Label

Selasa, 03 November 2015

soal ips smp kelas tujuh

SOAL 7SMP IPS SOSIOLOGI
Pilihan Ganda.
1. Manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.
Pernyataan ini menunjukkan bahwa manusia adalah
mahluk ....
a. sosial c. berkelompok
b. bergantung d. tidak mandiri
»●»
2. Proses di mana orang-orang yang menjalin kontak
dan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi
dalam pikiran dan tindakan dinamakan ....
a. komunikasi c. interaksi sosial
b. pertemuan d. komunikasi sosial
»●»
3. Agar interaksi dapat berlangsung dibutuhkan dua
syarat yaitu ....
a. adanya kontak sosial dan komunikasi.
b. adanya individu dengan individu
c. antara individu dengan kelompok
d. antara kelompok dengan kelompok
»●»
4. Yang termasuk kontak sosial sekunder tidak
langsung adalah ....
a. berkenalan di depan kelas
b. bersalaman ketika saling bertemu
c. surat menyurat
d. bersapaan ketika bertemu
»●»
5. Komunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa
isyarat disebut dengan komunikasi....
a. non-verbal c. tidak langsung
b. verbal d. isyarat
»●»
6. Kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok
atau masyarakat disebut ....
a. kedudukan c. posisi
b. status d. harga diri
»●»
7. Suatu proses mempelajari kebiasaan dan tata
kelakukan untuk menjadi bagian dari suatu
masyarakat disebut ....
a. belajar hidup c. interaksi sosial
b. sosialisasi d. belajar sosial
»●»
8. Yang menjadi media sosialisasi adalah ....
a. orang tua c. lingkungan
b. keluarga d. tempat tinggal
»●»
9. Ciri atau watak yang khas dan konsisten sebagai
identitas seorang individu disebut ....
a. karakter c. kepribadian
b. ciri khas d. identitas
»●»
10. Proses sosial di mana suatu kebudayaan menerima
unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa
menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri
dinamakan ....
a. akulturasi c. kontravensi
b. akomodasi d. interaksi
»●»
11. Hubungan antara sosialisasi primer dengan
sosialisasi sekunder adalah . . . .
a. sosialisasi primer merupakan bagian dari
sosialisasi sekunder
b. sosialisasi sekunder merupakan bagian dari
sosialisasi primer
c. sosialisasi primer merupakan dasar
sosialisasi sekunder
d. sosialisasi sekunder merupakan dasar dari
sosialisasi primer
»●»
12. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Mulai belajar mengambil peranan orang-orang
di sekitarnya.
2) Meniru cara makan, berbicara, berjalan, dan
berpakaian.
3) Mempelajari peranan tokoh masyarakat
setempat.
4) Mampu meniru tingkah laku orang yang
dikagumi.
Berdasarkan contoh sosialisasi di atas, yang
termasuk sosialisasi primer adalah nomor . . . .
a. 1) dan 2) c. 2) dan 4)
b. 1) dan 4) d. 3) dan 4)
»●»
13. Pada sosialisasi primer, anak dikenalkan namanya
sendiri. Hal ini bertujuan agar anak mampu untuk...
a. menentukan hak dan kewajiban dalam
keluarga
b. menempatkan diri dalam keluarga dan
masyarakat
c. membedakan dirinya dengan orang lain
d. menempatkan diri dalam garis kekerabatan
»●»
14. Pemberian hadiah karena perilaku baik pada diri
anak yang dilakukan orang tua merupakan tindakan
dari pola sosialisasi . . . .
a. partisipatoris c. persuasif
b. preventif d. represif
»●»
15. Di antara media sosialisasi yang paling kuat
peranannya dalam pembentukan kepribadian
seseorang adalah . . . .
a. teman sepermainan c. keluarga
b. sekolah d. media massa
»●»
16. Seorang calon ibu selalu mengajak komunikasi
bayinya walaupun masih dalam kandungan. Tindakan
ini merupakan salah satu contoh pemberian pengaruh
. . . dalam sosialisasi.
a. sifat dasar c. lingkungan
prenatal
b. lingkungan alam d. lingkungan sosial
»●»
17. Ketika masih duduk di bangku sekolah, Dono selalu
bermain-main dengan teman-temannya. Bahkan, seluruh
waktunya dihabiskan dengan bermain. Bermain layang-
layang di lapangan, mencari katak di sawah, memancing
di sungai, bermain karambol, menjadi kegiatan
menyenangkan bagi Dono. Namun, seiring Dono menjadi
seorang mahasiswa, Dono  enggan melakukan kegiatan
tersebut. Menurutnya, melakukan kegiatan tersebut
hanyalah membuang waktu percuma.
Perubahan kepribadian Dono cenderung disebabkan
oleh pengaruh . . . .
a. warisan biologis c. lingkungan sosial
b. lingkungan alam d.
kematangan fisik
»●»
18. Warisan biologis yang mempengaruhi kepribadian
adalah . . . .
a. tingkah laku dan jenis kelamin
b. kemauan dan ukuran tubuh
c. potensi pikir dan kemampuan tubuh
d. jenis kelamin dan ukuran tubuh
»●»
19. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Merupakan tempat sosialisasi paling dini.
2) Menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan.
3) Merupakan sarana transmisi IPTEK.
4) Sebagai wadah aktualisasi diri di luar.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk peran
sosialisasi primer dan sekunder adalah . . . .
a. 1), 2) dan 3), 4) c. 1), 4) dan 2), 3)
b. 1), 3) dan 2), 4) d. 2), 3) dan 1), 4)
»●»
20. Penerimaan unsur-unsur baru untuk mencegah
keguncangan dalam organisasi merupakan salah satu
proses asosiatif yang dinamakan . . . .
a. kooptasi c. joint venture
b. koalisi d. akomodasi
»●»
21. Penyelesaian perselisihan yang melibatkan pihak
ketiga sebagai penengah. Dari kasus di atas bentuk
akomodasi yang terjadi adalah . . . .
a. coersion c. mediasi
b. ajudikasi d. kompromi
»●»
22. Perhatikan unsur-unsur di bawah ini!
1) Kehidupan masyarakat yang terisolasi.
2) Adanya sikap toleransi dan empati.
3) Adanya in-group feeling yang kuat.
4) Adanya sikap menghargai antarkebudayaan.
5) Adanya sikap superior.
Manakah unsur yang menghambat terjadinya
asimilasi?
a. 1), 2), dan 4) c. 2), 3), dan 5)
b. 1), 3), dan 5) d. 3), 4), dan 5)
»●»
23. Pertandingan sepak bola antarkelas.
Peristiwa di atas merupakan contoh proses disosiatif
yang disebut . . . .
a. konflik c. kompetisi
b. kontravensi d. pertikaian
»●»
24. Menetang pihak lawan dengan ancaman atan
kekerasan merupakan bentuk disasosiatif ....
a. Persaingan c. Konflik
b. Kontravensi d. Kompetisi
»●»
25. Pertikaian antara kelompok yang proreformasi
dengan kelompok yang pro- status quo merupakan
konflik yang disebabkan . . . .
a. perbedaan antarindividu
b. perbedaan kebudayaan
c. bentrokan antarkepentingan
d. perubahan sosial
»●»
26. Tawuran pelajar merupakan proses disosiatif yang
dinamakan . . . .
a. konflik c. kompetisi
b. kontravensi d. kompromi
»●»
27. Tindakan Pak Boneng yang menghasut warga
menang dalam pemilihan lurah disebut kontravensi . .
. .
a. umum c. intensif
b. sederhana d. taktis
»●»
28. Corak kebudayaan khas menjadi luntur sehingga
membentuk corak budaya yang baru yang meru-pakan
perpaduan dari hasil percampuran ter-sebut.
Pernyataan di atas merupakan proses ....
a. akomodasi c. asimilasi
b. akulturasi d. difusi
»●»
29. Karakter dan kepribadian anak pertama kali dibentuk
oleh . . . .
a. dirinya sendiri c. lingkungan sekolah
b. kedua orang tua d. teman sepergaulan
»●»
30. Dari beberapa faktor pembentuk kepribadian anak
berikut ini, yang paling sulit diubah adalah ...
a. perilaku sehari-hari c. unsur genetika
b. kebiasaan anak d. pengaruh teman
»●»
31. Kepribadian yang telah ditanamkan di dalam rumah
bisa berubah menjadi negatif apabila terkena
pengaruh acara-acara televisi, merupakan contoh
agen sosialisasi berupa . . . .
a. teman bermain c. media massa
b. masyarakat d. lingkungan
»●»
32. Pembelajaran tentang nilai dan norma sosial dalam
masyarakat untuk seorang anak bisa dilakukan pada
tahap . . . .
a. persiapan c. siap bertindak
b. meniru d. penerimaan norma kolektif
»●»
33. Agar anak memiliki kepribadian dan perilaku yang
baik, saat anak berinteraksi seharusnya . . . .
a. dibiarkan memilih teman sesuka hatinya
b. dipisah dari lingkungan rumah agar mandiri
c. dipilihkan lingkungan yang aman bagi dirinya
d. dicarikan pengasuh yang bisa menggantikan
orang tua
»●»
34. Interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak
yang paling baik diadakan . . . .
a. setiap pagi saat sarapan
b. pada siang hari sepulang anak sekolah
c. waktu sore hari menjelang belajar
d. setiap saat jika kedua belah pihak bertemu
»●»
35. Pihak-pihak yang melaksanakan proses sosialisasi
disebut . . . .
a. proses sosial c. agen sosialisasi
b. agen of change d. pihak sosialisasi
»●»
36. Fokus terletak pada keinginan anak merupakan pola
sosialisasi . . . .
a. primer c. represif
b. sekunder d. partisipatoris
»●»
37. Penentuan hari libur sekolah dapat dilakukan dengan
cara akomodasi dalam bentuk . . . .
a. mediasi c. koersion
b. konsiliasi d. ajudikasi
»●»
38. Komunikasi yang dijalankan orang tua kepada anak
akan efektif apabila . . . .
a. orang tua menyampaikan pesan secara searah
b. anak dibiarkan pasif mendengarkan nasihat
c. orang tua memerhatikan kematangan anak
d. anak tidak diperkenankan menyela pembicaraan
»●»
39. Orang tua adalah panutan utama bagi anak di
rumah. Artinya . . . .
a. anak tidak boleh mengembangkan kreativitas
di rumah
b. segala sesuatu yang dikerjakan anak harus
meniru orang tua
c. orang tua harus bisa dijadikan teladan untuk
segala perilaku
d. anak harus mematuhi apa pun perintah dan
keinginan orang tua
»●»
40. Dua orang yang bertemu kemudian terjadi interaksi
sosial di antara mereka, berarti ....
a. belum terjadi interaksi sosial sepanjang
mereka belum berbicara
b. belum terjadi interaksi sosial sepanjang
mereka belum saling berkenalan
c. sudah terjadi interaksi sosial
d. hampir terjadi interaksi sosial
»●»
41. Permasalahan dalam masyarakat dapat
diselesaikan dengan mempelajari bentuk-bentuk ....
a. interaksi sosial c. kepribadian
b. proses sosial d. kehidupan sosial
»●»
42. Seseorang yang semakin dewasa berusaha lebih
aktif mengembangkan kemampuannya. Upaya-upaya
untuk mengembangkan kemampuannya ini dilakukan
melalui ....
a. proses pendidikan c. tindakan komunikasi
b. proses sosialisasi d. tindakan
sosial
»●»
43. Termasuk dalam proses disosiatif adalah ....
a. kerjasama dan persaingan
b. kerukunan dan akomodasi
c. kerjasama dan kontravensi
d. kontravensi dan persaingan
»●»
44. kerjasama dalam bidang proyek tertentu disebut
kerjasama ....
a. bargaining c. kooptasi
b. joint ventur d. kerukunan
»●»
45. Boneng dan Bodong berkelahi di dalam kelas,
kemudian Pak Budi memisahkannya. Kejadian
tersebut termasuk dalam bentuk akomodasi ....
a. Arbitrasi c. Mediasi
b. Kompromi d. Konsiliasi
»●»
46. Proses sosial yang menunjukkan persatuan disebut
....
a. Asosiatif c. Represif
b. Disasosiatif d. Partisipatoris
»●»
47. Ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi antara
manusia dengan manusia disebut ....
a. Antropologi c. Geografi
b. Sosiologi d. Ekologi
»●»
48. Kontak sosial dan komunikasi ada dua syarat
terjadinya ....
a. Sosialisasi c. kepribadian
b. Agen sosialisasi d. interaksi sosial
»●»
49. Tanda bahwa pesan yang disampaikan telah
diterima oleh komunikan disebut ....
a. Isyarat c. komunikasi
b. Tanggapan d. ping
»●»
50. Menanam pohon di halaman rumah untuk
memambah nilai keindahan, keserasian, kehar-
monisan, dan penghijauan merupan sikap ....
a. Teoritis c. Dinamis
b. Ekonomis d. Estetis
»●»
Essai.
1. Apa yang dimaksud interaksi sosial?
Interaksi sosial adalah proses saling mempegaruhi
dalam hubungan timbal-balik antara individu dengan
individu atau individu dengan kelompok. Syarat
terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak
sosial dan komunikasi.
»●»
2. Sebutkan tahapan pembentukan kepribadiaan
seseorang!
Tahapan persiapan (preparetory stage) : ibu
mengajarkan anaknya berbicara ‘ibu’.
Tahap meniru (play stage) : perbuatan salah diberikan
teguran.
Tahap siap bertindak (game stage) : mampu
memahami peraturan nilai dan norma dalam keluarga.
Tahapan penerimaan norma kolektif (generalized
stage) : telah beranjak dewasa dan bekerjasama dengan
kelompoknya.
»●»
3. Sebutkan masing-masing 5 ciri pola sosialisasi
represif dan partisipatoris?
No. Represif Partisipatoris
1. Sanki atau hukuman
terhadap kesalahan
Hukuman dan imbalan
bersifat simbolis
2. Materi sebagai
hukuman / imbalan
Imbalan ketika anak
berlaku baik
3. Penekanan kepatuhan
terhadap orang tua
Kebebasan yang
diberikan kepada anak
4. Komunikasi satu arah Komunikasi dua arah
5. Pusat atau fokus
terletak pada
keinginan orang tua
Pusat atau fokus terletak
pada keinginan anak
5. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kerjasama
yang bersifat positif!
1) Kerukunan: bentuk kerjasama dalam
lingkungan hidup bermasyarakat. Contoh: kerjabakti
membersihkan lingkungan.
2) Tawar menawar/bargaining: bentuk kerjasama
dalam melaksanakan tawar-menawar. Contoh:
tawar-menawar masa hukuman.
3) Kooptasi: bentuk kerjasama dalam menerima
unsur-unsur baru kepemimpinan atau pelaksanaan
politik dalam suatu organisasi. Contoh: menerima
ketua kelas baru.
4) Joint venture: bentuk kerjasama dalam bidang
perusahaan atau proyek-proyek tertentu. Contoh:
kerjasama pemerintah dengan swasta untuk
membangun monorail.
6. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk akomodasi!
1) Paksaan/coercion: paksaan dari pihak yang
kuat terhadap kelompok yang lemah, contoh:
perbudakan pada zaman Belanda.
2) Kompromi: saling memiliki pengertian akan
kepentingan pihak lain, contoh: penyelesaian
sengketa lahan.
3) Arbitrasi/arbitration : proses akhir penyelesai-
an yang membutuhkan pihak ketiga yang memiliki
wewenang dalam penyelesaian masalah, contoh:
pertikaian antara buruh pabrik dengan pengusaha
melalui peran pemerintah.
4) Mediasi: proses akhir penyelesaian yang
membutuhkan pihak ketiga sebagai perantara atau
penasehat yang bersifat netral, contoh:
penyelesaian masalah antara siswa ditengahi oleh
guru.
5) Konsiliasi: mempertemukan beberapa
keinginan dari beberapa pihak yang sedang
berselisih demi tercapainya persetujuan bersama,
contoh: penentuan hari libur sekolah.
6) Toleransi: mengutamakan arti penting sifat
tenggang rasa dan tidak harus melalui prosedur
yang formal, contoh: saling menghormati antarumat
beragama.
7) Saling tidak bereaksi (stalemate): keadaan
berhenti pada tingkat tertentu tanpa ada usaha
mengurangi tingkat ketegangan, contoh: genjatan
senjata.
8) Penyelesaian pengadilan / adjudikasi: melalui
peradilan hukum yang berlaku di dalam sistem
peradilan, contoh kasus pencurian yang diajukan ke
meja hijau.
7. Apa yang dimaksud dengan asimilasi dan contoh?
Asimilasi (assimilation) : percampuran dua
kebudayaan yang berbeda dan disertai dengan
hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga
membentuk kebudayaan baru. Contoh: perkawinan
campuran antara ras Negro dengan ras Kaukasoid
menghasilkan ras baru.
8. Apa yang dimaksud dengan akulturasi dan contoh?
Akulturasi (acculturation) : pertemuan (kontak
budaya) secara langsung dan terus menerus
antarkelompok manusia yang memiliki kebudayaan
berbeda namun tidak menghilangkan ciri atau sifat
asli dari masing-masing kebudayaan. Contoh: Menara
Masjid Kudus merupakan pencampuran budaya
Hindu-Budha dengan agama Islam.
9. Buatkan contoh interaksi primer dan interaksi
sekunder!
1) Interaksi primer: Indro dan Kasino berbincang
masalah pekerjaan di lokasi proyek.
2) Interkasi sekunder: Dono menelpon Kasino
yang sedang di luar kota.
10. Proses disasosiatif (perpecahan)
1) Kompetisi / persaingan : perbedaan tujuan
2) Kontranvensi : proses sosial di antara
persaingan dan pertentangan.
3) Pertentangan/konflik : menekan pihak lawan
secara fisik atau ancaman.
sumber: Buku BSE Kelas 7 SMP
Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar