Label

Kamis, 05 Mei 2016

lagu nusantara

Materi ini terkait dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas IV. Berikut ini sedikit penjelasan tentang berbagai ragam lagu nusantara yang saya kutip dari buku relevan Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV. semoga bermanfaat.

BEBAGAI RAGAM LAGU NUSANTARA

Indonesia memiliki beraneka ragam lagu, diantaranya:

lagu daerahlagu anak-anaklagu wajiblagu nasional

Lagu-lagu tersebut merupakan kekayaan bangsa yang sangat tinggi nilainya. oleh karena itu, kita harus melestarikannya.

Lagu Daerah

Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menggunakan bahasa daerah tersebut. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki lagu daerah. meskipun lagu daerah, tetap dikenal dan dipelajari secara nasional.

Beberapa contoh lagu daerah nusantara

NoJudul LaguAsal Daerah1Bungong JeumpaAceh2ButetSumatera Utara3Tuduk PeriukSumatera Barat4SoleramRiau5Kicir-kicirJakarta6Es LilinJawa Barat7Suwe Ora JamuJawa Tengah8Tanduk MajengJawa Timur9JangerBali10Angin MamiriSulawesi Selatan11O Ina Ni Ke KeSulawesi Utara12Ampar-ampar PisangKalimantan Selatan13Burung TantinaMaluku14ApuseIrian Jaya
Lagu Anak-anak

Lagu anak-anak adalah lagu yang menggambarkan tentang kehidupan anak-anak dengan kegiatannya. Lagu anak-anak merupakan lagu yang sederhana, baik melodi maupun isi syairnya. Dibuat agar anak-anak dapat memahami isi syair lagu tersebut.

Beberapa contoh lagu anak-anak MP3 Lagu Anak-anak

NoJudul LaguPencipta1PelangiA.T. Mahmud2Menanam JagungIbu Sud3Topi Saya BundarIbu Kasur4Banun TidurPak Kasur5Nyanyian BurungPak Roso6Bintang KecilDaljono7Kasih IbuS.M. Mochtar8Menari GembiraBu Mur9Goyang KepalaSoetarno A.P.10Kelap-kelip Bintang KecilPopy S.11Lagu Kupu-kupuA.T. Mahmud12Kasih IbuS.M. Mochtar

Lagu Wajib

Lagu wajib merupakan lagu yang wajib dan dapat dinyanyikan oleh seluruh rakyat indonesia. Lagu wajib berisi semangat perjuangan bangsa dalam usaha mencapai kemerdekaan dan kemakmuran bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam lagu wajib adalah nilai persatuan dan kesatuan bangsa, patriotisme, dan cinta tanah air.

Beberapa contoh lagu wajib

NoJudul LaguPencipta1Indonesia RayaW.R. Supratman2Satu Nusa Satu BangsaL. Manik3Bagimu NegeriKusbini4Maju Tak GentarC. Simanjuntak5Dari Sabang Sampai MaraukeR. Sunaryo6Halo-halo BandungIsmail Marzuki7Hari MerdekaPrahar/Sudarnoto8Merah PutihH. Mutahar9Berkibarlah BenderakuIbu Sud10Indonesia Tetap MerdekaC. Simanjuntak11Rayuan Pulau KelapaIsmail Marzuki12Bangun Pemuda PemudiA. Simanjuntak13SyukurH. Mutahar

Syair lagu INDONESIA RAYA

Lagu Nasional

Lagu Nasional adalah lagu-lagu berbahasa Indonesia (nasional) yang berisi tentang segala aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Beberapa contoh lagu nasional

NoJudul LaguPencipta1Ibu Kita KartiniW.R. Supratman2Desaku Yang KucintaL. Manik3Indonesia PusakaIsmail Marzuki4Gugur BungaIsmail Marzuki5Nyiur HijauMaladi6Di Timur MatahariW.R. Supratman7Bambu RuncingDaljono/Kasmidi8Sepasang Mata BolaIsmail Marzuki9Pantang MundurTitik Puspa10Kulihat Ibu PertiwiCharles C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar