Label

Kamis, 05 Mei 2016

benua eropa

Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Kawasan Benua Eropa ini terletak pada garis lintang antara 71 derajat LU hingga 36 derajat LU serta berada pada garis bujur antara 66 derajat BT hingga 9 derajat BB. Benua Eropa terbagi menjadi empat kawasan. Antara lain Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, dan Eropa Timur. Berikut ini adalah peta Eropa, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.

1. Utara : Laut Arktik

2. Selatan : Laut Tengah

3. Barat : Samudra Atlantik

4. Timur : Pegunungan Ural

1. Eropa Barat

Eropa Barat meliputi Belgia, Nederland (Belanda), dan Luksemburg (disingkat Benelux), Jerman, Prancis, dan Swiss. Bagian tepi barat Eropa relatif datar, bagian agak ke tengah relatif bergunung-gunung.

Eropa barat memiliki iklim dingin. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lainnya adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin, yang ada di Belanda.

2. Eropa Utara

Negara-negara di Eropa Utara meliputi Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia. Kelompok negara-negara ini juga disebut negara-negara Skandinavia.

3. Eropa Selatan

Eropa Selatan meliputi Italia, Swiss, Spanyol, Portugal, dan Austria. Wilayah negara ini relatif bergunung-gunung berada pada iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.

4. Eropa Timur

Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Sebagian besar kawasan Eropa Timur merupakan bagian dari dataran Eropa besar yang membentang sampai jauh ke Rusia bagian barat. Beberapa bagian dari dataran ini merupakan lahan yang tidak subur. 

Sebagian lahan yang lain cukup subur sehingga mampu mendukung tumbuhnya tanaman sereal. Lahan subur ini terutama terdapat di Ukraina dan wilayah barat Rusia.

5. Kawasan Balkan

Di samping negara-negara yang telah disebutkan di atas, ada negara-negara yang disebut kawasan Balkan, yang sebagian adalah negara Eropa Timur dan Eropa Selatan. Negara-negara itu meliputi Slovenia, Kroasia, Bosnia, Yugoslavia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Macedonia, Albania, dan Yunani. 

Balkan berasal dari bahasa Turki yang artinya pegunungan. Bentang alam utama kawasan Balkan adalah pegunungan dan perbukitan kasar. Hampir seluruh kawasan ini pernah menjadi bagian dari imperium Turki selama berabad-abad. Peta di atas adalah peta kawasan Balkan. Untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Kawasan Benua Asia 

inShare

Title : Kawasan Benua Eropa
Description : Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Kawasan Benua Eropa ini terletak pada garis lintang antar...
Rating : 5

You Might Like :

Kawasan Benua Eropa

Kawasan di Benua Asia

Peran Indonesia di Asia Tenggara

Ekspor Impor sebagai Salah Satu Keg...

Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar