Label

Rabu, 27 Januari 2016

ujian biologi sma kelas x

SOAL PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER 2
SMA KELAS X
BIOLOGI

A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e di depan jawaban yang paling benar!
Sistem tumpang sari antara tanaman jagung dan kedelai menunjukkan interaksi....
a. merugikan karena tanaman j agung kurang mendapatkan cahaya
   b. parasitisme karena tanaman  kedelai mendapatkan makanannya dari tanaman jagung
c. menguntungkan karena tanaman kedelai menghasilkan senyawa nitrogen yang dapat    dimanfaatkan oleh tanaman jagung
d. merugikan kedua tanaman
e. menguntungkan karena tanaman kedelai menjadi subur

Organisme   yang   termasuk   kelompok  fotoautotrof berperan dalam mengubah ....
a. senyawa organik menjadi senyawa anorganik dengan bantuan energi kimia
b. senyawa organik menjadi  senyawa anorganik dengan bantuan enegri  matahari      
c. senyawa organik menjadi senyawa anorganik tanpa bantuan energi
d. senyawa anorganik menjadi  senyawa organik dengan bantuan energi  cahaya
e. senyawa anorganik menjadi senyawa organik dengan bantuan energi kimia

Suksesi adalah....
a. perubahan bentuk makhluk hidup dalam waktu lama
   b. pengikisan tanah oleh angin secara perlahan dan menimbulkan kerusakan
   c. pembuatan jalan di lereng-lereng bukit dengan arah melingkar
   d. perubahan lingkungan secara perlahan yang menuju ke arah perbaikan
   e. perusakan lingkungan akibat masuknya bahan beracun berbahaya

      4.   Orang yang pertama kali memperkenalkan istilah ekologi adalah ....
   a. Carl von Linne
   b. L. Pasteur
   c. M. Schultze
   d. J. Lamaarck
   e. E. Haeckel

      5.  Pada komunitas kolam terjadi interaksi, yang berperan sebagai produsen ialah ....
          a. plankton karena sebagai jasad renik
          b. rumput karena sebagai tumbuhan hijau
          c. fitoplankton karena sebagai tingkat trofik satu
          d. zooplankton karena sebagai tingkat trofik satu
          e. eceng gondok karena merupakan tumbuhan hijau

      6.  Tujuan utama pendirian suaka margasatwa ialah....
          a. rekreasi
          b. pendidikan
          c. penelitian
          d. estetika
          e. pelestarian

      7.   Salah satu zat kimia yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon ialah ....
a. CFC
b. CO2                              
c. HCOOH
d. O2
e. H2O

      8.  Adaptasi  tumbuhan berupa ukuran daun yang kecil,  batang mengandung air,  dan akar  yang  panjang  merupakan   bentuk   adaptasi   pada  daerah....
a. padang rumput
b. semak belukar
c. savanna
d. gurun
e. tundra

      9.  Kumpulan suatu organisme yang saling berinteraksi dengan sesama jenis pada daerah dan waktu yang sama disebut....
          a. populasi
          b. ekosistem
          c. komunitas
          d. habitat
          e. biosfer

     10. Berikut ini adalah prinsip-prinsip ekologi yang dapat digunakan untuk mengurangi limbah  yang mencemari lingkungan, kecuali....
          a. reuse
          b. recycle
          c. remake
          d. replace
          e. reduce

     11. Adaptasi pada perubahan suhu dilakukan oleh hewan poikiloterm, yaitu....
          a. ikan mas, katak, dan buaya
          b. bebek, kelelawar, dan anjing
          c. anjing laut, ikan hiu, dan beruang
          d. kelelawar, buaya, dan beruang
          e. anjing, anjing laut, dan katak

     12. Berikut ini adalah zat kimia yang dapat merusak ozon, kecuali...
          a. halogen
          b. metil bromida
          c. CFC
          d. metil kloroform
          e. vinil klorida

    13. Sebagai konsumen I burung pipit dan tikus di sawah melakukan interaksi yang bersifat....
          a. parasitisme
          b. kompetitif
          c. mutualisme
          d. predatorisme
          e. komensalisme

    14. Berikut ini fungsi dalam suatu ekosistem, kecuali....
           a. aliran energi
           b. siklus materi
           c. regulasi energi
           d. regulasi ekosistem
           e. siklus biogeokimia

    15. Perairan danau yang terbuka, jauh dari tepian, dan mendapatkan cahaya yang baik  disebut....
          a. zona literal
          b. zona limnetik
          c. zona afotik               
          d. zona bentik
          e. zona fotik

    16. Di dalam ekosistem sawah organisme yang paling mungkin mendapatkan aliran energi paling kecil ialah ....
          a. musang
          b. tikus
          c. wereng                      
          d. padi
          e. ayam

    17. Dalam siklus biogeokimia unsur yang paling dominan diberikan oleh tumbuhan ialah ....
          a. karbon
          b. fosfor
          c. nitrogen                   
          d. oksigen
          e. hidrogen

    18. Di bawah ini yang bukan senyawa pencemar utama ialah...
.         a. karbon monoksida
          b. nitrogen dioksida
          c. timbal
          d. asam karbonat
          e. sulfur dioksida

    19. Dampak buruk yang mungkin terjadi akibat hujan asam ialah....
          a. kanker kulit
          b. menurunya pH tanah
          c. meningkatnya keasaman tumbuhan
          d. menurunkan kandungan kimia tanah
          e. meningkatkan suhu udara

    20. Protokol konvensi untuk menghapus produksi CFC disebut....
          a. Montreal protocol
          b. Kyoto protocol
          c. Melbourne protocol
          d. Oklahoma protocol
          e. Boston protocol

21.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan kesuburan tanah ialah . . . .
a. perlindungan flora dan fauna
b. rotasi tanaman
c. irigasi
d. sengkedan atau terasering
e. reboisasi

22.Semua unsur-unsur penyusun makhluk hidup dapat kembali ke tanah setelah mengalami perombakan oleh dekomposer. Prosesnya terjadi melalui . . . .
a. siklus materi
b. rantai makanan
c. piramida biomassa
d. daur biogeokimia
e. perpindahan energi

23. Proses suksesi pada sebuah hutan berlangsung baik apabila . . . .
a. pertanian dilakukan secara tumpang sari
b. perbaikan hutan dibiarkan secara alami
c. perladangan secara berpindah
d. penebangan liar tetap berlangsung
e. pembukaan lahan pertanian secara serampangan

24.Salah satu usaha yang dilakukan manusia untuk memelihara kesuburan tanah ialah . . . .
a. pembuatan saluran irigasi
b. melindungi flora dan fauna
c. melakukan rotasi jenis tanaman
d. melakukan reboisasi
e. membuat perkebunan yang luas

25.Bahan pencemar yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui rantai makanan adalah ….
a. logam berat dan pestisida
b. gas belerang dan karbon dioksida
c. gas belerang dan logam berat
d. pestisida dan karbon dioksida
e. karbon monoksida dan logam berat

26. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini, kecuali . . . .
a. aktivitas gunung berapi
b. pembakaran hutan
c. industri berat
d. pemakaian detergen secara berlebihan
e. kendaraan bermotor

27. Berikut ini fungsi hutan hujan tropik Indonesia bagi lingkungan global, kecuali . . . .
a. mencegah terjadinya efek rumah kaca
b. menjaga kelestarian iklim global
c. menghasilkan devisa bagi negara
d. mengurangi kadar CO2 di udara
e. mengurangi pencemaran udara
28.Pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali di suatu danau dapat menyebabkan ….
a. penyusutan air karena penguapan Iebih tinggi
b. kadar oksigen dalam perairan menurun
c. perairan menjadi kurang subur akibat pembusukan
d. air menjadi keruh karena tertahannya partikel tanah
e. ikan-ikan banyak yang mati kerena keracunan

29. Berikut ini adalah nama beberapa populasi dalam suatu komunitas;
1. pohon
2. tumut
3. lumut kerak
4. perdu
5. rumput
Urutan rangkaian suksesi dengan komponen-komponen berikut adalah ….
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 3, 2, 4, 5, 1
e. 3, 2, 5, 4, 1

Diketahui kondisi abiotik suatu habitat adalah sebagai berikut.
- suhu sangat panas di waktu siang hari
- suhu sangat dingin di waktu malam
- curah hujan rendah
 Jika terbentuk ekosistem, maka ekosistem yang cocok adalah….
a. padang lumut                      
b. hutan tropis                         
c. hutan bakau
d. padang gurun
e. hutan meranggas

Organisme yang dapat digolongan sebagai dekomposer adalah….
a. jamur, dan alga                               
b. jamur, dan bakteri                           
c. jamur, dan lumut
d. lumut, dan bakteri
e. virus, dan bakteri

Dalam suatu ekosistem dapat terjadi interaksi antar populasi yang bertipe predasi. Manakah dari pasangan populasi berikut ini yang bertipe predasi?
a. sapi – rumput                                 
b. benalu – pohon jambu                    
c. ular – tikus
d. jamur – alga biru
e. hiu – remora

Zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut ….
a. polusi
b. polutan
c. limbah
d. pencemaran
e. limbah domestik

Berikut ini merupakan pencemar dari alam, kecuali ….
a. gunung meletus
b. bunyi petir
c. asap gunung berapi
d. rusaknya lingkungan karena banjir
e. asap kendaran bermotor

Buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestic (rumah tangga), yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis disebut ….
a. polusi
b. polutan
c. limbah
d. pencemaran
e. limbah domestik

Pakan ternak seperti sisa tumbuh-tumbuhan, sayuran, dan makanan adalah contoh limbah ….
a. organik
b. anorganik
c. padat
d. cair
e. domestik

Kompos merupakan hasil dari ….
a. pembakaran
b. penyimpanan
c. pengomposan
d. penghancuran
e. pencemaran

Sasaran pengelolaan lingkungan hidup tercantum dalam bab 2 pasal ….
a. 4 UU No. 23 Th. 1997
b. 4 UU No. 33 Th 1997
c. 3 UU No. 4 th 1997
d. 4 UU No. 13 Th. 1997
e. 4 UU No. 23 Th. 2007

Kebijakan moral manusia dalam pergaulannya dengan lingkungan untuk memelihara dan mengelola keseimbangan disebut ….
a. pengelolaan lingkungan
b. etika lingkungan
c. pelestarian lingkungan
d. upaya pengelolaan
e. pencegahan pencemaran

Berikut merupakan jenis-jenis limbah menurut karakteristiknya, kecuali ….
a. limbah cair
b. limbah padat
c. limbah gas dan partikel
d. B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
e. limbah organik

siap ulangan bahasa indonesia

MINGGU, 25 OKTOBER 2015
rangkuman bahasa indonesia kelas tujuh bab dua
Rangkuman Bahasa Indonesia bab dua SMP kelas satu
Sumber : Audrey L.

1. Berita adalah : kabar / informasi yang disampaikan kepada orang lain
2. Dua cara penyampaian berita adalah :
.. a/. Secara tertulis melalui surat kabar, mading ( majalah dinding ). surat, majalah.
.. b/. Secara lisan melalui radio & televisi
3. Mengapa mendengarkan berita melalui radio lebih sulit dipahami daripada mendengarkan berita melalui tv, maupun membaca dari surat kabar ?
.. karena mendengarkan berita dari radio tidak didukung dengan gambar maupun foto
4. Bagaimana cara mendengarkan berita dari radio ?
.. harus konsentrasi saat mendengarkan agar dapat memahami isi berita
5. Apa yang harus dilakukan agar dapat memahami isi berita yang didengar dengan baik ?
.. a/. Memusatkan perhatian pada berita yang dibacakan
.. b/. Mencatat pokok - pokok berita yang dibacakan
.. c/. Membaca kembali pokok - pokok berita yang sudah dicatat
.. d/. Menguraikan kembali isi berita sesuai dengan pemahamanmu
6. Apa arti komunikasi ?
.. memberitahukan sesuatu kepada seseorang
7. Berikan contoh komunikasi !
.. a/. Bayi menangis saat lapar
.. b/. Dua sahabat yang sedang membicrakan pertandingan olah - raga di siaran tv
., c/. Tuna - rungu berbicara dengan bahasa isyarat
8. Kapan abjad pertama kali ditemukan ?
.. 1.500 SM
9. Apa yang terjadi setelah penemuan abjad ?
.. menulis dengan kata - kata sebagai pengganti gambar
10. Pokok berita adalah ?
.. gagasan pokok dalam berita

11. Isi berita dapat berupa apa saja ?
.. a/. Fakta : peristiwa yang benar - benar terjadi
.. b/. Opini : pendapat, pandangan, pemikiran
12, Bagaimana cara menemukan hal-hal yang perlu ditanggapi ?
... memilah fakta dengan opininya terlebih dahulu
13. Berikan contoh kalimat tanggapan !
.. a/. Menurut pendapat saya ..
.. b/. Saya berpendapat bahwa ..
.. c/. Saya sependapat dengan ..
.. d/. Saya kurang sependapat dengan ..
14. Bagaimana ciri-ciri kalimat tanggapan yang baik ?
... a/. Tidak menyudutkan pihak tertentu
... b/. Bersifat santun
... c/. Berisi tanggapan yang positif
15. Apa saja yang harus diperhatikan saat menyampaikan tanggapan  ?
... a/. Lafal dan suara yang jelas
... b/. Uraian yang singkat sehingga mudah dimengerti
... c/. Menggunakan kalimat yang santun
16. Kalimat berita adalah ...
.... Kalimat yang memberitakan suatu hal
17. Berdasarkan ada atau tidaknya pemarkah negatif, maka kalimat berita dibagi menjadi  ..
... a. Kalimat berita positif yang tidak mengandung pemarkah negatif
.... b. Kalimat berita negatif yang mengandung pemarkah negatif
.... c. Contoh pemarkah negatif : tidak, tak, tiada, bukan.
18. Mengapa bercerita merupakan kegiatan yang menghibur ?
.... memberikan manfaat kepada pencerita dan pendengar
.... dapat menjalin keakraban antara pencerita dan pendengar
19. Apa yang harus diperhatikan agar dapat bercerita dengan baik ?
.... a. Banyak latihan
.... b. Bisa berkomunikasi dengan baik
20. Contoh alat peraga yang digunakan dalam bercerita !
.... boneka, wayang
21. Apa manfaat penggunaan alat peraga dalam bercerita ?
.... untuk menggambarkan karakter tokoh
.... untuk alat peraga yang berbeda, suara tiap tokoh juga berbeda
.... kesesuaian suara dengan gerakan alat peraga
22. Apa saja yang harus diperhatikan saat bercerita ?
.... Lafal, suara, intonasi, mimik, gestur, kata seru, kalimat pembuka, dan kalimat penutup.
23. Hal - hal yang harus diperhatikan saat bercerita dalam rincian / detail !
...,. Lafal : pengucapan harus jelas
....  Suara dalam bercerita harus jelas, harus memperhatikan ada tidaknya sound system
.,,,, Intonasi : lagu kalimat harus disesuaikan dengan isi kalimat
..,, Mimik : ekspresi wajah, bila bercerita dengan menggunakan alat peraga, mimik tidak diperlukan
.... Gestur / gerak - gerik tubuh yang mendukung penyampaian cerita
.... Kata seru untuk mengekspresikan sesuatu
.,,,. Kalimat pembuka dan kalimat penutup yang menghubungkan pencerita dengan pendengar
.... alat peraga disesuaikan dengan tokoh yang diperagakan
24. Arti dari memindai adalah .,,,
.... teknik membaca untuk mendapatkan informasi tanpa membaca yang lain-lain, langsung ke masalah yang dicari
25. Teknik membaca memindai diterapkan untuk membaca
..., kamus, mencari nomer telpon, mencari acara tv di daftar siaran tv
26. Kamus adalah ..,,
.... buku yang memuat kata-kata yang tersusun secara abjad / entri atau lema
27. Huruf n pada kamus adalah label untuk ...,
..,, nomina / kata benda
28. Contoh singkatan - singkatan yang umum dipakai adalah ...
.... dengan = dgn
.,,,. yang = yg
.... seperti = spt
..., sebagai = sbg
..,, dari = dr
29. Ceritakan langkah-langkah dalam membaca memindai kamus ?
.... a. Menentukan entri / lema yang dicari
..., b. Membuka halaman kamus yang memuat kata-kata yang huruf awalnya = huruf entri / lema yang dicari
.... c. Menemukan entri / lema yang dicari dengan cepat
..,, d. Membaca keterangan yang menyertai entri / lema dan memilih makna yang sesuai konteks
30. Kata - kata istilah komunikasi ..
... internet, informasi, berita, satelit
.... surat, surat kabar, majalah
.... faksimili, telegram, email, sms
.... radio, tv
..,. Telepon, handphone
.... brosur, iklan
31. Berdasarkan isinya surat dibagi menjadi dua yaitu  ...
.... surat pribadi, dan surat dinas
32. Surat pribadi dibagi menjadi .....
..... a. Surat pribadi yang bersifat resmi : surat kepada wali kelas. Surat lamaran pekerjaan.
.... b. Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan : surat untuk keluarga, teman, kenalan.
33. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat kekeluargaan artinya  ..
.... bahasa yang penuh kekeluargaan
34. Unsur - Unsur apa saja dalam surat pribadi ?
.,,, nama kota, tanggal, bulan, tahun, sebuah surat ditulis
Tangerang, 17 Nopember 2005
,,,, nama penerima surat dan alamatnya
Dear Tasya yang imut
Jln. Lebak Bulus 1/46
Jaksel 12430
.... salam pembuka
Tasya yang baik
.... isi surat
saya suka dengan penampilanmu yang sederhana, dan suaramu yang merdu saat menyanyi .,,,
.,,, salam penutup
udah dulu ya, terima kasih
.... identitas penulis surat
Dari: Kartika
Jln. Jambu 3/8
Binong Permai
Tangerang

sekian rangkuman BI pelajaran 2 untuk persiapan menghadapi ulangan
terima kasih buat : Audrey L.

Rangkuman bi pelajaran 3 untuk persiapan menghadapi ulangan
1. Apa yang kamu ketahui tentang dongeng ?
+  salah satu bentuk karya sastra yang isinya cerita khayalan
+ mengandung pesan moral yang tinggi dan bisa dijadikan pedoman hidup melalui karakter / watak tokohnya
2. Dongeng yang terkenal di Indonesia
+ Legenda Gunung Batur di Bali
+ Legenda Danau Toba
+ Timun Emas
+ Sangkuriang
+ Bawang Merah - Bawang Putih
3. Contoh dongeng dari mancanegara
+ Legenda Bangsa Samurai
+ Abunawas
+ Ali Baba
+ Kisah 1001 malam
4. unsur - Unsur dongeng
+ tema : gagasan pokok yang mendasari cerita. tema bisa berupa kejujuran, kesetiaan, kepahlawanan
+ alur / rangkaian peristiwa yang saling menyambung dengan urutan yang logis. misalnya: dari kelahiran tokoh, ia dibesarkan, lalu menikah dengan seseorang, hingga meninggal dunia
+ Latar : unsur dongeng / cerita yang berkaitan dengan tempat dan waktu. misalnya: di hutan. di sebuah istana.
+ Tokoh : pelaku dalam dongeng beserta sifat-sifatnya yang membedakan dari tokoh yang lain.
+ Amanat : pesan moral di dalam dongeng
5. Bahan untuk diceritakan kepada orang lain dan manfaat dari bercerita
+ bahan cerita ke orang lain: pengalaman hidup, yang baik memacu orang lain untuk berbuat baik. pengalaman hidup yang buruk agar tidak terjadi dalam hidup orang lain.
6. Kata sapaan merupakan kata - kata yang digunakan untuk menyebut orang : kedua
+ contoh : " Siapakah yang menjemput kita di Bandara Adi Sucipto, Bu? " tanyaku kepada ibu. kata " Bu " merupakan kata sapaan. dan kata sapaan ditulis dengan Huruf kapital.
7. kata ganti : untuk menggantikan orang, atau benda.
contoh: ku pada tanyaku, aku, engkau, dan dia.
+ khusus untuk kata ganti ku, kau, mu, dan nya ditulis serangkai dengan Huruf kecil
8. Kata acuan : kata untuk menyebut orang pertama, ( orang yang berbicara ) dan orang ketiga ( orang yang dibicarakan )
contoh:
" Sampaikan kepada Nenek, Ibu akan datang lusa, " kata wanita itu pada anaknya.
Kata Nenek dan Ibu merupakan kata acuan dan kata acuan ditulis dalam huruf kapital
9. Kata gelar : kata sebagai sebutan kehormatan, kebangsawanan, kesarjanaan, yang biasanya ditambahkan pada nama orang
Contoh: Haji Misbakhul Munir adalah teman lama ibuku.
+ kata Haji merupakan gelar. penulisan kata gelar dengan huruf kapital bila diikuti dengan nama orang
10. Memberi komentar :
+ komentar adalah tanggapan terhadap suatu hal.
+ komentar dapat berupa pujian, kritik, saran, pertanyaan.
+ komentar diberikan setelah benar-benar mengetahui isi cerita
+ sebelum memberikan komentar carilah hal-hal yang menarik dari suatu cerita
+ hal - hal menarik dalam suatu cerita berkaitan dengan
a. nama tokoh, watak tokoh,
b, tempat kejadian
c. peristiwa yang dialami oleh tokohnya
d, hikmah dari cerita
11. mengenal pantun anak
+ pantun tergolong puisi lama
+ mula - mula pantun digunakan untuk menghibur di waktu luang
+ dalam pantun terdapat pesan moral
12. mengapa dibutuhkan konsentrasi dan jiwa seni untuk bisa Menyusun pantun ?
+ karena menyatakan pikiran dengan cara bersajak lebih sukar daripada cara penyampaian secara biasa
13. syarat pantun
+ tiap bait terdiri dari 4 baris
+ tiap baris terdiri dari 8 - 12 suku kata
+ baris pertama dan kedua merupakan sampiran
+ baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun
+ bersajak a- b  a - b
14. jenis pantun anak
a. pantun jenaka : berisi hal-hal yang lucu dalam hiburan, sindiran
b. pantun nasihat / pantun orang tua berisi nasehat / petuah
c. pantun anak - anak yang berisi permainan, suka cita, duka cita, yang bersifat kekanak - kanakan
d. pantun muda - mudi tentang percintaan
e. pantun teka - teki
15. Langkah - langkah dalam menulis pantun
a. menyusun sampiran / isi dahulu
b. baru Menyusun bait kesatu dan kedua
c. bait kesatu bersajak sama dengan bait ke 3
d. bait ke dua bersajak sama dengan bait ke 4

kerajaan Hindu Budha di Indonesia

1. Pemujaan thd roh nenek moyang yg telah meninggal, disebut : animisme
2. Pemujaan thd benda2 yg dianggap memiliki kekuatan gaib, disebut : dinamisme
3. Kerajaan Kutai yang bercorak (Hindu) adalah kerajaan tertua di Indonesia, huruf yg digunakan (huruf Palawa) dan bahasanya (Sansekerta) raja yg pertama (Kudungga) sedangkan raja yg terakhir dan terbesar (Mulawarman)
4. Kerajaan Tarumanegara yg bercorak agama (Hindu) terletak di kota (Bogor) Jabar, & rajanya yg terkenal (Purnawarman), prasasti2 peninggalan Tarumanegara (P kebon kopi, P Jambu, P Muara Cianten,  P Tugu,  P Lebak)
5. Kerajaan Mataram Hindu di propinsi (Jateng) dengan rajanya yg terkenal (Sanjaya), prasasti peninggalan kerajaan Mataram Hindu menggunakan bhs (Sansekerta), candi peninggalan Mataram Hindu adalah (Candi Prambanan) yg disebut juga (Candi Lara Jonggrang). di dlm lokasi candi Prambanan terdapat candi2 (Syiwa, Apit, Brahma, Wisnu, Wahana)
6. Kerajaan Kediri terletak di tepi Sungai (Brantas) Jatim, raja Kediri yg terbesar (Jayabaya). peninggalan prasasti Kerajaan Kediri : (Padlegan, Penumbangan, Hantang, Talan, Jepun, & Waleri) sedangkan kitab2 peninggalan Kerajaan Kediri (Smaradhana oleh Mpu Sedah & Mpu Panuluh), Kakawin Bharatayuda oleh (Mpu Sedah & Mpu Panuluh), (Gatotkaca sraya oleh Mpu Panuluh), (Kakawin Smaradahana loh Mpu Dharmaja)
7. Kerajaan Singosari terletak di Singosari , sebelah timur (gunung Kawi) Jatim. pendiri kerajaan ini (Ken Arok), sedangkan raja terakhir & juga terbesar adalah (Kertanegara) cita2 raja Kertanegara (mempersatukan Nusantara) cita2 raja Kertanegara belum terwujud karena dia terbunuh ketika Singosari diserang kerajaan Kediri yg dipimpin oleh (Jayakatwang). peninggalan kerajaan Singosari berupa ( candi Jago di dekat Malang, Jatim), Candi Kidal sebelah tenggara Malang yang merupakan makam (Anusapati), ( Candi Singosari di Malang makam raja Kertanegara) , (Candi Kagenengan sebelah selatan Singosari yg merupakan makam Ken Arok). (Arca Prajnaparamita di Singosari adalah arca pemujaan thd Ken Dedes).
8. Kerajaan Majapahit terletak di propinsi (Jatim), merupakan kerajaan terbesar kedua setelah kerajaan (Sriwijaya), pendiri kerajaan Majapahit (Raden Wijaya) setelah ia wafat, penggantinya adalah Kalagemet yg bergelar (Jayanegara). Kerajaan Majapahit mencapai kejayaan saat yg berkuasa raja (Hayam Wuruk) ia didampingi oleh patih (Gajah Mada) cita2 Gajah Mada (mempersatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit) .candi2 peninggalan Majapahit ( Penataran, Sawentar , Sumberjadi, Tegalwangi, Tikus, Jabung, Surawana). kitab2 peninggalan Majapahit (Negarakertagama oleh Empu Prapanca), (Kitab Arjunawiwaha oleh Mpu Tantular), (Kitab Sutasoma oleh Empu Tantular). istilah Pancasila yg sekarang kita pakai terdapat dalam kitab (Negarakertagama)
9. Kerajaan Mataram Budha diperintah oleh wangsa (Syailendra) raja2 dari wangsa Syailendra memeluk agama (Budha), mereka membangun candi2 (Candi Kalasan, candi Sewu, candi Pawon  di Yogyakarta), (Candi Mendut di Muntilan), & candi Borobudur di (Magelang). candi Borobudur peninggalan Kerajaan Mataram Budha yg didirikan oleh (Raja Samaratungga)
10.Kerajaan Sriwijaya mula2 berpusat di Muara Takus , lalu pindah ke tepi Sungai (Musi) kerajaan Sriwijaya disebut Kerajaan Nasional yg Pertama krn (wilayah kerajaan hampir seluruh nusantara) selain dikenal sebagai pusat perdagangan, Sriwijaya juga menjadi pusat pendidikan & penyebaran agama (Budha). bangunan suci di Kerajaan Sriwijaya (Candi Muaratakus & Biara Bahal). Penyebab kemunduran Sriwijaya : serangan dari kerajaan Colamandala di India Selatan) . serangan Singosari dalam ekspedisi (Pamalayu). kerajaan Kediri meluaskan Kekuasaan ke (Sriwijaya) .
# sekian kerajaan Hindu & Budha di Indonesia masa lalu #

trik permainan angka

Trik Matematika Angka dibawah 10
Langkah 1: Suruh anak memilih angka antara 1 sampai 9
Langkah 2: kemudian angka pilihannya suruh dikalikan 2
Langkah 3: selanjutnya Hasil tsb suruh tambahkan 6
Langkah 4: Kemudian suruh lagi anak untuk membagi 2
Langkah 5: Hasilnya suruh kurangkan dengan angka yang dipilih pada langkah pertama tadi
Jawabannya 3

Trik Matematika Sembarang angka
Langkah 1: Pilihlah sembarang angka yang kamu sukai
Langkah 2: Angka yang kamu pilih tadi kurangilah 1
Langkah 3: Kemuadian kalikan hasilnya dengan 3
Langkah 4: Hasilnya ditambah 12
Langkah 5: kemuadian dibagi dengan 3
Langkah 6: Lalu tambahkan hasilnya dengan 5
Langkah 7: Kurangi hasilnya dengan angka pilihan pertama anda
Langkah 8: Terakhir tambahkan dengan tujuh
Jawabannya: 15

Trik Matematika Sembarang angka part 2
Langkah 1: Pilih angka yang anda sukai
Langkah 2: Angka yang kamu pilih tadi dikalikan 3
Langkah 3: Hasilnya ditambahkan 45
Langkah 4: Lalu kalikan dua
Langkah 5: Hasilnya dibagi dengan angka 6
Langkah 6: Kurangi dengan angka pilahan pertama anda
Jawabannya: 15

pelajaran hidup yang penting untuk anak

Inilah beberapa pelajaran hidup yang penting diajarkan kepada anak, yang SekolahDasar.Net lansir dari laman
Republika (08/03/2015).
1. Kejujuran
Sering kita dengar "Kejujuran adalah kebijakan terbaik". Orang tua harus mengajarkan kejujuran supaya masa depan anak bisa baik. Jika sejak dini anak ditanamkan sifat jujur sampai dewasa mereka akan menjaga kejujurannya, sebagai modal utama menjalani kehidupan.
2. Kegagalan adalah bagian dari hidup
Anak-anak harus diajarkan bahwa mereka pasti suatu saat akan merasakan kegagalan. Buatlah anak bisa menerima kegagalan yang merupakan bagian dari kehidupan. Kegagalan adalah kunci keberhasilan, jadikan kegagalan sebagai motivasi anak untuk bekerja lebih keras dan supaya mental lebih kuat.
3. Menghormati orang lebih tua
Anak-anak harus diajarkan untuk menghormati orang lebih tua, ini akan membuat mereka berperilaku baik. Perilaku anak akan mencerminkan apa yang telah orang tua ajarkan kepada mereka. Menghormati orang yang lebih tua merupakan salah satu pelajaran paling penting dalam hidup.
4. Sopan di tempat umum
Anak harus diajarkan bahwa manusia tak bisa hidup sendiri, untuk itu mereka berperilaku baik di depan umum dan menahan diri perbuatan yang menganggu orang lain. Jika anak terbiasa berperilaku baik di tempat umum ini membuktikan bahwa mereka telah dilatih dengan baik dari orang tua.
5. Kerja keras
Jika sejak kecil sudah biasa malas saat dewasa pun mereka tetap akan menjadi pemalas. Jangan terlalu memanjakan anak, buat mereka lebih bertanggung jawab pada hal-hal yang mereka lakukan dalam hidup. Memaanjakan anak dengan berlebihan hanya akan membuat mereka malas.
6. Empati
Mengajarkan anak untuk juga memikiran orang lain itu penting, tidak hanya berpikir tentang diri sendiri. Ikut merasakan kesusahan yang derita orang lain dan ikut memberikan solusi. Pelajaran empati ini akan membuat anaknya nantinya menjadi orang yang dermawan sampai mereka dewasa.
7. Berbagi adalah peduli
Anak-anak harus diajarkan untuk peduli, misalnya dengan selalu menawarkan makanan, mainan dan lain-lain kepada siapapun yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan membuat anak menjadi individu sosial yang aktif. Saat berbaur dengan orang lain, apa yang dimilikinya akan dibagikan.
[ SekolahDasar.Net | Minggu, 08 Maret 2015 ]

cara membangun rasa percaya diri pada anak

Dilansir SekolahDasar.Net dari Republika (27/12/14), Psikolog anak, Ine Indriani Aditya, M.Psi, EST menjelaskan beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, diantaranya:

Memberikan kasih sayang
Menerima anak kita apa adanya, menghargai temperamen, kelebihan dan kekurangannya. Hal ini diperlukan agar anak merasa aman sehingga anak dapat menghadapi lingkungan dan situasi sulit dengan lebih percaya diri.

Bermain dengan anak
Bermain dengan anak bisa membuat rasa percaya diri anak. Orangtua akan banyak belajar tentang anak kita saat bermain bersama, selain itu aktivtas ini juga akan memberikan perasaan bernilai dan berharga pada anak.

Hindari membanding-bandingkan
Sebaiknya orangtua menghindari membanding-bandingkan anak dengan saudara kandung ataupun dengan anak lain. Orang tua juga harus bisa menerima perasaan anak dan menjadi pendengar yang baik terhadap keluh kesahnya.

Memberikan pujian
Cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan memberikan pujian walaupun usahanya belum tentu maksimal. Pujian yang sesuai dapat membantu anak merasa dirinya mampu.
Belajar dari kesalahan

Ketika anak berbuat suatu kesalahan dan kita tidak langsung menyalahkan, anak akan merasa bahwa berbuat salah adalah sesuatu yang wajar terjadi dan kita bisa belajar dari kesalahan yang telah dilakukan.

Memberikan tanggung jawab dan kesempatan
Berikan tanggung jawab sehari-hari pada anak, seperti membantu mencuci piring yang telah ia pakai, menyiapkan buku, dan lainnya. Hal ini dapat
menumbuhkan rasa percaya diri dan juga melatih kemandirian anak.
[ SekolahDasar.Net | Sabtu, 27 Desember 2014 ]