Label

Kamis, 05 Mei 2016

pkn sd 5 semester 2

HomeSD/MI

Soal Kelas 1Soal Kelas 2Soal Kelas 3Soal Kelas 4Soal Kelas 5Soal Kelas 6

Daftar IsiSMP/MTS

Soal Kelas 7Soal Kelas 8Soal Kelas 9

SMA/SMK

Soal Kelas 10

Bank Soal Blog GurukuHomeSD/MI- Soal Kelas 1- Soal Kelas 2- Soal Kelas 3- Soal Kelas 4- Soal Kelas 5- Soal Kelas 6Daftar IsiSMP/MTS- Soal Kelas 7- Soal Kelas 8- Soal Kelas 9SMA/SMK- Soal Kelas 10Bank Soal Blog Guruku

Home » Kumpulan soalulangan Kelas 5 » soal uts semester 2 » uts genap » Soal UTS PKN Kelas 5 Semester 2/ Genap Terbaru

Soal UTS PKN Kelas 5 Semester 2/ Genap Terbaru

Add Comment

Kumpulan soalulangan Kelas 5soal uts semester 2uts genap

Klik Soal UAS SEMESTER 2 Kelas 1 2 3 4 5 6 Terbaru

Kumpulansoalulangan [dot] com - Selamat datang kembali sobat sekalian, semoga dalam keadaan sehat selalu. Berikutnya adalah update Soal latihan UTS PKN Kelas 5 Semester 2/ Genap terbaru untuk tahun 2016. Seperti biasanya contoh soal latihan ini terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat dan essay.


Adapun Soal Soal UTS Kelas 5 Semester 2 yang sudah saya publish adalah sebagai berikut:
Soal UTS Matematika Kelas 5 Semester 2/ Genap Terbaru
Soal UTS IPA Kelas 5 Semester 2/ Genap Terbaru

Selanjutnya dibawah ini adalah bentuk dari Soal UTS PKn Kelas 5 KTSP semester 2/ genap, yaitu :

I. Pilihlah a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !

1. Tiga komponen paling penting dalam sebuah organisasi adalah ....

a. anggota, pengurus dan penasihat

b. anggota, pengurus dan tujuan organisasi

c. ketua, sekertaris dan anggota

d. ketua, sekertaris, dan bendahara

2. Pengurus yang paling bertangungjawab dalam sebuah organisasi ialah ....

a. bendahara

c. ketua

b. anggota

d. sekertaris

3. Tujuan pembentukan sebuah organisasi adalah ....

a. memilih pengurus

b. memudahkan pelaksanaan tujuan yang akan dicapai

c. menjadi wadah mengeluarkan pendapat

d. menjadi wadah belajar organisasi

4. Pengurus organisasi yang bertugas mengurus masalah administrasi organisasi adalah ....

a. bendahara

c. ketua

b. wakil ketua

d. sekertaris

5. Pengurus organisasi yang ditunjuk langsung oleh seluruh anggota organisasi disebut ....

a. interpelasi

c. interupsi

b. aklamasi

d. instruksi

6. Seorang calon pengurus organisasi dinyatakan menang dalam sebuah pemilihan pengurus anggota apabila memperoleh suara sebanyak ....

a. 50% dari jumlah suara yang sah

b. 50% + 1 dari jumlah suara

c. 50% + 1 dari jumlah suara yang sah

d. 50% dari jumlah suara semuanya

7. Salah satu manfaat masuk dalam organisasi di sekolah adalah ....

a. memiliki banyak teman

b. lebih maju dalam bidang tertentu

c. lebih disenangi oleh guru

d. meningkatkan kreativitas

8. Bendahara organisasi bertugas mengurus masalah ....

a. keanggotaan

c. keuangan

b. administrasi

d. kepengurusan

9. Sebelum dipilih,  seorang calon pengurus organisasi harus   melakukan .....

a. provokasi

c. propaganda

b. kampanye

d. diskusi

10. Badan yang membantu penyelenggaraan pemerintah desa adalah

a. BPD

c. yayasan

b. dewan kelurahan

d. ketua rukun warga

pecahan ke desimal dan persen

Materi pelajaran berikut ini yaitu tentang Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal yang akan kita bahas secara singkat pada postingan ini. Berikut uraian singkat materi Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal. Semoga materi ini dapat bermanfaat.

Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal


1. Menjadikan pecahan biasa ke bentuk persen

Untuk mengubah pecahan ke bentuk persen dengan mengubah penyebutnya. Penyebutnya diubah menjadi perseratus. Persen adalah bilangan pecahan yang penyebutnya 100. Pada gambar di atas terdapat 100 persegi. Bagian yang diarsir 75 bagian dari 100 bagian.

Sebagai pecahan biasa ditulis    dibaca 75 perseratus atau 75 persen yang ditulis 75%.

Perhatikan contoh berikut.


Ayo ubah ke bentuk persen. Salin di buku tugasmu.














Ayo Selesaikanlah, Salin dibuku tugasmu.
1. Karina mempunyai 20 bunga merah dan kuning. Jika Bunga merah 8 buah.

    a. Berapa persen bunga merah?

    b. Berapa persen bunga kuning?

2. Luki memiliki bola 40 buah. Bola biru ada 12 buah. Bola yang lain berwarna hijau.

    a. Berapa % bola berwarna biru?

    b. Berapa % bola berwarna hijau?

3. Murid kelas V ada 50 anak. Murid yang gemar matematika 20 anak yang lainnya gemar IPA.

    a. Berapa % yang gemar matematika?

    b. Berapa % yang gemar IPA?

4. Paman memelihara ayam 250 ekor. Jika 25 ekor ayamnya mati terkena penyakit.

    a. Berapa % ayam yang mati?

    b. Berapa % ayam sisanya?

5. Buku Doraemon ada 200 halaman. Vina telah membaca buku Doraemon 150 halaman.

    a. Berapa % halaman yang telah dibaca Vina?

    b. Berapa % halaman yang belum dibaca Vina?

2. Menjadikan persen ke pecahan biasa

Membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama. Contoh:








Coba jadikan dalam bentuk pecahan biasa. Salin di buku tugasmu.
1. 50% = ....
2. 75% = ....
3. 120% = ....
4. 40% = ....
5. 25% = ....
6. 150% = ....
7. 250% = ....
8. 80% = ....
9. 15% = ....
10. 90% = ....

3. Menjadikan pecahan biasa ke bentuk desimal

Dengan mengganti penyebutnya menjadi 10, 100, 1000, 10000. Atau dalam bentuk 

Perhatikan contoh berikut.













Ayo isilah titik-titik di bawah ini. Salin di buku tugasmu.














4. Menjadikan pecahan desimal menjadi pecahan biasa 

Menjadikan pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Di belakang koma satu angka berarti persepuluh, dua angka berarti perseratus, tiga angka berarti perseribu.



inShare

Title : Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal
Description : Materi pelajaran berikut ini yaitu tentang Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal yang akan kita baha...
Rating : 5

You Might Like :

Kumpulan Materi Matematika Kelas 5 ...

Menentukan KPK dan FPB

Pecahan ke Bentuk Persen dan Desima...

benua eropa

Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Kawasan Benua Eropa ini terletak pada garis lintang antara 71 derajat LU hingga 36 derajat LU serta berada pada garis bujur antara 66 derajat BT hingga 9 derajat BB. Benua Eropa terbagi menjadi empat kawasan. Antara lain Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, dan Eropa Timur. Berikut ini adalah peta Eropa, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.

1. Utara : Laut Arktik

2. Selatan : Laut Tengah

3. Barat : Samudra Atlantik

4. Timur : Pegunungan Ural

1. Eropa Barat

Eropa Barat meliputi Belgia, Nederland (Belanda), dan Luksemburg (disingkat Benelux), Jerman, Prancis, dan Swiss. Bagian tepi barat Eropa relatif datar, bagian agak ke tengah relatif bergunung-gunung.

Eropa barat memiliki iklim dingin. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lainnya adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin, yang ada di Belanda.

2. Eropa Utara

Negara-negara di Eropa Utara meliputi Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia. Kelompok negara-negara ini juga disebut negara-negara Skandinavia.

3. Eropa Selatan

Eropa Selatan meliputi Italia, Swiss, Spanyol, Portugal, dan Austria. Wilayah negara ini relatif bergunung-gunung berada pada iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.

4. Eropa Timur

Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Sebagian besar kawasan Eropa Timur merupakan bagian dari dataran Eropa besar yang membentang sampai jauh ke Rusia bagian barat. Beberapa bagian dari dataran ini merupakan lahan yang tidak subur. 

Sebagian lahan yang lain cukup subur sehingga mampu mendukung tumbuhnya tanaman sereal. Lahan subur ini terutama terdapat di Ukraina dan wilayah barat Rusia.

5. Kawasan Balkan

Di samping negara-negara yang telah disebutkan di atas, ada negara-negara yang disebut kawasan Balkan, yang sebagian adalah negara Eropa Timur dan Eropa Selatan. Negara-negara itu meliputi Slovenia, Kroasia, Bosnia, Yugoslavia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Macedonia, Albania, dan Yunani. 

Balkan berasal dari bahasa Turki yang artinya pegunungan. Bentang alam utama kawasan Balkan adalah pegunungan dan perbukitan kasar. Hampir seluruh kawasan ini pernah menjadi bagian dari imperium Turki selama berabad-abad. Peta di atas adalah peta kawasan Balkan. Untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Kawasan Benua Asia 

inShare

Title : Kawasan Benua Eropa
Description : Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Kawasan Benua Eropa ini terletak pada garis lintang antar...
Rating : 5

You Might Like :

Kawasan Benua Eropa

Kawasan di Benua Asia

Peran Indonesia di Asia Tenggara

Ekspor Impor sebagai Salah Satu Keg...

Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial ...

kawasan negara di asia


HomePKN- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6B.IND- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6MTK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPA- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPS- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6SBK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6PLBJ- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6BUKU-BUKU SD- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6- Pend. Agama IslamOLAHRAGALAIN-LAIN- Latihan Soal

Home » IPS kelas 6 » Kawasan di Benua Asia

Kawasan di Benua Asia

andre prima

Add Comment

IPS kelas 6

Wednesday, October 7, 2015

Benua Asia dikelompokkan menjadi lima kawasan, yaitu Asia BaratAsia TimurAsia Tengah,Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Beberapa istilah tersebut untuk menunjukkan kelompok negaranegara yang ada di kawasan tersebut. Apabila kalian perhatikan pada peta, Kawasan Benua Asia berbatasan dengan Eropa di barat, Laut Merah dan Benua Afrika di Barat Laut, Samudra Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di timur dan Laut Arktik di utara.


1. Asia Barat

Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat antara lain Arab Saudi, Israel, Palestina, Yordania, Lebanon, Syria, Iran, Irak, Kuwait, dan beberapa negara kecil di sekitarnya. Kawasan ini sering juga disebut kawasan Timur Tengah. Menurut orang Eropa letaknya di timur tetapi tidak terlalu jauh. Berikut ini adalah peta Asia Barat, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Wilayah Timur Tengah termasuk wilayah paling bergolak di dunia. Perebutan wilayah antara Palestina dengan Israel belum berakhir hingga saat ini.


Ciri khas kenampakan alam wilayah Timur Tengah yaitu tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir atau padang pasir, cuaca sangat panas hingga mencapai 50 derajat celcius di siang hari pada musim panas, dan sangat dingin pada musim dingin, hingga hanya beberapa derajat celcius. Bangunan abadi yang ada di wilayah ini terdapat di Arab Saudi, yaitu Kakbah di kota Mekah. Kakbah dijadikan arah salat (kiblat) bagi umat Islam.


2. Asia Timur

Negara-negara Asia Timur meliputi Cina termasuk Hongkong, Jepang, Korea, Mongolia, dan Taiwan. Orang Eropa menamakan kawasan Asia Timur sebagai Timur Jauh. Bagi orang Eropa letaknya di bagian timur sangat jauh. Republik Rakyat Cina (RRC) sebagian besar berupa wilayah bergunung-gunung, tanahnya relatif gersang. Iklimnya termasuk iklim sedang hingga dingin. Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal, disebut Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar Cina. Berikut ini adalah peta Asia Timur, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!


Di bagian lainnya adalah Korea. Korea terpecah menjadi dua negara sejak pertengahan abad kedua puluh. Korea Utara yang berideologi komunis dibantu oleh Uni Soviet dan RRC, sedangkan Korea Selatan dibantu oleh Amerika Serikat. Gagasan penyatuan kembali (reunifikasi) Korea terus berlangsung, tetapi sampai kini belum terwujud.

3. Asia Tengah

Asia Tengah meliputi negara-negara Tajikhistan, Turkmenistan, Uzbekhistan, dan Kazakhstan serta beberapa negara bekas Uni Soviet yang ada di bagian selatan. Tanahnya relatif gersang dan beriklim dingin. Berikut ini adalah peta Asia Tengah, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!


4. Asia Selatan

Kawasan negara-negara Asia Selatan hanya sedikit, yaitu India, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, dan Nepal. Dalam beberapa atlas sering kali Afghanistan dimasukkan dalam kawasan Asia Tengah. India tengah dan utara termasuk bergunung-gunung yang relatif gersang. 


Lahan subur ada di bagian selatan, di sekitar sungai-sungai besar termasuk Sungai Gangga. Kondisinya hampir sama dengan Pakistan dan Bangladesh. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal adalah Istana Taj Mahal yang ada di India. 


Pada intinya Asia Selatan adalah satu rumpun dengan India. Pada perkembangannya, India kemudian pecah menjadi beberapa negara, yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh. India mayoritas beragama Hindu, sedangkan Pakistan Barat dan Pakistan Timur pada awalnya merupakan satu negara yang penduduknya mayoritas beragam Islam. Selanjutnya Pakistan Timur memerdekakan diri dan berganti nama menjadi Bangladesh.

5. Asia Tenggara

Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. 


Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.

inShare

Title : Kawasan di Benua Asia
Description : Benua Asia dikelompokkan menjadi lima kawasan, yaitu Asia Barat , Asia Timur , Asia Tengah , As...
Rating : 5

You Might Like :

Kawasan Benua Eropa

Kawasan di Benua Asia

Peran Indonesia di Asia Tenggara

Ekspor Impor sebagai Salah Satu Keg...

perjuangan bangsa Indonesia melawan voc


HomePKN- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6B.IND- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6MTK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPA- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPS- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6SBK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6PLBJ- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6BUKU-BUKU SD- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6- Pend. Agama IslamOLAHRAGALAIN-LAIN- Latihan Soal

Home » IPS kelas 5 » Sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC

Sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC

andre prima

Add Comment

IPS kelas 5

Wednesday, January 1, 2014

Berikut ini saya akan share sedikit tentang sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC. Postingan ini saya rasa cukup penting bagi kita semua, terutama bagi generasi muda agar dapat meneruskan perjuangan kita dengan cara cinta tanah air, menghargai setiap jasa para pahlawan nusantara serta mengikuti setiap segi-segi positif dari para pahlawan nusantara. Berikut merupakan uraian singkat tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC. 


Sebelum kita ulas tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC, ada baiknya kita pelajari dahulu mengapa dan untuk apa bangsa VOC datang ke nusantara?
(baca materi Penjajahan VOC atas Indonesia)

Keberadaan VOC di Nusantara sangat mengganggu serta merugikan rakyat pribumi. Oleh sebab itu, rakyat pribumi memberanikan diri untuk melawan VOC. Beberapa perlawanan yang dilakukan rakyat pribumi terhadap  VOC antara lain sebgai berikut.

Perlawanan Sultan Agung Hanyakrakusuma dari Kesultanan MataramPerlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan BantenPerlawanan Trunajaya, Putra Bupati MaduraPerlawanan Sultan Hassanudin dari MakassarPerlawanan Untung Surapati dari daerah Banten

Masih banyak lagi pahlawan-pahlawan yang rela berkorban demi mempertahankan daerah Nusantara, seperti :

Perlawanan Pangeran Mangku Bumi dan Raden Mas SaidPerlawanan Pangeran DiponegoronPerlawanan Cut Nyak Dien, dan lain-lainPerlawanan Sultan Agung Hanyakrakusuma dari Kesultanan Mataram

Sultan Agung merupakan sultan terbesar Kerajaan Mataram. Ia dikenal sebagai pemimpin yang menentang penjajahan Belanda. Sultan Agung berusaha untuk mengusir VOC dengan cara mengadakan penyerbuan ke Batavia pada tahun 1628 dan 1629

 

Pada tanggal 21 September tahun 1628. Sultan Agung mengirim pasukannya dibawah pimpinan Tumenggung Baureksa yang dibantu oleh Adipati Ukur dan Temenggung Sura Agul-agul. Serangan tersebut mengalami kegagalan karena persenjataan Belanda lebih modern dan lengkap. Komando pasukan pertama yaitu Tumenggung Baureksa gugur dalam menjalankan tugasnya. Tahun ini juga dilakukan upaya penyerangan dengan cara membendung Sungai Ciliwung dan memberikan racun di sungai itu untuk membunuh pasukan Belanda. Taktik tersebut digunakan oleh pasukan yang dipimpin oleh Tumenggung Sura Agul-Agul, Bupati Mandurejo dan Upasanta, Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh Belanda.

Pada tahun 1629, Sultan Agung melakukan penyerangan yang kedua. Sultan Agung telah memerintahkan pembangunan lumbung-lumbung beras untuk persiapan bekal perang bagi pasukannya.  Sultan Agung menuju Batavia, pasukan Sultan Agung cukup kuat untuk menghadapi VOC. VOC menggunakan taktik yang lain. Lumbung-lumbung padi yang didirikan Sultan Agung dibakar habis oleh VOC. Akhirnya pasukan Sultan Agung dipukul mundur oleh VOC. Sultan Agung mengalami kegagalan. Namun dalam penyerangan yang kedua ini pasukan Mataram berhasil menguasai Benteng Hollandia milik Belanda serta berhasil membunuh Gubernur VOC, JP. Coen.

Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten

Sejak abad ke 16 Kesultanan Banten sudah menjadi salah satu pusat perdagangan dunia. Kedatangan VOC pertama kali ke Banten yang dipimpin oleh Cornelius de Houtman mendapat kecurigaan dari rakyat Banten. VOC sering membuat keonaran dan kekerasan terhadap rakyat Banten sehingga sering menimbulkan perselisihan diantara keduanya. Permusuhan ini semakin meningkat pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682) dan setelah dikuasainya Jayakarta (Batavia) oleh VOC pada 1619.

Perlawanan Sultan Ageng dapat dilumpuhkan setelah VOC dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen melakukan politik adu domba. Sultan Ageng di adu domba dengan anaknya yang bernama Sultan Haji. Sultan Haji mendapatkan bantuan VOC untuk memaksa ayahnya turun tahta kesultanan. Sebagai imbalannya, Sultan Haji harus menandatangani sebuah perjanjian yang isinya tentang Penyerahan beberapa bagian daerah kekuasaannya kepada VOC.

Sultan Haji mendapatkan bantuan dari pemerintah Benalnda untuk mengalahkan Sultan Ageng Tirtayasa. Dengan bantuan tersebut, pada tahun 1681 Sulatan Haji menyerang Sultan Ageng Tirtayasa. Akhirnya pada tahun 1683 Sultan Ageng Tirtayasa dapat ditangkap dan di bawa ke Batavia ditahan sampai meninggal pada tahun 1692.

Perlawanan Trunajaya, Putra Bupati Madura

Setelah Sultan Agung wafat, Sunan Amangkurat I menggantikan posisinya. Namun, Sunan Amangkurat  lebih berpihak kepada VOC sehingga membuat pejabat tidak puas dengan sikap pemimpinnya. Salah satunya adalah Trunajaya, Putra Bupati Madura. Trunajaya melakukan perlawanan pada tahun 1674 dan berhasil merebut Mataram. Sunan Amangkurat I melarikan diri bersama putranya yang bernama Adipati Anom. Tetapi dalam perjalanannya Sunan Amangkurat I meninggal di Tegal Arum.


Kedudukan Sunan Amangkurat digantikan oleh Adipati Anom. Setelah menjadi sultan, Adipati Anom bergelar Amangkurat II. Untuk menghadapi perlawanan Trunajaya, Adipati Anom minta bantuan ke VOC. Berkat bantuan VOC perlawanan Trunajaya dapat dilumpuhkan.

Perlawanan Sultan Hasanuddin dari Kesultanan Makasar

Makassar adalah kesultanan yang terletak di antara jalur pelayaran dari Malaka ke Maluku. Pusat pemerintahannya adalah di Sombaopu. Sultan Hasanuddin lahir di Makassar pada 11 januari 1631, dia merupakan putera dari Sultan Malik Asy-Said, Raja Gowa ke- 15. Nama lengkap Hasanuddin adalah I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe. Gelar Hasanuddin adalah Tumenanga Ri Balla Pangkana, hanya saja lebih dikenal dengan sultan Hasanuddin saja.

Semangat jihad yang telah tertanam didalam jiwanya sejak masih kanak-kanak kelak membuatnya menjadi pemimpin yang sangat berani, tegas dan mencintai kesyahidan. Hal ini terbukti saat memimpin rakyatnya melawan penjajah  VOC sehingga Belanda sendiri menyebut beliau sebagai De Haantjes van Het Oosten, yang memiliki arti “Ayam Jantan Dari Timur”.

Sepeninggal ayahnya,  Hasanuddin menjadi raja Gowa ke-16. Saat itu VOC tengah giat berusaha menguasai perdagangan rempah-rempah. Upaya ini mendapat tentangan dari kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara, tak terkecuali kerajaan Gowa yang juga menguasai jalur perdagangan di wilayah Timur Indonesia.


Tahun 1666, Laksamana Cornelis Speelman memimpin satu armada kapal perang untuk menundukan kerajaan-kerajaan kecil di  Sulawesi. Namun menundukan Gowa ternyata sangat sulit. Bahkan kerajaan Islam ini berusaha mempersatukan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia bagian timur untuk melawannya. Pertempuranpun tak bisa dihindarkan. VOC sempat kewalahan dan meminta bantuan armada perang dari Batavia. Kekuatan pun menjadi tidak imbang. Akhirnya Gowa terdesak dan melemah hingga pada 18 November 1667, Gowa bersedia mengadakan Perdamaian Bungaya di Bungaya.

Perjanjian ini tidak bertahan lama disebabkan Belanda berkhianat. Hasanuddin mengobarkan api jihad kembali. VOC kembali kewalahan menghadapi serbuan Mujahidin Gowa yang dipimpin Sultan Hasanuddin. Batavia segera mengirim kembali armada dan pasukan perang ke Sulawesi Selatan untuk membantu angkatan perang yang ada di sana. Pertempuran berjalan dengan sengit.

Tak lama kemudian seiring dengan datangnya bantuan dari Batavia, VOC akhirnya mampu menerobos benteng Sombaopu, benteng terkuat kerajaan Gowa pada 12 Juni 1669. Sultan Hasanuddin pun Gugur.

Perlawanan Untung Suropati dari daerah Banten

Untung Suropati merupakan putera Bali yang menjadi prajurit VOC di Batavia. Ketika Untung Suropati mendapat tugas untuk memadamkan perlawanan rakyat Banten, ia berhasil menangkap Pangeran Purbaya. Meskipun Untung Suropati telah menangkap Pangeran Purbaya, ia tidak tega untuk membunuh Purbaya sehingga dituduh sebagai pengecut oleh sesama opsir Belanda.

Antara tahun 1686 sampai 1706, Untung Suropati dan kawan-kawannya menyingkir ke Mataram dan bekerja sama dengan Sunan Mas atau Amangkurat III untuk melakukan perlawanan terhadap kompeni Belanda (VOC) dan membangun pertahanan yang berpusat di Pasuruan (Jawa Timur) dan dinobatkan menjadi Adipati dengan gelar Aria Wiranegara. Wilayah kekuasaan Untung Suropati meliputi Blambangan, Pasuruan, Probolinggo, Bangil, Malang, dan Kediri.

Pada tahun 1705, kompeni Belanda secara sepihak mengangkat Pangeran Puger sebagai Sunan Pakubuwana I untuk menggantikan Amangkurat III atau Sunan Mas. Pada saat Sunan Mas diturunkan oleh kompeni Belanda, ia bergabung dengan Untung Suropati.

Pada tahun 1706, wilayah pertahanan Untung Suropati diserbu oleh kompeni Belanda. Ketika pertempuran sengit terjadi, Untung Suropati gugur di Bangil dan Amangkurat III atau Sunan Mas tertangkap, kemudian diasingkan ke Sri Lanka.

inShare

Title : Sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC
Description : Berikut ini saya akan share sedikit tentang sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC. Postin...
Rating : 5

You Might Like :

Kerajaan Tarumanagara

Kerajaan Kediri

Kerajaan Mataram Hindu (Kuno)

Kerajaan Singasari

Kerajaan Majapahit

ulangan ips kelas 5

A. Pilihan Ganda

1. Tujuan Belanda datang ke Indonesia untuk ....

a. bertamasya 

b. mengembara 

c. berdagang

d. berpetualang

2. Pencetus sistem tanam paksa di Indonesia adalah ....

a. Van der Capellen 

b. Van den Bosch 

c. H.W. Daendels

d. Pieter Both

3. Perang Padri tahun 1825 timbul akibat ....

a. Belanda ikut campur membantu kaum adat

b. pertentangan kaum adat dengan kaum ulama

c. hasil panen rakyat dirampas oleh Belanda

d. penarikan pajak tanah yang cukup tinggi

4. Pahlawan yang mendapat gelar ”ayam jantan dari timur” adalah ....

a. Pangeran Antasari 

b. Sisingamangaraja XII

c. Imam Bonjol

d. Sultan Hasanuddin

5. VOC mengalami kemajuan pesat di bawah pimpinan ....

a. Daendels 

b. Van den Bosch 

c. Pieterzoen Coen

d. Pieter Both

6. Pembuatan jalan raya Anyer - Panarukan terjadi pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal ....

a. Pieter Both 

b. Daendels 

c. J.P. Coen

d. Jansen

7. Tokoh yang melawan Belanda pada 1825 – 1830 adalah ....

a. Sultan Agung 

b. Sultan Hasanuddin 

c. Sultan Ageng Tirtayasa

d. Pengeran Diponegoro

8. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati pada ....

a. 8 Maret 1942 

b. 1 September 1942 

c. 12 Februari 1942

d. 28 Maret 1942

9. Organisasi yang merintis pergerakan nasional Indonesia adalah ....

a. Budi Utomo 

b. Sarikat Islam 

c. Indische Partij

d. Perhimpunan Indonesia

10. Perlawanan terhadap Belanda di Pasuruan dipimpin oleh….

a. Trunojo 

b. Antasari 

c. Untung Surapati

d. Mohammad Toha

12. Untuk memecah belah kekuatan rakyat Indonesia, VOC melakukan siasat…

a. tipu muslihat 

b. adu domba 

c. gerilya

d. blokade

13. K.H. Zaenal Mustofa merupakan tokoh pejuang melawan Jepang di….

a. Cirebon 

b. Indramayu 

c. Garut

d. Singaparna

14. Untuk mematahkan perlawanan Pangeran Diponegera, Belanda mengutus .... untuk melakukan tipu muslihat.

a. Daendels 

b. Jenderal de Kock 

c. Pieterzoen Coen

d. Pieter Both

15. Sekutu menyerah kepada Jepang setelah pengeboman pangkalan militer di Hawai, yaitu pelabuhan ....

a. Pearl Harbour 

b. Bahama 

c. Nagasaki

d. Shanghai

B. Isian

1. Perlawanan Imam Bonjol di Sumatera dikenal sebagai perang ….

2. Belanda mendirikan VOC di Batavia pada tahun ….

3. Kerja paksa tanpa upah pada masa pendudukan Jepang disebut .…

4. Untuk memperkuat kedudukan di Maluku, Belanda mendirikan benteng .…

5. Perlawanan tentara Peta di Blitar dipimpin oleh .…

6. Kerja paksa pembuatan jalan raya pada zaman penjajahan Belanda di Pulau Jawa disebut ....

7. Tokoh perlawanan terhadap Jepang di Singaparna adalah .…

8. Agar memperoleh rempah-rempah yang banyak Belanda membentuk sarikat perdagangan yang disebut .…

9. Pertama kali Belanda datang ke Indonesia mendarat di ….

10. Keuntungan tanam paksa bagi Belanda ialah ….

C. Uraian.

1. Sebutkan sebab-sebab jatuhnya Nusantara dalam kekuasaan Belanda!

2. Sebutkan semboyan Gerakan Tiga A oleh Jepang!

3. Mengapa Jepang mengerahkan tenaga romusha?

4. Sebutkan perlawanan Peta yang terjadi di Indonesia!

5. Apa akibat sistem tanam paksa bagi Indonesia?

6. Mengapa prajurit Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang?

7. Apa tujuan Belanda membuat jalan raya dari Anyer sampai ke Penarukan?

8. Apa akibat pengerahan tenaga romusha bagi rakyat Indonesia?

9. Apa isi hukum adat Tawan Karang di Bali?

10. Jelaskan penyebab terjadinya Perang Diponegoro!

Baca artikel terkait :

>>> Penjajahan VOC atas Indonesia

>>> Sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan VOC

ulangan ipa tentang cahaya

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Berikut termasuk sumber-sumber cahaya, kecuali ....

   A. matahari

   B. batu

   C. lampu

   D. lilin

2. Benda yang dapat ditembus cahaya disebut ....

   A. benda bering

   B. benda gelap

   C. benda karuh

   D. benda coklat

3. Berikut adalah sifat-sifat cahaya, kecuali ....

   A. dapat dipantulkan

   B. dapat dibiaskan

   C. merambat lurus

   D. merambat berbalik

4. Pada hukum pemantulan cahaya, sudut datang sama dengan ....

   A. sudut pantul

   B. sudut pergi

   C. sudut titik

   D. sudut searah

5. Berkas cahaya dari pemantulan yang dihasilkan teratur dan sejajar disebut pemantulan ....

   A. difus

   B. baur

   C. teratur

   D. biasa

6. Pemantulan baur terjadi karena sinar mengenai permukaan benda ....

   A. halus

   B. kasar

   C. gelap

   D. bening

7. Bayangan yang dihasilkan sama dengan bendanya. Pemantulan terjadi pada cermin ....

   A. cembung

   B. cekung

   C. datar

   D. ganda

8. Bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung adalah ....

   A. semu, tegak, diperkecil

   B. semu, terbalik, diperkecil

   C. nyata, tegak, diperbesar

   D. nyata, terbalik, diperbesar

9. Pembiasan mempunyai arti ....

   A. penyatuan

   B. pemancaran

   C. perambatan

   D. pembelokan

10. Warna-warni di langit yang berasal dari titik-titik air hujan yang terkena sinar matahari disebut ....

     A. fatamorgana

    B. pelangi

    C. hujan

    D. petir

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Sebutkan empat sifat-sifat cahaya!

2. Gambarkan skema pemantulan cahaya secara normal!

3. Sebut dan terangkan secara singkat macam-macam cermin!

4. Gambarkan skema bila cahaya datang dari medium renggang ke medium yang lebih rapat!

5. Sebutkan spektrum cahaya pelangi!

 

Related articles

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang Bumi dan Alam SemestaSoal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang OrganisasiSoal IPS Kelas 5 Semester 2 Tentang Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan IndonesiaLatihan Soal Kelas 5 Semester 2 Tentang Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan NasionalLatihan Soal Cerita Matematika Kelas 5 Tentang Menjadikan Pecahan Biasa ke Bentuk PersenSoal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang Cahaya

soal ulangan pkn kelas 5

Soal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang Organisasi

Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas!

Apa yang dimaksud organisasi ?
Sebutkan kepengurusan dalam sebuah organisasi !
Apa saja tugas seorang ketua dalam sebuah organisasi ?
Sebutkan cara-cara memilih pengurus organisasi !
Sebutkan 3 contoh organisasi pemerintah !
Sebutkan 3 unsur contoh organisasi yang ada dilingkungan sekolah !
Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam organisasi !
Sebutkan macam-macam barang yang terdapat di koperasi sekolah kalian !
Sebutkan 3 contoh organisasi yang ada di lingkungan masyarakat kalian !
Sebutkan kegiatan-kegiatan yang ada dalam posyandu !

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya pelajari materi berikut ini.

>>> Mengenal Organisasi

>>> Cara Memilih Pengurus Organisasi

>>> Organisasi yang ada di sekolah dan di masyarakat

 

Related articles

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang CahayaSoal Matematika Kelas 5 tentang Menentukan Volume Kubus dan BalokSoal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang Keputusan BersamaSoal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang Bumi dan Alam SemestaSoal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang OrganisasiSoal IPS Kelas 5 Semester 2 Tentang Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia

soal ulangan ipa kelas 5

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1.   Gas yang dihirup manusia dalam proses pernapasan adalah ....
      a. oksigen
      b. karbondioksida
      c. hidrogen
      d. nitrogen

2.   Cacing bernapas menggunakan ....
      a. paru-paru
      b. insang
      c. kulit
      d. pundi-pundi

3.   Insang adalah alat pernapasan yang digunakan oleh ....
      a. manusia
      b. ikan
      c. cacing
      d. kuda

4.   Jika kita bernapas, maka gas yang kita keluarkan adalah ....
      a. H2O
      b. H2
      c. O2
      d. CO2

5.   Alat pernapasan manusia yang utama adalah ....
      a. paru-paru
      b. insang
      c. kulit
      d. pundi-pundi udara

6.   Kelengkapan alat pernapasan pada manusia adalah ....
      a. mulut - kerongkongan
      b. mulut - tenggorokan
      c. hidung - kerongkongan
      d. hidung - tenggorokan

7.   Proses perlumatan makanan oleh gigi kita disebut ....
      a. pencernaan secara mekanis
      b. pencernaan secara kimiawi
      c. pencernaan secara biologi
      d. pencernaan secara langsung

8.   Proses pencernaan makanan secara kimiawi dibantu oleh ....
      a. gigi
      b. enzim
      c. lidah
      d. bakteri

9.   Bagian lidah yang mengecap rasa manis adalah ....
      a. belakang
      b. depan
      c. samping kanan
      d. samping kiri

10. Gigi yang digunakan untuk merobek makanan adalah ....
      a. gigi seri
      b. gigi susu
      c. gigi geraham
      d. gigi taring

11. Gerakan meremas-remas pada dinding kerongkongan disebut gerakan ....
      a. mekanis
      b. kimiawi
      c. peristaltik
      d. mengunyah

12. Air yang berfungsi untuk melicinkan dan membasahi makanan agar mudah ditelan adalah ....
      a. minum
      b. liur
      c. murni
      d. mineral

13. Lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut lemak ....
      a. hewani
      b. nabati
      c. alami
      d. buatan

14. Vitamin yang berguna untuk mencegah gusi berdarah dan sariawan adalah ....
      a. vitamin A
      b. vitamin B
      c. vitamin C
      d. vitamin D

15. Frekuensi denyut nadi anak-anak berkisar antara ... denyut per menit.
      a. 60 - 70
      b. 70 - 80
      c. 80 - 90
      d. 90 - 100

B. Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut dengan benar!

1.   Jelaskan proses pernapasan pada ikan!
2.   Sebutkan organ pernapasan pada manusia!
3.   Sebutkan tiga jenis gigi! Jelaskan fungsinya!
4.   Sebutkan bagian-bagian lidah sebagai alat perasa!
5.   Berilah contoh susunan makanan bergizi (4 sehat 5 sempurna)!
6.   Apa yang kalian ketahui tentang pembuluh baik dan pembuluh nadi?
7.   Apa yang dimaksud peredaran darah besar?
8.   Sebutkan bagian-bagian dari jantung!
9.   Sebutkan tiga ciri penyakit leukimia!
10. Sebutkan tiga pola hidup sehat yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit!

 

Related articles

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang CahayaSoal Matematika Kelas 5 tentang Menentukan Volume Kubus dan BalokSoal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang Keputusan BersamaSoal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Tentang Bumi dan Alam SemestaSoal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 Tentang OrganisasiSoal IPS Kelas 5 Semester 2 Tentang Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia

ulangan ips kelas 5

Soal ulangan IPS kelas 5 semester II tentang perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional ini tujukan untuk mengasah kemampuan daya ingat anak kelas 5 sekolah dasar tentang materi perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional. Berikut contoh soal ulangan IPS kelas 5 semester II tentang perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional.

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang dianggap benar!

 1. Tujuan Belanda datang ke Indonesia untuk ....
     a. bertamasya
     b. mengembara
     c. berdagang
     d. berpetualang

2. Pencetus sistem tanam paksa di Indonesia adalah ....
     a. Van der Capellen
     b. Van den Bosch
     c. H.W. Daendels
     d. Pieter Both

3. Perang Padri tahun 1825 timbul akibat ....
     a. Belanda ikut campur membantu kaum adat
     b. pertentangan kaum adat dengan kaum ulama
     c. hasil panen rakyat dirampas oleh Belanda
     d. penarikan pajak tanah yang cukup tinggi

4. Pahlawan yang mendapat gelar ”ayam jantan dari timur” adalah ....
     a. Pangeran Antasari 
     b. Sisingamangaraja XII
     c. Imam Bonjol
     d. Sultan Hasanuddin

5. VOC mengalami kemajuan pesat di bawah pimpinan ....
     a.  Daendels 
     b. Van den Bosch
     c. Pieterzoen Coen
     d. Pieter Both


6. Pembuatan jalan raya Anyer - Panarukan terjadi pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal ....
     a. Pieter Both 
     b. Daendels
     c. J.P. Coen
     d. Jansen

7. Tokoh yang melawan Belanda pada 1825 – 1830 adalah ....
     a. Sultan Agung 
     b. Sultan Hasanuddin
     c. Sultan Ageng Tirtayasa
     d. Pengeran Diponegoro

8. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati pada ....
     a. 8 Maret 1942 
     b. 1 September 1942
     c. 12 Februari 1942
     d. 28 Maret 1942

9. Organisasi yang merintis pergerakan nasional Indonesia adalah ....
     a. Budi Utomo
     b. Sarikat Islam
     c. Indische Partij
     d. Perhimpunan Indonesia

10. Perlawanan terhadap Belanda di Pasuruan dipimpin oleh….
     a. Trunojo
     b. Antasari
     c. Untung Surapati
     d. Mohammad Toha

12. Untuk memecah belah kekuatan rakyat Indonesia, VOC melakukan siasat…
     a. tipu muslihat
     b. adu domba
     c. gerilya
     d. blokade 

13. K.H. Zaenal Mustofa merupakan tokoh pejuang melawan Jepang di….
     a. Cirebon
     b. Indramayu
     c. Garut
     d. Singaparna

14. Untuk mematahkan perlawanan Pangeran Diponegera, Belanda mengutus … untuk melakukan tipu muslihat.
     a. Daendels
     b. Jenderal de Kock
     c. Pieterzoen Coen
     d. Pieter Both

15. Sekutu menyerah kepada Jepang setelah pengeboman pangkalan militer di Hawai, yaitu pelabuhan ....
     a. Pearl Harbour
     b. Bahama
     c. Nagasaki
     d. Shanghai

16. Kerja paksa pada masa penjajahan Jepang disebut .…
     a. rodi 
     b. sheikirei
     c. kempetai
     d. romusha

17.  Perlawanan tentara Peta di Cilacap dipimpin oleh…
     a. Sudirman
     b. Khusaeri
     c. Supriyadi
     d. Sudarmo

18. Perlawanan tentara Peta di Blitar terjadi pada ….
     a. 20 November 1944
     b. 14 Februari 1945
     c. 16 April 1945
     d. 30 Juli 1945

B. Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1. Perlawanan Imam Bonjol di Sumatera dikenal sebagai perang ….
2. Belanda mendirikan VOC di Batavia pada tahun ….
3. Kerja paksa tanpa upah pada masa pendudukan Jepang disebut .…
4. Untuk memperkuat kedudukan di Maluku, Belanda mendirikan benteng .…
5. Perlawanan tentara Peta di Blitar dipimpin oleh .…
6. Kerja paksa pembuatan jalan raya pada zaman penjajahan Belanda di Pulau Jawa disebut ....
7. Tokoh perlawanan terhadap Jepang di Singaparna adalah .…
8. Agar memperoleh rempah-rempah yang banyak Belanda membentuk sarikat perdagangan yang disebut .…
9.  Pertama kali Belanda datang ke Indonesia mendarat di ….
10. Keuntungan tanam paksa bagi Belanda ialah ….

C. Ayo jawab pertanyaan berikut ini dengan tepat!

1. Sebutkan sebab-sebab jatuhnya Nusantara dalam kekuasaan Belanda!
2.  Sebutkan semboyan Gerakan Tiga A oleh Jepang!
3. Mengapa Jepang mengerahkan tenaga romusha?
4. Sebutkan perlawanan Peta yang terjadi di Indonesia! 
5. Apa akibat sistem tanam paksa bagi Indonesia?
6. Mengapa prajurit Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang?
7.  Apa tujuan Belanda membuat jalan raya dari Anyer sampai ke Penarukan?
8. Apa akibat pengerahan tenaga romusha bagi rakyat Indonesia?
9. Apa isi hukum adat Tawan Karang di Bali?
10. Jelaskan penyebab terjadinya Perang Diponegoro!

Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut silahkan anda baca

materi Penjajahan VOC atas Indonesiamateri Sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan VOCmateri Perjuangan tokoh daerah untuk mengusir penjajah belanda

soal latihan ipa kelas 6

Kumpulan Soal Latihan IPA SD Gaya dan Energi Kelas 6 SD
A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Gaya yang dilakukan beberapa orang ... daripada
oleh satu orang.
a. lebih besar
b. lebih kecil
c. sama besar
d. sebanding

2. Tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda
bergerak disebut ....
a. daya
b. kegiatan
c. gaya
d. kerja

3. Alat yang digunakan untuk mengukur besar
kecilnya gaya adalah ....
a. amperemeter
c. barometer
b. dinamometer
d. thermometer

4. Satuan gaya adalah ....
a. kilogram
b. meter
c. newton
d. joule

5. Berikut pengaruh gaya terhadap gerak benda,
kecuali ....
a. benda diam menjadi bergerak
b. benda bergerak menjadi berubah arah
geraknya
c. benda bergerak menjadi diam
d. balon berubah bentuk bila ditekan

6. Saat mendorong sebuah meja di lantai keramik,
akan terasa ....
a. lebih mudah
b. lebih sulit
c. sama saja
d. meja tidak bergerak

7. Untuk melakukan gerak, kita membutuhkan ....
a. tarikan
b. dorongan
c. gaya
d. energi

8. Alat rumah tangga yang dimanfaatkan untuk
mengubah energi listrik menjadi energi panas
adalah ....
a. kipas angin
b. setrika listrik
c. mobil mainan
d. radio

9. Bola lampu mengubah energi listrik menjadi
energi ....
a. suara
b. kimia
c. cahaya
d. gerak

10. Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi
suara adalah ....
a. kompor listrik
b. solder
c. bola lampu
d. bel listrik

Advertisement

lagu nusantara

Materi ini terkait dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas IV. Berikut ini sedikit penjelasan tentang berbagai ragam lagu nusantara yang saya kutip dari buku relevan Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV. semoga bermanfaat.

BEBAGAI RAGAM LAGU NUSANTARA

Indonesia memiliki beraneka ragam lagu, diantaranya:

lagu daerahlagu anak-anaklagu wajiblagu nasional

Lagu-lagu tersebut merupakan kekayaan bangsa yang sangat tinggi nilainya. oleh karena itu, kita harus melestarikannya.

Lagu Daerah

Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menggunakan bahasa daerah tersebut. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki lagu daerah. meskipun lagu daerah, tetap dikenal dan dipelajari secara nasional.

Beberapa contoh lagu daerah nusantara

NoJudul LaguAsal Daerah1Bungong JeumpaAceh2ButetSumatera Utara3Tuduk PeriukSumatera Barat4SoleramRiau5Kicir-kicirJakarta6Es LilinJawa Barat7Suwe Ora JamuJawa Tengah8Tanduk MajengJawa Timur9JangerBali10Angin MamiriSulawesi Selatan11O Ina Ni Ke KeSulawesi Utara12Ampar-ampar PisangKalimantan Selatan13Burung TantinaMaluku14ApuseIrian Jaya
Lagu Anak-anak

Lagu anak-anak adalah lagu yang menggambarkan tentang kehidupan anak-anak dengan kegiatannya. Lagu anak-anak merupakan lagu yang sederhana, baik melodi maupun isi syairnya. Dibuat agar anak-anak dapat memahami isi syair lagu tersebut.

Beberapa contoh lagu anak-anak MP3 Lagu Anak-anak

NoJudul LaguPencipta1PelangiA.T. Mahmud2Menanam JagungIbu Sud3Topi Saya BundarIbu Kasur4Banun TidurPak Kasur5Nyanyian BurungPak Roso6Bintang KecilDaljono7Kasih IbuS.M. Mochtar8Menari GembiraBu Mur9Goyang KepalaSoetarno A.P.10Kelap-kelip Bintang KecilPopy S.11Lagu Kupu-kupuA.T. Mahmud12Kasih IbuS.M. Mochtar

Lagu Wajib

Lagu wajib merupakan lagu yang wajib dan dapat dinyanyikan oleh seluruh rakyat indonesia. Lagu wajib berisi semangat perjuangan bangsa dalam usaha mencapai kemerdekaan dan kemakmuran bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam lagu wajib adalah nilai persatuan dan kesatuan bangsa, patriotisme, dan cinta tanah air.

Beberapa contoh lagu wajib

NoJudul LaguPencipta1Indonesia RayaW.R. Supratman2Satu Nusa Satu BangsaL. Manik3Bagimu NegeriKusbini4Maju Tak GentarC. Simanjuntak5Dari Sabang Sampai MaraukeR. Sunaryo6Halo-halo BandungIsmail Marzuki7Hari MerdekaPrahar/Sudarnoto8Merah PutihH. Mutahar9Berkibarlah BenderakuIbu Sud10Indonesia Tetap MerdekaC. Simanjuntak11Rayuan Pulau KelapaIsmail Marzuki12Bangun Pemuda PemudiA. Simanjuntak13SyukurH. Mutahar

Syair lagu INDONESIA RAYA

Lagu Nasional

Lagu Nasional adalah lagu-lagu berbahasa Indonesia (nasional) yang berisi tentang segala aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Beberapa contoh lagu nasional

NoJudul LaguPencipta1Ibu Kita KartiniW.R. Supratman2Desaku Yang KucintaL. Manik3Indonesia PusakaIsmail Marzuki4Gugur BungaIsmail Marzuki5Nyiur HijauMaladi6Di Timur MatahariW.R. Supratman7Bambu RuncingDaljono/Kasmidi8Sepasang Mata BolaIsmail Marzuki9Pantang MundurTitik Puspa10Kulihat Ibu PertiwiCharles C.

mengenal seni rupa terapan


HomePKN- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6B.IND- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6MTK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPA- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6IPS- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6SBK- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6PLBJ- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6BUKU-BUKU SD- Kelas 1- Kelas 2- Kelas 3- Kelas 4- Kelas 5- Kelas 6- Pend. Agama IslamOLAHRAGALAIN-LAIN- Latihan Soal

Home » SBK kelas 4 » Mengenal seni rupa terapan

Mengenal seni rupa terapan

andre prima

Add Comment

SBK kelas 4

Wednesday, December 11, 2013

Perhatikan gambar berikut !


Benda-benda tersebut merupakan beberapa contoh karya seni rupa terapan. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya dan adat istiadat yang beraneka ragam. Keanekaragaman budaya tersebut salah satunya dapat dilihat pada karya seni rupa yang dihasilkan.

Apa yang dimaksud karya seni rupa terapan?

Karya seni rupa terapan disebut juga karya seni rupa aplikatif, yaitu karya seni rupa yang telah diterapkan atau diaplikasikan pada bentuk-bentuk fungsional. Bentuk fungsional yaitu segala bentuk yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya dapat berupa perhiasan, pakaian, perabot rumah tangga, perleng kapan makan, perlengkapan pertunjukan, atau perlengkapan ibadah. Berikut ini adalah jenis dan ciri-ciri karya seni rupa tiap-tiap daerah.

1. Karya seni ukir

 Seni ukir terapan yang dapat kita lihat misalnya pada mebel, hiasan bangunan, bingkai lukisan, dan bingkai cermin. Daerah-daerah yang terkenal dengan karya seni ukirnya yaitu Toraja, Bali, dan Jepara.

Tiap daerah tersebut memiliki ciri atau keistimewaan sendiri-sendiri. Keistimewaan itu ter dapat dalam motif hias, bahan, maupun teknik pembuatannya. Hampir semua motif hias pada ukiran toraja berupa motif hias geometris yang tidak dapat kita temukan pada karya ukiran dari daerah lain. Lain halnya dengan ukiran bali. Ukiran bali kebanyakan bersifat natu-ralis. Ukiran bali kebanyakan berupa ukiran daun yang cembung dan gemuk, bentuk-bentuk mitologi kepala raksasa, gajah, dan naga.

2. Karya seni keramik
Karya keramik dalam bentuk seni terapan banyakkita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk karya seni keramik terapan di antaranya berupa perlengkapan makan dan minum, guci, peralatan memasak, serta hiasan bangunan.

3. karya seni topeng
 Selain berfungsi sebagai properti tari, topeng juga sering difungsikan sebagai hiasan dinding. Daerah yang terkenal akan kerajinan topeng yaitu Surakarta, Bali, dan Jawa Barat. Topeng bali didominasi oleh bentuk raksasa jahat dengan lidah panjang yang menjulur keluar. Topeng surakarta bercirikan rias wayang orang gaya Surakarta, yaitu ksatria yang digambarkan dengan wajah putih, mata sipit, dan bibir demesatau rapi. Topeng jawa barat mendekati penggambaran wayang golek sunda dengan ciri umum humoris atau jenaka.

4. Karya seni kerajinan perak 
Kotagede di Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan seni kerajinan perak. Adapun jenis-jenis kerajinan yang dihasilkan antara lain: aneka perhiasan, penahan tirai, penahan kawat nyamuk, dan miniatur becak. 

5. Karya seni tekstil
Seni tekstil dalam bentuk seni terapan di antaranya berupa kain batik, sarung tenun, dan aneka sulaman. Karya seni tekstil tersebut diaplikasikan pada benda-benda pakai, misalnya pakaian, taplak meja, sarung bantal, dan tas. 

Di Indonesia batik dibuat di berbagai daerah, terutama di Pulau Jawa. Jawa Tengah merupakan pusat kegiatan pembatikan. Dua kota di wilayah ini yang paling produktif menghasilkan batik adalah Surakarta dan Pekalongan.

Batik surakarta dan batik pekalongan memiliki keunikan tersendiri. Banyak ragam hias batik surakarta yang mengan dung simbol. Sebagai contoh ragam hias sawat atau lar menyimbolkan mahkota atau penguasa, ragam hias meru menyimbolkan gunung atau tanah, dan ragam hiasnaga melambangkan banyu atau air. Warna-warna batik surakarta monoton, dan didominasi oleh warna-warna gelap, misalnya hitam, cokelat, dan merah marun. Sebaliknya, batik pekalongan lebih variatif dalam warna dan ragam hiasnya pun naturalistik.

Setiap hasil karya rupa patut kita apresiasi. Apresiasi karya seni rupa berarti menilai atau menghargai karya seni tersebut. Ada banyak hal yang dapat dijadikan dasar penilaian, diantaranya: komposisi, warna, fungsi, dan nilai keindahan karya seni tersebut.

Sumber : Buku BSE SBK Kelas 4

inShare

Title : Mengenal seni rupa terapan
Description : Perhatikan gambar berikut ! Benda-benda tersebut merupakan beberapa contoh karya seni rupa ter...
Rating : 5