Cermin cekung bersifat konvergen, artinya: mengumpulkan cahaya.
Bagian depan cermin cekung berfungsi untuk memantulkan cahaya.
Sinar pantul pada cermin cekung dapat ditangkap oleh layar, dan dapat membentuk bayangan nyata.
Tiga sinar istimewa pada cermin cekung:
1/. Sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama, dipantulkan melalnui titik fokus.
2/. Sinar datang yang melalui titik fokus, dipantulkan sejajar sumbu utama.
3/. Sinar datang yang melewati titik pusat, dipantulkan kembali lewat titik pusat.
Jarak antara titik O dengan titik F disebut 4titik fokus.
Jarak antara titik O dengan P, disebut R.
R = 2 f dan f = 1/2 R
Bila ruang bayangan > ruang benda, maka bayangan diperbesar.
Bila ruang bayangan < ruang benda, maka bayangan diperkecil.
Ruang 4 berada di belakang cermin cekung. Nah bayangan di ruang 4 bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
Bila benda di ruang 1 yaitu antara titik O dengan F maka bayangan benda akan berada di ruang 4.
Ruang 2 berada di antara titik F dan P.
Ruang 3 terletak dari titik P ke arah kiri.
Bila benda berada di F, maka tidak ada bayangan.
Bila benda di P, bayangan di P yang di bawah sumbu utama, dan tinggi benda = tinggi bayangan.
Kalau bayangan di depan cermin cekung, selalu terbalik.
Bila hasil hitungan untuk S1 adalah negatif, maka bayangan di belakang cermin cekung dan bersifat maya.
Bagian depan cermin cekung berfungsi untuk memantulkan cahaya.
Sinar pantul pada cermin cekung dapat ditangkap oleh layar, dan dapat membentuk bayangan nyata.
Tiga sinar istimewa pada cermin cekung:
1/. Sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama, dipantulkan melalnui titik fokus.
2/. Sinar datang yang melalui titik fokus, dipantulkan sejajar sumbu utama.
3/. Sinar datang yang melewati titik pusat, dipantulkan kembali lewat titik pusat.
Jarak antara titik O dengan titik F disebut 4titik fokus.
Jarak antara titik O dengan P, disebut R.
R = 2 f dan f = 1/2 R
Bila ruang bayangan > ruang benda, maka bayangan diperbesar.
Bila ruang bayangan < ruang benda, maka bayangan diperkecil.
Ruang 4 berada di belakang cermin cekung. Nah bayangan di ruang 4 bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
Bila benda di ruang 1 yaitu antara titik O dengan F maka bayangan benda akan berada di ruang 4.
Ruang 2 berada di antara titik F dan P.
Ruang 3 terletak dari titik P ke arah kiri.
Bila benda berada di F, maka tidak ada bayangan.
Bila benda di P, bayangan di P yang di bawah sumbu utama, dan tinggi benda = tinggi bayangan.
Kalau bayangan di depan cermin cekung, selalu terbalik.
Bila hasil hitungan untuk S1 adalah negatif, maka bayangan di belakang cermin cekung dan bersifat maya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar