MINGGU, 25 OKTOBER 2015
rangkuman bahasa indonesia kelas tujuh bab dua
Rangkuman Bahasa Indonesia bab dua SMP kelas satu
Sumber : Audrey L.
1. Berita adalah : kabar / informasi yang disampaikan kepada orang lain
2. Dua cara penyampaian berita adalah :
.. a/. Secara tertulis melalui surat kabar, mading ( majalah dinding ). surat, majalah.
.. b/. Secara lisan melalui radio & televisi
3. Mengapa mendengarkan berita melalui radio lebih sulit dipahami daripada mendengarkan berita melalui tv, maupun membaca dari surat kabar ?
.. karena mendengarkan berita dari radio tidak didukung dengan gambar maupun foto
4. Bagaimana cara mendengarkan berita dari radio ?
.. harus konsentrasi saat mendengarkan agar dapat memahami isi berita
5. Apa yang harus dilakukan agar dapat memahami isi berita yang didengar dengan baik ?
.. a/. Memusatkan perhatian pada berita yang dibacakan
.. b/. Mencatat pokok - pokok berita yang dibacakan
.. c/. Membaca kembali pokok - pokok berita yang sudah dicatat
.. d/. Menguraikan kembali isi berita sesuai dengan pemahamanmu
6. Apa arti komunikasi ?
.. memberitahukan sesuatu kepada seseorang
7. Berikan contoh komunikasi !
.. a/. Bayi menangis saat lapar
.. b/. Dua sahabat yang sedang membicrakan pertandingan olah - raga di siaran tv
., c/. Tuna - rungu berbicara dengan bahasa isyarat
8. Kapan abjad pertama kali ditemukan ?
.. 1.500 SM
9. Apa yang terjadi setelah penemuan abjad ?
.. menulis dengan kata - kata sebagai pengganti gambar
10. Pokok berita adalah ?
.. gagasan pokok dalam berita
11. Isi berita dapat berupa apa saja ?
.. a/. Fakta : peristiwa yang benar - benar terjadi
.. b/. Opini : pendapat, pandangan, pemikiran
12, Bagaimana cara menemukan hal-hal yang perlu ditanggapi ?
... memilah fakta dengan opininya terlebih dahulu
13. Berikan contoh kalimat tanggapan !
.. a/. Menurut pendapat saya ..
.. b/. Saya berpendapat bahwa ..
.. c/. Saya sependapat dengan ..
.. d/. Saya kurang sependapat dengan ..
14. Bagaimana ciri-ciri kalimat tanggapan yang baik ?
... a/. Tidak menyudutkan pihak tertentu
... b/. Bersifat santun
... c/. Berisi tanggapan yang positif
15. Apa saja yang harus diperhatikan saat menyampaikan tanggapan ?
... a/. Lafal dan suara yang jelas
... b/. Uraian yang singkat sehingga mudah dimengerti
... c/. Menggunakan kalimat yang santun
16. Kalimat berita adalah ...
.... Kalimat yang memberitakan suatu hal
17. Berdasarkan ada atau tidaknya pemarkah negatif, maka kalimat berita dibagi menjadi ..
... a. Kalimat berita positif yang tidak mengandung pemarkah negatif
.... b. Kalimat berita negatif yang mengandung pemarkah negatif
.... c. Contoh pemarkah negatif : tidak, tak, tiada, bukan.
18. Mengapa bercerita merupakan kegiatan yang menghibur ?
.... memberikan manfaat kepada pencerita dan pendengar
.... dapat menjalin keakraban antara pencerita dan pendengar
19. Apa yang harus diperhatikan agar dapat bercerita dengan baik ?
.... a. Banyak latihan
.... b. Bisa berkomunikasi dengan baik
20. Contoh alat peraga yang digunakan dalam bercerita !
.... boneka, wayang
21. Apa manfaat penggunaan alat peraga dalam bercerita ?
.... untuk menggambarkan karakter tokoh
.... untuk alat peraga yang berbeda, suara tiap tokoh juga berbeda
.... kesesuaian suara dengan gerakan alat peraga
22. Apa saja yang harus diperhatikan saat bercerita ?
.... Lafal, suara, intonasi, mimik, gestur, kata seru, kalimat pembuka, dan kalimat penutup.
23. Hal - hal yang harus diperhatikan saat bercerita dalam rincian / detail !
...,. Lafal : pengucapan harus jelas
.... Suara dalam bercerita harus jelas, harus memperhatikan ada tidaknya sound system
.,,,, Intonasi : lagu kalimat harus disesuaikan dengan isi kalimat
..,, Mimik : ekspresi wajah, bila bercerita dengan menggunakan alat peraga, mimik tidak diperlukan
.... Gestur / gerak - gerik tubuh yang mendukung penyampaian cerita
.... Kata seru untuk mengekspresikan sesuatu
.,,,. Kalimat pembuka dan kalimat penutup yang menghubungkan pencerita dengan pendengar
.... alat peraga disesuaikan dengan tokoh yang diperagakan
24. Arti dari memindai adalah .,,,
.... teknik membaca untuk mendapatkan informasi tanpa membaca yang lain-lain, langsung ke masalah yang dicari
25. Teknik membaca memindai diterapkan untuk membaca
..., kamus, mencari nomer telpon, mencari acara tv di daftar siaran tv
26. Kamus adalah ..,,
.... buku yang memuat kata-kata yang tersusun secara abjad / entri atau lema
27. Huruf n pada kamus adalah label untuk ...,
..,, nomina / kata benda
28. Contoh singkatan - singkatan yang umum dipakai adalah ...
.... dengan = dgn
.,,,. yang = yg
.... seperti = spt
..., sebagai = sbg
..,, dari = dr
29. Ceritakan langkah-langkah dalam membaca memindai kamus ?
.... a. Menentukan entri / lema yang dicari
..., b. Membuka halaman kamus yang memuat kata-kata yang huruf awalnya = huruf entri / lema yang dicari
.... c. Menemukan entri / lema yang dicari dengan cepat
..,, d. Membaca keterangan yang menyertai entri / lema dan memilih makna yang sesuai konteks
30. Kata - kata istilah komunikasi ..
... internet, informasi, berita, satelit
.... surat, surat kabar, majalah
.... faksimili, telegram, email, sms
.... radio, tv
..,. Telepon, handphone
.... brosur, iklan
31. Berdasarkan isinya surat dibagi menjadi dua yaitu ...
.... surat pribadi, dan surat dinas
32. Surat pribadi dibagi menjadi .....
..... a. Surat pribadi yang bersifat resmi : surat kepada wali kelas. Surat lamaran pekerjaan.
.... b. Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan : surat untuk keluarga, teman, kenalan.
33. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat kekeluargaan artinya ..
.... bahasa yang penuh kekeluargaan
34. Unsur - Unsur apa saja dalam surat pribadi ?
.,,, nama kota, tanggal, bulan, tahun, sebuah surat ditulis
Tangerang, 17 Nopember 2005
,,,, nama penerima surat dan alamatnya
Dear Tasya yang imut
Jln. Lebak Bulus 1/46
Jaksel 12430
.... salam pembuka
Tasya yang baik
.... isi surat
saya suka dengan penampilanmu yang sederhana, dan suaramu yang merdu saat menyanyi .,,,
.,,, salam penutup
udah dulu ya, terima kasih
.... identitas penulis surat
Dari: Kartika
Jln. Jambu 3/8
Binong Permai
Tangerang
sekian rangkuman BI pelajaran 2 untuk persiapan menghadapi ulangan
terima kasih buat : Audrey L.
Rangkuman bi pelajaran 3 untuk persiapan menghadapi ulangan
1. Apa yang kamu ketahui tentang dongeng ?
+ salah satu bentuk karya sastra yang isinya cerita khayalan
+ mengandung pesan moral yang tinggi dan bisa dijadikan pedoman hidup melalui karakter / watak tokohnya
2. Dongeng yang terkenal di Indonesia
+ Legenda Gunung Batur di Bali
+ Legenda Danau Toba
+ Timun Emas
+ Sangkuriang
+ Bawang Merah - Bawang Putih
3. Contoh dongeng dari mancanegara
+ Legenda Bangsa Samurai
+ Abunawas
+ Ali Baba
+ Kisah 1001 malam
4. unsur - Unsur dongeng
+ tema : gagasan pokok yang mendasari cerita. tema bisa berupa kejujuran, kesetiaan, kepahlawanan
+ alur / rangkaian peristiwa yang saling menyambung dengan urutan yang logis. misalnya: dari kelahiran tokoh, ia dibesarkan, lalu menikah dengan seseorang, hingga meninggal dunia
+ Latar : unsur dongeng / cerita yang berkaitan dengan tempat dan waktu. misalnya: di hutan. di sebuah istana.
+ Tokoh : pelaku dalam dongeng beserta sifat-sifatnya yang membedakan dari tokoh yang lain.
+ Amanat : pesan moral di dalam dongeng
5. Bahan untuk diceritakan kepada orang lain dan manfaat dari bercerita
+ bahan cerita ke orang lain: pengalaman hidup, yang baik memacu orang lain untuk berbuat baik. pengalaman hidup yang buruk agar tidak terjadi dalam hidup orang lain.
6. Kata sapaan merupakan kata - kata yang digunakan untuk menyebut orang : kedua
+ contoh : " Siapakah yang menjemput kita di Bandara Adi Sucipto, Bu? " tanyaku kepada ibu. kata " Bu " merupakan kata sapaan. dan kata sapaan ditulis dengan Huruf kapital.
7. kata ganti : untuk menggantikan orang, atau benda.
contoh: ku pada tanyaku, aku, engkau, dan dia.
+ khusus untuk kata ganti ku, kau, mu, dan nya ditulis serangkai dengan Huruf kecil
8. Kata acuan : kata untuk menyebut orang pertama, ( orang yang berbicara ) dan orang ketiga ( orang yang dibicarakan )
contoh:
" Sampaikan kepada Nenek, Ibu akan datang lusa, " kata wanita itu pada anaknya.
Kata Nenek dan Ibu merupakan kata acuan dan kata acuan ditulis dalam huruf kapital
9. Kata gelar : kata sebagai sebutan kehormatan, kebangsawanan, kesarjanaan, yang biasanya ditambahkan pada nama orang
Contoh: Haji Misbakhul Munir adalah teman lama ibuku.
+ kata Haji merupakan gelar. penulisan kata gelar dengan huruf kapital bila diikuti dengan nama orang
10. Memberi komentar :
+ komentar adalah tanggapan terhadap suatu hal.
+ komentar dapat berupa pujian, kritik, saran, pertanyaan.
+ komentar diberikan setelah benar-benar mengetahui isi cerita
+ sebelum memberikan komentar carilah hal-hal yang menarik dari suatu cerita
+ hal - hal menarik dalam suatu cerita berkaitan dengan
a. nama tokoh, watak tokoh,
b, tempat kejadian
c. peristiwa yang dialami oleh tokohnya
d, hikmah dari cerita
11. mengenal pantun anak
+ pantun tergolong puisi lama
+ mula - mula pantun digunakan untuk menghibur di waktu luang
+ dalam pantun terdapat pesan moral
12. mengapa dibutuhkan konsentrasi dan jiwa seni untuk bisa Menyusun pantun ?
+ karena menyatakan pikiran dengan cara bersajak lebih sukar daripada cara penyampaian secara biasa
13. syarat pantun
+ tiap bait terdiri dari 4 baris
+ tiap baris terdiri dari 8 - 12 suku kata
+ baris pertama dan kedua merupakan sampiran
+ baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun
+ bersajak a- b a - b
14. jenis pantun anak
a. pantun jenaka : berisi hal-hal yang lucu dalam hiburan, sindiran
b. pantun nasihat / pantun orang tua berisi nasehat / petuah
c. pantun anak - anak yang berisi permainan, suka cita, duka cita, yang bersifat kekanak - kanakan
d. pantun muda - mudi tentang percintaan
e. pantun teka - teki
15. Langkah - langkah dalam menulis pantun
a. menyusun sampiran / isi dahulu
b. baru Menyusun bait kesatu dan kedua
c. bait kesatu bersajak sama dengan bait ke 3
d. bait ke dua bersajak sama dengan bait ke 4
Sumber: SMP Sang Timur
Oleh: Audrey L.
rangkuman bahasa indonesia kelas tujuh bab dua
Rangkuman Bahasa Indonesia bab dua SMP kelas satu
Sumber : Audrey L.
1. Berita adalah : kabar / informasi yang disampaikan kepada orang lain
2. Dua cara penyampaian berita adalah :
.. a/. Secara tertulis melalui surat kabar, mading ( majalah dinding ). surat, majalah.
.. b/. Secara lisan melalui radio & televisi
3. Mengapa mendengarkan berita melalui radio lebih sulit dipahami daripada mendengarkan berita melalui tv, maupun membaca dari surat kabar ?
.. karena mendengarkan berita dari radio tidak didukung dengan gambar maupun foto
4. Bagaimana cara mendengarkan berita dari radio ?
.. harus konsentrasi saat mendengarkan agar dapat memahami isi berita
5. Apa yang harus dilakukan agar dapat memahami isi berita yang didengar dengan baik ?
.. a/. Memusatkan perhatian pada berita yang dibacakan
.. b/. Mencatat pokok - pokok berita yang dibacakan
.. c/. Membaca kembali pokok - pokok berita yang sudah dicatat
.. d/. Menguraikan kembali isi berita sesuai dengan pemahamanmu
6. Apa arti komunikasi ?
.. memberitahukan sesuatu kepada seseorang
7. Berikan contoh komunikasi !
.. a/. Bayi menangis saat lapar
.. b/. Dua sahabat yang sedang membicrakan pertandingan olah - raga di siaran tv
., c/. Tuna - rungu berbicara dengan bahasa isyarat
8. Kapan abjad pertama kali ditemukan ?
.. 1.500 SM
9. Apa yang terjadi setelah penemuan abjad ?
.. menulis dengan kata - kata sebagai pengganti gambar
10. Pokok berita adalah ?
.. gagasan pokok dalam berita
11. Isi berita dapat berupa apa saja ?
.. a/. Fakta : peristiwa yang benar - benar terjadi
.. b/. Opini : pendapat, pandangan, pemikiran
12, Bagaimana cara menemukan hal-hal yang perlu ditanggapi ?
... memilah fakta dengan opininya terlebih dahulu
13. Berikan contoh kalimat tanggapan !
.. a/. Menurut pendapat saya ..
.. b/. Saya berpendapat bahwa ..
.. c/. Saya sependapat dengan ..
.. d/. Saya kurang sependapat dengan ..
14. Bagaimana ciri-ciri kalimat tanggapan yang baik ?
... a/. Tidak menyudutkan pihak tertentu
... b/. Bersifat santun
... c/. Berisi tanggapan yang positif
15. Apa saja yang harus diperhatikan saat menyampaikan tanggapan ?
... a/. Lafal dan suara yang jelas
... b/. Uraian yang singkat sehingga mudah dimengerti
... c/. Menggunakan kalimat yang santun
16. Kalimat berita adalah ...
.... Kalimat yang memberitakan suatu hal
17. Berdasarkan ada atau tidaknya pemarkah negatif, maka kalimat berita dibagi menjadi ..
... a. Kalimat berita positif yang tidak mengandung pemarkah negatif
.... b. Kalimat berita negatif yang mengandung pemarkah negatif
.... c. Contoh pemarkah negatif : tidak, tak, tiada, bukan.
18. Mengapa bercerita merupakan kegiatan yang menghibur ?
.... memberikan manfaat kepada pencerita dan pendengar
.... dapat menjalin keakraban antara pencerita dan pendengar
19. Apa yang harus diperhatikan agar dapat bercerita dengan baik ?
.... a. Banyak latihan
.... b. Bisa berkomunikasi dengan baik
20. Contoh alat peraga yang digunakan dalam bercerita !
.... boneka, wayang
21. Apa manfaat penggunaan alat peraga dalam bercerita ?
.... untuk menggambarkan karakter tokoh
.... untuk alat peraga yang berbeda, suara tiap tokoh juga berbeda
.... kesesuaian suara dengan gerakan alat peraga
22. Apa saja yang harus diperhatikan saat bercerita ?
.... Lafal, suara, intonasi, mimik, gestur, kata seru, kalimat pembuka, dan kalimat penutup.
23. Hal - hal yang harus diperhatikan saat bercerita dalam rincian / detail !
...,. Lafal : pengucapan harus jelas
.... Suara dalam bercerita harus jelas, harus memperhatikan ada tidaknya sound system
.,,,, Intonasi : lagu kalimat harus disesuaikan dengan isi kalimat
..,, Mimik : ekspresi wajah, bila bercerita dengan menggunakan alat peraga, mimik tidak diperlukan
.... Gestur / gerak - gerik tubuh yang mendukung penyampaian cerita
.... Kata seru untuk mengekspresikan sesuatu
.,,,. Kalimat pembuka dan kalimat penutup yang menghubungkan pencerita dengan pendengar
.... alat peraga disesuaikan dengan tokoh yang diperagakan
24. Arti dari memindai adalah .,,,
.... teknik membaca untuk mendapatkan informasi tanpa membaca yang lain-lain, langsung ke masalah yang dicari
25. Teknik membaca memindai diterapkan untuk membaca
..., kamus, mencari nomer telpon, mencari acara tv di daftar siaran tv
26. Kamus adalah ..,,
.... buku yang memuat kata-kata yang tersusun secara abjad / entri atau lema
27. Huruf n pada kamus adalah label untuk ...,
..,, nomina / kata benda
28. Contoh singkatan - singkatan yang umum dipakai adalah ...
.... dengan = dgn
.,,,. yang = yg
.... seperti = spt
..., sebagai = sbg
..,, dari = dr
29. Ceritakan langkah-langkah dalam membaca memindai kamus ?
.... a. Menentukan entri / lema yang dicari
..., b. Membuka halaman kamus yang memuat kata-kata yang huruf awalnya = huruf entri / lema yang dicari
.... c. Menemukan entri / lema yang dicari dengan cepat
..,, d. Membaca keterangan yang menyertai entri / lema dan memilih makna yang sesuai konteks
30. Kata - kata istilah komunikasi ..
... internet, informasi, berita, satelit
.... surat, surat kabar, majalah
.... faksimili, telegram, email, sms
.... radio, tv
..,. Telepon, handphone
.... brosur, iklan
31. Berdasarkan isinya surat dibagi menjadi dua yaitu ...
.... surat pribadi, dan surat dinas
32. Surat pribadi dibagi menjadi .....
..... a. Surat pribadi yang bersifat resmi : surat kepada wali kelas. Surat lamaran pekerjaan.
.... b. Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan : surat untuk keluarga, teman, kenalan.
33. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat kekeluargaan artinya ..
.... bahasa yang penuh kekeluargaan
34. Unsur - Unsur apa saja dalam surat pribadi ?
.,,, nama kota, tanggal, bulan, tahun, sebuah surat ditulis
Tangerang, 17 Nopember 2005
,,,, nama penerima surat dan alamatnya
Dear Tasya yang imut
Jln. Lebak Bulus 1/46
Jaksel 12430
.... salam pembuka
Tasya yang baik
.... isi surat
saya suka dengan penampilanmu yang sederhana, dan suaramu yang merdu saat menyanyi .,,,
.,,, salam penutup
udah dulu ya, terima kasih
.... identitas penulis surat
Dari: Kartika
Jln. Jambu 3/8
Binong Permai
Tangerang
sekian rangkuman BI pelajaran 2 untuk persiapan menghadapi ulangan
terima kasih buat : Audrey L.
Rangkuman bi pelajaran 3 untuk persiapan menghadapi ulangan
1. Apa yang kamu ketahui tentang dongeng ?
+ salah satu bentuk karya sastra yang isinya cerita khayalan
+ mengandung pesan moral yang tinggi dan bisa dijadikan pedoman hidup melalui karakter / watak tokohnya
2. Dongeng yang terkenal di Indonesia
+ Legenda Gunung Batur di Bali
+ Legenda Danau Toba
+ Timun Emas
+ Sangkuriang
+ Bawang Merah - Bawang Putih
3. Contoh dongeng dari mancanegara
+ Legenda Bangsa Samurai
+ Abunawas
+ Ali Baba
+ Kisah 1001 malam
4. unsur - Unsur dongeng
+ tema : gagasan pokok yang mendasari cerita. tema bisa berupa kejujuran, kesetiaan, kepahlawanan
+ alur / rangkaian peristiwa yang saling menyambung dengan urutan yang logis. misalnya: dari kelahiran tokoh, ia dibesarkan, lalu menikah dengan seseorang, hingga meninggal dunia
+ Latar : unsur dongeng / cerita yang berkaitan dengan tempat dan waktu. misalnya: di hutan. di sebuah istana.
+ Tokoh : pelaku dalam dongeng beserta sifat-sifatnya yang membedakan dari tokoh yang lain.
+ Amanat : pesan moral di dalam dongeng
5. Bahan untuk diceritakan kepada orang lain dan manfaat dari bercerita
+ bahan cerita ke orang lain: pengalaman hidup, yang baik memacu orang lain untuk berbuat baik. pengalaman hidup yang buruk agar tidak terjadi dalam hidup orang lain.
6. Kata sapaan merupakan kata - kata yang digunakan untuk menyebut orang : kedua
+ contoh : " Siapakah yang menjemput kita di Bandara Adi Sucipto, Bu? " tanyaku kepada ibu. kata " Bu " merupakan kata sapaan. dan kata sapaan ditulis dengan Huruf kapital.
7. kata ganti : untuk menggantikan orang, atau benda.
contoh: ku pada tanyaku, aku, engkau, dan dia.
+ khusus untuk kata ganti ku, kau, mu, dan nya ditulis serangkai dengan Huruf kecil
8. Kata acuan : kata untuk menyebut orang pertama, ( orang yang berbicara ) dan orang ketiga ( orang yang dibicarakan )
contoh:
" Sampaikan kepada Nenek, Ibu akan datang lusa, " kata wanita itu pada anaknya.
Kata Nenek dan Ibu merupakan kata acuan dan kata acuan ditulis dalam huruf kapital
9. Kata gelar : kata sebagai sebutan kehormatan, kebangsawanan, kesarjanaan, yang biasanya ditambahkan pada nama orang
Contoh: Haji Misbakhul Munir adalah teman lama ibuku.
+ kata Haji merupakan gelar. penulisan kata gelar dengan huruf kapital bila diikuti dengan nama orang
10. Memberi komentar :
+ komentar adalah tanggapan terhadap suatu hal.
+ komentar dapat berupa pujian, kritik, saran, pertanyaan.
+ komentar diberikan setelah benar-benar mengetahui isi cerita
+ sebelum memberikan komentar carilah hal-hal yang menarik dari suatu cerita
+ hal - hal menarik dalam suatu cerita berkaitan dengan
a. nama tokoh, watak tokoh,
b, tempat kejadian
c. peristiwa yang dialami oleh tokohnya
d, hikmah dari cerita
11. mengenal pantun anak
+ pantun tergolong puisi lama
+ mula - mula pantun digunakan untuk menghibur di waktu luang
+ dalam pantun terdapat pesan moral
12. mengapa dibutuhkan konsentrasi dan jiwa seni untuk bisa Menyusun pantun ?
+ karena menyatakan pikiran dengan cara bersajak lebih sukar daripada cara penyampaian secara biasa
13. syarat pantun
+ tiap bait terdiri dari 4 baris
+ tiap baris terdiri dari 8 - 12 suku kata
+ baris pertama dan kedua merupakan sampiran
+ baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun
+ bersajak a- b a - b
14. jenis pantun anak
a. pantun jenaka : berisi hal-hal yang lucu dalam hiburan, sindiran
b. pantun nasihat / pantun orang tua berisi nasehat / petuah
c. pantun anak - anak yang berisi permainan, suka cita, duka cita, yang bersifat kekanak - kanakan
d. pantun muda - mudi tentang percintaan
e. pantun teka - teki
15. Langkah - langkah dalam menulis pantun
a. menyusun sampiran / isi dahulu
b. baru Menyusun bait kesatu dan kedua
c. bait kesatu bersajak sama dengan bait ke 3
d. bait ke dua bersajak sama dengan bait ke 4
Sumber: SMP Sang Timur
Oleh: Audrey L.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar