Label

Selasa, 20 September 2016

Hujan buatan

Bumi merupakan salah satu planet di tata surya. Diantara semua planet yang ada di tata surya, maka Bumi (baca: struktur lapisan Bumi) merupakan satu- satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Makhluk hidup yang ada di Bumi terdiri atas manusia, binatang, tumbuh- tumbuhan dan juga organisme- organisme yang lainnya. Oleh karena itulah Bumi merupakan planet yang sangat spesial diantara planet- planet (baca: ciri- ciri planet) yang lainnya.

Planet Bumi bisa dihuni oleh makhluk hidup karena mempunyai berbagai macam elemen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Semua makhluk hidup yang ada di Bumi, baik manusia, binatang, tumbuh- tumbuhan maupun mikroorganisme membutuhkan beberapa elemen seperti udara (baca: ciri-ciri udara bersih), air (baca: jenis-jenis air di Bumi), serta sinar matahari (baca: bagian- bagian matahari). Semua elemen tersebut tersedia di Bumi dan bahkan bisa diperoleh secara gratis. Bumi mempunyai udara yang melimpah karena permukaan Bumi diselimuti oleh lapisan- lapisan udara. Bumi mempunyai persediaan air yang cukup karena permukaan Bumi terdiri atas dua macam, yakni daratan dan juga perairan. Selain itu Bumi juga mempunyai cukup cahaya matahari karena letak Bumi yang tidak terlalu jauh dari matahari, sehingga Bumi mendapatkan penyinaran yang cukup untuk kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Hujan Sebagai Peristiwa di Bumi

Sebagai planet yang dihuni oleh makhluk hidup, Bumi mempunyai berbagai peristiwa alam yang akan menyertai kehidupan makhluk hidup di kerak Bumi. Oleh karena itulah banyak sekali fenomena alam yang menakjubkan di Bumi. Peristiwa alam ini bisa terjadi karena adanya hubungan- hubungan secara alamiah di Bumi. Diantara berbagai macam peristiwa alam (baca: fenomena alam yang menakjubkan di dunia), salah satunya adalah hujan. Hujan merupakan peristiwa turunnya air yang terkandung dari awan menuju ke permukaan Bumi. Peristiwa turunnya hujan ini tidak terlepas dari peranan suhu dan juga sinar matahari. Hampir semua wilayah yang ada di Bumi mengalami peristiwa hujan.

Hujan Buatan

Dari sekian banyak macam- macam atau jenis hujan, ada satu hujan yang sangat unik. Hujan yang yang dimaksud adalah hujan buatan. Nah, lalu seperti apakah hujan buatan itu? Ya, sesuai dengan namanya, hujan buatan merupakan hujan yang terjadi karena dibuat oleh manusia. Hujan buata ini sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu. Adapun tujuan dari hujan buatan ini bisa bermacam- macam sesuai dengan kepentingan.

Hujan buatan ini dibuat oleh manusia dengan teknik menambahkan curah hujan. Cara membuat hujan ini adalah dengan penyemaian awan atau yang dikenal dengan cloud seeding. Cloud seeding ini membuat awan menggumpal dan di semai sehingga akan memberikan efek berupa turun hujan. Beberapa tempat yang sering melakukan hujan buatan ini adalah daerah yang membutuhkan hujan alami namun tidak kunjung turun hujan.

Cara Membentuk Hujan Buatan

Hujan buatan merupakan hujan yang diturunkan oleh manusia. Hujan buatan yang diturunkan oleh manusia ini melibatkan proses fisika. Cara membuat hujan buatan ini melalui Proses fisika yang dilakukan adalah dengan melibatkan proses tumbukan dan penggabungan kemudian diolah dengan proses pembentukan es atau ice nucleation. Kemudian pemilihan awan yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Hal ini berfungsi agar massa yang ditambahkan cukup untuk menurunkan hujan ke permukaan Bumi yang memberikan dampak positif bagi kehidupan makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar