Label

Sabtu, 12 November 2016

Tematik kelas enam buku 2

tematik sd 6 buku 2
Diposting oleh Boyke B1zaPunBz pada 20:58, 31-Okt-15
Rangkuman cetak tematik untuk sd kelas enam tema ke 2
Sumber : Magda
1. Indonesia dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad, karena :
* Bangsa Indonesia belum bersatu, dan mudah diadu domba
2. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai :
* adat - istiadat, suku, agama
3. Tumbuhan beradaptasi untuk :
* bertahan hidup dari cuaca dan lingkungan tempat hidupnya
4. teratai hidup di (air), ia berdaun (lebar ) dan (tipis). untuk mempermudah proses penguapan. batang dan akarnya mempunyai (rongga) udara yang berfungsi untuk menyimpan udara sehingga batang dan akar tetap bisa (bernapas) meskipun berada di dalam air.
5. enceng gondok hidup di (air), daunnya berlapis lilin, sehingga tidak basah ketika terkena (air), pangkal daunnya menggelembung sehingga dapat (mengapung) di air.
6. bakau hidup di (air), ia memiliki akar tunjang untuk menopang batangnya agar (tegak), selain itu, akar tunjang berfungsi untuk mengambil (sari makanan).
7. venus hidup di (darat), ia adalah tumbuhan insektivora, yaitu tumbuhan pemakan (serangga), dan serangga tersebut dicerna untuk diserap (nutrisinya).
8. mawar hidup di (darat), ia memiliki bunga yang menarik untuk mendatangkan (serangga), yang membantu (penyerbukan), mawar melindungi dirinya dengan (duri).
9. kantong semar hidup di (darat), ia termasuk tumbuhan insektivora, yaitu tumbuhan pemakan (serangga), bunga kantong semar mengeluarkan cairan untuk menarik (serangga), ujung daun kantong semar berbentuk (kantong), kantong tersebut berguna untuk menangkap (serangga), yang lalu dicerna oleh kantong semar untuk diambil (nutrisinya).
10. kaktus hidup di daerah (gersang), dengan curah hujan yang rendah, batang kaktus berukuran gemuk berisi cadangan (air), batang kaktus juga mengandung klorofil untuk proses (fotosintesis), kaktus berdaun kecil dan runcing seperti duri untuk mengurangi (penguapan air).
11. puteri malu hidup di (darat), batangnya bercabang - cabang, dan (berduri), daunnya akan (mengatup) bila disentuh
12. macam - macam bangun datar adalah (persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, belah ketupat, layang - layang, trapesium, lingkaran)
13. macam - macam segi tiga (sama sisi, sama kaki, siku - siku, lancip, tumpul)
14. permainan rangku alu berasal dari (Nusa Tenggara Timur), dilakukan untuk merayakan (hasil panen) perkebunan dan pertanian yang biasanya jatuh pada bulan juni hingga (juli) setiap tahunnya.
15. bambu merupakan tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang berongga dan beruas - ruas, serta berakar (serabut)
16. nama lain dari bambu (buluh, aur, eru)
17. bambu memiliki akar (serabut), tetapi tidak dikelompokAn ke dalam tumbuhan berkeping satu (monokotil), sebab bambu tidak memiliki (biji), bambu berkembang biak de gan (tunas) dan (setek batang), bambu tergolong keluarga rumput rumputan, di Cina dan Jepang , pisau dari bambu digunakan untuk memotong tali pusar bayi pada saat dilahirkan, dan jenasah orang yang meninggal diletakkan di atas alas yang terbuat dari (bambu)
17. Meranggas adalah : penyesuaian diri tumbuhan pada saat kekurangan air di musim kemarau dengan cara (menggugurkan daunnya)
18. Tujuan dari Meranggas di musim kemarau : mengurangi penguapan air
19. Contoh tanaman yang meranggas : jati, mahoni, randu, kedondong
20. Kaktus hidup di daerah yang panas beradaptasi dengan cara :
* memiliki daun yang menyerupai duri
* batang dilindungi oleh lapisan lilin
* Akar yang panjang untuk mencari air di dalam tanah
21. Tumbuhan dengan daun yang serupa duri bertujuan untuk : mengurangi penguapan air
22. Tumbuhan dengan batang yang berlapis lilin bertujuan untuk : menyimpan air
23. Daun yang lebar bermanfaat untuk : mempercepat proses penguapan
24. Contoh tanaman yang memiliki daun yang lebar : teratai, pisang, talas
25. Insektivora adalah sebutan untuk hewan pemakan : serangga
26. Tujuan tumbuhan memangsa serangga adalah untuk : mendapatkan nitrogen yang tidak terdapat pada tanah
27. Contoh tumbuhan pem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar