Label

Minggu, 06 Maret 2016

tematik menjelajah ruang angkasa

Tematik 9 sekolah dasar kelas 6

1. Kita hidup di sebuah planet yang ber nama Bumi.

2. Tata surya merupakan Matahari dan semua
benda yang berputar mengelilinginya, yaitu
planet; satelit alami seperti bulan; dan benda
langit lainnya, seperti komet, asteroid, dan
meteorit.

3. Matahari adalah pusat sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet, mereka adalah :  Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter,
Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

4. Masing-masing planet berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan.

5. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi.

6.
A. Matahari memiliki cahaya sendiri. Matahari
sangat panas.
B. Di Bulan, sepanjang hari langit berwarna
hitam. Di Bulan juga tidak ada suara karena
di Bulan tidak ada udara. Permukaan Bulan
berdebu.
C. Planet Merkurius merupakan planet
yang terdekat dengan Matahari. Tidak
ada oksigen dan karbon dioksida. Serta,
memiliki kawah-kawah yang dalam.
D. Planet Mars memiliki air yang membeku di
ujung bagian utaranya, mirip dengan kutub
di Bumi.
Permukaannya bergerigi, penuh dengan
angin kencang, dan badai debu yang
dahsyat. Angin menyapu debu ke seluruh
planet sehingga membuat warnanya
menjadi merah. Itulah sebabnya Mars
disebut Planet Merah.

7. Edo dan Lani tengah berdiskusi tentang sistem tata surya. Mereka mengingat kembali bahwa planet-planet mengelilingi Matahari berdasarkan garis edar yang berbentuk elips dan disebut garis orbit. Setiap planet memiliki garis orbitnya masing-masing dan berputar mengelilingi Matahari dengan waktu revolusi yang berbeda-beda.

8. Selain berevolusi, setiap planet juga berotasi.

9. Seorang
ahli Matematika dari
Perancis yang bernama René
Descartes yang hidup pada tahun 1596
hingga 1650 telah menemukan sistem
koordinat. Sistem koordinat tersebut
dikenal dengan koordinat
Kartesius.

10. Salah satu peranan Matahari yang amat penting bagi kehidupan di Bumi adalah sebagai sumber energi.

11. Mobil “Sapu Angin Surya” buatan Institut
Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
yang berpartisipasi dalam World Solar
Challenge 2013

12. Penjelajah angkasa luar disebut
astronaut. Astronaut harus pintar
dan sehat, baik secara fisik maupun
mental. Seleksinya pun sangat
ketat.

13. Astronaut akan dilatih dengan penuh
disiplin untuk “hidup” di angkasa
luar yang kondisinya sangat berbeda
dengan di Bumi. Di luar angkasa,
mereka tidak berjalan kaki atau
ber lari, tetapi melayang. Mengapa
demikian? Karena di angkasa luar
tidak ada gaya gravitasi.

14. Untuk pertama kalinya ke angkasa luar dapat
dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet me-
luncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya,
negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang ber-
nama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia
menjadi manusia pertama yang pergi ke angkasa
luar dengan pesawat bernama Vostok 1. Selanjutnya,
Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke
sana.

15. Rasi bintang adalah garis khayal yang dihubungkan di antara titik-titik ribuan bintang dalam kelompok tertentu.

16. Tahukah kamu bahwa dahulu manusia mengandalkan
rasi bintang sebagai penunjuk arahnya ketika bepergian di malam hari?
Bahkan hingga kini para pengarung samudera masih menggunakannya
sebagai penunjuk arah.

17. Kini telah ditemukan kompas, teknologi GPS (Global Positioning System), serta berbagai alat berteknologi canggih untuk menunjukkan arah.

18. Perhatikan hal-hal penting berikut
sebelum melakukan presentasi.
• Kontak mata
• Suara yang keras dan jelas
• Gerakan tubuh
• Ekspresi wajah
• Intonasi
• Jeda

19.  Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
2. Bagaimana susunan sistem tata surya kita? Sebutkan urutan planet mulai
dari yang terdekat hingga yang terjauh dari Matahari. Bagaimana caramu
mengingat nama-nama planet tersebut?
3. Bagaimana posisi sistem tata surya kita? Mengapa planet-planet tidak
bertabrakan antara satu dengan lainnya?
4. Sifat apa yang membuat benda-benda angkasa luar ini tidak bertabrakan?
5. Apakah kamu dapat mempraktikkan sifat tersebut dalam kehidupan sehari-
hari? Bagaimana caranya? Sebutkan paling sedikit 3 sifat yang kamu ketahui.
6. Tuliskan paling sedikit 3 keteraturan alam yang bermanfaat bagi kehidupan. Kemudian jelaskan manfaatnya.
7. Apa saja manfaat paling besar Matahari bagi kehidupan? Sebutkan paling
sedikit 5 manfaat.
8. Hal-hal penting apa yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan
presentasi?
9. Bagaimana caramu menentukan letak suatu benda?
a. Apa yang dimaksud dengan koordinat?
b. Mengapa kita memerlukan koordinat?

20.  Fakta tentang Bintang
Warna bintang bervariasi dari
merah, oranye, kuning, putih
hingga biru tergantung dari suhu
per mu kaannya.
Bintang merupakan benda langit
yang memancarkan cahaya yang
tersusun atas gas hidrogen,
helium, dan unsur-unsur lainnya.

21. Matahari adalah bintang yang
letaknya paling dekat dengan
Bumi. Oleh karena itu, cahaya
Matahari tampak lebih terang
dan ukurannya tampak lebih
besar dibandingkan dengan
berjuta-juta bintang lainnya.
Matahari berputar pada porosnya
dari barat ke timur.

22. Volume Matahari hampir 1 juta kali volume Bumi. Dengan ukuran Matahari yang sangat besar itu, maka Matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar pula. Gaya gravitasi Matahari 28 kali lebih besar daripada gaya gravitasi Bumi. Dengan gaya gravitasi tersebut, maka terjadi gaya tarik-menarik antara Matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal inilah yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi Matahari sehingga Matahari disebut sebagai pusat tata surya.

Matahari memancarkan cahaya dan panasnya karena pada inti Matahari terjadi reaksi yang menghasilkan energi yang sangat besar. Suhu inti Matahari ± 15 juta°C dan suhu di permukaan lebih kurang 6.000°C.
Panas yang dipancarkan Matahari merupakan sumber energi utama di
Bumi. Energi pancaran Matahari telah membuat Bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di Bumi bersirkulasi, tumbuhan dapat berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.

23. Tinta yang Tidak Terlihat
Alat dan Bahan
• Setengah potongan jeruk nipis/
lemon
• Air
• Sendok
• Mangkuk
• Pembersih telinga (cotton bud)
• Kertas putih
• Lilin/lampu/senter

Langkah Kerja
1. Peras jeruk lemon/nipis dalam mangkuk dan berikan tambahan beberapa tetes air, lalu aduk rata dengan sendok.
2. Tuliskan sebuah pesan di atas kertas putih dengan menggunakan “cotton bud” yang telah dicelupkan pada cairan nomor 1.
3. Tunggu sampai cairan itu kering di atas kertas.
4. Kamu dapat membaca isi pesan yang ada pada kertas tersebut dengan cara memanaskan kertas di atas lilin atau di dekat panas lampu yang menyala.

24. 

Pemanasan Global, Apa Peran Kita?
Jika kita perhatikan, semakin bertambah tahun, Bumi semakin panas.
Sering kita baca di surat kabar, adanya fenomena cuaca yang ekstrem di berbagai belahan Bumi, beberapa spesies hewan punah, banjir karena
naiknya permukaan laut, dan sebagainya. Itulah dampak dari pemanasan global.
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi,
baik di darat, laut, maupun udara. Apa akibatnya? Meningkatnya suhu
menyebabkan lapisan es tebal di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair.
Permukaan air laut semakin naik. Beberapa tempat terancam banjir,
bahkan beberapa pulau terancam terendam air. Banyak hal yang menjadi penyebab. Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam peristiwa ini.

Mengapa disebut efek rumah kaca?
Sebagian besar sinar Matahari yang mencapai permukaan Bumi akan
dipantulkan kembali. Namun, ada pula lapisan gas yang menahan
sebagian panas Matahari, seperti halnya kaca pada rumah kaca. Kita
membutuhkan lapisan tersebut. Tanpa lapisan itu, kita akan membeku
kedinginan. Namun, kini lapisan gas tersebut terlalu tebal, sehingga terlalu banyak panas yang terjebak dan menyebabkan suhu terus meningkat.

Oleh karenanya, gas pada lapisan tersebut disebut gas rumah kaca.
Dari mana asal pertambahan lapisan gas tersebut? Saat ini, CO2 di
atmosfer jauh lebih banyak dibandingkan ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyumbang terbesarnya.

Gas lain yang menjadi penyebab adalah metana, yang dihasilkan oleh
pembuangan gas hewan atau pembusukan sampah.
Di antara sebagian penyebab pemanasan global tersebut, apakah kita
juga berperan di dalamnya? Apakah kita turut menambah tumpukan
sampah, yang akhirnya menambah gas metana di udara? Apakah kita
turut menambah jumlah kendaraan di jalan, sehingga menambah gas
CO2 sebagai hasil pembakaran bahan bakar fosil?

Sumber : Mengapa Aku Harus Peduli pada Bumi?, Susan Meredith, Erlangga for Kids dan Berita
dari berbagai surat kabar.

Soal latihan

Apa yang kamu ketahui tentang pemanasan global?
Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Apa akibatnya jika pemanasan itu terus-menerus terjadi pada Bumi kita?
Mengapa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan Matahari?
Apa yang terjadi bila di Bumi ini tidak ada Matahari?
Apa peran kita agar dapat terus kita menikmati manfaat dari Matahari dan Bumi yang dihuni ini aman dan nyaman?

25. Seperti yang kita pelajari sebelumnya, salah satu benda langit yang
memiliki gaya gravitasi yang besar adalah Matahari. Gaya gravitasi tersebut menyebabkan benda langit lain seperti planet-planet mengelilingi Matahari pada garis edar yang hampir berbentuk lingkaran.

26. Bumi yang kita huni ini adalah salah satu planet yang ada di angkasa luar.
Planet adalah sebuah bola besar yang terbuat dari bebatuan, metal, atau gas yang mengelilingi sebuah bintang. Tidak seperti bintang, planet tidak memancarkan cahayanya sendiri. Planet-planet memantulkan cahaya dari bintang.
Bumi dan planet lain yang mengelilingi Matahari merupakan bagian dari tata surya yang termasuk dalam Galaksi Bima Sakti. Planet lain yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus.

27. Planet Bumi adalah satu-satunya dari delapan planet yang dapat dihuni.

28.
Benda Angkasa Menghujam Bumi di Rusia Tengah
Sekali lagi Bumi diguncang oleh
kabar jatuhnya meteorit. Kali ini
lokasi kejadian di Chelyabinsk, Rusia
Tengah. Kejadian pada Jumat, 15
Februari 2013 ini ditandai dengan
munculnya bola api dan jejak kabut
tebal di langit disertai suara ledakan
hingga kaca-kaca rumah bergetar.
Hal ini terjadi karena kecepatan
meteorit yang sangat tinggi, jauh
melebihi kecepatan suara, sehingga
menimbulkan dentuman sonik yang terdengar seperti ledakan. Lebih dari 1.000 orang cedera pada peristiwa ini. Bukan karena serpihan meteorit, namun karena timbulnya gelombang kejut yang merusak bangunan-bangunan di kota itu.Russian Academy of Science menyatakan berat meteorit yang jatuh di negaranya diperkirakan 10 ton, dan melesat dengan kecepatan 54 ribu kilometer/jam menembus atmosfer Bumi. Sebagiannya langsung terbakar, dan sebagiannya hancur dengan sebaran wilayah seluas 30-50 kilometer.
Seperti telah diketahui, di angkasa luar bertebaran batu dan debu angkasa -asteroid dan meteorit- dengan berbagai ukuran. Ketika mengorbit, Bumi beberapa kali menumbuk jutaan meteorit. Ada kalanya pula asteroid yang mengorbit dekat dengan Bumi tertarik gravitasi Bumi. Ketika asteroid atau meteorit masuk ke dalam Bumi, partikel pada lapisan atmosfer di permukaan Bumi menggeseknya hingga sebagian besar habis terbakar.

Sebagian yang tidak terbakar terlihat seperti pita cahaya di langit malam, yang kita sebut dengan meteor. Tidak semua meteorit berakibat fatal
seperti yang terjadi di Chelyabinsk. Dua per tiga wilayah Bumi yang
terdiri atas air memberi kemungkinan lebih besar atas jatuhnya meteorit di lautan.
Berdasarkan data Masyarakat Meteorit (Meteoritical Society), ada 34.513 meteorit yang tercatat sejak tahun 2300 sebelum Masehi. Data tersebut bersumber dari temuan batu meteorit atau kawah yang tercipta akibat tumbukannya.
Sumber: dirangkum dari berbagai sumber berita dan Magic Tree House-Space, Will Osborne and Mary Pope Osborne, www.sciencekids.co.nz.

Berdasarkan bacaaan di atas, benda angkasa luar apakah yang menghunjam Bumi di Rusia Tengah?
______________________________________________________________________
Bagaimana ciri-ciri asteroid itu?
______________________________________________________________________
Apa yang membedakan antara asteroid, meteorit, dan meteor?
______________________________________________________________________
Apa yang menyebabkan ledakan yang terjadi di wilayah itu?
______________________________________________________________________
Apa yang mungkin terjadi jika asteroid yang sama jatuh di dekat wilayahmu?
Berikan alasan sesuai fakta yang kamu temukan pada teks tersebut.
______________________________________________________________________

29.
Benda langit seperti asteroid ada kalanya dapat jatuh ke Bumi. Hal ini
disebabkan karena gaya gravitasi Bumi yang menyebabkan benda-benda itu tertarik menuju planet Bumi.

Sebagian benda dapat terhalangi oleh atmosfer Bumi, namun sebagian lain tidak, sehingga dapat sampai ke permukaan Bumi.

Bumi juga memiliki gaya gravitasi yang menyebabkan kita tetap dapat berdiri.
Gaya itu juga yang menyebabkan sebuah benda akan kembali jatuh
ke bawah jika kita melempar kannya ke atas.

30. Tahukah kamu, bahwa ada benda-benda
angkasa luar bukan buatan manusia yang
mengorbit sebuah planet atau benda
lain yang lebih besar daripada dirinya?
Benda itu dinamakan satelit. Contohnya
adalah Bulan, ia selalu mengelingi Bumi.
Oleh karena itu, Bulan dikatakan sebagai
satelit alami Bumi. Begitu pula Bumi
yang selalu mengelilingi Matahari, se-
hingga dapat dikatakan Bumi merupakan satelit alami Matahari. Hal ini juga berlaku bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan
sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Satelit-satelit ini setia mengorbit pada planetnya.
Namun, ada lagi satelit lain. Satelit ini
merupakan objek buatan manusia yang
mengorbit Bumi dan berfungsi mengum-
pulkan serta mengembalikan data. Satelit
ini biasanya dibuat oleh suatu negara
dengan tujuan agar masyarakatnya dapat
menerima informasi penting dari orang
lain dengan lebih mudah. Fungsinya
antara lain mengirimkan data acara
televisi dan mengirimkan panggilan telepon dari satu benua ke benua
lainnya untuk mempermudah ko munikasi antarpenduduk yang berbeda wilayah. Satelit buatan juga digunakan untuk memperkirakan cuaca dengan mengukur awan, angin, dan suhu atmosfer dari angkasa luar.

Apakah satelit itu?
 Perbedaan satelit alami dan satelit buatan.
 Dua manfaat satelit.
 Dua dampak keberadaan satelit bagi manusia.

Ayo Renungkan
Sebagai seorang anak dan juga pelajar, kamu memiliki hak yang perlu
kamu dapatkan. Bagaimana sebaiknya kamu menggunakan hak itu agar orang lain juga tidak terganggu?
Hikmah apa yang kamu pelajari dari adanya kebersamaan dalam
melaksanakan kewajiban di sekolah?

31. komet.
Seperti planet, komet juga ber-
evolusi mengelilingi Matahari. Se-
bagian inti dari komet berubah
menjadi gas yang mem bentuk ekor
yang panjang dan bersinar.
Ekor ini membuat komet terlihat
begitu spektakuler dan panjangnya
mencapai ratusan mil. Terkadang
sebuah komet bersinar sangat terang, sehingga dapat terlihat pada siang hari.

Berdasarkan kegiatan ketika penampilan drama, buatlah refleksi tentang pelaksanaan hak dan kewajibanmu. Tuliskan refleksimu di kertas HVS atau kertas lain.
Refleksimu harus dapat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
 Apakah aku sudah menjalankan kewajibanku?
 Apakah aku sudah mendapatkan hakku?
 Apakah teman-temanku sudah menjalankan kewajibannya?
 Apakah teman-temanku sudah mendapatkan haknya?
 Sikap apa saja yang sudah dilakukan dalam melaksanakan kewajiban dan
mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
 Manfaat apa saja yang diperoleh dari melaksanakan kewajiban dan
mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
Sikap apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan dalam
melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak? (Paling sedikit 3)
 Rencana tindak lanjut apa saja yang dapat dilakukan untuk perbaikan diri? (Paling sedikit 3)

32. Kamu akan berlatih memasukkan bola ke ring.
Kamu dan teman-temanmu mendapat 10 kali
kesempatan menembakkan bola (shooting).
Kamu juga harus dapat melakukan latihan me-
mantul-mantulkan bola (dribbling) di tempat,
dribbling sambil berjalan, dan dribbling sambil
berlari.
Setelah itu kamu, harus berlatih mengoper bola
basket (passing) ke dinding, mengoper bola
secara berpasangan, dan mengoper bola secara
berpasangan sambil bergerak (berjalan dan
berlari).

Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan Matahari sebagai pusat tata surya? Jelaskan.
___________________________________________________________________

2. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
___________________________________________________________________

3. Mengapa pemanasan global dapat terjadi? Jelaskan.
___________________________________________________________________

4. Tuliskan contoh perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
___________________________________________________________________

5. Tuliskan pengaruh pemanasan global bagi kenampakan Bumi dan kondisi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
___________________________________________________________________

6. Apa perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab?
___________________________________________________________________

7. Tuliskan contoh hak yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan
rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

8. Tuliskan contoh kewajiban yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

9. Tuliskan contoh tanggung jawab yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
___________________________________________________________________

33. Galileo bukan penemu teleskop pertama, tetapi ketika mendengar
telah ditemukannya sebuah teleskop sederhana oleh seorang pembuat
kacamata dari Belanda, ia kemudian mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Tidak berhenti di situ saja, ia pun memanfaatkan teleskop itu untuk melakukan pengamatan terhadap dunia angkasa luar.

34. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil, The Starry Messenger. Dalam buku itu, ia mengungkapkan beberapa penemuan yang menarik dari angkasa luar. Di antara penemuannya bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, sebagaimana yang diumpamakan dalam berbagai puisi. Ternyata, permukaan Bulan dipenuhi kawah dan gunung.
Galileo menemukan planet-planet, termasuk Saturnus yang memiliki lingkar serupa cincin. Ditemukannya Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, dan dibuktikannya bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ditemukannya pula bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri, yang tidak berputar mengelilingi Bumi.

35. Penemuan-penemuan ini yang memperkuat
teori Copernicus sebelumnya, bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Ia membuktikan bahwa planet-planet mengelilingi Matahari.
Walaupun di zamannya ia sempat dicerca dan ditentang berbagai pihak
atas penemuannya, tetapi pada akhirnya dunia pun mengakui kontribusi
Galileo terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ia memperoleh
sebutan “Bapak Sains Modern”. Pembuktian Galileo membuka wawasan warga dunia terhadap rahasia angkasa luar.

36.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar