Label

Sabtu, 10 Desember 2016

Rangkuman Aneka gerak pada tumbuhan

Aneka gerak pada tumbuhan

 Tumbuhan juga melakukan gerak seperti halnya hewan dan manusia. Gerak pada tumbuhan disebabkan oleh adanya rangsangan. Gerak pada tumbuhan biasanya sangat lambat sehingga tidak terlihat oleh mata. Gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan hanya dilakukan pada bagian tertentu, misalnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar, ataupun pada bagian lembar daun tertentu.

2.      Gerak Higroskopis Gerak higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan kadar air. Contoh gerak higroskopis yang mudah kita lihat adalah pecahnya kulit buah polong-polongan, misalnya tumbuhan lamtoro, kembang merak, dan kacang buncis.

3.      Gerak endonom adalah gerak yang tidak disebabkan rangsangan dari luar melainkan dipengaruhi faktor dari dalam tubuh tumbuhan sendiri

4.      Gerak esinom adalah gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan.  Rangsangan: cahaya, sentuhan, suhu, air, gravitasi bumi, zat kimia dan sebagainya.

5.      Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang tidak dipengaruhi arah rangsang.

6.      Tropisme adalah pergerakan dalam pertumbuhan sel (umumnya pada sel tumbuhan) yang menyebabkan pergerakan organ tumbuhan utuh menuju atau menjauhi sumber rangsangan (stimulus).

7.      Fototropisme adalah pergerakan pertumbuhan tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya.

8.      Geotropisme atau Gravitropisme adalah pertumbuhan sel-sel tanaman karena dipengaruhi oleh gravitasi.

9.      Hidrotropisme adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan kelembapan atau air.

10.  Tigmotropisme adalah pergerakan pertumbuhan sel tanaman yang dirangsang oleh sentuhan.

11.  Termotropisme adalah pergerakan pertumbuhan tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa panas atau perubahan panas.

12.  Skontotropisme (bahasa Yunani, skotos, erarti kegelapan, kekelaman) adalah pergerakan pertumbuhan ke arah kegelapan.

13.  Kemotropisme adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan ke arah sumber rangsang yang berupa bahan kimia.

14.  Gerak Taksis Gerak taksis merupakan gerak pindah tempat yang dilakukan oleh organisme (biasanya bersel satu atau terdiri dari beberapa sel) atau bagian dari tumbuhan atau dapat diartikan Gerak seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh datangnya rangsang

15.  Fototaksis adalah gerak taksis yang disebabkan oleh adanya rangsangan berupa cahaya.

16.  Kemotaksis adalah gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan berupa zat kimia.

17.  Gerakan nasty berlangsung dalam waktu yang relative singakat (hanya berlangsung dalam waktu beberapa detik atau menit) dan bersifat sementara, sedangkan tropisme terjadi dalam waktu yang relative lama

18.  Gerakan nasty umumnya disebabkan oleh perbedaan tekanan turgor antara sel-sel pada salah satu sisi organ antara selsel pada salah satu sisi tanaman dengan sel-sel yang berlawanan, sedangkan tropisme umumnya umunya disebabkan oleh laju pertumbuhan atau pengembangan sel yang tidak seimbang antara  sel-sel pada sisi yang satu dengan sisi  yang lainnya pada organ tanaman.

19.  Arah gerak nasty tidak dipengaruhi oleh arah stimulus yang diterimanya, sedangkan tropisme dipengaruhi oleh arah stimulus yang diterimanya. Selain itu gerak nasty dapat terjadi karena  factor internal, sedangkan gerak tropisme hanya dipengaruhi oleh factor eksternal. 

20.  Gerak nasty terjadi atau berlangsung secara teratur sesuia dengan perubahan waktu pada setiap periode 24 jam dan terjadi akibat mekanisme yang berlangsung secara internal, hal ini disebut dengan jam biologi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar