Label

Senin, 16 November 2015

faktor interaksi sosial

Faktor-Faktor Interaksi Sosial
Berlangsungnya interaksi sosial didasarkan dari beberapa faktor
antara lain sebagai berikut...
a. Sugesti, adalah pemberian pengaruh pandangan seseorang kepada
orang lain dengan cara tertentu, sehingga orang tersebut mengikut
pandangan/pengaruh tanpa dengan berpikir panjang.Contoh sugesti
adalah obat impor yang harganya mahal namun karena produk impor
dan dianggap manjur dalam menyembuhkan penyakit. Pernyataan
tersebut merupakan sugesti dari harga obat yang mahal dan embel-
embel produk luar negeri.
b.Imitasi, adalah tindakan atau usaha yang dilakukan untuk meniru
tindakan orang lain. Imitasi biasanya tidak dapat disadari dilakukan.
Contoh imitasi adalah seorang anak sering meniru kebiasaan-
kebiasaan orang tuanya misalnya cara berbicara, berpakaian, dan
makan. Namun imitasi dipengaruhi oleh lingkungannya khususnya
lingkungan sekolah.
c. Identifikasi, adalah kecenderungan atau keingingan dalam diri
seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Akibat dari
identifikasi adalah terjadinya pengaruh yang lebih dalam dari sugesti
dan imitasi karena identifikasi dilakukan secara sadar.
d. Simpati, adalah seseorang yang merasa tertarik pada orang lain.
Perasaan simpati dapat disampaikan oleh seseorang atau
sekelompok orang atau lembaga formal pada saat-saat khusus.
Contoh dari simpati adalah saat seorang tertimpa musibah. Perasaan
simpati biasanya menimbulkan perasaan yang sayang/
e. Motivasi, adalah dorongan yang diberikan kepada seseorang
individu kepada individu lainnya. Tujuan motivasi adalah agar orang
yang diberi motivasi atau dorongan untuk menuruti dan
bersemangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar