Label

Minggu, 06 Maret 2016

cara belajar di negara finlandia

Siapa yang tak ingin disebut murid pintar di sekolah ? Nah, untuk disebut murid pintar di sekolah, kamu mesti rajin mengerjakan pekerjaan rumah, rajin kumpul tugas, ikut ujian tiap semester, mesti punya nilai yang baik dan selalu rangking di kelas. Untuk meraih predikat murid pintar kita juga harus bersaing dengan murid-murid lainnya. Tapi tahukah kamu, negara dengan pendidikan terbaik dan murid terpintar di dunia yaitu Finlandia justru melakukan hal yang sebaliknya?
Murid Finlandia hanya hanya sekali menghadapi satu kali ujian nasional ketika berumur 16 tahun. Berbeda dengan murid di Indonesia yang hampir tiap semester diadakan ujian. Bukannya hanya itu, pelajar di Finlandia mendapatkan waktu istirahat hampir 3 kali lebih lama daripada pelajar di negara lain, pekerjaan rumah yang minim. Namun dengan sistem yang leluasa itu mereka justru bisa belajar lebih baik dan jadi lebih pintar. Berikut rahasia sistem pendidikan Finlandia :
1. Di Finlandia, Anak-Anak Baru Boleh Bersekolah Setelah Berusia 7 Tahun
Orang tua jaman sekarang pasti udah rempong kalau mikir pendidikan anak. Anaknya belum genap 3 tahun aja udah ngantri dapat pre-school bagus gara-gara takut kalau dari awal sekolahnya gak bagus, nantinya susah dapat SD, SMP, atau SMA yang bagus. Di Finlandia tidak ada kekhawatiran seperti itu. Bahkan menurut hukum, anak-anak baru boleh mulai bersekolah ketika berumur 7 tahun.
Awal yang lebih telat jika dibandingkan negara-negara lain itu justru berasal dari pertimbangan mendalam terhadap kesiapan mental anak-anak untuk belajar. Mereka juga meyakini keutamaan bermain dalam belajar, berimajinasi, dan menemukan jawaban sendiri. Anak-anak di usia dini justru didorong untuk lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Bahkan penilaian tugas tidak diberikan hingga mereka kelas 4 SD. Hingga jenjang SMA pun, permainan interaktif masih mendominasi metode pembelajaran.
Pelajar di Finlandia sudah terbiasa menemukan sendiri cara pembelajaran yang paling efektif bagi mereka, jadi nantinya mereka tidak harus merasa terpaksa untuk belajar. Maka dari itu meskipun mulai telat, tapi pelajar umur 15 di Finlandia justru berhasil mengungguli pelajar lain dari seluruh dunia dalam tes internasional Programme for International Student Assessment (PISA). Itu membuktikan faedah dan efektivitas sistem pendidikan di Finlandia.
2. Cara Belajar Ala Finlandia: 45 Menit Belajar, 15 Menit Istirahat
Tahukah kamu bahwa untuk setiap 45 menit siswa di Finlandia belajar, mereka berhak mendapatkan rehat selama 15 menit? Orang-orang Finlandia meyakini bahwa kemampuan terbaik siswa untuk menyerap ilmu baru yang diajarkan justru akan datang, jika mereka memilliki kesempatan mengistirahatkan otak dan membangun fokus baru. Mereka juga jadi lebih produktif di jam-jam belajar karena mengerti bahwa toh sebentar lagi mereka akan dapat kembali bermain.
Di samping meningkatkan kemampuan fokus di atas, memiliki jam istirahat yang lebih panjang di sekolah juga sebenarnya memiliki manfaat kesehatan. Mereka jadi lebih aktif bergerak dan bermain, tidak hanya duduk di kelas. Bagus juga kan jika tidak membiasakan anak-anak dari kecil untuk terlalu banyak duduk.
3. Semua Sekolah Negeri di Finlandia Bebas Dari Biaya. Sekolah Swasta Pun Diatur Secara Ketat Agar Tetap Terjangkau
Satu lagi faktor yang membuat orang tua di Finlandia gak usah pusing-pusing milih sekolah yang bagus untuk anaknya, karena semua sekolah di Finlandia itu setara bagusnya. Dan yang lebih penting lagi, sama gratisnya. Sistem pendidikan di Finlandia dibangun atas dasar kesetaraan. Bukan memberi subsidi pada mereka yang membutuhkan, tapi menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas untuk semua.
Reformasi pendidikan yang dimulai pada tahun 1970-an tersebut merancang sistem kepercayaan yang meniadakan evaluasi atau ranking sekolah sehingga antara sekolah gak perlu merasa berkompetisi. Sekolah swasta pun diatur dengan peraturan ketat untuk tidak membebankan biaya tinggi kepada siswa. Saking bagusnya sekolah-sekolah negeri di sana, hanya terdapat segelintir sekolah swasta yang biasanya juga berdiri karena basis agama.
Tidak berhenti dengan biaya pendidikan gratis, pemerintah Finlandia juga menyediakan fasilitas pendukung proses pembelajaran seperti makan siang, biaya kesehatan, dan angkutan sekolah secara
cuma-cuma. Memang sih sistem seperti ini mungkin berjalan karena kemapanan perekonomian Finlandia. Tapi jika memahami sentralnya peran pendidikan dalam membentuk masa depan bangsa, seharusnya semua negara juga berinvestasi besar untuk pendidikan. Asal gak akhirnya dikorupsi aja sih.
4. Semua Guru Dibiayai Pemerintah Untuk Meraih Gelar Master. Gaji Mereka Juga Termasuk Dalam Jajaran Pendapatan Paling Tinggi di Finlandia
Di samping kesetaraan fasilitas dan sokongan dana yang mengucur dari pemerintah, penopang utama dari kualitas merata yang ditemukan di semua sekolah di Finlandia adalah mutu guru-gurunya yang setinggi langit. Guru adalah salah satu pekerjaan paling bergengsi di Finlandia. Pendapatan guru di Finlandia pun lebih dari 2 kali lipat dari guru di Amerika Serikat.Tidak peduli jenjang SD atau SMA, semua guru di Finlandia diwajibkan memegang gelar master yang disubsidi penuh oleh pemerintah dan memiliki tesis yang sudah dipublikasi.
Finlandia memahami bahwa guru adalah orang yang paling berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan generasi masa depannya. Maka dari itu, Finlandia berinvestasi besar-besaran untuk meningkatkan mutu tenaga pengajarnya. Tidak saja kualitas, pemerintah Finlandia juga memastikan ada cukup guru untuk pembelajaran intensif yang optimal. Ada 1 guru untuk 12 siswa di Finlandia, rasio yang jauh lebih tinggi daripada negara-negara lain. Jadi guru bisa memberikan perhatian khusus untuk tiap anak, gak cuma berdiri di depan kelas.
Jika Indonesia ingin semaju Finlandia dalam urusan pendidikan, guru-guru kita selayaknya juga harus mendapatkan sokongan sebagus ini. Kalau perhatian kita ke guru kurang, kenapa kita menuntut mereka harus memberikan yang terbaik dalam proses pembelajaran? Tidak adil ‘kan?
5. Guru Dianggap Paling Tahu Bagaimana Cara Mengevaluasi Murid-Muridnya. Karena Itu, Ujian Nasional Tidaklah Perlu
Kredibilitas dan mutu tenaga pengajar yang tinggi memungkinkan pemerintah menyerahkan tanggung jawab membentuk kurikulum dan evaluasi pembelajaran langsung kepada mereka. Hanya terdapat garis pedoman nasional longgar yang harus diikuti. Ujian Nasional pun tidak diperlukan. Pemerintah meyakini bahwa guru adalah orang yang paling mengerti kurikulum dan cara penilaian terbaik yang paling sesuai dengan siswa-siswa mereka.
Diversitas siswa seperti keberagaman tingkatan sosial atau latar belakang kultur biasanya jadi tantangan sendiri dalam menyeleraskan mutu pendidikan. Bisa jadi gara-gara fleksibilitas dalam sistem pendidikan Finlandia itu, semua diversitas justru bisa difasilitasi. Jadi dengan caranya sendiri-sendiri, siswa-siswa yang berbeda ini bisa mengembangkan potensinya secara maksimal.
6. Siswa SD-SMP di Finlandia Cuma Sekolah 4-5 Jam/hari. Buat Siswa SMP dan SMA, Sistem Pendidikan Mereka Sudah Seperti di Bangku Kuliah
Tidak hanya jam istirahat yang lebih panjang, jam sekolah di Finlandia juga relatif lebih pendek dibandingkan negara-negara lain. Siswa-siswa SD di Finlandia kebanyakan hanya berada di sekolah selama 4-5 jam per hari. Siswa SMP dan SMA pun mengikuti sistem layaknya kuliah. Mereka hanya akan datang pada jadwal pelajaran yang mereka pilih. Mereka tidak datang merasa terpaksa tapi karena pilihan mereka.
Pendeknya jam belajar justru mendorong mereka untuk lebih produktif. Biasanya pada awal semester, guru-guru justru menyuruh mereka untuk menentukan target atau aktivitas pembelajaran sendiri. Jadi ketika masuk kelas, mereka tidak sekadar tahu dan siap tapi juga tidak sabar untuk memulai proyeknya sendiri.
7. Gak Ada Sistem Ranking di Sekolah. Finlandia Percaya Bahwa Semua Murid Itu Seharusnya Ranking 1
Upaya pemerintah meningkatkan mutu sekolah dan guru secara seragam di Finlandia pada akhirnya berujung pada harapan bahwa semua siswa di Finlandia dapat jadi pintar. Tanpa terkecuali. Maka dari itu, mereka tidak mempercayai sistem ranking atau kompetisi yang pada akhirnya hanya akan menghasilkan ‘sejumlah siswa pintar’ dan ‘sejumlah siswa bodoh’.
Walaupun ada bantuan khusus untuk siswa yang merasa butuh, tapi mereka tetap ditempatkan dalam kelas dan program yang sama. Tidak ada juga program akselerasi. Pembelajaran di sekolah berlangsung secara kolaboratif. Bahkan anak dari kelas-kelas berbeda pun sering bertemu untuk kelas campuran. Strategi itu terbukti berhasil karena saat ini Finlandia adalah negara dengan kesenjangan pendidikan terkecil di dunia.

manusia purba di Indonesia dan ciri-dirinya

Manusia Purba Di Indonesia dan Ciri-cirinya


 

Indonesia merupakan wilayah yang penuh dengan peninggalan masa manusia purba, baik fosil manusia purba maupun alat-alat dan hasil kebudayaannya. Indonesia menempati posisi yang penting dalam hal penemuan fosil manusia purba, sebab fosil-fosil manusia purba di Indonesia berasal dari masa Pleistosen sehingga tampak jelas perkembangan fisik manusia purba tersebut. Manusia purba hidup dengan sangat sederhana. Mungkinkah, mereka nenek moyang bangsa Indonesia? Mereka belum mengenal tulisan, sehingga para arkeolog meneliti kehidupan manusia purba di Indonesia melalui fosil atau alat-alat bantu yang digunakan, seperti kapak perimbas, beliung persegi, dan menhir. Pada kesempatan ini kita akan membahas semua manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia, lengkap dengan ciri-cirinya, selamat membaca.

Manusia Purba Di Indonesia

Manusia-manusia purba yang ditemukan di Indonesia antara lain, Meganthropus Palaeojavanicus, Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Soloensis, dan Homo Wajakensis. Penemuan manusia purba tersebut tersebar dibeberapa tempat di Indonesia (lihat peta). Berikut ini penjelasan masing-masing manusia purba tersebut:
peta penemuan manusia purba indonesia
Peta Penemuan Manusia Purba Indonesia

Manusia Purba Meganthropus Palaeojavanicus

Manusia purba jenis Meganthropus Palaeojavanicus disebut juga manusia raksasa Jawa Purba. Fosil Meganthropus Palaeojavanicus yang berukuran besar ini, ditemukan olehG.H.R von Koenigswald pada tahun 1936-1941 di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Fosil-fosil tersebut berupa bagian gigi, rahang, dan tengkorak. Selain itu banyak juga fosil binatang purba yang ditemukan G.H.R von Koenigswald. Meganthropus Palaeojavanicus diduga merupakan nenek moyang dari Pithecanthropus Mojokertensis. Ciri-ciri tubuh Meganthropus Palaeojavanicus berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, adalah sebagai berikut:
  • Raham yang tegap dengan geraham yang besar
  • Tulang pipi tebal
  • Kening yang menjorok ke depan dengan tonjolan belakang kepala yang tajam
  • Kelum memiliki tulang dagu
  • Otot-otot tengkuk kuat 

Manusia Purba Pithecanthropus

Fosil manusia purba dari jenis Pithecanthropus banyak ditemukan di Indonesia. Ada beberapa jenis manusia purba yang termasuk ke dalam jenis Pithecanthropus, di antaranya Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Erectus, dan Pithecanthropus Soloensis. Jenis Pithecanthropus yang dianggap paling tua adalah Pithecanthropus Mojokertensis atau disebut juga Pithecanthropus Robustus. Di daratan Cina juga terdapat jenis ini yang dinamakan Pithecanthropus Pekinensis. Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh Weidenreich dan G.H.R von Koenigswald pada tahun 1936 di daerah Perning, Mojokerto, Jawa Timur.

Pithecanthropus hidup pada Kala Pleistosen Awal, Pleistosen Tengah, dan Pleistosen Akhir. Fosil-fosilnya banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada kala Pleistosen, daerah tersebut diperkirakan berupa padang rumput dengan pepohonan yang jauh jarak tumbuhnya. Ciri-ciri tubuh Pithecanthropus berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan adalah sebagai berikut:
  • Berbadan tegap, tinggi badan 165-180 cm
  • Alat penguyah yang kuat
  • Tulang kening tebal, menonjol dan melebar sampai ke pelipis
  • Isi tengkorak diperkirakan antara 750-1300 cc
  • Belum memiliki tulang dagu
  • Terdapat tulang yang menonjol di belakang kepala
Adapun Pithecanthropus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 di lembah Bengawan Solo, Desa Trinil, Jawa Tengah. Pithecanthropus Erectus berarti manusia kera yang berjalan tegak lurus dan dipandang sebagai spesies awal manusia yang hidup sekarang. Bentuk tubuh Pithecanthropus Erectus lebih kecil dari Pithecanthropus Mojokertensis dengan tinggi badan sekitar 160-180 cm, volume otaknya diperkirakan 750-900 cc, rahangnya menonjol ke depan, terdapat tonjolan kening di dahi, tidak mempunyai dagu, hidung lebar, dan leher tegap.

Pithecanthropus Soloensis yang berarti manusia kera dari Solo, ditemukan oleh G.H.R. von Koenigswald, Ter Haar, dan Oppenoorth di Desa Ngandong, Jawa Tengah. Ciri-ciri Pithecanthropus Soloensis, yaitu memiliki tengkorak lonjong, tebal, padat, dan memiliki rongga mata yang sangat panjang. Sebagian ahli menganggap Pithecanthropus Soloensis sebagai bagian dari Homo Sapiens.

Manusia Purba Homo

Fosil-fosil dari jenis Homo yang ditemukan di Indonesia, adalah jenis manusia prasejarah yang paling muda. Para ahli ilmu arkeologi sering menyebut fosil jenis Homo, dengan sebutan Homo Erectus (berarti manusia yang berjalan tegak) atau Homo Sapiens (berarti manusia cerdas). Homo Erectus dan Homo Sapiens diduga hidup antara 25.000 - 40.000 tahun yang lalu. Ciri-ciri tubuh Homo Erectus dan Homo Sapiensberdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, adalah sebagai berikut:
  • Memiliki volume otak yang lebih besar daripada Meganthropus dan Pithecanthropus, yaitu sekitar 1350 - 1450 cc.
  • Tinggi badannya bervariasi antara 130 - 210 cm.
  • Berat badannya antara 30 - 150 kg.
Dari jenis ini, yang paling terkenal di Indonesia adalah Homo Wajakensis, yang ditemukan di Desa Wajak, Tulungagung, Jawa Timur. Homo Wajakensis yang ditemukan oleh van Reictschotten pada tahun 1889 ini, merupakan jenis Homo Sapiens pertama di Asia. Homo Neanderthal termasuk ke dalam jenis ini walaupun tidak seprogresif Homo Wajakensis. Homo Wajakensis memiliki ciri-ciri, berikut:
  • Memiliki volume otak sekitar 1630 cc
  • Memiliki tulang tengkorak, rahang atas, dan rahang bawah, serta tulang paha dan tulang kering.
  • Mukanya datar dan lebar.
  • Rahangnya tergolong padat dan memiliki gigi yang besar.
  • Tinggi tubuhnya sekitar 173 cm.
Sekian uraian tentang Manusia Purba Di Indonesia dan Ciri-cirinya, semoga bermanfaat. 

asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia



Kita akan mempelajari asal usul nenek moyang pertama yang mendiami wilayah Indonesia. Secara khusus, kajian ini akan menelusuri asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Dari mana asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia? Bagaimana proses kedatangan mereka di Nusantara? Bagaimana persebaran mereka di berbagai Kepulauan Nusantara? Kebudayaan apa yang mereka bawa? Penjelasan atas pertanyaan ini akan kami urai dalam materi ini. Supaya lengkap, kami juga akan menyajikan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dari sudut pandang ahli sejarah. Untuk itu, silahkan Anda simak uraian di bawah ini!

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Kalau kita menengok ke belakang untuk mencoba merunut asal mula nenek moyang bangsa Indonesia, kita akan mendapatkan berbagai gambaran yang cukup beragam. Sebagian besar teori tentang Kebudayaan Prasejarah Indonesia yang datang dari Barat menjelaskan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia datang dari Asia Tenggara (Indochina/Yunnan). Diduga mereka datang dalam dua gelombang migrasi besar yang diperkirakan terjadi sekitar tahun 5000 SM dan tahun 2000 SM. Mereka menyeberang ke kepulauan di Samudera India, kemudian menyebar dari Madagaskar hingga ke Filipina dan Melanesia, yang akhirnya hidup menyatu dengan penduduk asli setempat. Inilah yang disebut sebagai nenek moyang bangsa Indonesia.

Salah satu pendukung teori nenek moyang bangsa Indonesia di atas adalah von Heine Geldern. Menurut beliau, nenek moyang bangsa Indonesia yang menurunkan generasi paling banyak sekarang ini berasal dari benua Asia (Yunnan, Cina Selatan). Pendapat Geldern didukung bukti berupa kesamaan peninggalan benda-benda antara daerah Yunnan dan Indonesia. Benda-benda yang sama itu, antara lain kapak lonjong dan kapak persegi. Nenek moyang yang berasal dari Yunnan migrasi ke kepulauan Nusantara karena terdesak oleh bangsa lain yang lebih kuat. Selain itu, mereka hidup di alam yang tidak banyak memberikan kesejahteraan hidup. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, nenek moyang bangsa Indonesia tersebut datang dengan dua gelombang. Gelombang pertama disebut Melayu Tua (Proto Melayu) dan berikutnya disebut dengan Melayu Muda (Deutero Melayu).

Peta Persebaran Nenek Moyang Indonesia 

peta persebaran nenek moyang indonesia

Nenek Moyang Indonesia Golongan Proto Melayu

Nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan Melayu Tua (Proto Melayu) tiba sekitar tahun 2.000 SM. Kedatangan nenek moyang tersebut sambil membawa kebudayaan neolitikum (batu baru). Mereka tersebar menjadi dua cabang. Cabang pertama dari proto melayu adalah bangsa yang membawa peralatan kapak lonjong. Mereka disebut sebagai ras Papua-Melanesoid. Arah persebarannya dari Yunnan melewati Filipina, kemudian tersebar ke Sulawesi Utara, Maluku, dan ada juga yang sampai ke Papua.

Cabang yang kedua dari nenek moyang dari golongan Proto Melayu disebut Ras Austronesia. Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ini bermula dari Yunnan melewati Malaya, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan pula-pulai lainnya. Datangnya nenek moyang tersebut sambil membawa kebudayaan kapak persegi. Setibanya di kepulauan Indonesia, sebagian dari mereka berasimilasi dengan ras Austro-Melanesoid. Sebagian lagi tetap mempertahankan ras aslinya.

Nenek Moyang Indonesia Golongan Deutro Melayu

Nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan Melayu Muda (Deutro Melayu) tiba di kepulauan Indonesia sekitar tahun 500 SM. Nenek moyang tersebut datang sambil membawa kebudayaan logam yang berasal dari Dongson, Vietnam Utara. Kebudayaan logam tersebut antara lain; candrasa, nekara, manik-manik, arca, dan bejana perunggu. Jalur penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan ini dimulai dari daratan Asia ke Thailand, Malaysia Barat, dan berlanjut ke tempat-tempat di Indonesia. Gelombang terakhir nenek moyang ini masih tergolong ras Austronesia. Selanjutnya, semakin berkembang ras Papua-Melanesoid, Austronesia, dan sisa ras Austro-Melanesoid melahirkan bermacam-macam suku bangsa yang tersebut di seluruh pelosok Indonesia.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Ahli

Beberapa ahli sejarah mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Beberapa pendapat tersebut antara lain sebagai berikut:

Menurut Drs. Moh. Ali

Drs. Moh. Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunnan. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia yang datang ke Indonesia secara bergelombang. Gelombang pertama dari tahun 3000-1500 SM dengan ciri-ciri kebudayaan Neolitikum dengan perahu bercadik satu. Gelombang yang kedua terjadi dari tahun 1500-500 SM dengan ciri-ciri menggunakan perahu bercadik dua.
perahu bercadik nenek moyang
Perahu Bercadik yang dipakai Nenek Moyang

Menurut Moens

Moens berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Akibatnya mereka menyebar ke arah selatan hingga sampai ke wilayah Indonesia.

Menurut Prof. H. Kroom

Prof. H. Kroom menyatakan bahwa asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah karena pada daerah Cina Tengah terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM.

Menurut Moh. Yamin

Prof. Moh. Yamin menentang semua pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Ia berpendapat bahwa asal bangsa Indonesia adalah dari Indonesia sendiri. Bahkan bangsa-bangsa lain yang ada di wilayah Asia berasal dari Indonesia. Pendapat Moh. Yamin didukung oleh suatu pernyataannya tentang Blood Und Breden Unchiro yang berarti adalah daerah dan tanah bangsa Indonesia adalah berasal dari Indonesia sendiri. Ia menyatakan bahwa fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Asia. Misalnya dengan penemuan manusia purba sejenis Homo soloensis dan Homo wajakensis. 

Sekian uraian tentang Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia, semoga bermanfaat.
Sumber: http://www.ilmusiana.com/2015/07/manusia-purba-di-indonesia-dan-ciri.html
Referensi:
  • Sardiman. 2007. Sejarah 1: SMA Kelas X. Jakarta: Quadra.

planet merkurius

Planet Merkurius: Ciri, Karakteristik, Gambar


 

Planet Merkurius dalam materi ini uraiannya meliputi; ciri-ciri, karakteristik, dan gambar dari planet ini. Merkuriusadalah planet terkecil dengan diameter sekitar 4.880 km. Jaraknya yang hanya 58 juta km dari matahari, menjadikan planet merkurius sebagai planet terdekat dari matahari. Dalam sistem tata surya, planet ini termasuk dalam kategori planet dalam. Akibat ukurannya yang sangat kecil, gravitasi merkurius kurang lebih hanya sepertiga kali gravitasi bumi. Merkurius merupakan planet yang paling terang terlihat dari Bumi dan kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil saat Matahari terbenam atau fajar menyingsing, sehingga sering dijuluki sebagai bintang senja atau bintang pagi. Perhatikan gambar planet Merkurius dibawah ini:

Gambar Planet Merkurius

Planet Merkurius: Ciri, Karakteristik, Gambar
Merkurius berotasi sangat lambat, yakni memerlukan waktu sekitar 59 hari. Namun, dengan kecepatan edar 4,2 km/jam mengelilingi matahari (revolusi), planet ini termasuk yang tercepat yakni dengan waktu yang hanya sekitar 88 hari. Sisi planet Merkurius yang menghadap matahari sangat panas, lebih dari 420 derajat celsius. Sisi lainnya sangat dingin dengan suhu sekitar -180 derajat celsius. Dengan suhu seperti ini, sangat sulit bagi planet Merkurius untuk memiliki atmosfer. Disana juga tidak terdapat satelit. Planet Merkurius merupakan planet berbatu dengan permukaan yang terlihat mirip dengan bulan. Merkurius dipenuhi kawah, bukit, dan lekukan-lekukan besar seperti jurang.

Gambar Permukaan Planet Merkurius

Gambar Permukaan Planet Merkurius

Ciri dan Karakteristik Planet Merkurius

Dari uraian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa ciri-ciri dan karakteristik dari planet Merkurius adalah sebagai berikut:
  • Planet Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan matahari.
  • Merkurius tidak mempunyai satelit
  • Tersusun atas batu, berlembah dan berkawah.
  • Suhu paling panas 420 derajat Celsius dan paling dingin -180 derajat Celsius
  • Kecepatan edar 4,2 km/detik
  • Periode rotasinya 59 hari dan periode revolusinya 88 hari. 
Baca Juga:

planet Venus

http://www.ilmusiana.com/2015/12/planet-venus-ciri-karakteristik-gambar.html




Planet Venus: Ciri, Karakteristik, Gambar


 

Planet Venus adalah planet kedua yang dekat dengan matahari setelah merkurius. Jarak Planet Venus ke matahari sekitar 108 juta km. Planet ini memiliki orbit yang berbentuk lingkaran. Lama Planet Venus mengelilingi matahari 224,7 hari, sedangkan Planet Venus berputar pada orbitnya sendiri selama 243 hari. Poros Planet Venus berbeda daripada planet-planet lainnya. Planet yang lain berputar searah putaran jarum jam, sedangkan Planet Venus berputar berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Kecepatan berputarnya sangat lambat. Salah satu yang mengagumkan ialah 1 tahun di bumi lebih pendek dari 1 hari di Planet Venus. Dengan kata lain, kecepatannya mengelilingi matahari lebih cepat daripada kecepatannya berputar pada porosnya sendiri.

Planet Venus: Ciri, Karakteristik, Gambar

Ciri dan Karakteristik Planet Venus

Selain putarannya, Planet Venus memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan planet lain. Suhu di Planet ini sangat panas sehingga dapat membakar. Suhu permukaannya mencapai 450 derajat Celsius yang bahkan bisa melelehkan timah. Ciri khas lain yang mengejutkan dari Planet Venus adalah lapisan atmosfernya dipadati oleh karbondioksida. Selain itu, di atmosfer Planet Venus terdapat lapisan sulfur yang tebalnya berkilo-kilo meter. Oleh sebab itu, di planet ini selalu ada hujan asam yang mematikan. Ciri-ciri tersebut menyebabkan di Planet Venus tidak mungkin ada kehidupan.

Gambar: Permukaan Planet Venus yang sangat panas

permukaan planet venus 

Atmosfer Planet Venus sangat padat sehingga Venus menjadi planet yang sangat panas dan memiliki efek rumah kaca yang sangat besar. Selain itu, kepadatan atmosfer tersebut mengakibatkan tidak adanya perbedaan suhu siang dan malam di Planet Venus. Lapisan kulitnya tersusun berdasarkan tingkat kepadatannya. Urutannya ialah inti, kerak, dan lapisan kulit luar. Planet Venus tidak memiliki medan magnet yang tinggi seperti planet-planet lain.

Jika dilihat dari segi massa, volume, dan kepadatannya, maka Planet Venus sangat mirip dengan bumi. Oleh karena itu, Planet Venus dikenal sebagai planet yang bersaudara dengan bumi. Sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam, planet ini bisa terlihat dengan mata telanjang dari bumi. Oleh karena itu, Planet Venus disebut "bintang malam" atau "bintang pagi". Selain itu, pada masyarakat umum, Planet Venus dikenal sebagai “bintang penggembala”. Benda langit ini merupakan planet yang paling bercahaya setelah matahari dan bulan.

Permukaan Planet Venus terdiri dari area-area yang memiliki sedikit perbuktian. Ketika permukaan planet ini diteliti, terlihat banyak pegunungan dan kawah. Terdapat dua pegunungan dan kawah. Terdapat dua pegunungan sebesar benua di planet ini. Jika dibandingkan, luas area salah satu dari pegunungan itu hampir sama dengan daratan Amerika Selatan. Selain itu, di planet ini juga terdapat lembah-lembah, perbukitan, plato-plato (area luas yang berada di dataran tinggi), kawah-kawah , dan area vulkanis (gunung berapi).
Baca Juga:

planet saturnus

Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik




 

Planet Saturnus adalah planet yang berada di urutan ke-6 atau setelah planet Jupiter dalam susunan tata surya.Planet Saturnus dicirikan oleh adanya piringan cincin disekelilingnya yang membuatnya sangat mudah dikenali di antara sembilan planet di sistem tata surya. Planet Saturnus merupakan planet yang memiliki massa jenis paling kecil, atau merupakan planet yang paling lunak, karena sebagian besar tubuhnya disusun oleh gas. Memiliki ukuran 5 kali dari ukuran planet Bumi, yakni berdiameter sekitar 120.000 km, menjadikannya planet terbesar kedua setelah Jupiter. Jarak rata-rata Saturnus ke Matahari adalah 1.428.000.000 km. Waktu yang dibutuhkan planet Saturnus untuk melakukan satu kali rotasi adalah sekitar 10,7 jam, sedangkan untuk mengelilingi matahari Planet saturnus membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun.

Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Planet Saturnus

Berikut ini adalah ciri-ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh planet Saturnus:

Dikelilingi Cincin Es

Saturnus merupakan planet terindah dengan ribuan cincin mengelilingi tubuhnya. Walaupun cincin Planet Saturnus terlihat padat, cincin itu sebenarnya tersusun atas milyaran serpihan batu yang dilapisi es. Serpihan terkecil hanya serupa setitik debu, sedangkan yang terbesar mungkin mencapai sebesar rumah. Beberapa serpihan lebarnya bahkan mencapai 1 km (setengah mil). Setiap serpihan bergerak di orbitnya masing-masing mengelilingi Planet Saturnus. Serpihan batu berlapis es yang mengorbit Planet Saturnus mungkin dulunya adalah sebuah bulan, atau mungkin juga bahan-bahan yang tersisa saat pembentukan Planet Saturnus.

serpihan es pembentuk cincin saturnus

Cincin di dalam cincin

Saturnus tampak dikelilingi oleh hanya beberapa cincin lebar tetapi sebenarnya terdapat ribuan cincin sempit dan cincin-cincin kecil (ringlet). Cincin-cincin kecil penyusun cincin F yang sempit saling terpilin dan dipisahkan dari cincin-cincin lainnya oleh tarikan gravitasi dua bulan "penggembala", yang disebut Prometheus dan Pandora.

Memiliki 21 Satelit

Planet Saturnus mempunyai setidaknya 21 satelit. Satelit yang terbesar, Titan, adalah satu-satunya bulan yang diketahui memiliki atmosfer tebal. Enceladus memiliki sisi berkawah serta satu sisi lagi yang lebih rata. Mimas memiliki kawah besar yang terbentuk akibat tubrukan yang hampir saja menghancurkannya. Beberapa satelit lainnya seperti Atlas, 1980S26, 1980S27, 1980S28, Euphemetheus, Janus, Mimas co-orbital, Tethys, Telesto, Calypso, Dione, Dione co-orbital, 1980S5, 1980S6, Rhea, Hyperion, Lapetus, dan Phoebe.

Demikianlah uraian tentang Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik, semoga bermanfaat.

tata surya

Dalam ilmu astronomi, tata surya kita hanyalah satu sistem dari beberapa sistem lain yang ada dalam alam semesta. Tiap-tiap tata surya tersebut memiliki anggota, susunan, serta karakteristik tersendiri yang mungkin saja berbeda dengan tata surya lainnya. Misalnya saja, planet bumi yang kita tinggali ini, bersama-sama dengan planet lainnya berada dalam satu sistem tata surya dimana Matahari yang menjadi pusatnya. Matahari memberikan sinar dan suhu yang merupakan sumber kehidupan, sekaligus sumber energi bagi tata surya. Itulah mengapa sehingga tata surya kita ini disebut dengan sistem tata surya Matahari (solar system)

Seperti yang terbaca pada judul, pembahasan kita kali ini akan kita bagi menjadi 3 bagian. Pembahasan pertama akan terfokus diseputar pengertian tata surya, pembahasan kedua berisi tinjauan tata surya sebagai sebuah sistem, dan pembahasan terakhir akan membicarakan tentang susunan dari anggota-anggota tata surya Matahari secara berurutan, selamat membaca.

Pengertian Tata Surya

Apa yang dimaksud dengan tata surya? Di awal telah kita singgung sedikit tentang tata surya Matahari yang menjadi sistem tata surya kita. Jadi, pengertian yang akan kita urai disini adalah tentang pengertian dari tata surya Matahari. Secara sederhana, tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari, 8 buah planet, planet-planet kecil, satelit, asteroid, komet, meteor, dan berbagai benda ruang angkasa lainnya. Pusat dari tata surya adalah matahari. Anggota tata surya yang lain beredar mengelilingi matahari. Tata surya kita ini hanyalah satu dari beberapa tata surya lainnya yang berada dalam galaksi bimasakti.

Mengapa benda-benda dalam sistem tata surya mengelilingi matahari? Kekuatan atau gaya apa yang terdapat pada matahari? Benda-benda dalam tata surya tertarik oleh matahari karena gaya gravitasi. Massa matahari sangat besar daripada benda-benda langit di dalam tata surya sehingga matahari memiliki gaya gravitasi yang terbesar. Gaya gravitasi matahari membuat benda-benda langit tertarik ke pusat matahari. Akan tetapi, benda-benda langit yang termasuk ke dalam tata surya, ternyata hanya bergerak mengelilingi matahari dalam lintasan atau orbit tertentu, yakni berbentuk elips.

Susunan Sistem Tata Surya

Tata surya dapat dipandang sebagai sebuah sistem yang secara terstruktur tersusun oleh benda-benda langit yang menjadi anggotanya. Diameter tata surya sekitar 30 tahun cahaya. Tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya selama setahun, yakni 9,46 triliun km. Silahkan kalikan nilai ini dengan 30, maka hasilnya adalah panjang diameter dari tata surya kita. Benda-benda langit tersebut terdiri dari; Matahari, planet, satelit, asteroid, meteor, komet, dan benda-benda angkasa lainnya.

Susunan Sistem Tata Surya

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing benda langit dalam sistem tata suryatersebut:

1. Matahari

Matahari adalah pusat tata surya, yang merupakan bintang sejati karena dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari menjadi anggota tata surya yang terbesar, karena hampir seluruh massa tata surya terkumpul pada matahari (98%). Matahari sebagai pusat tata surya adalah jenis bintang generasi kedua. Matahari terbentuk kira-kira 4,6 milyar tahun yang lalu berbentuk gumpalan gas yang berpijar yang terdiri dari gas, terutama gas hidrogen. Menurut para ahli astronomi, bahan pembentuk matahari ini berasal dari ledakan bintang generasi pertama. Matahari memiliki diameter sepanjang 1.392.500 km, kira-kira ukuran ini 109 kali diameter bumi dan sepuluh kali lebih besar dari planet Jupiter.

matahari tata surya
Secara umum, matahari tersusun oleh beberapa lapisan yang terdiri dari; korona, kromosfer, fotosfer, dan lapisan inti.

a. Korona

Korona adalah lapisan luar atmosfer matahari. Bentuk korona seperti mahkota dengan warna keabu-abuan dan bisa terlihat saat terjadi gerhana matahari total. Ketebalannya sekitar 700 ribu km dan suhunya mencapai 1 juta Kelvin.

b. Kromosfer

Kromosfer adalah lapisan di atas fotosfer dan bertindak sebagai atmosfer matahari. Kromosfer terlihat berbentuk gelang merah yang mengelilingi bulan pada waktu terjadi gerhana matahari total. Ketebalannya sekitar 2000 km dan suhunya mencapi 4.500 kelvin.

c. Fotosfer

Fotosfer adalah bagian permukaan matahari. Lapisan ini mengeluarkan cahaya sehingga mampu memberikan penerangan sehari-hari. Suhu pada lapisan ini mencapai 6.000 Kelvin dan memiliki ketebalan sepanjang 300 km.

d. Inti Matahari

Inti matahari adalah lapisan paling dalam dari matahari tempat berlangsungnya reaksi fusi yang menghasilkan energi bagi matahari. Meskipun volumenya hanya seperlima puluh volume seluruh matahari, tetapi massa inti ini sangat besar yakni setengah dari massa matahari seluruhnya. Bagian inti ini membangkitkan 99% energi yang dibangkitkan oleh matahari.

2. Planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu dan bergaris tengah lebih dari 4000 km. Planet memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. Dahulu diketahui ada 9 planet, tetapi baru-baru ini diputuskan Pluto tidak termasuk dalam keluarga planet Bimasakti yang mengelilingi matahari. Peredaran planet mengitari matahari mengikuti lintasan berbentuk bujur telur atau elips. Pusat lintasan peredaran itu adalah Matahari. Peredarannya teratur sehingga tidak mungkin terjadi benturan dan gerak planet mengelilingi matahari berlawanan dengan arah jarum jam.

susunan urutan planet tata surya

Berdasarkan letaknya, planet dibedakan menjadi dua, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang garis edarnya terletak di antara matahari dan bumi, anggotanya Merkurius dan Venus. Planet luar adalah planet yang garis edarnya di luar peredaran bumi dan terdiri dari Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Berikut ini profil dari masing-masing planet tersebut:

Merkurius

  • Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan Matahari dan memiliki diameter 4.862 km sehingga merupakan planet terkecil.
  • Jarak planet Merkurius dengan Matahari sekitar 58 juta km. Merkurius membutuhkan 88 hari untuk berputar mengelilingi Matahari satu kali.
  • Karena letaknya yang cukup dekat dengan Matahari, permukaan Merkurius banyak terdapat kawah-kawah besar.
  • Merkunus terlihat paling terang dari Bumi dan kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil saat Matahari terbenam atau fajar menyingsing.
  • Suhunya di siang hari mencapai 430°C, tetapi di malam hari mencapai -170°C.
  • Merkurius tidak memiliki satelit.

Venus

  • Venus terletak antara orbit Merkurius dan orbit Bumi, memiliki garis tengah sekitar 12.100 km dan merupakan planet terdekat dengan Bumi.
  • Ukurannya yang hampir sama dengan Bumi membuatnya disebut sebagai Bumi kebar.
  • Dengan jarak 108 juta km dari matahari, Venus membutuhkan waktu 225 hari untuk sekali berevolusi mengelilingi matahari
  • Suhu permukaan Venus dapat mencapai 480 derajat Celsius sehingga sangat kering.
  • Venus merupakan planet putih yang bercahaya terang, tampak indah dan cemerlang.
  • Planet ini tampak menjelang Matahari terbit atau beberapa saat sesudah Matahari tenggelam. Orang menamakannya bintang fajar atau bintang timur atau bintang kejora. 

Bumi

  • Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang memiliki kehidupan, serta permukaannya terdiri dari lautan dan daratan.
  • Permukaan bumi akan terlihat berwarna hijau kebiru-biruan jika dilihat dari angkasa luar. Bentuk bumi bulat dan bergaris tengah 12.750 km.
  • Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km dan 2/3 luas permukaan bumi ditutupi lautan.
  • Bumi memiliki lapisan udara atau atmosfer. Kandungan atmosfer terdiri dari gas, yaitu oksigen dan nitrogen. Jenis gas lain tidak terlalu besar volumenya.
  • Atmosfer melindungi bumi dari sinar radiasi matahari yang membahayakan benda-benda langit yang tertari oleh gaya gravitasi bumi. Lapisan atmosfer juga menjaga suhu bumi di siang hari tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin
  • Bumi memiliki satu satelit, yaitu bulan. 

Mars

  • Keadaan Mars hampir mirip dengan bumi sehingga para ahli menyelidiki apakah di mars terdapat kehidupan
  • Planet Mars berwarna kemerah-merahan dan memiliki garis tengah sekitar 6.780 km.
  • Jaraknya dengan matahari sekitar 228 juta km dan membutuhkan waktu 687 hari untuk mengelilingi matahari.
  • Permukaan Mars juga kering seperti venus
  • Mars memiliki lapisan atmosfer yang tipis.
  • Di antara Mars dan Jupiter terdapat kumpulan benda langit kecil yang disebut asteroid atau planetoid.
  • Suhu Mars tidak terlalu tinggi, pada siang hari maksimal -13 derajat celsius dan pada malam hari -80 derajat celsius.
  • Mars mempunyai dua satelit, Demos dan Fobos, dan sebuah gunung Olympus yang tinginya dua kali tinggi gunung Everest. 

Jupiter

  • Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya dan berwarna kekuning-kuningan.
  • Garis tengahnya 11 kali diameter Bumi atau sekitar 143.000 km.
  • Dengan jarak 778 juta km dari Matahari, Jupiter membutuhkan 12 tahun untuk mengelilingi matahari.
  • Atmosfer Jupiter banyak mengandung gas hidrogen dan helium
  • Karena batas permukaan Jupiter dan atmosfernya yang kurang jelas, Jupiter menyerupai bola gas yang amat besar.
  • Jumlah satelit Jupiter ada 16 dan yang terbesar adalah Ganymeda. 

Saturnus

  • Saturnus termasuk planet nomor dua terbesar dalam tata surya.
  • Saturnus dikelilingi sebuah cincin raksasa yang terdiri dari debu-debu dan partikel-partikel kecil berwarna kekuning-kuningan.
  • Memiliki garis tengah 120.000 km dan jaraknya 1.428 juta km dari Matahari.
  • Untuk berevolusi, Saturnus membutuhkan waktu 29,5 tahun.
  • Saturnus memiliki 21 satelit dan yang terbesar adalah Titan.
  • Suhu permukaan Saturnus cukup dingin, sekitar -145 derajat celsius.

Uranus

  • Uranus memiliki garis tengah sekitar 51.1118 km.
  • Jarak Uranis dengan Matahari kira-kira 2.869 juta km.
  • Uranus mengelilingi Matahari sekali edar membutuhkan waktu sekitar 84 tahun.
  • Arah rotasi Uranis berlawanan dengan planet lain.
  • Permukaan Uranus selalu diliputi awan tebal.
  • Suhu permukaan planet tersebut mencapai -180 derajat celsius.
  • Uranus memiliki lima belas buah satelit dan yang terbesar adalah Ariel.

Neptunus

  • Jika dilihat menggunakan teleskop, Neptunus tampak berwarna kehijau-hijauan.
  • Neptunus memiliki jarak dengan Matahari sekitar 4.495 juta km dan garis tengahnya 48.600 km.
  • Suhu permukaannya lebih dingin dari Uranus, yaitu sekitar -190 derajat celsius.
  • Untuk sekali berevolusi, Neptunus membutuhkan waktu 165 tahun.
  • Keadaan Neptunus kurang banyak diketahui.
  • Satelit Neptunus ada dua, Triton dan Nereid.

3. Satelit

bulan satelit bumi tata surya

Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet ketika beredar mengelilingi matahari. Selain itu, satelit juga berputar pada sumbunya. Satelit dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah satelit yang secara alami ada di dalam sistem tata surya. Contoh: bulan yang menjadi satelit bumi. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Satelit buatan dilepaskan oleh roket dan mengorbit di sekitar bumi. Satelit buatan digunakan untuk berbagai kepentingan, antara lain alat komunikasi, penyiaran radio dan televisi, pemetaan bumi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya.

4. Asteroid 

asteroid tata surya

Asteroid adalah benda langit berukuran kecil yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu. Para ahli meyakini bahwa asteroid merupakan sisa-sisa bahan pembentuk planet. Jumlah asteroid sangat banyak, semuanya secara teratur berkumpul membentuk sabuk asteroid. Diameter sabuk asteroid sekitar 100 km. Sabuk asteroid ini berbentuk melingkar di antara Planet Mars dan Jupiter. Sedangkan, sabuk lainnya bernama Sabuk Edgeworth-Kuiper, terletak jauh di belakang Planet Neptunus. Sabuk asteroid memerlukan waktu sekitar 3 hingga 6 tahun untuk sekali mengitari Matahari. Asteroid yang satu dengan lainnya terpisah sejauh ribuan kilometer. Meskipun terpisah jauh, terkadang asteroid-asteroid itu bertubrukan. Tubrukan tersebut menghasilkan pecahan batu yang lebih kecil atau disebut meteoroid.

5. Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Meteoroid, Meteor, dan Meteorit  tata surya

Salah satu benda angkasa lainnya di tata surya adalah meteoroid. Meteoroid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang melayang-layang di angkasa dan tidak mempunyai lintasan. Benda ini kadang-kadang menubruk planet termasuk planet bumi. Meteoroid yang masuk ke dalam sebuah planet disebut dengan meteor. Ketika memasuki bumi, benda ini tampak berpijar karena bergesekan dengan atmosfer. Sebagian besar meteor habis bergesekan dengan atmosfer tersebut. Adapun yang sempat sampai ke permukaan bumi disebut dengan meteorit. Meteor disebut juga bintang jatuh atau bintang beralih.

6. Komet

Dalam sistem tata surya, komet adalah benda terjauh yang mengorbit matahari. Ada sekitar sepuluh triliun komet. Mereka adalah salju debu sebesar gunung, tetapi tak bisa terlihat mata. Terkadang, salah satu komet melewati bumi dan menjadi cukup besar dan terang untuk dilihat. Komet adalah campuran kira-kira sepertiga batu berdebu dan dua pertiga es dan salu. Pada tahun 1951, Astronom Amerika, Fred Whipple, menggambarkannya sebagai “bola salju debu” dan itulah julukan komet hingga sekarang. Keadaan komet sudah seperti itu sejak terjadinya tata surya 4,6 miliar tahun yang lalu. Salah satu komet yang pernah sangat dekat dengan bumi adalah komet Halley.

komet tata surya

Komet Halley dinamai sesuai nama Edmond Halley (1656-1742), yang mengetahui bahwa komet yang terlihat tahun 1531, 1607, dan 1682 adalah benda yang sama. Komet Halley terlihat di langit bumi setidaknya sudah 30 kali sejak 240 SM dan terakhir kali terlihat pada tahun 1910.

Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang Tata Surya: Pengertian, Sistem, Susunan, semoga bermanfaat

tematik menjelajah ruang angkasa

Tematik 9 sekolah dasar kelas 6

1. Kita hidup di sebuah planet yang ber nama Bumi.

2. Tata surya merupakan Matahari dan semua
benda yang berputar mengelilinginya, yaitu
planet; satelit alami seperti bulan; dan benda
langit lainnya, seperti komet, asteroid, dan
meteorit.

3. Matahari adalah pusat sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet, mereka adalah :  Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter,
Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

4. Masing-masing planet berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan.

5. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi.

6.
A. Matahari memiliki cahaya sendiri. Matahari
sangat panas.
B. Di Bulan, sepanjang hari langit berwarna
hitam. Di Bulan juga tidak ada suara karena
di Bulan tidak ada udara. Permukaan Bulan
berdebu.
C. Planet Merkurius merupakan planet
yang terdekat dengan Matahari. Tidak
ada oksigen dan karbon dioksida. Serta,
memiliki kawah-kawah yang dalam.
D. Planet Mars memiliki air yang membeku di
ujung bagian utaranya, mirip dengan kutub
di Bumi.
Permukaannya bergerigi, penuh dengan
angin kencang, dan badai debu yang
dahsyat. Angin menyapu debu ke seluruh
planet sehingga membuat warnanya
menjadi merah. Itulah sebabnya Mars
disebut Planet Merah.

7. Edo dan Lani tengah berdiskusi tentang sistem tata surya. Mereka mengingat kembali bahwa planet-planet mengelilingi Matahari berdasarkan garis edar yang berbentuk elips dan disebut garis orbit. Setiap planet memiliki garis orbitnya masing-masing dan berputar mengelilingi Matahari dengan waktu revolusi yang berbeda-beda.

8. Selain berevolusi, setiap planet juga berotasi.

9. Seorang
ahli Matematika dari
Perancis yang bernama René
Descartes yang hidup pada tahun 1596
hingga 1650 telah menemukan sistem
koordinat. Sistem koordinat tersebut
dikenal dengan koordinat
Kartesius.

10. Salah satu peranan Matahari yang amat penting bagi kehidupan di Bumi adalah sebagai sumber energi.

11. Mobil “Sapu Angin Surya” buatan Institut
Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
yang berpartisipasi dalam World Solar
Challenge 2013

12. Penjelajah angkasa luar disebut
astronaut. Astronaut harus pintar
dan sehat, baik secara fisik maupun
mental. Seleksinya pun sangat
ketat.

13. Astronaut akan dilatih dengan penuh
disiplin untuk “hidup” di angkasa
luar yang kondisinya sangat berbeda
dengan di Bumi. Di luar angkasa,
mereka tidak berjalan kaki atau
ber lari, tetapi melayang. Mengapa
demikian? Karena di angkasa luar
tidak ada gaya gravitasi.

14. Untuk pertama kalinya ke angkasa luar dapat
dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet me-
luncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya,
negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang ber-
nama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia
menjadi manusia pertama yang pergi ke angkasa
luar dengan pesawat bernama Vostok 1. Selanjutnya,
Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke
sana.

15. Rasi bintang adalah garis khayal yang dihubungkan di antara titik-titik ribuan bintang dalam kelompok tertentu.

16. Tahukah kamu bahwa dahulu manusia mengandalkan
rasi bintang sebagai penunjuk arahnya ketika bepergian di malam hari?
Bahkan hingga kini para pengarung samudera masih menggunakannya
sebagai penunjuk arah.

17. Kini telah ditemukan kompas, teknologi GPS (Global Positioning System), serta berbagai alat berteknologi canggih untuk menunjukkan arah.

18. Perhatikan hal-hal penting berikut
sebelum melakukan presentasi.
• Kontak mata
• Suara yang keras dan jelas
• Gerakan tubuh
• Ekspresi wajah
• Intonasi
• Jeda

19.  Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
2. Bagaimana susunan sistem tata surya kita? Sebutkan urutan planet mulai
dari yang terdekat hingga yang terjauh dari Matahari. Bagaimana caramu
mengingat nama-nama planet tersebut?
3. Bagaimana posisi sistem tata surya kita? Mengapa planet-planet tidak
bertabrakan antara satu dengan lainnya?
4. Sifat apa yang membuat benda-benda angkasa luar ini tidak bertabrakan?
5. Apakah kamu dapat mempraktikkan sifat tersebut dalam kehidupan sehari-
hari? Bagaimana caranya? Sebutkan paling sedikit 3 sifat yang kamu ketahui.
6. Tuliskan paling sedikit 3 keteraturan alam yang bermanfaat bagi kehidupan. Kemudian jelaskan manfaatnya.
7. Apa saja manfaat paling besar Matahari bagi kehidupan? Sebutkan paling
sedikit 5 manfaat.
8. Hal-hal penting apa yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan
presentasi?
9. Bagaimana caramu menentukan letak suatu benda?
a. Apa yang dimaksud dengan koordinat?
b. Mengapa kita memerlukan koordinat?

20.  Fakta tentang Bintang
Warna bintang bervariasi dari
merah, oranye, kuning, putih
hingga biru tergantung dari suhu
per mu kaannya.
Bintang merupakan benda langit
yang memancarkan cahaya yang
tersusun atas gas hidrogen,
helium, dan unsur-unsur lainnya.

21. Matahari adalah bintang yang
letaknya paling dekat dengan
Bumi. Oleh karena itu, cahaya
Matahari tampak lebih terang
dan ukurannya tampak lebih
besar dibandingkan dengan
berjuta-juta bintang lainnya.
Matahari berputar pada porosnya
dari barat ke timur.

22. Volume Matahari hampir 1 juta kali volume Bumi. Dengan ukuran Matahari yang sangat besar itu, maka Matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar pula. Gaya gravitasi Matahari 28 kali lebih besar daripada gaya gravitasi Bumi. Dengan gaya gravitasi tersebut, maka terjadi gaya tarik-menarik antara Matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal inilah yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi Matahari sehingga Matahari disebut sebagai pusat tata surya.

Matahari memancarkan cahaya dan panasnya karena pada inti Matahari terjadi reaksi yang menghasilkan energi yang sangat besar. Suhu inti Matahari ± 15 juta°C dan suhu di permukaan lebih kurang 6.000°C.
Panas yang dipancarkan Matahari merupakan sumber energi utama di
Bumi. Energi pancaran Matahari telah membuat Bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di Bumi bersirkulasi, tumbuhan dapat berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.

23. Tinta yang Tidak Terlihat
Alat dan Bahan
• Setengah potongan jeruk nipis/
lemon
• Air
• Sendok
• Mangkuk
• Pembersih telinga (cotton bud)
• Kertas putih
• Lilin/lampu/senter

Langkah Kerja
1. Peras jeruk lemon/nipis dalam mangkuk dan berikan tambahan beberapa tetes air, lalu aduk rata dengan sendok.
2. Tuliskan sebuah pesan di atas kertas putih dengan menggunakan “cotton bud” yang telah dicelupkan pada cairan nomor 1.
3. Tunggu sampai cairan itu kering di atas kertas.
4. Kamu dapat membaca isi pesan yang ada pada kertas tersebut dengan cara memanaskan kertas di atas lilin atau di dekat panas lampu yang menyala.

24. 

Pemanasan Global, Apa Peran Kita?
Jika kita perhatikan, semakin bertambah tahun, Bumi semakin panas.
Sering kita baca di surat kabar, adanya fenomena cuaca yang ekstrem di berbagai belahan Bumi, beberapa spesies hewan punah, banjir karena
naiknya permukaan laut, dan sebagainya. Itulah dampak dari pemanasan global.
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi,
baik di darat, laut, maupun udara. Apa akibatnya? Meningkatnya suhu
menyebabkan lapisan es tebal di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair.
Permukaan air laut semakin naik. Beberapa tempat terancam banjir,
bahkan beberapa pulau terancam terendam air. Banyak hal yang menjadi penyebab. Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam peristiwa ini.

Mengapa disebut efek rumah kaca?
Sebagian besar sinar Matahari yang mencapai permukaan Bumi akan
dipantulkan kembali. Namun, ada pula lapisan gas yang menahan
sebagian panas Matahari, seperti halnya kaca pada rumah kaca. Kita
membutuhkan lapisan tersebut. Tanpa lapisan itu, kita akan membeku
kedinginan. Namun, kini lapisan gas tersebut terlalu tebal, sehingga terlalu banyak panas yang terjebak dan menyebabkan suhu terus meningkat.

Oleh karenanya, gas pada lapisan tersebut disebut gas rumah kaca.
Dari mana asal pertambahan lapisan gas tersebut? Saat ini, CO2 di
atmosfer jauh lebih banyak dibandingkan ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyumbang terbesarnya.

Gas lain yang menjadi penyebab adalah metana, yang dihasilkan oleh
pembuangan gas hewan atau pembusukan sampah.
Di antara sebagian penyebab pemanasan global tersebut, apakah kita
juga berperan di dalamnya? Apakah kita turut menambah tumpukan
sampah, yang akhirnya menambah gas metana di udara? Apakah kita
turut menambah jumlah kendaraan di jalan, sehingga menambah gas
CO2 sebagai hasil pembakaran bahan bakar fosil?

Sumber : Mengapa Aku Harus Peduli pada Bumi?, Susan Meredith, Erlangga for Kids dan Berita
dari berbagai surat kabar.

Soal latihan

Apa yang kamu ketahui tentang pemanasan global?
Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Apa akibatnya jika pemanasan itu terus-menerus terjadi pada Bumi kita?
Mengapa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan Matahari?
Apa yang terjadi bila di Bumi ini tidak ada Matahari?
Apa peran kita agar dapat terus kita menikmati manfaat dari Matahari dan Bumi yang dihuni ini aman dan nyaman?

25. Seperti yang kita pelajari sebelumnya, salah satu benda langit yang
memiliki gaya gravitasi yang besar adalah Matahari. Gaya gravitasi tersebut menyebabkan benda langit lain seperti planet-planet mengelilingi Matahari pada garis edar yang hampir berbentuk lingkaran.

26. Bumi yang kita huni ini adalah salah satu planet yang ada di angkasa luar.
Planet adalah sebuah bola besar yang terbuat dari bebatuan, metal, atau gas yang mengelilingi sebuah bintang. Tidak seperti bintang, planet tidak memancarkan cahayanya sendiri. Planet-planet memantulkan cahaya dari bintang.
Bumi dan planet lain yang mengelilingi Matahari merupakan bagian dari tata surya yang termasuk dalam Galaksi Bima Sakti. Planet lain yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus.

27. Planet Bumi adalah satu-satunya dari delapan planet yang dapat dihuni.

28.
Benda Angkasa Menghujam Bumi di Rusia Tengah
Sekali lagi Bumi diguncang oleh
kabar jatuhnya meteorit. Kali ini
lokasi kejadian di Chelyabinsk, Rusia
Tengah. Kejadian pada Jumat, 15
Februari 2013 ini ditandai dengan
munculnya bola api dan jejak kabut
tebal di langit disertai suara ledakan
hingga kaca-kaca rumah bergetar.
Hal ini terjadi karena kecepatan
meteorit yang sangat tinggi, jauh
melebihi kecepatan suara, sehingga
menimbulkan dentuman sonik yang terdengar seperti ledakan. Lebih dari 1.000 orang cedera pada peristiwa ini. Bukan karena serpihan meteorit, namun karena timbulnya gelombang kejut yang merusak bangunan-bangunan di kota itu.Russian Academy of Science menyatakan berat meteorit yang jatuh di negaranya diperkirakan 10 ton, dan melesat dengan kecepatan 54 ribu kilometer/jam menembus atmosfer Bumi. Sebagiannya langsung terbakar, dan sebagiannya hancur dengan sebaran wilayah seluas 30-50 kilometer.
Seperti telah diketahui, di angkasa luar bertebaran batu dan debu angkasa -asteroid dan meteorit- dengan berbagai ukuran. Ketika mengorbit, Bumi beberapa kali menumbuk jutaan meteorit. Ada kalanya pula asteroid yang mengorbit dekat dengan Bumi tertarik gravitasi Bumi. Ketika asteroid atau meteorit masuk ke dalam Bumi, partikel pada lapisan atmosfer di permukaan Bumi menggeseknya hingga sebagian besar habis terbakar.

Sebagian yang tidak terbakar terlihat seperti pita cahaya di langit malam, yang kita sebut dengan meteor. Tidak semua meteorit berakibat fatal
seperti yang terjadi di Chelyabinsk. Dua per tiga wilayah Bumi yang
terdiri atas air memberi kemungkinan lebih besar atas jatuhnya meteorit di lautan.
Berdasarkan data Masyarakat Meteorit (Meteoritical Society), ada 34.513 meteorit yang tercatat sejak tahun 2300 sebelum Masehi. Data tersebut bersumber dari temuan batu meteorit atau kawah yang tercipta akibat tumbukannya.
Sumber: dirangkum dari berbagai sumber berita dan Magic Tree House-Space, Will Osborne and Mary Pope Osborne, www.sciencekids.co.nz.

Berdasarkan bacaaan di atas, benda angkasa luar apakah yang menghunjam Bumi di Rusia Tengah?
______________________________________________________________________
Bagaimana ciri-ciri asteroid itu?
______________________________________________________________________
Apa yang membedakan antara asteroid, meteorit, dan meteor?
______________________________________________________________________
Apa yang menyebabkan ledakan yang terjadi di wilayah itu?
______________________________________________________________________
Apa yang mungkin terjadi jika asteroid yang sama jatuh di dekat wilayahmu?
Berikan alasan sesuai fakta yang kamu temukan pada teks tersebut.
______________________________________________________________________

29.
Benda langit seperti asteroid ada kalanya dapat jatuh ke Bumi. Hal ini
disebabkan karena gaya gravitasi Bumi yang menyebabkan benda-benda itu tertarik menuju planet Bumi.

Sebagian benda dapat terhalangi oleh atmosfer Bumi, namun sebagian lain tidak, sehingga dapat sampai ke permukaan Bumi.

Bumi juga memiliki gaya gravitasi yang menyebabkan kita tetap dapat berdiri.
Gaya itu juga yang menyebabkan sebuah benda akan kembali jatuh
ke bawah jika kita melempar kannya ke atas.

30. Tahukah kamu, bahwa ada benda-benda
angkasa luar bukan buatan manusia yang
mengorbit sebuah planet atau benda
lain yang lebih besar daripada dirinya?
Benda itu dinamakan satelit. Contohnya
adalah Bulan, ia selalu mengelingi Bumi.
Oleh karena itu, Bulan dikatakan sebagai
satelit alami Bumi. Begitu pula Bumi
yang selalu mengelilingi Matahari, se-
hingga dapat dikatakan Bumi merupakan satelit alami Matahari. Hal ini juga berlaku bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan
sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Satelit-satelit ini setia mengorbit pada planetnya.
Namun, ada lagi satelit lain. Satelit ini
merupakan objek buatan manusia yang
mengorbit Bumi dan berfungsi mengum-
pulkan serta mengembalikan data. Satelit
ini biasanya dibuat oleh suatu negara
dengan tujuan agar masyarakatnya dapat
menerima informasi penting dari orang
lain dengan lebih mudah. Fungsinya
antara lain mengirimkan data acara
televisi dan mengirimkan panggilan telepon dari satu benua ke benua
lainnya untuk mempermudah ko munikasi antarpenduduk yang berbeda wilayah. Satelit buatan juga digunakan untuk memperkirakan cuaca dengan mengukur awan, angin, dan suhu atmosfer dari angkasa luar.

Apakah satelit itu?
 Perbedaan satelit alami dan satelit buatan.
 Dua manfaat satelit.
 Dua dampak keberadaan satelit bagi manusia.

Ayo Renungkan
Sebagai seorang anak dan juga pelajar, kamu memiliki hak yang perlu
kamu dapatkan. Bagaimana sebaiknya kamu menggunakan hak itu agar orang lain juga tidak terganggu?
Hikmah apa yang kamu pelajari dari adanya kebersamaan dalam
melaksanakan kewajiban di sekolah?

31. komet.
Seperti planet, komet juga ber-
evolusi mengelilingi Matahari. Se-
bagian inti dari komet berubah
menjadi gas yang mem bentuk ekor
yang panjang dan bersinar.
Ekor ini membuat komet terlihat
begitu spektakuler dan panjangnya
mencapai ratusan mil. Terkadang
sebuah komet bersinar sangat terang, sehingga dapat terlihat pada siang hari.

Berdasarkan kegiatan ketika penampilan drama, buatlah refleksi tentang pelaksanaan hak dan kewajibanmu. Tuliskan refleksimu di kertas HVS atau kertas lain.
Refleksimu harus dapat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
 Apakah aku sudah menjalankan kewajibanku?
 Apakah aku sudah mendapatkan hakku?
 Apakah teman-temanku sudah menjalankan kewajibannya?
 Apakah teman-temanku sudah mendapatkan haknya?
 Sikap apa saja yang sudah dilakukan dalam melaksanakan kewajiban dan
mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
 Manfaat apa saja yang diperoleh dari melaksanakan kewajiban dan
mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
Sikap apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan dalam
melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
 Rencana tindak lanjut apa saja yang dapat dilakukan untuk perbaikan diri? (Paling sedikit 3)

32. Kamu akan berlatih memasukkan bola ke ring.
Kamu dan teman-temanmu mendapat 10 kali
kesempatan menembakkan bola (shooting).
Kamu juga harus dapat melakukan latihan me-
mantul-mantulkan bola (dribbling) di tempat,
dribbling sambil berjalan, dan dribbling sambil
berlari.
Setelah itu kamu, harus berlatih mengoper bola
basket (passing) ke dinding, mengoper bola
secara berpasangan, dan mengoper bola secara
berpasangan sambil bergerak (berjalan dan
berlari).

Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan Matahari sebagai pusat tata surya? Jelaskan.
___________________________________________________________________

2. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
___________________________________________________________________

3. Mengapa pemanasan global dapat terjadi? Jelaskan.
___________________________________________________________________

4. Tuliskan contoh perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
___________________________________________________________________

5. Tuliskan pengaruh pemanasan global bagi kenampakan Bumi dan kondisi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
___________________________________________________________________

6. Apa perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab?
___________________________________________________________________

7. Tuliskan contoh hak yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan
rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

8. Tuliskan contoh kewajiban yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

9. Tuliskan contoh tanggung jawab yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

33. Galileo bukan penemu teleskop pertama, tetapi ketika mendengar
telah ditemukannya sebuah teleskop sederhana oleh seorang pembuat
kacamata dari Belanda, ia kemudian mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Tidak berhenti di situ saja, ia pun memanfaatkan teleskop itu untuk melakukan pengamatan terhadap dunia angkasa luar.

34. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil, The Starry Messenger. Dalam buku itu, ia mengungkapkan beberapa penemuan yang menarik dari angkasa luar. Di antara penemuannya bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, sebagaimana yang diumpamakan dalam berbagai puisi. Ternyata, permukaan Bulan dipenuhi kawah dan gunung.
Galileo menemukan planet-planet, termasuk Saturnus yang memiliki lingkar serupa cincin. Ditemukannya Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, dan dibuktikannya bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ditemukannya pula bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri, yang tidak berputar mengelilingi Bumi.

35. Penemuan-penemuan ini yang memperkuat
teori Copernicus sebelumnya, bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Ia membuktikan bahwa planet-planet mengelilingi Matahari.
Walaupun di zamannya ia sempat dicerca dan ditentang berbagai pihak
atas penemuannya, tetapi pada akhirnya dunia pun mengakui kontribusi
Galileo terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ia memperoleh
sebutan “Bapak Sains Modern”. Pembuktian Galileo membuka wawasan warga dunia terhadap rahasia angkasa luar.

36.