Label

Rabu, 14 September 2016

Perpangkatan pecahan Aljabar

Perpangkatan Pecahan Bentuk Aljabar

Pada dasar untuk mengerjakan soal perpangkatan pecahan bentuk aljabar sama dengan perpangkataan bentuk aljabar biasa. Dalam hal ini bentuk umum dari perpangkatan juga berlaku untuk perpangkatan pecahan. Untuk mengingatkan kembali bentuk umum dari perpangkatan, lihat di bawah ini.

 ———–> Sebanyak ‘n’ faktor

Pola diata juga berlaku pada pecahan bentuk aljabar, coba perhatikan uraian di bawah ini :

a. 

b. 

Penyederhanaan Pecahan Bentuk Aljabar
Dalam penyederhanaan pecahan bentuk aljabar pada intinya sama dengan penyederhanaan pada pecahan biasa, jika anda menguasai penyederhanaan pada pecahan biasa, ini akan menjadi modal mantap untuk mempelajari penyederhanaan pecahan bentuk aljabar. Untuk dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari faktor antara pembilang dan penyebut dari pecahan bentuk aljabar tersebut. Lalu kemudian barulah kita membagi masing – masing pembilang dan penyebutnya dengan faktor yang kita tentukan tadi sehingga pecahan bentuk aljabar tersebut menjadi sesederhana mungkin. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh soal dan pembahasannya mengenai perpangkatan dan penyederhanaan pecahan bentuk aljabar di bawah ini.

1. Sederhanakan Perpangkatan Pecahan Bentuk Aljabar Berikut ini :

a. 

b. 

c. 

d. 

e. 

Pembahasan Soal :

a. 

b. 

c. 

d. 

e. 

2. Sederhanakan Bentuk Pecahan Berikut :

a. 

b. 

c. 

d. 

e. 

Pembahasan Soal :

a. 

b. 

c. 

d. 

e. 

http://duniamatematika.com/matematika-smp/materi-matematika-smp-kelas-viii-perpangkatan-dan-penyederhanaan-pecahan-bentuk-aljabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar