Label

Minggu, 18 September 2016

Rangkuman IPA kelas 8

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1/2 Lengkap

Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1/2 Lengkap - Bagi peserta didik yang sebentar lagi akan menghadapi ujian kenaikan kelas (UKK) tentu mulai sekarang harus belajar dengan rajin agar dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan ketika ulangan.

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 SMP/MTs - Untuk mempermudah belajar kalian dapat menggunakan rangkuman materi dari semester 1 dan 2 agar tidak terlalu banyak bacaan yang dapat menghabiskan waktu. Bagi kalian yang saat ini masih duduk di kelas VIII SMP/MTs berikut ini akan saya bagikan rangkuman materi IPA yang bisa membantu anda dalam belajar. Berikut rangkuman atau ringkasan Materi IPA selengkapnya.

Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Adanya penambahan jumlah dan ukuran sel-sel penyusun makhluk hidup, makhluk hidup akan bertambah besar ukurannya. Bertambahnya ukuran makhluk hidup yang sifatnya tidak dapat kembali lagi disebut pertumbuhan. Selama pertumbuhan makhluk hidup juga mengalami pematangan organorgan reproduksi sehingga siap untuk berkembang biak. Proses pematangan organ- organ reproduksi ini dikenal dengan istilah perkembangan. Pertumbuhan dan perkem bangan dapat jelas diamati pada makhluk hidup yang mengalami metamorfosis dalam tahapan hidupnya.

Pada manusia pematangan organ repro duk si pada umumnya terjadi pada usia remaja. Tanda pematangan organ repro duksi pada anak laki-laki bisa diamati dari perubahan suara dan tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh. Pada anak perempuan tanda pematangan organ reproduksi adalah pembesaran buah dada dan menstruasi.

Bab 2 Sistem Gerak pada Manusia
Tulang, sendi dan otot bekerja sama membentuk sistem gerak. Otot merupakan alat gerak aktif, sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif. Hal ini dimungkinkan karena otot memiliki kemampuan untuk memendek dan memanjang. Pada saat otot memendek, maka tulang-tulang tempat menempelnya otot tersebut akan ikut tertarik dan terjadilah pergerakan.

Adanya persendian yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang lainnya merupakan kunci pergerakan manusia. Secara umum tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang anggota badan, dan tulang anggota gerak.

Bab 3 Sistem Pencernaan pada Manusia
Semua makhluk hidup memerlukan maka nan untuk hidupnya. Makanan yang kita konsumsi dapat sangat beragam, namun pada dasarnya kandungan yang ada dalam makanan adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Untuk mendapatkan energi dari makanan, makanan perlu dicerna. Untuk mencerna makanan diperlukan sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Makanan yang digunakan akan diserap oleh tubuh dan sisa makanan yang tidak diserap akan dibuang ke luar tubuh melalui anus.

Bab 4 Sistem Pernapasan pada Manusia
Manusia perlu bernapas untuk mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Oksigen diperlukan dalam proses pembentukan energi. Karbon dioksida yang merupakan hasil dari pembakaran zat makanan perlu dikeluarkan karena dapat menjadi racun bagi tubuh.

Pernapasan pada manusia memerlukan sejumlah organ pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pertukaran gas-gas terjadi di paru-paru, tepatnya di alveoli. Paru-paru merupakan organ yang pasif, proses menghirup napas dan mengeluarkan napas sesungguhnya dikontrol oleh gerakan otot antartulang dada (pernapasan dada) dan pergerakan diafragma (pernapasan perut). Pernapasan dada dan pernapasan perut hanyalah istilah saja, karena sesungguhnya keduanya berlangsung bersamaan.

Bab 5 Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Darah merupakan alat transportasi utama bagi tubuh kita. Hal ini karena adanya jantung, pembuluh darah dan darah itu sendiri. Darah melarutkan bermacam zat makanan, sisa metabolisme, oksigen, karbon dioksida, dan bahan-bahan lain yang dipompa jantung melewati pembuluh-pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Darah tersusun oleh plasma darah (terd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar