Label

Rabu, 23 Desember 2015

interaksi sosial

A. Proses Sosial dan Interaksi Sosial
Pengertian Interaksi SosialSecara Bahasa:inter (antar/saling); action (tindakan).
Secara Etimologis:hubungan timbal balik antarsesamanya.
Interaksi sosialadalah hubungan timbal balik antara antara individu manusia dengan individu lainnya, antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dan individu.
MenurutCharles P. Loomis, ciri-ciri interaksi sosial adalah:
1.Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
2.Komunikasi antarpelaku menggunakan simbol dan lambang.
3.Ada dimensi waktu.
4.Ada tujuan yang hendak dicapai
Dua Syarat terjadinya Interaksi SosialMenurutSoerjono Soekanto, interaksi sosial terjadi karena terpenuhinya 2 syarat, yaitu:
a. Kontak sosialDalam Sosiologi, kontak sosial dapat terjadi dengan atau tanpa hubungan fisik.
Kontak sosial memiliki sifat-sifat:
*.Bersifat positif jika menghasilkan kerja sama dan bersifat negatif jika menghasilkan pertikaian.
*.Bersifat primer jika pelaku interaksi bertemu muka langsung.
*. Bersifat sekunder jika melalui suatu perantara.
b. Komunikasi
Komunikasi memuat komponen-komponen sebagai berikut:
1.Komunikator: penyampai pesan
2.Komunikan: penerima pesan
3.Pesan: segala sesuatu yang disampaikan komunikator
4.Media: sarana untuk menyampaikan pesan
5.Efek: perubahan yang terjadi pada komunikan setelah mendapat pesan dari komunikator
Adanya komunikasi menimbulkan kontak sosial. Akantetapi, adanya kontak sosial belum tentu menimbulkan komunikasi.
Interaksi sosial juga dapat terjadi melalui komunikasi nonverbal. Setiap pihak menyadari keberadaan pihak lain yang dapat menyebabkan perubahan perasaan.
3. Jenis-jenis Interaksi Sosial
1.Interaksi antarindividu
2.Interaksi individu-kelompok
3.Interaksi antarkelompokBerkenalan adalah interaksi antarindividu.
Gambar : https://encrypted-tbn2.gstatic.com/
Jika interaksi sosial terjadi berulang dengan pola yang sama dan bertahan dalam waktu tertentu, maka akan mewujudkan hubunga sosial.
Hubungan sosial tersebut dapat menimbulkan terjadinya bentuk kerja sama  atau dapat juga berbentuk  pertentangan/pertikaian.
B. FAKTOR-FAKTOR PENDORONG INTERAKSI SOSIAL
Interaksi sosial dilandasi oleh beberapa faktor, baik dari dalam diri manusia itu sendiri maupun dari luar.
1. Faktor dari dalam manusiameliputi:
*.Dorongan kodrati sebagai makhluk sosial
*.Dorongan untuk memenuhi kebutuhan
*.Dorongan untuk mengembangkan diri
2 Faktor dari luar manusiaa.
Imitasi: proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa saja yang dimiliki orang lain.
Imitasi bisa membawa dampak positif dan negatif, tergantung dari yang ditiru.Sule meniru Rhoma Irama.
Gambar : https://encrypted-tbn2.gstatic.com/
b. Identifikasi :upaya yangdilakukan oleh seseorang untukmenjadi samadengan orang lain yang ditirunya.
c. Sugesti :rangsangan, pengaruh atau stimulus yangdiberikan seorang individu kepada individu lainnya sedemikian rupa, sehingga orang yang diberikan sugesti tersebut menuruti apa yang disugestikannya tanpa berfikir lagi secara kritis dan rasional(bersifat negatif).
Cara Romy Rapaelenghipnotos adalah dengan cara memberikan sugesti.
d. Motivasi :rangsangan, pengaruh atau stimulus yang diberikan seorang individu kepada individu lainnya sedemikian rupa, sehingga orang yang diberikan motivasi tersebut menuruti apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab (bersifat positif).
e. Simpati :suatu proses kejiwaan, di mana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya, atau perbuatannya yang sedemikian rupa.
f. Empati:mirip dengan simpati, tapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja tapi dibarengi perasaan yang sangat dalam.
C. Status dan Peranan Individu dalam Interaksi Sosial
Status seseorang menentukan perannya, peran seseorang menentukan perilakunya.
1. Status (kedudukan)Adalah posisi seseorang dalam kelompok masyarakatsecara umum sehubungan dengan keberadaan oranglain di sekitarnya.
Seseorang dapat mempunyai beberapa status karena ikut serta dalam berbagai pola kehidupan.
Menurut Ralph Linton, ada tiga macam status, yaitu:
a. Ascribed Status
Status yang diperoleh secara otomatis melalui kelahiran.
Status ini bersifat tertutup, yaitu hanya pada orang tertentu saja.
b.Achieved Status
Status ini diperoleh melalui usaha-usaha yang dilakukan sendiri. Jadi, status ini terbuka bagi setiap orang.
Semua orang dapat mencapainya, asalkan memenuhi syarat tertentu.
c.Ascribed Status
Status ini merupakan pemberian dari orang lain. Status ini umumnya diberikan kepada orang yang berjasa memperjuangkan sesuatu bagi masyarakat.
2. Peran sosial
Peran adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya.
Jika seseorang telah melaksanakan kewajiban dan meminta haknya sesuai dengan status yang disandangnya, maka ia telah melaksanakan perannya.
Status dan peran tidak dapat dipisahkan karena tidak ada peran tanpa status dan sebaliknya.
D. Bentuk-Bentuk Interaksi SosialMenurut Gillin and Gillin, proses sosial yang timbul sebagai akibat adanya interaksi sosial ada 2, yaitu:
1.Proses Sosial AssosiatifAdalah proses sosial yang menuju terbentuknya persatuan/integrasi sosial dan mendorong terbentuknya pranata, lembaga atau organisasi sosial.
Yang termasuk proses sosial sssosiatif, antaralain:
a.Kerja samaAdalah usaha bersama antara individu dengan individu lainnya, antar individu dengan kelompok ataukelompok dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Kerja sama timbul saat seseorang menyadari bahwa mereka punya kepentingan bersama.
Kerja sama menuntut adanya pembagian kerja dan keadilan, sehingga rencana kerja sama dapat tercapai dengan baik untuk mencapai tujuan bersama.
Kerja sama akan bertambah kuat bila ada bahaya dari luar yang mengancam kelompoknya.
Ditinjau dari segi pelaksanaannya, ada berbagai bentuk kerja sama:
1)      Kerukunan
Contoh : tolong menolong dan gotong royong (kerja bakti)
2)      Bergaining
Kerja sama yang pelaksanaannya dengan perjanjian tentang pertukaran barang-barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.
3)      Kooptasi
Suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara menjaga stabilitasdan menghindari terjadinya kegoncangan.
4)      Koalisi
Kombinasi antara 2 organisasi/lebih yang punya tujuan sama.
5)      Joint venture
Kerja sama dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu.
b.Akomodasi
Tujuanakomodasi:
1.Mengurangi pertentangan antarindividu, individu-kelompok atau antarkelompok sebagai akibat adanya perbedaan pendapat.
2.Mencegah meledaknya pertentangan untuk sementara waktu.
3.Memungkinkan terjadinya kerja sama antara kelompok-kelompok sosial yg hidupnya terpisah sbg akibat faktor-faktor psikologis dan kebudayaan.
4.Mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah.
Akomodasi mempunyai beberapa bentuk, antara lain:
1.Koersi (coercion): bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan fisik maupun psikologis.Dalam koersi, ada pihak yang lemah dan ada pihak yang kuat.
2.Kompromi (compromise): bentuk akomodasi yang terjadi karena pihak yang bersengketa saling mengurangi tuntutannya agar tercapai kesepakatan.
3.Arbitrasi (arbitration): akomodasi dengan menggunakan jasa pihak ketiga karena pihak yang bersengketa tidak mampu menyelesaikan persengketaan.
Pihak ketiga ini ditunjuk oleh yang bersengketa atau pihak yang berwenang.
4.Mediasi (mediation): hampir mirip dengan arbitrasi, hanya saja pihak ketiganya netral dan tidak bisa memutuskan. Ia hanya bisa mengusahakan jalan damai tapi tidak mempunyai wewenang untuk menyelesaikan masalah.
5.Konsiliasi (consiliation): usaha untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak yang berselisih untuk mencapai mufakat.
6.Adjudikasi:cara penyelesaian perkara lewat pengadilan.
7.Gencatan senjata:penangguhan permusuhan pada waktu tertentu karena menunggu jalan keluar yang baik.
8.Toleransi:bentuk akomodasi tanpa persetujuan formal. Kadang kala toleransi timbul secara tidak sadar dan spontan akibat reaksi alamiah individu.
c. Asimilasi
Asimilasi adalah upaya untuk mengurangi perbedaan antarindividu/kelompok untuk menghasilkan suatu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan bersama.
Asimilasi terjadi pada masyarakat yang berbeda kebudayaan sehingga terbentuk kebudayaanbaru dalam waktu lama.
Asimilasi terjadi setelah melalui tahap kerja sama dan akomodasi.
Syarat-syarat asimilasi:*
.Terdapat sejumlah kelompok yang punya kebudayaan berbeda.*
.Terjadi pergaulan antarindividu dan kelompok secara intensif dalam waktu yang lama.*
.Kebudayaan masing-masing kelompok mengalami perubahan dan penyesuaian diri.
Faktor-faktor yang mendukung terjadinya asimilasi:
*.Sikap menghargai dan menghormati orang lain dan kebudayaannya.
*.Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat.
*.Persamaan dalam unsur budaya secara universal.
*.Terjadinya perkawinan campur antar kelompok yangberbeda budaya.
*.Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuhtersebut.
Faktor yang menjadi penghalang asimilasi:
*.Terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu.
*.Kurangnya pengetahuan tentang kebudayaan baru.
*.Adanya prasangkan buruk terhadap kebudayaan baru.
*.Adanya perasaan bahwa kebudayaan kelompok tertentu lebih tinggi dari kebudayaan kelompok lainnya, sehingga tidak mau menerima kebudayaan baru.
*.Adanya perbedaan ciri-ciri fisik, seperti tinggi badan,warna kulit, atau warna rambut.
*.Adanya perasaan keterikatan yang sangat kuat terhadap kebudayaan yang sudah ada.
d. Akulturasi
Akulturasi adalah hasil perpaduan dua kebudayaan berbeda yang membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri-ciri kebudayaan masing-masing.  
Proses akulturasi berlangsung dalam waktu yang lama.
2.Proses Sosial Disosiatif (oposisi)
Suatu cara berjuang melawan seseorang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Yang termasuk proses sosial disosiatif antara lain:
a. PersainganPersaingan adalah proses sosial ketika individu-individu/kelompok-kelompok manusia bersaing untukmendapatkan sesuatu. Persaingan terjadi hampir di setiap bidang kehidupan. Namun persaingan harus dilakukan secara jujur dan sportif.
b. KontravensiKontravensi adalah proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan. Kontravensi biasanya bersifat rahasia. Dalam kontravensi, lawan tidak diserang secara fisik tapi secara psikologis sehingga ia menjadi tidak tenang.
c. KonflikKonflik adalah proses sosial yang terjadi ketika pihak yang satu berusaha menyingkirkan pihak yang lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.
Konflik muncul karena adanya perbedaan perasaan, kebudayaan ataupun perbedaan kepentingan.
Bentuk-bentuk konflik antara lain:
*.Konflik pribadi
*.Konflik antarkelompok
*.Konflik rasial
*.Konflik antarkelas sosial
*.Konflik politik
*.Konflik internasional

soal matematika smp kelas tujuh

SOAL PILIHAN GANDA
1. penyelesaian dari persamaan 1/2k + 3 = 1/3k - 1 adalah ....
A. -24
B. 24
C. 14
D. -14
2. penyelesaian dari x + 2 = 5 adalah ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
3. penyelesaian dari persamaan 2x - 6 = 8 adalah ....
A. 7
B. 6
C. 5
D. 4
4. Penyelesaian dari persamaan 42x = 126 adalah....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
5. penyelesaian dari persamaan 3y -7 = 2y adalah....
A. 8
B. 7
C. -8
D. -7
6. penyelesaian dari persamaan 2x - 8 = 16 adalah ....
A. 12
B. 21
C. 13
D. 31
7. Penyelesaian pada persamaan pada persamaan 2/8y = 18 aalah....
A. 72
B. 82
C. 17
D. 27
8. penyelesaian dari persamaan 2x + 7 = 27 adalah ....
A. 17
B. 10
C. 12
D. 11
9. penyelesaian dari -5+2p=23 adalah....
A. p = -14
B. p = -9
C. p = 9
D. p = 14
10. Penyelesaian pada persamaan 1/3y = 14 adalah ....
A. 24
B. 42
C. 34
D. 43
11. Penyelesaian dari persamaan 2(3p - 4) = 4p + 6 adalah ....
A. 7
B. -9
C. -7
D. 9
12. Penyelesaian dari 2n + 2 = 30 adalah ....
A. 14
B. 12
C. 11
D. 10
13. Penyelesaian dari 3m -3/2 = 2 adalah....
A. -7/6
B. -1/6
C. 1/6
D. 7/6
14. penyelesaian dari persamaan x + 3 = 6 adalah ....
A. 3
B. -2
C. 2
D. -3
15. Penyelesaian dari 3a - 1 = a + 9 adalah ....
A. -5
B. -4
C. 4
D. 5
16. penyelesaian dari persamaan 2x + 6 = 12 adalah ....
A. -2
B. 2
C. 3
D. -3
17. Penyelesaian dari persamaan 2x = 6 adala ....
A. 7
B. 5
C. 3
D. 1
18. Penyelesaian dari 6x - 5 = 4x -15 adalah ....
A. -10
B. -5
C. -2
D. -1
19. penyelesaian dari x + 3 = 11 - x adalah ....
A. 7
B. 6
C. 4
D. 5
20. Penyelesaian dari 4k + 5 = 3k +9 adalah....
A. 2
B. 4
C. 7
D. 14
21. Penyelesaian dari persamaan 4t + 5 = 3t + 10 adalah ....
A. 5
B. 6
C. 8
D. 9
22. Penyelesaian dari persamaan 3y + 6 = 24 adalah ....
A. 5
B. -5
C. 6
D. -6
23. penyelesaian dari 3x + 10 = 11 adalah ....
A. 1/3
B. 1/5
C. 1/2
D. 1/4
24. penyelesaian dari persamaan 3p - 1/4 = 2p + 1/2 adalah ....
A. 2/3
B. 2/4
C. 4/3
D. 3/4
25. penyelesaian dari 8y - 14 = 5y - 2 adalah ....
A. -3
B. 3
C. -4
D. 4
26. Penyelesaian dari  persamaan 1/2x = 5 adalah....
A. 11
B. 4
C. 8
D. 10
27. penyelesaian dari persamaan 4(1-p) + 3 (p +5) = 8 adalah....
A. -14
B. -13
C. 12
D. 11
28. Untuk y = 1,2,3,4,5,....,20, penyelesaian dari y adalah faktor dari 18 adalah...
A. 2,3,6,9
B. 1,2,3,6,9
C. 2,3,6,9,18
D. 1,2,3,6,9,18
29. Penyelesaian persamaan 4/25k = 36 adalah ....
A. 125
B. 122
C. 225
D. 220
30. Penyelesaian dari persamaan 3p - 5 = 25 adalah...
A. -9
B. 11
C. 10
D. 9
31. penyelesaian dari 3/4y = 9 adalah ....
A. 12
B. 11
C. 10
D. 9
32. Penyelesaian dari persamaan  x + 4 = 9 adalah ....
A. 7
B. 8
C. 6
D. 5
33. Penyelesaian dari persamaan 13p +5 = 31 adalah....
A. -4
B. 4
C. -2
D. 2
34. penyelesaian dari 3x - 10 = 2 - x adalah....
A. -4
B. -2
C. 3
D. 6
35. penyelesaian dari 4y + 8 = 2y adalah....
A. -3
B. 3
C. -4
D. 4
36. Penyelesaian dari persamaan 7x = 28 adalah ....
A. 14
B. 13
C. 4
D. 3
37. Penyelesaian ari persamaan  x - 3 = 7 adalah....
A. 12
B. 11
C. 10
D. 9
38. penyelesaian dari persamaan 3x + 3 = 18 adalah ....
A. -15
B. 15
C. 5
D. -5
39. Penyelesaian darri -3/4x = 6 adalah ....
A. -8
B. -4,5
C. 4,5
D. 10
40. Penyelesaian dari  persamaan 13x = 169 adalah ....
A. 15
B. 14
C. 13
D. 12
41. penyelesaian dari 2/3y - 15 = 3 adalah ....
A. -18
B. -8
C. 12
D. 27
42. Penyelesaian dari persamaan 12x = 48 adalah ....
A. 6
B. 3
C. 5
D. 4
43. penyelesaian dari x + 5 = 17 adalah ....
A. 18
B. 13
C. 12
D. 14
44. penyelesaian dari m + 3 = 13 adalah....
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
45. Lebar sebuah persegi panjang lebih pendek 4 cm dari panjangnya. Jika keliling nya sama dengan 72 cm, panjang persegi panjang adalah ...
A. 16 cm
B. 18 cm
C. 20 cm
D. 22 cm
46. Penyelesaian pada persamaan 16m = 64 adalah ....
A. 4
B. 8
C. 14
D. 12
47. penyelesaian dari 10 = 7 - x adalah ....
A. x = -17
B. x = -3
C. x = 3
D. x = 17
48. penyelesaian dari persamaan 4y + 2 = 3y + 5 adalah ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
49. Penyelesaian  pada persamaan 1/13n = 5 adalah ....
A. 54
B. 45
C. 56
D. 65
50. penyelesaian dari persamaan x - 7 = 23 adalah ....
A. 25
B. 35
C. 20
D. 30
SOAL ISIAN:
1 Penyelesaian dari persamaan 12x = 48 adalah ....
2 a + 2 = 5 memiliki penyelesaian a = ....
3 diketahui persamaan m + 3 = 13, maka nilai m adalah....
4 Persamaan -3/4c = 6 memiliki penyelesaian c = ....
5 Penyelesaian dari persamaan 42x = 126 adalah....
6 Nilai t yang merupakan penyelesaian dari persamaan  t + 3 = 11 - t adalah ....
7 penyelesaian dari 3/4y = 9 adalah ....
8 x + 5 = 17 memiliki penyelesaian x = ....
9 Penyelesaian dari persamaan  x + 4 = 9 adalah ....
10 Penyelesaian dari persamaan 4t + 5 = 3t + 10 adalah ....
11 Persamaan 2y + 5 = 5y - 10 memiliki penyelesaian....
12 Penyelesaian dari  persamaan 1/2x = 5 adalah....
13 Jumlah siswa kelas 2 adalah 40 siswa. Jika jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 siswa, maka jumlah siswa perempuan adalah....
14 Penyelesaian dari persamaan 3p - 5 = 25 adalah...
15 penyelesaian persamaan 4x -12 = 20 adalah....
16 Penyelesaian dari 2n + 2 = 30 adalah ....
17 Penyelesaian dari persamaan 2x = 6 adala ....
18 Nilai x dari persamaan 2x - 8 = 16 adalah ....
19 penyelesaian dari persamaan 4(1-p) + 3 (p +5) = 8 adalah....
20 penyelesaian dari 4y + 8 = 2y adalah....
21 penyelesaian dari persamaan 2x - 6 = 8 adalah ....
22 Penyelesaian dari persamaan 13p +5 = 31 adalah....
23 2x - 1 = 5. Maka penyelesaian untuk x adalah....
24 nilai m yang menjadi penyelesaian persamaan  10 = 7 - x adalah....
25 penyelesaian persamaan 5x -20 = 10 adalah ....
26 Penyelesaian dari  persamaan 13x = 169 adalah ....
27 Penyelesaian dari persamaan 7x = 28 adalah ....
28 penyelesaian dari 3h + 10 = 11 adalah ....
29 Penyelesaian pada persamaan 1/3y = 14 adalah ....
30 Dari persamaan  x - 3 = 7, nilai x = ....
31 Penyelesaian pada persamaan 16m = 64 adalah ....
32 Nilai y dari persamaan 2y + 7 = 27 adalah ....
33 persamaan -5+2p=23 memiliki penyelesaian p = ....
34 penyelesaian dari 8y - 14 = 5y - 2 adalah ....
35 nilai x yang menjadi penyelesaian persamaan 6x - 5 = 4x -15 adalah....
36 Penyelesaian dari 3y - 10 = 2 - y adalah....
37 nilai m yang menjadi penyelesaian persamaan  3m -3/2 = 2 adalah....
38 nilai k yang menjadi penyelesaian persamaan 4k + 5 = 3k +9 adalah....
39 Penyelesaian dari persamaan 3y + 6 = 24 adalah ....
40 2/3y - 15 = 3 memiliki penyelesaian y = ....
41 Penyelesaian dari 3a - 1 = a + 9 adalah ....
42 Dari persamaan x - 7 = 23, nilai x adalah ....
SOAL ESSAY
1. Tentukan penyelesaian dari persamaan 3x + 3 = 18 !
2. Tentukan penyelesaian ari persamaan 4y + 2 = 3y + 5 dengan cara menambah/mengurangi kedua ruas dengan bilangan yang sama!
3. tentukan penyelesaian dari persamaan x - 7 = 23 , x adalah bilangan asli
4. Tentukan penyelesaian dari persamaan 4(1-p) + 3 (p +5) = 8 !
5. Temukan penyelesaikan persamaan berikut dengan teknik mengalikan kedua ruas dengan bilangan yang sama pada persamaan 1/13n = 5 !
6. Temukan penyelesaikan persamaan berikut dengan teknik mengalikan kedua ruas dengan bilangan yang sama pada persamaan 1/3y = 14 !
7. Diketahui tiga buah bilangan cacah genap berurutan dengan persamaan y + (y + 2) + ( y + 4) = 24, tentukanlah ketiga bilangan itu masing-masing!
8. Tentukan penyelesaian dari 3/4y = 9 !
9. Temukan penyelesaikan persamaan berikut dengan teknik mengalikan/membagikan kedua ruas dengan bilangan yang sama pada persamaan 2x = 6 !
10. Temukan penyelesaikan persamaan berikut dengan teknik mengurang/menambah kedua ruas pada persamaan 2x - 6 = 8 !

latihan ipa sd5

I. Kerjakan Soal Isian Latihan UKK IPA Kelas 5 dibawah ini dengan benar !
1.Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda....
2.Semakin licin permukaan suatu benda maka gaya geseknya akan semakin....
3.Gunting merupakan pengungkit jenis ke satu karena....
4.Pisau, kapak dan paku merupakan alat yang menggunakan prinsip ....
5.setir mobil dan engsel pintu adalah contoh pesawat sederhana ....
6.Pada penderita hipermetropi dapat dibantu dengan menggunakan lensa....
7.Cahaya dapat dibiaskan apabila melalui....
8.Fungsi kaleidoskop adalah untuk....
9.Warna putih dapat diuraikan menjadi warna....
10.Pelapukan tanah yang disebabkan karena aktifitas manusia adalah pelapukan secara....
11.Batu apung, obisidian dan granit termasuk jenis batu...
12.Daur air adalah....
13.Pendangkalan sungai diakibatkan oleh…
14.Alat pengukur gempa adalah…
15.Untuk menanggulangi longsor dan banjir, maka diadakan reboisasi, reboisasi adalah...
II. Isilah Soal Latihan Essay IPA Kelas 5 dibawah ini dengan tepat !
1.Sebutkan 3 cara pembuatan magnet!
2.Sebutkan alat dan bahan untuk membuat periskop!
3.Jelaskan tahapan daur air!
4.Sebutkan 3 bencana alam yang dapat dicegah manusia!
5.Sebutkan 3 kegiatan manusia yang dapat merubah permukaan bumi!
Demikianlah soal soal latihan ukk / uas ipa kelas 5 ktsp semester 2

latihan matematika sd4

Kerjakan soal-soal berikut dengan teliti. Tunjukkan caramu mengerjakan.
1. Udin membeli sekotak susu. Ia meminum 1/4 bagian, kemudian susu itu disimpannya di dalam lemari es. Satu jam kemudian, Udin meminum 2/4 bagian lagi. Berapa bagian susu yang telah Udin minum?
2. Lani memakan 1/3 bagian pisang. Ibu memakan 1/6 bagian pisang. Siapa yang memakan pisang lebih banyak? Berapa bagian pisang yang dimakan Lani dan ibunya?
3. Siti dan Beni memetik 5/6 keranjang buah jambu. Sebanyak 7/9 keranjang jambu telah dibagikan kepada para tetangga. Berapa bagian buah jambu yang masih ada?
4. Beni suka sekali makan rujak buah. Buah kesukaannya saat makan rujak adalah bengkuang. Ia memotong bengkuangnya menjadi 8 bagian. Beni memakan 6 bagiannya dengan bumbu rujak. Tulislah pecahan dalam bentuk paling sederhana untuk menunjukkan berapa bagian bengkuang yang ia makan dengan bumbu rujak. Tunjukkan caramu mengerjakannya.
5. Beni dan Lani punya 12 buah salak. Beni memakan 1/3 bagian, sedangkan Lani memakan 1/2 bagian. Siapa yang makan salak lebih banyak? Tunjukkan jawabanmu.

latihan bi sd 5

I. Isilah Soal Latihan UKK B. Indonesia Kelas 5 dibawah ini dengan benar !
1. Kucingku berbulu lebat. Awalan ber pada kata berbulu mengandung arti....
2. Ayahku pulang dari desa membawa buah tangan. Buah tangan artinya...
3. Kasihan anak itu menderita tuna wicara. Tuna wicara artinya....
4. Sekian surat dariku. Kalimat tersebut merupakan bagian . . . .surat
5. Percakapan dalam drama disebut....
6. Rambut Nina panjang.... rambut Nani pendek. Kata sambung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...
7. Orang yang mengatur jalannya sebuah drama disebut...
8. Sebelum melaksanakan wawancara, terlebih dahulu harus menyusun...
9. Tangkuban parahu adalah cerita rakyat dari daerah ....
10. Adegan di awal drama di sebut....
II. Jawablah Soal Essay UAS Kelas 5 Semester 2 dibawah ini dengan tepat!
1. Buatlah 3 kalimat dengan menggunakan kata melukis, pelukis dan lukisan
2. Rubahlah kalimat di bawah ini ke dalam kalimat perintah!
Ibu meminta Zahra untuk membeli garam di warung
3. Rubahlah kalimat di bawah ke dalam kalimat majemuk setara
Ayahku bekerja sebagai seorang dokter
Ibuku bekerja dsebagai seorang sekretaris
4. Buatlah kalimat dengan makna konotasi dan denotasi dengan menggunakan kata buah
makna denotasi
makna konotasi
5. Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan kata berawalan ter ,yang mengandung arti tidak sengaja

latihan bahasa inggris sd 5

Berikut adalah contoh soal ukk bahasa inggris kelas 5 untuk berlatih, adalah sebagai berikut :
Read
Kidzone
This is Kidzone, the new playground in town. It is not real city. It is a city for kids aged 13-12. There is a bank, a school, a hospital, a shop , a zoo, and a bus station. There are buses, ambulances, cars and trains too. In this city children learn about the adult world. They learn how to buy, to sell, to work, and to get money from work.
In kidzone, there are 70 different jobs. The children can try to be apolice officer, a bank teller, a fashion designer, a chef, a dancer, and many other jobs.
Hurry come over and visit kidzone!
I. Answer these questions!
1. What is Kidzone?
2. Is Kidzone a real city?
3. The Kidzone is a city for….
4. How many different jobs are in the kidzone?
5. Have you ever gone to the Kidzone?
II. Read and write, “yes” or “no”!
6. Kidzone is a real city
7. In the Kidzone children learn about the adult world
8. In the kidzone there are 30 different jobs
9. Mom and dad can play in Kidzone
10. They can get money in Kidzone
III. Fill in the blank by the true answer!
1. The students of SDINDA wear ….. on Wednesday
2. The students of SDINDA wear scout uniform on…
3. I …. fried chicken better than chicken satay
4. …….. I go to the bathroom please?
5. translate in to English language : saya suka nasitumpeng.
6. Mention the materials to make a kite!
7. The ingredients to make sweet brownies are….
8. Mentions 5 public places!
9. Mentions 3 kinds of food and drinks!
10. How to make fried rice?
Demikianlah postingan kali ini tentang Soal Essay UKK B. Inggris Kelas 5 Th. 2015, semoga bermanfaat.

Latihan ips sd kelas lima

I. Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Perlawan Imam Bonjol di Sumatera dikenal dengan nama perang . . .
2. Kerja Paksa tanpa bayaran pada masa pendudukan Jepang disebut . . .
3. Pendiri Taman Siswa di Yogyakarta adalah . . .
4. Tokoh yang memberi nama Piagam Jakarta adalah . . .
5. UUD 1945 disahkan dan ditetapkan pada . . .
6. Naskah Proklamasi diketik oleh . . .
7. Ir. Soekarno dan Drs Moh. Hatta membacak teks prolamasi pada . . .
8. Bng Tomo merupakan salah satu pemimpin perjuangan dalam pertempuran . . .
9. Belanda menyerahkan kedaulatan pada RIS pada . . .
10. Sebagai Pelajar, yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan adalah dengan . . .
II. Soal Essay UKK IPS Kelas 5 KTSP Terbaru 2015
1. Apakah tujuan Belanda membuat jalan raya dari Anyer sampai ke Panarukan ?
2. Sebutkan tiga tokoh pejuang yang memimpin rakyat melawan penjajah !
3. Tuliskan rumusan dasar negara yang termuat dalam piagam jakarta !
4. Sebutkan penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api !
5. Sebutkan peran Ahmad Soebarjo dalam peristiwa Proklamasi !
Demikian postingan tentang Soal Essay UKK IPS Kelas 5 KTSP 2015 diatas semoga bermanfaat.

latihan ipa sd kelas lima

Soal Essay UKK IPA Kelas 5 Th. 2015
I. Kerjakan Soal Isian Latihan UKK IPA Kelas 5 dibawah ini dengan benar !
1.Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda....
2.Semakin licin permukaan suatu benda maka gaya geseknya akan semakin....
3.Gunting merupakan pengungkit jenis ke satu karena....
4.Pisau, kapak dan paku merupakan alat yang menggunakan prinsip ....
5.setir mobil dan engsel pintu adalah contoh pesawat sederhana ....
6.Pada penderita hipermetropi dapat dibantu dengan menggunakan lensa....
7.Cahaya dapat dibiaskan apabila melalui....
8.Fungsi kaleidoskop adalah untuk....
9.Warna putih dapat diuraikan menjadi warna....
10.Pelapukan tanah yang disebabkan karena aktifitas manusia adalah pelapukan secara....
11.Batu apung, obisidian dan granit termasuk jenis batu...
12.Daur air adalah....
13.Pendangkalan sungai diakibatkan oleh…
14.Alat pengukur gempa adalah…
15.Untuk menanggulangi longsor dan banjir, maka diadakan reboisasi, reboisasi adalah...
II. Isilah Soal Latihan Essay IPA Kelas 5 dibawah ini dengan tepat !
1.Sebutkan 3 cara pembuatan magnet!
2.Sebutkan alat dan bahan untuk membuat periskop!
3.Jelaskan tahapan daur air!
4.Sebutkan 3 bencana alam yang dapat dicegah manusia!
5.Sebutkan 3 kegiatan manusia yang dapat merubah permukaan bumi!
Demikianlah soal soal latihan ukk / uas ipa kelas 5 ktsp semester 2 diatas saya persembahkan. Semoga bermanfaat.

latihan matematika sd kelas lima

I. Isilah Soal Latihan Isian UKK Mtk Kelas 5 dibawah ini dengan benar !
1. Bentuk pecahan biasa dari 2 2/4 adalah . . .
2. Hasil dari 0,35 x 2,25 adalah . . .
3. Agung membeli baju di mall mendapat discount sebanyak 56%, 56% jika diubah menjadi pecahan biasa adalah....
4. Daffa menggambar denah lapangan bola futsal dengan panjang 35cm, berskala 1 : 200, berapa panjang lapangan bola futsal sebenarnya?
5. Pensil Irsyad 5:7 dengan pensil Hamid, jika pensil Iryad 35 buah, berapa banyak pensil Hamid?
6. Di kelas 5 ada 30 buah bola futsal, 1/5 dari jumlah bola tersebut diambil Edo, berapa sisa bola yang ada?
7. Aku sebuah bangun ruang, yang memiliki sisi alas dan atas berbentuk lingkaran, tidak memiliki titik sudut, dan memiliki sisi lengkung, bangun apakah aku?
8. 5 12/24 - 3 11/12 + 11/18 =....
9. 8 2/6 x 3 6/10 : 12/16 = ...
10. Persegi panjang mempunyai ... simetri putar.
II. Isilah Soal Latihan Essay UKK Matematika Kelas 5 dibawah ini dengan benar !
1. Harga 1 gram emas adalah Rp.250.000, siswi kelas 5 membeli sebanyak 5 1/2 gram, berapa uang yang harus mereka bayar?
2. Perbandingan uang Bintang, Elmo, dan Luthfan adalah 3:2:4, jika jumlah uang mereka Rp 81.000 berapakah jumlah uang mereka masing-masing?
3. Tuliskan sifat sifat bangun silinder !
4. Siswa kelas 5 berjumlah 45 orang, 1/5 bagian menyukai bakso, 3/5 bagian menyukai batagor, sisanya menyukai somay, berapa siswa kelas 5 yang menyukai somay?
5. Banyak keramik merah 2/3 dari semua keramik. Jika semua keramik ada 24 dus, berapa banyak dus keramik merah?
Itulah soal soal isian dan essay ukk matematika kelas 5, semoga bermanfaat untuk latihan putra putrinya. Selamat belajar.