sepeda. Jika anda bangun terlambat agar sampai di sekolah tepat waktu apa yang anda harus lakukan? Tentunya Anda menambah kecepatan sepeda anda. Bagaimana kalau anda tidak terlambat bangun, apakah anda perlu menambah laju sepeda anda? Pastinya tidak, karena Anda memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke sekolah dan tidak perlu tergesa-gesa. 
Sumber Gambar: pacitankab.go.id
Perhatikanlah tabel di bawah ini yang menunjukkan waktu dan kecepatan rata-rata dari suatu mobil untuk menempuh jarak 240 km.
No
Kecepatan (Km/Jam)
Waktu (Jam)
1
80
3
2
60
4
3
30
8
4
20
12
5
x
y
Tabel di atas menunjukkan bahwa, jika kecepatan rata-rata berkurang, maka waktu yang dibutuhkan bertambah dan sebaliknya. Selain itu, dapat juga kita lihat, hasil kali kecepatan rata-rata dengan waktu untuk setiap hari selalu tetap (atau sama), yaitu:
60 km/jam x 4 jam = 240 km
40 km/jam x 6 jam = 240 km
30 km/jam x 8 jam = 240 km, dan seterusnya.
"Hasil kali kecepatan dengan waktu tempuh sama dengan jarak yang ditempuh". Jika kita perhatikan lebih lanjut tabel sebelumnya, hasil perbandingan kecepatan rata-rata dan perbandingan waktu pada dua baris tertentu selalu merupakan kebalikan atau invers pekalian masing-masing, misalnya:
perbandingan kecepatan yang pertama dengan yang kedua adalah:
Sedangkan perbandingan waktu yang pertama dengan yang kedua adalah:
Jadi, 3/2 kebalikan atau invers dari 2/3.

Perbandingan antara kecepatan rata-rata kebalikan (invers) dari perbandingan dari waktu. Dikatakan ada perbandingan berbalik nilai antara kecepatan rata-rata dan waktu. Jika kecepatan rata-rata dikali 2, maka waktunya dibagi 2 dan sebaliknya.
Perhatikan contoh soal berikut!
Contoh soal 1 
 
Seorang arsitek memperkirakan dapat menyelesaikan sebuah gedung perkantoran dalam waktu 15 bulan dengan 120 buruh. Arsitek itu menginginkan gedung tersebut selesai dalam 12 bulan. Berapa tambahan buruh yang diperlukan?
Penyelesaian:
 
Dalam soal ini dapat kita lihat bahwa waktu berkurang berarti pekerja bertambah, maka digunakan perbandingan berbalik nilai.
Pekerja
Waktu
120
15
x
12
Terlebih dahulu tentukan nilai x tersebut dengan cara menggunkan perhitungan perbandingan berbalik nilai, seperti berikut.
         
Jumlah buruh yang dibutuhkan sebanyak 150 orang. Maka tambahan pekerja adalah 150 orang-120 orang = 30 orang. Jadi, agar selesai dalam 12 bulan perlu tambahan buruh sebanyak 30 orang.
Dari contoh di atas dapat dituliskan secara umum:

Berdasarkan hubungan di atas a/b memiliki hubungan dengan d/c (kebalikan dari c/d ).
Hubungan seperti itu disebut perbandingan berbalik harga.
a/b = d/c atau (a : b) = 1/c : 1/d
Contoh soal 2 
Seorang peternak mempunyai persediaan pakan ternak untuk 72 ekor ayam selama 10 hari. Peternak itu membeli 18 ekor lagi, maka dalam beberapa hari persediaan pakan itu akan habis. Tentukan dalam berapa hari persediaan akan habis?
Penyelesaian:
 
Jika ayam bertambah, berarti persediaan pakan semakin cepat habis atau banyak hari berkurang. Jadi, persediaan ini merupakan perbandingan berbalik harga.
 Ayam
Waktu 
72
10
72+18 = 90
x
Sekarang kita tentukan nilai x tersebut dengan cara menggunkan perhitungan perbandingan berbalik nilai, seperti berikut.
        
Jadi, persediaan pakan ayam untuk 90 ekor akan habis selama 8 hari.

Jika anda sudah paham mengenai cara menghitung perbandingan berbalik nilai, silahkan jawab soal tantangan berikut ini.
Soal tantangan 1
Sebuah proyek bangunan dimulai pada tanggal 1 januari 2012 harus selesai dalam waktu 100 hari pada tanggal 10 april 2012 dengan pekerja 24 orang. Karena suatu hal proyek tersebut terhenti selama 20 hari dan sudah berjalan selama 5 hari. Agar selesai pada tanggal 10 april 2012 berapa tambahan pekerja yang diperlukan?
Soal Tantangan 2
Seekor ayam menghabiskan makanan 1 karung konsentrat selama 120 hari, sedangkan seekor angsa mampu menghabiskan makanan 1 karung konsentrat selama 24 hari. Berapa hari 1 karung konsentrat akan habis jika seekor ayam ditambah seekor angsa? Dan berapa hari akan habis jika 1 karung konsentrat tersebut dimakan oleh seekor ayam ditambah 2 ekor angsa?

diagram venn 2 item

Contoh Soal 1
Dalam suatu kelas terdapat 48 siswa. Mereka memilih dua jenis olahraga yang mereka gemari. Ternyata 29 siswa gemar bermain basket, 27 siswa gemar bermain voli, dan 6 siswa tidak menggemari kedua olahraga tersebut. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut dan tentukan banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli.
Penyelesaiannya:
Gambar diagram Venn dari keterangan tersebut dapat diperoleh jika banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli diketahui, maka cari terlebih dahulu banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli:
n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (29 + 27) – (48 – 6)
n{AΛB} = 14
Siswa yang memilih basket saja = 29 - 14 = 15 orang
Siswa yang memilih voli saja = 27 - 14 = 13 orang
Gambar diagram Venn dari keterangan tersebut adalah 
 
Banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli ada 14 orang
Contoh Soal 2
Pada sebuah kelas yang terdiri atas 46 siswa dilakukan pendataan pilihan ekstrakurikuler. Hasil sementara diperoleh 19 siswa memilih KIR, 23 siswa memilih PMR, dan 16 siswa belum menentukan pilihan. Tentukan banyaknya siswa yang hanya memilih PMR saja dan KIR saja.
Penyelesaiannya:
Siswa yang memilih PMR dan KIR adalah:
n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (19 + 23) – (46 – 16)
n{AΛB} = 12
Siswa yang memilih KIR saja = 19 - 12 = 7 orang
Siswa yang memilih PMR saja = 23 - 12 = 11 orang
Jika digambarkan ke dalam diagram venn maka gambarnya seperti dibawah ini.
Jadi banyaknya siswa yang hanya memilih PMR saja ada 11 siswa dan KIR saja ada 7 siswa
Contoh Soal 3
Dari 40 siswa dalam suatu kelas, terdapat 30 siswa gemar pelajaran matematika dan 26 siswa gemar pelajaran fisika. Jika 2 siswa tidak gemar dengan kedua pelajaran tersebut, tentukan banyaknya siswa yang gemar pelajaran matematika dan fisika. 
Penyelesaiannya:
n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (30 + 26) - (40 - 2)
n{AΛB} = 56 - 38
n{AΛB} = 18 
Jadi banyaknya siswa yang gemar matematika dan fisika ada 18 siswa
Contoh Soal 4
Dari 50 siswa di suatu kelas, diketahui 25 siswa gemar matematika, 20 siswa gemar fisika, dan 7 siswa gemar kedua-duanya. Tentukan banyaknya siswa yang tidak gemar matematika dan fisika.
Penyelesaiannya:
n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
7 = (25 + 20) - (50 - n{X})
7 = 45 - 50 + n{X}
7 = - 5 + n{X}
n{X} = 7 + 5
n{X} = 12
Jika digambarkan ke dalam diagram venn maka gambarnya seperti dibawah ini.
Jadi banyaknya siswa yang tidak gemar matematika dan fisika ada 12 siswa
Contoh Soal 5
Dari sekelompok olahragawan, terdapat 18 orang yang gemar bulu tangkis, 16 orang gemar bola basket, dan 12 orang gemar dua-duanya.Gambarlah diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas dan tentukan jumlah olahragawan tersebut.
Penyelesaiannya: 
Gambar diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas adalah 
 
Jumlah olahragawan tersebut adalah 22 orang
Contoh Soal 6
Siswi-siswi kelas VIIC dan VIID salah satu SMP Negeri di Jakarta mengikuti lomba memasak dan menjahit yang diadakan dalam waktu yang berbeda. Dalam kelas tersebut terdapat 30 orang siswi. Setelah selesai dikelompokkan, 18 orang ikut lomba memasak, 17 orang ikut lomba menjahit, dan 12 orang ikut lomba memasak dan menjahit. Tentukan pernyataan di atas dalam diagram Venn dan hitung berapa siswi yang tidak mengikuti lomba dua-duanya.
Penyelesaiannya: 
Gambar diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas adalah 
jumlah siswi yang tidak gemar dua-duanya ada 7 orang

diagram venn tiga item

Contoh Soal 1
Di antara 100 siswa, 32 orang suka PKn, 20 orang suka IPS, 45 orang suka IPA, 15 orang suka PKn dan IPA, 7 orang suka PKn dan IPS, 10 orang suka IPS dan IPA, 30 orang tidak suka satu pun di antara ketiga mata pelajaran tersebut. a) Hitung banyaknya siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut; b) Hitung banyaknya siswa yang hanya suka satu dari ketiga matsa pelajaran tersebut; dan c) Gambarkan dengan Diagram Venn !
Penyelesaian:
Misalkan yang mengikuti ketiga mata pelajaran tersebut adalah x maka yang suka:
PKn dan IPA saja = 15-x
IPA dan IPS saja = 10-x
PKn  dan IPS saja = 7-x
PKn saja = 32 –(15-x)-(7-x)-x = 10+x
IPA saja = 45 –(15-x)-(10-x)-x = 20+x
IPS saja = 20 –(10-x)-(7-x)-x = 3+x
maka diagram vennya menjadi:
a) Unuk mencari jumlah siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut, dengan mencari nilai x, caranya sebagai berikut:
100 – 30 = (3+x)+(20+x)+(10+x)+(7-x )+(10-x)+(15-x) + (x)
70 = 65 + x
x = 5
Jadi jumlah siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut adalah 5 orang.
b) Unuk mencari jumlah siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran tersebut, caranya sebagai berikut:
PKn saja = 10+x = 10 + 5 = 15
IPA saja = 20+x = 20 + 5 = 25
IPS saja = 3+x = 3 + 5 = 8
Jumlah semua siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran = 15 + 25 + 8 = 48
Jadi, jumlah siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran tersebut adalah 48 orang.
c) Dengan memasukan nilai x maka diperoleh gambar Diagram Vennnya seperti gambar dibawah ini:
Contoh Soal 2
Di antara sekelompok siswa 100 orang, ternyata 41 orang suka matematika, 52 orang fisika, 37 orang suka kimia, 16 orang suka matematika dan fisika, 15 orang suka matematika dan kimia, 14 orang suka fisika dan kimia, dan 5 orang tidak suka ketiga pelajaran tersebut. a) Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas. b) berapa siswa yang suka ketiganya? c) berapa siswa yang suka matematika atau fisika? d) berapa siswa yang suka hanya satu dari ketiga mata pelajaran tersebut.
Penyelesaian:
Misalkan yang suka ketiga mata pelajaran tersebut adalah x maka yang suka:
matematika dan fisika saja = 16-x
matematika dan kimia saja = 15-x
fisika dan kimia saja = 14-x
matematika saja = 41 –(16-x)-(15-x)-x = 10+x
fisika saja = 52 –(16-x)-(14-x)-x = 22+x
kimia saja = 37 –(15-x)-(14-x)-x = 8+x
jika unsur-unsur tersebut disajikan ke dalam bentuk diagram venn maka diagram vennya menjadi:
Unuk mencari nilai x caranya sebagai berikut:
100 – 5 = (10+x)+(22+x)+(8+x)+(16-x )+(14-x)+(15-x) + (x)
95 = 85 + x
x = 10
a) Untuk menggambarkan ke dalam diagram venn, masukan nilai x, maka:
matematika dan fisika saja = 16-x = 16-10 = 6
matematika dan kimia saja = 15-x =15 – 10 = 5
fisika dan kimia saja = 14-x = 14-10 = 4
matematika saja = 10+x = 10 + 10 = 20
fisika saja = 22+x = 22 + 10 = 32
kimia saja = 8+x = 8 + 10 = 18
dengan memasukan semua unsur-unsur tersebut ke dalam diagram venn, maka gambarnya seperti gambar di bawah ini.
b)  siswa yang suka ketiganya ada 10 orang
c) siswa yang suka matematika atau fisika (merupakan gabungan antara himpunan matematika dan fisika) ada 77 orang
d) siswa yang suka hanya satu dari ketiga mata pelajaran tersebut ada 70 orang

soal diagram venn

Soal 
Untuk membangun jiwa wirausaha mahasiswa, salah satunya dilakukan praktek wirausaha. Untuk itu mahasiswa di kelompokkan berdasarkan bidang usaha yg diminati. Dari 250 mahasiswa s1 di peroleh data sebagai berikut. Mahasiswa yg minat di bidang usaha:
jasa 70 orangmakanan 67 orangpakaian 65 orangmakanan dan pakaian 20 orangmakanan dan jasa 26 orangpakaian dan jasa 29 orangketiganya 5 orang
Berapa mahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang makanan saja?Berapa mahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang pakaian saja?Berapa mahasiswa yg tidak berminat wirausaha?
*kerjakan dalam bentuk diagram venn*
Penyelesaian:
Untuk memudahkan Anda memahami cara mengerjakan soal diagram dengan tiga himpunan yang berbeda, maka Mafia Online akan jelaskan secara bertahap. Silahkan simak tahap demi tahap untuk menyelesaikan soal diargam venn di atas.
Untuk menyelesaikan soal ini, pertama kita harus buat diagram venn yang kosong. Ada tiga jenis wirausaha yang diminti oleh mahasiswa maka diagram vennya ada tiga lingkaran seperti gambar di bawah ini.
Berikut penjelasan diagram venn di atas:
 warna biru untuk yang minat ketiganyawarna merah untuk yang minat makanan dan pakaian sajawarna orange untuk yang minat jasa dan makanan sajawarna merah hati untuk yang minat jasa dan pakaian sajawarna biru muda untuk yang minat jasa sajawarna kuning untuk yang minat pakaian sajawarna abu-abu untuk yang minat makanan sajadiluar lingkaran (masih di dalam kotak) yang tidak minat ketiga jenis wirausaha tersebut.
Tahap pertama, untuk lebih memudahkan mengisi datanya dimulai dari tengah/warna biru (yang minat ketiga-tiganya) maka diagram vennya tampak seperti gambar di bawah ini.
Tahap kedua, isi data yang hanya minat kedua bidang wirasusaha saja yakni:
yang minat makanan dan pakaian saja = 20 – 5 = 15 orangyang minat jasa dan makanan saja = 26 – 5 = 21 orangyang minat jasa dan pakaian saja = 29 – 5 = 24 orang
Maka diagram vennnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Tahap ketiga, isi data yang hanya minat satu bidang wirasusaha saja yakni:
yang minat jasa saja = 70 – 24 – 21 – 5 = 20 orangyang minat makanan saja = 67 – 21 – 15 – 5 = 26 orangyang minat pakaian saja = 65 – 24 – 15 – 5 = 21 orang
Maka diagram vennnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Tahap keempat (terakhir), isi data yang tidak minat ketiga bidang wirasusaha yakni:
yang tidak minat ketiganya = 250 – 20 – 26 – 21 – 15 – 21 – 24 – 5 = 118 orang
Maka diagram vennnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Jika Anda sudah paham dengan tahapan-tahapan tersebut Anda langsung saja membuat diagram vennnya tanpa harus membuatnya tahap demi tahap seperti gambar di bawah ini.
Berdasarkan gambar diagram venn di atas maka:
mahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang makanan saja ada 26 orangmahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang pakaian saja ada 21 orangmahasiswa yg tidak berminat wirausaha ada 118 orang
Soal di atas juga bisa diselesaikan tanpa menggunakan diagram venn. Misalkan yang minat ketiga bidang usaha tersebut adalah y maka yang suka:
makanan dan pakaian saja = 20–ymakanan dan jasa saja = 26–ypakaian dan jasa saja = 29–yjasa saja = 70 –(26–y) – (29–y) – y = 15 + ymakanan saja = 67 –(20–y) – (26–y) – y = 21 + ypakaian saja = 65 –(20–y) – (29–y) – y = 16 + ytidak suka wirausaha = 250 – (20–y) – (26–y) – (29–y) – (15 + y) – (21 + y) – (16 + y) – y = 123 – y
Maka dengan mensubstitusi nilai y = 5 maka akan diperoleh:
makanan dan pakaian saja = 20–y = 20 – 5 = 15makanan dan jasa saja = 26–y = 26 – 5 = 21pakaian dan jasa saja = 29–y = 29 – 5 = 24jasa saja = 15 + y = 15 + 5 = 20makanan saja = 21 + y = 21 + 5 = 26pakaian saja = 16 + y = 16 + 5 = 21tidak suka wirausaha = 123 – y = 123 – 5 = 118
Berdasarkan hasil dari data di atas maka diagram vennya seperti gambar berikut.
Maka:
mahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang makanan saja ada 26 orangmahasiswa yg hanya berminat wirausaha di bidang pakaian saja ada 21 orangmahasiswa yg tidak berminat wirausaha ada 118 orang
Nah demikian contoh soal diagram venn dan pembahasannya. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah.

Contoh soal bunga tabungan

Contoh Soal 1
Setelah 9 bulan uang tabungan Susi di koperasi
berjumlah Rp 3.815.000. Koperasi memberi jasa
simpanan berupa bunga 12% per tahun. Berapa
tabungan awal Susi di koperasi
Penyelesaian:
Missal:
Tabungan awal = M
Persentase = p
Tahun = a
Karena bunganya pertahun maka:
9 bulan = 9/12 tahun = ¾ tahun, jadi:
a = ¾ tahun
Ingat rumusnya:
Bunga = a . p . M
Bunga = ¾ . 12% . M
Bunga = 9M%
Bunga = 9M/100
Tabungan akhir = bunga + M
3.815.000 = (9M/100) + M
3.815.000 = (9M/100) + (100M/100)
3.815.000 = 109M/100
M = 3.815.000 . 100/109
M = 3.500.000
Contoh Soal 2
Ali menabung di bank sebesar Rp.2.000.000,00 dengan
suku bunga tunggal 6% pertahun. Pada saat diambil
uang Ali menjadi Rp.2.080.000,00. Lama Ali menabung
adalah ….
A. 6 bulan
B. 7 bulan
C. 8 bulan
D. 9 bulan
Penyelesaian:
Hal pertama yang dicari adalah bunga tabungan yang
didapatkan oleh ali selama menabung.
Bunga = tabungan akhir – tabungan awal
Bunga = 2.080.000 – 2.000.000
Bunga = 80.000
Bunga = a . p . M
80.000 = a . 6% . 2.000.000
80 .000 = a . (6/100) . 2.000.000
8 = 12a
a = 8/12 tahun = 8 bulan
Contoh Soal 3
Pak Alan meminjam uang dikoperasi sebesar Rp.
2.000.000,00 dengan bunga 2% perbulan. Jika lama
meminjam 5 bulan, besar angsuran yang harus dibayar
setiap bulan adalah ….
Penyelesaian:
Bunga = p . M
Bunga = 2% . 2.000.000
Bunga = (2/100 ) . 2.000.000
Bunga = 40.000
Angsuran Modal = M/b
Angsuran Modal = 2.000.000/5
Angsuran Modal = 400.000
Angsuran perbulan = angsuran modal + bunga
Angsuran perbulan = 400.000 + 40.000
Angsuran perbulan = 440.000
Contoh Soal 4
Seseorang meminjam uang dikoperasi sebesar Rp.
6.000.000,00 dengan bunga 1,5% perbulan. Jika lama
meminjam 12 bulan, besar angsuran yang harus dibayar
setiap bulan adalah ….
Penyelesaian:
Bunga = p . M
Bunga = 1,5% . 6.000.000
Bunga = (1,5/100 ) . 6.000.000
Bunga = 90.000
Angsuran Modal = M/b
Angsuran Modal = 6.000.000/12
Angsuran Modal = 500.000
Angsuran perbulan = angsuran modal + bunga
Angsuran perbulan = 500.000 + 90.000
Angsuran perbulan = 590.000
Contoh Soal 5
Sebuah bank menerapkan suku bunga 8% pertahun.
Setelah 2½ tahun, tabungan Budi di bank tersebut Rp.
3.000.000. Tabungan awal Budi adalah . . .
Penyelesaian:
Missal:
Tabungan awal = M
Persentase = p
Tahun = a
Ingat rumusnya:
Bunga = a . p . M
Bunga = 2½ . 8% . M
Bunga = (5/2) . 8% . M
Bunga = 20M%
Bunga = 20M/100
Bunga = M/5
Tabungan akhir = bunga + M
3.000.000 = (M/5) + M
3.000.000 = (M/5) + (5M/5)
3.000.000 = 6M/5
M = 3.000.000 . 5/6
M = 2.500.000
Contoh Soal 6
Seseorang meminjam uang dikoperasi sebesar Rp.
400.000,00 dengan bunga 18% pertahun. Jika lama
meminjam 5 bulan, besar angsuran yang harus dibayar
setiap bulan adalah ….
Penyelesaian:
Ingat 1 tahun = 12 bulan, jika a merupakan waktu
meminjam maka, a = (5/12) .
Bunga = a . p . M
Bunga = (5/12) . 18% . 400000
Bunga = (5/12)(18/100 ) . 400000
Bunga = 30.000
Angsuran Modal = M/b
Angsuran Modal = 400000/5
Angsuran Modal = 80000
Angsuran perbulan = angsuran modal + bunga
Angsuran perbulan = 80000 + 30000
Angsuran perbulan = 110000
Jadi, besar angsuran yang harus dibayar setiap bulan
adalah Rp. 110.000
Contoh Soal 7
Ayah menabung di bank sebesar Rp 2.100.000,00 dengan
suku bunga tunggal 8% setahun. Saat diambil. Tabungan
ayah menjadi Rp 2.282.000,00. Lama ayah menabung
adalah ....
A. 13 bulan
B. 14 bulan
C. 15 bulan
D. 16 bulan
Penyelesaian:
Hal pertama yang dicari adalah bunga tabungan yang
didapatkan oleh ali selama menabung.
Bunga = tabungan akhir – tabungan awal
Bunga = 2.282.000 – 2.100.000
Bunga = 182.000
Bunga = a . p . M
182.000 = a . 8% . 2.100.000
182.000 = a . (8/100 ) . 2.100 .000
182 = 168a
a = (182/168) tahun = (13/12) tahun
a = (13/12) 12 bulan
a = 13 bulan
Demikian contoh soal tentang bunga tungal tabungan
atau pinjaman. Mohon maaf jika ada kata-kata atau
jawaban yang salah dalam postingan di atas.

Soal asam basa dan garam dalam fisika smp

Soal Asam, Basa dan Garam Pilihan Ganda Fisika SMP
Kelas 7
1. Berikut ini adalah sifat-sifat larutan asam, kecuali
....
a. dapat memerahkan warna lakmus biru
b. dapat menimbulkan pencemaran udara
c. larutannya termasuk non-elektrolit
d. jika dilarutkan dalam air terjadi reaksi ionisasi
dan terjadi ion OH-
2. Berikut ini adalah larutan asam:
1. HCl
2. H2SO4
3. HNO3
4. CH3COOH
5. HCN
Larutan asam lemah ditunjukkan nomor ....
a. 1 dan 5
b. 2 dan 4
c. 1 dan 3
d. 4 dan 5
3. Benda-benda peralatan rumah tangga berikut ini
yang mudah rusak apabila terkena larutan asam
adalah ....
a. ember plastik
b. cobek batu
c. gergaji
d. rak kayu
4. Larutan berikut yang termasuk basa kuat adalah ....
a. Mg(OH)2
b. LiOH
c. NH3
d. Al(OH)3
5. Kalsium hidroksida banyak dimanfaatkan sebagai
....
a. bahan cat tembok
b. bahan pembersih kaca
c. obat antacid
d. bahan pembuat sabun
6. Larutan air kapur dengan pH = 12 apabila diuji
dengan indikator fenolftalein maka warna yang
terjadi adalah ....
a. kuning
b. merah
c. biru
d. tak berwarna
7. Garam yang sukar larut dalam air adalah ....
a. NaCl
b. KNO3
c. CaCl2
d. PbCl2
8. Asam klorida (HCl) di dalam air akan terurai
menjadi ….
a. H+ dan Cl-
c. H3O+ dan Cl
b.H2O dan Cl-
d. H+, OH- dan Cl
9. Zat asam dapat menghantarkan arus listrik karena
adanya ion ….
a. H20
b.H+
c. OH
d. H-
10. I. Asam laktat
II. Asam kaproat
III. Asam sulfat
IV. Asam fosfat
Zat yang termasuk dalam asam organik dari daftar
diatas adalah ….
a. I danII
b. I dan III
c. I dan IV
d. II dan III
11. Pada buah jeruk mengandung ….
a. asam malat
b. asam sitrat
c. asam tartrat
d. asam asetat
12. Berikut ini adalah sifat-sifat asam kecuali ….
a. dapat menghantarkan arus listrik
b. berasa asam
c. melepaskan ion hydrogen (H ) dalam air
d. berwarna merah pada kertas lakmus
13. Air accu dibuat dengan bahan kimia dengan nama
....
a. asam nitrat
b. asam sitrat
c. asam malat
d. asam sulfat
14. Basa mempunyai rasa ….
a. masam
b. pahit
c. manis
d. asin
15. Zat asam memiliki pH berkisar antara
a. 1 - 3
b. 0 - 6
c. 5 – 8
d. 8 – 9
16. Bahan-bahan berikut bersifat basa, kecuali ….
a. sabun cuci
b. cuka dapur
c. cairan karbol
d. kapur tulis
17. Tanah yang bersifat asam dapat dinetralkan dengan
menambah ….
a. kalium hidroksida
b. natrium hidroksida
c. ammonium hidroksida
d. magnesida hidroksida
18. Reaksi penetralan terjadi antara …
a. asam dengan garam
b. asam dengan basa
c. basa dengan logam
d. logam dengan garam
19. Hasil reaksi penetralan adalah …
a. asam dan basa
b. air dan logam
c. logam dan garam
d. garam dan air
20.Asam klorida yang berlebihan dalam lambung dapat
dinetralkan dengan obat mag. Pada umumnya obat
mag mengandung ….
a. NaOH
b. KOH
c. Mg(OH)2
d. Cu(OH)2
21. Zat-zat berikut yang mempunyai pH paling tinggi
adalah ….
a. asam sitrat
b. asam sulfat
c. asam nitrat
d. natrium klorida
22. Larutan NaOH jika ditetesi kunyit berwarna ….
a. hijau
b. kuning
c. merah
d. biru
23. Penolptalin dapat berubah warna dalam larutan yang
mempunyai pH ….
a. 1
b. 5
c. 7
d. 9
24. Alat penukur pH yang paling akurat adalah ….
a. perasan kunyit
b. pH meter
c. kertas lakmus
d. Fenolftalein
25. Larutan garam mempunyai nilai pH ….
a. 0
b. 14
c. 7
d. 10
26. Jika kertas lakmus biru dicelupkan ke dalam larutan
asam, maka warnanya akan ....
a. tetap biru
b. berubah menjadi hijau
c. berubah menjadi merah
d. berubah menjadi kuning
27. Yang termasuk larutan asam adalah ....
a. air sabun
b. air jeruk
c. air gula
d. air kapur
28. Larutan yang dapat mengubah warna kertas lakmus
merah adalah ....
a. asam
b. basa
c. garam
d. netral
29. Yang termasuk larutan basa adalah ....
a. air murni
b. air sabun
c. cuka dapur
d. sirop rasa jeruk
30.pH suatu larutan jika diukur dengan pHmeter adalah
8,7. Sifat larutan tersebut adalah ....
a. asam
b. basa
c. netral
d. garam
31. Larutan A merubah garis warna pada kertas
indikator universal menjadi (dari bawah) kuning,
biru, jingga, jingga. Nilai pH larutan A adalah ....
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
32. Larutan yang bersifat netral adalah ....
a. HCl
b. cuka dapur
c. air kopi
d. air sabun
33. Berikut ini yang merupakan sifat larutan asam
adalah ....
a. membirukan kertas lakmus merah
b. memiliki nilai pH > 7
c. menghasilkan ion H+
d. rasanya manis
34. Salah satu sifat yang dimiliki oleh larutan garam
adalah ....
a. rasanya masam
b. membirukan kertas lakmus merah
c. memiliki nilai pH = 7
d. menghasilkan ion H+
35. Yang bukan sifat larutan basa adalah ....
a. rasanya pahit
b. dapat membirukan kertas lakmus merah
c. memiliki nilai pH < 7
d. menghasilkan ion OH·
36. Zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidrogen
positif disebut ….
a. basa
b. garam
c. asam
d. larutan
37. Zat yang dalam air dapat menghasilkan ion
hidroksida disebut ….
a. asam
b. basa
c. garam
d. larutan
38. Sifat asam, yaitu ….
a. terasa licin di tangan
b. terasa pahit
c. menghasilkan ion OH- dalam air
d. menghasilkan ion H+ dalam air
39. Sifat basa, yaitu ….
a. membuat besi berkarat
b. memiliki rasa asam
c. menghasilkan ion OH– dalam air
d. menghasilkan ion H+ dalam air
40.Asam dan basa bila dicampur akan bereaksi dan
menghasilkan ….
a. larutan asam
b. larutan basa
c. garam dan air
d. air
41. Reaksi penetralan berguna bagi manusia, kecuali ….
a. produksi asam lambung yang berlebihan dapat
dinetralkan menggunakan senyawa basa Mg(OH)2
b. para petani agar tanah yang terlalu asam dan
tidak baik bagi tanaman dapat diolah sebagai lahan
pertanian dengan cara
menambahkan senyawa basa Ca(OH)2
c. pasta gigi yang berfungsi melindungi gigi
d. sabun cuci
42. Sifat larutan dapat ditunjukkan dengan
menggunakan alat ….
a. pewarna
b. penetralan
c. indikator asam-basa
d. gelas kimia
43. Kertas lakmus merah jika dimasukkan dalam suatu
larutan sehingga menghasilkan warna merah, maka
larutan tersebut bersifat ….
a. basa
b. garam
c. netral
d. asam
44. Larutan bersifat basa jika ….
a. pH = 7
b. pH < 7
c. pH > 7
d. pH = 0
Soal Melengkapi Fisika SMP Kelas 7 Tentang Asam, Basa
dan Garam
1. Sebutkan masing-masing dua sifat asam dan sifat
basa!
2. Sebutkan masing-masing tiga contoh bahan rumah
tangga yang mengandung asam dan mengandung
basa!
3. Apa bukti bahwa suatu larutan bersifat asam dan
bersifat basa?
4. Bagaimana cara mengetahui suatu larutan bersifat
asam, basa, atau netral?
5. Apakah yang dimaksud dengan indikator?
6. Sebutkan tiga contoh indikator asam-basa!
7. Apakah yang dimaksud dengan indikator alami?
Berikan contohnya!
8. Jelaskan perbedaan sifat antara larutan asam
dengan basa
9. Apa saja buah yang mengandung zat asam?
10. Sebutkan jenis zat asam yang ada dalam buah-
buahan tersebut
11. Bagaimana klasifikasi asam? Jelaskan.
12. Sebutkan kegunaan zat asam dalam kehidupan
sehari-hari
13. Apa saja bahan-bahan yang bersifat basa? Sebutkan
14. Apa yang terjadi bila KOH dilarutkan dalam air?
15. Sebutkan beberapa jenis basa dan rumus kimianya!
16. Apa yang dimaksud dengan larutan pH seimbang?
Jelaskan
17. Sebutkan beberapa indikator alami dan perubahan
warnanya dalam asam dan basa
18. Apa saja jenis indikator buatan? Sebutkan pula
trayek pH dan perubahan warnanya
19. Suatu larutan menyebabkan garis warna pada kertas
indikator universal menjadi (dari bawah) kuning,
hijau, jingga, jingga. Berapakah pH larutan tersebut?
Apa sifat larutan tersebut?
20.Sebuah larutan diukur dengan pH-meter memiliki pH
= 3,21. Apakah sifat dari larutan tersebut (asam,
basa, atau garam)?
21. Larutan X dan larutan Y diukur dengan
menggunakan pH meter. Larutan X memiliki pH =
8,7 sedangkan larutan Y memiliki pH = 9,8. Larutan
manakah yang lebih bersifat basa?
22. Suatu larutan memiliki nilai pH = 8,5. Apa yang akan
terjadi jika kertas lakmus merah dicelupkan ke
dalam larutan tersebut?
23. Suatu larutan dapat memerahkan kertas lakmus biru.
Berapakahnilai pH larutan tersebut?
24. Suatu zat jika dilarutkan ke dalam air akan
menghasilkan ion H+. Apa yang akan terjadi jika
kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam larutan
tersebut? Berapakah nilai pH larutan tersebut?
25. Bagaimanakah cara untuk mengidentifikasi suatu zat
yang mengandung senyawa asam, basa, atau garam
dengan menggunakan indikator kertas lakmus?
26. Apa yang terjadi jika larutan basa dilarutkan ke
dalam air?
27. Berapakah nilai pH untuk larutan asam, larutan basa,
dan larutan garam?
28. Suatu larutan memiliki nilai pH = 4,7. Sebutkan sifat-
sifat lainnya dari larutan tersebut!
29. Jelaskan perbedaan sifat-sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam!
30.Sebutkan 3 contoh larutan asam dalam kehidupan
sehari-hari!
31. Sebutkan 4 perbedaan sifat asam dan basa!
32. Jelaskan apa yang dimaksud reaksi penetralan!
33. Sebutkan 3 keuntungan lakmus digunakan sebagai
indikator asambasa!
34. Sebutkan 3 bahan alami yang dapat digunakan
sebagai indikator asam-basa!
35. Sebutkan masing-masing tiga contoh senyawa asam
dan senyawa basa beserta dengan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari!
36. Sebutkan manfaat dan kerugian asam bagi kita dan
lingkungan!
37. Dari persamaan reaksi berikut, manakah yang
termasuk asam, basa, dan garam?
HNO3 (aq) + KOH (aq) à KNO3 (aq) + H2O (ℓ)
38. Apakah yang dimaksud dengan garam asam dan
garam basa? Sebutkanlah contohnya?
39. Apa yang dimaksud dengan indikator asam basa?
40.Sebutkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk
mengidentifikasi larutan asam, basa, dan garam!
Jelaskan masing-masing cara tersebut!
41. Bagaimanakah sifat lakmus merah dan lakmus biru
pada larutan asam, basa, dan garam?
42. Sebutkan bahan-bahan alam yang dapat digunakan
sebagai indikator alami?
43. Jelaskan yang dimaksud dengan:
a. asam kuat
b. asam lemah
c. basa kuat
d. basa lemah
44. Jelaskan cara yang dapat dilakukan untuk
menentukan kekuatan asam dan basa!
45. Sebutkan beberapa contoh bahan atau material yang
memiliki sifat asam dan memiliki sifat basa!
46. Jelaskan tiga cara yang dapat dilakukan untuk
menentukan pH suatu larutan!
Soal Tantangan Fisika SMP Kelas 7 Tentang Asam, Basa dan
Garam
1. Setelah menggunakan sabun untuk mencuci
tangan, kadang-kadang sukar menghilangkan sisa-
sisa rasa licin. Jelaskan, mengapa mencuci tangan
dengan jeruk dapat mengurangi rasa licin?
2. Beberapa orang sering mencampur shampoo
rambut dengan jus lemon atau cuka yang encer.
Mengapa hal ini dilakukan?
3. Sebuah perusahaan air minum mineral
memerlukan suatu alat untuk mengukur nilai pH air
mineral yang diproduksinya. Coba kamu jelaskan
alasannya! Bagaimana jika perusahaan air minum
mineral tersebut tidak mengukur nilai pH air
mineral yang diproduksinya?