Istilah Kuantum secara harfiah berarti kualitas sesuatu, mekanis (yang berkenaan dengan gerak). Quantum Learning merupakan seperangkat metode dan falsafah belajar.
Quantum learning ialah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Metode belajar ini muncul untuk menanggulangi masalah kebosanan.
Quantum learning berakar dari upaya Lozanov (pendidik berkebangsaan Bulgaria) dengan eksperimennya tentang suggestopedia .
Prinsipnya bahwa sugesti dapat mempengaruhi hasil belajar dan setiap detil apapun memberikan sugesti positif atau negatif.
Teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah sebagai berikut:
■ Mendudukkan siswa secara nyaman
■ Memasang musik latar di dalam kelas
■ Meningkatkan partisipasi individu
■ Menggunakan poster untuk memberikan kesan besar sambil
■ menunjukkan informasi
Menyediakan guru-guru yang terlatih dalam seni pembelajaran sugesti
Pembelajaran kuantum mengutamakan unsur-unsur kebebasan, santai, menakjubkan, menyenangkan dan menggairahkan. Indikator keberhasilan pembelajaran ini adalah siswa sejahtera (aktivitas belajarnya menyenangkan dan menggairahkan)
Prinsip-prinsip pembelajaran kuantum :
● Segala sesuatu termasuk gerak tubuh guru mengirim pesan tentang belajar
● Semua yang terjadi dalam penggubahan mempunyai tujuan
● Proses belajar paling baik terjadi saat siswa telah mengalami informasi ● sebelum memperoleh kategori untuk sesuatu yang dipelajari
● Menghargai setiap usaha siswa dengan menunjukkan bagian mana yang bagus/memuaskan dan bagian mana perlu diperbaiki
● Merayakan setiap keberhasilan yang dilakukan siswa misalnya dengan memberi tepukan tangan atau pujian.
Tujuan utama dari belajar kuantum adalah
■ Meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa
■ Meningkatkan partisipasi siswa melalui penggubahan situasi sekitar
■ Menambah daya ingatan terhadap materi pelajaran
■ Meningkatkan gairah belajar
■ Mewujudkan rasa kebersamaan
■ Meningkatkan kehalusan perilaku.
Manfaat belajar kuantum
● Siswa lebih bergairah untuk belajar dengan situasi yang menyenangkan
● Siswa dapat belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing
● Siswa dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya sebagai pendorong belajar
● Menghargai apapun yang dilakukan siswa.
Sumber: Anitah, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta. Depdiknas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar