Label

Sabtu, 12 November 2016

Kelelawar

mengenal kehidupan kelelawar untuk sd kelas vi
Diposting oleh Boyke B1zaPunBz pada 22:41, 23-Agu-14
Rangkuman ini dibuat dari buku BSE untuk Sekolah dasar kelas 6

Mengenal kehidupan kelelawar:

Kelelawar merupakan mamalia yang dapat terbang, ia tinggal di goa - goa dan di pohon - pohon yang tinggi, dan makanannya buah - buahan, serangga, dan juga menghisap madu. walaupun kelelawar bersayap, tetapi sayapnya berbeda dengan sayap unggas.

Sayap kelelawar berkulit lentur, dan kulit tersebut membentang di antara tulang - tulang d jari dan lengannya. dan bagian yang mirip cakar pada sayapnya merupakan ibu jari kelelawar yang berfungsi untuk mendaki di bebatuan, juga dalam memanjat pohon.

Pada siang hari, kelelawar tidur dengan cara menggantungkan dirinya di pohon, dengan posisi kepala di bawah dan kakinya dikaitkan pada tempat ia bergantung.

Kelelawar mencari makanan pada malam hari, dengan menggunakan pantulan bunyi ia dapat membedakan penghalang maupun benda di depannya, sehingga ia tidak menabrak benda di depannya, dan dapat mengetahui mangsanya.

Kemampuan ekolokasi pada kelelawar: adalah kemampuan kelelawar memancarkan gelombang bunyi berfrekuensi tinggi, dan akan memantul balik bila mengenai penghalang. sehingga ia tidak menabrak ketika terbang di malam hari.

Tambahan: dalam pengukuran kedalaman laut, dengan menggunakan Fathometer yang dipasang di atas kapal, dipancarkan gelombang bunyi ultrasonik ke dasar laut, dari selang waktu bunyi pantul diterima kembali di kapal, bisa dihitung kedalaman laut, demikian pula dengan panjang sebuah goa.

ini adalah rumus dalam Fisika untuk menghitung kedalaman laut

2 jarak = cepat rambat bunyi x selang waktu



0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar